Table of Contents
Table of Contents

Apa itu Account Officer? ini Tugas dan Tanggung Jawabnya

acount officer

Di dalam dunia kerja, banyak sekali macam-macam pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan.

Jika Anda memiliki kemampuan, minat, dan juga bakat mengenai bidang keuangan, maka posisi Account Officer atau AO mungkin bisa menjadi salah satu pekerjaan yang bisa Anda lakukan.

Pekerjaan seorang Account Officer akan selalu berhubungan dengan pengelolaan keuangan yang ada di perusahaan. Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa dan mampu untuk mengisi posisi ini.

Dalam pembahasan ini, RedERP akan secara khusus menjabarkan apa itu Account Officer dan tanggung jawabnya di dalam perusahaan. Simak ulasan lengkapnya di sini!

 

Apa Itu Account Officer?

Account Officer adalah orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap pengelolaan pembukuan keuangan suatu perusahaan. Di dalam prakteknya, seorang AO tidak bekerja sendiri, melainkan terdapat beberapa orang yang membentuk suatu tim.

Setiap AO yang ada di perusahaan, harus mencatat kondisi keuangan perusahaan secara tepat dan akurat, serta memastikan kondisi keuangan atau finansial perusahaan berada pada kondisi yang baik atau aman.

Pada perusahaan-perusahaan tertentu yang bergerak pada bidang keuangan atau finansial. Peran seorang AO tidak hanya mengurusi soal pembukuan keuangan, tetapi berhubungan juga dengan klien dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan klein.

 

Baca juga: Pengertian Partnership, Jenis, dan Tips Memilih Partner yang Tepat

 

Tugas Account Officer

Ada beberapa tugas Account Officer yang ada di dalam sebuah perusahaan. Ini dia tugas-tugas dari seorang AO di perusahaan:

 

1. Mengenalkan Produk Perusahaan kepada Pengguna

Karena AO memiliki tugas yang berhubungan langsung dengan klien, maka salah satu tugasnya yaitu memperkenalkan produk perusahaan kepada calon pengguna, pengguna, atau pelanggan yang dimiliki perusahaan.

Seorang AO harus memahami dan menguasai produk yang dijual perusahaan. Tujuannya, agar ketika AO memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen, ia dapat memahami intisari atau poin penting yang harus diberikan kepada pengguna atau klien perusahaan.

Produk yang ditawarkan biasanya seperti layanan keuangan, KPR, Kartu Kredit, atau Deposito.

 

2. Menjaga Relasi dengan Pelanggan

Berhubungan dengan pelanggan, otomatis harus juga menjaga hubungan yang telah dibangun tersebut secara baik.

Inilah pentingnya seorang AO di dalam sebuah perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak pada sektor keuangan, yang dimana terdapat banyak klien atau pengguna dari produknya.

Pelanggan merupakan sebuah faktor penting di dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga relasi, serta hubungan baik antara perusahaan dan juga pelanggan. Seorang AO harus mampu untuk mengemban tanggung jawab tersebut, secara handal dan profesional.

 

3. Memberikan Solusi Kepada Pengguna

Ada kalanya pelanggan atau pengguna mengalami suatu masalah atau kendala, saat menggunakan produk dari perusahaan.

Hal ini tentunya merupakan tugas seorang AO untuk memberikan pemahaman dan juga solusi terhadap masalah yang dialami oleh pengguna tersebut. Berikan informasi dan penjelasan yang detail, agar pengguna bisa mencegah atau meminimalisir masalah tersebut untuk terjadi lagi di kemudian hari.

 

Baca Juga: Pengertian Rate Of Return dan Manfaatnya

 

4. Melakukan Pengelolaan Produk dan Kredit

Mengelola produk dan juga kredit yang ada di perusahaan merupakan salah satu dari banyaknya tugas Account Officer.

Pengelolaan tersebut, seperti menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta melakukan pengecekan kepada pelanggan, agar pelanggan melakukan kewajibannya dengan baik dan benar

 

4. Melakukan Pengelolaan Hutang dan Piutang Perusahaan

Persoalan hutang dan piutang yang dimiliki oleh perusahaan, harus diperhatikan dan dikelola dengan baik dan benar.

Hal ini akan berdampak langsung pada kondisi keuangan perusahaan, jika kedua hal tersebut tidak dilakukan secara tepat. Seorang AO juga turut untuk melakukan pengelolaan ini bersama dengan timnya, karena hal ini berhubungan dengan job desknya yang menyangkut dengan pengelolaan finansial perusahaan.

 

4. Berkoordinasi dengan Divisi Lain

Seorang AO perlu untuk berkoordinasi dengan divisi lain yang ada di perusahaan. Salah satunya yaitu dengan divisi marketing, yang bertujuan untuk menyusun perencanaan dan langkah yang tepat untuk melakukan pemasaran dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, agar sesuai dengan target pasarnya.

 

Baca juga: Manfaat Memakai CRM Software untuk Mengembangkan Bisnis

 

Skill yang Harus Dikuasai Account Officer

Karena tugas Account Officer yang tidak sedikit. Maka, sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang AO di perusahaan, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Yaitu:

 

  • Mampu mengoperasikan komputer, beserta dengan program-program yang menunjang pekerjaan tersebut, seperti Microsoft Excel dan QuickBooks
  • Berorientasi pada detail dan terbiasa dalam mengolah angka-angka, secara cepat, tepat, dan akurat
  • Memiliki kemampuan yang cukup pada bidang matematika dan memahami konsep pembukuan yang ada di perusahaan
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, baik secara lisan maupun tertulis, dan bisa berinteraksi secara baik dengan klien atau nasabah
  • Mampu untuk bekerja secara multitasking dan berada pada deadline yang ketat
  • Memiliki kemampuan organisir dan manajemen yang baik, agar mampu menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien
  • Berkompeten, cekatan, dan sigap dalam menghadapi keluhan atau permasalahan yang terjadi kepada pengguna atau klien

 

Gaji Account Officer

Setelah Anda memahami pengertian, tugas-tugas, serta kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Account Officer. Mungkin Anda saat ini bertanya-tanya, berapa besar gaji Account Officer yang di Indonesia saat ini?

Pada dasarnya gaji yang diterima oleh seorang Account Officer di perusahaan tidaklah mutlak. Artinya besaran gajinya ditentukan oleh beragam faktor, seperti level perusahaan, tingkat pengalaman, kemampuan yang dimiliki, dan lain sejenisnya.

Namun, rata-rata gaji Account Officer di Indonesia, berada pada rentang 4 juta – 11 juta rupiah. Besaran gaji tersebut tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sudah di sebutkan di atas. Sehingga besaran gaji yang didapatkan oleh setiap orang berbeda-beda dan bukan jumlah yang mutlak.

 

Mudahkan Tugas Account Officer dengan Software RedERP

Menjalankan tugas sebagai account officer diperlukan ketelitian dan kehati-hatian tingkat tinggi, karena pekerjaan ini akan berurusan dengan keuangan perusahaan.

Menggunakan bantuan software ERP adalah solusi tepat untuk membantu masalah ini. Hal ini karena software ERP memiliki fitur dan modul akuntansi yang terintegerasi.

Seperti Software ERP dari RedERP memiliki modul dan fitur akutansi yang dapat memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan secara terintegerasi dengan lini bisnis lainnya.

 

Lihat berbagai modul dan fitur dari RedERP melalui tautan berikut ini

RedERP.co.id/Contact-Us

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai apa itu Account Officer, mulai dari pengertian, tugas, kemampuan yang harus dimiliki, hingga besaran gajinya yang ada di Indonesia.

Maka dapat disimpulkan bahwa, seorang AO memegang peranan penting bagi perusahaan, terutama yang bergerak pada sektor keuangan atau finansial, seperti bank. Semoga bermanfaat!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami