7 Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Bantu Kelola Keuangan

7 Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Bantu Kelola Keuangan

Dalam berbisnis, mengatur dan mengelola keuangan merupakan salah satu aspek krusial yang penting untuk selalu diperhatikan.

Keuangan amat sangat menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan. Sebab, hal ini akan berhubungan langsung dengan untung rugi yang dialami oleh perusahaan. Maka dari itu, pengelolaannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan aplikasi akuntansi. Aplikasi ini dinilai dapat mempermudah upaya pengelolaan dan pengaturan keuangan yang ada di perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Pada pembahasan kali ini, RedERP akan memberikan rekomendasi 7 aplikasi untuk akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola keuangan bisnisnya. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

 

Apa Itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi adalah sebuah sistem yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk mengolah proses perhitungan yang berkaitan dengan akuntansi, mulai dari mengumpulkan data transaksi, hingga membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat melalui perangkat seperti komputer, tablet dan smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses akuntansi yang panjang dan rumit akan diubah menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan dioperasikan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Tujuan utama dari penggunaan aplikasi akuntansi yaitu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan, meliputi neraca (balance sheet), laba rugi (profit loss statement), cash flow, hingga laporan akhir.

 

Baca juga: Kelola Keuangan Lebih Sederhana dengan Accounting System

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi untuk Akuntansi

Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi untuk akuntansi tentunya dapat memberikan beragam manfaat atau keuntungan bagi perusahaan, diantaranya:

  • Memudahkan perusahaan dalam membuat dan mengolah laporan keuangan secara cepat dan praktis
  • Mengurangi potensi kesalahan dalam perhitungan akibat terjadinya human error.
  • Memudahkan staff dalam melakukan perubahan atau perbaikan akibat adanya kesalahan dalam melakukan penginputan data
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, dikarenakan proses akuntansi yang dilakukan secara otomatis
  • Penyajian data lebih akurat, sehingga memudahkan perusahaan dalam mengambil langkah atau strategi baru yang menguntungkan
  • Memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap pasar global

 

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian dan juga keuntungan dalam menggunakan aplikasi akuntansi. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk akuntansi yang bisa menjadi referensi bagi perusahaan Anda.

 

1. RedERP

Rekomendasi yang pertama yaitu sistem akuntansi RedERP. Pada dasarnya RedERP adalah Software ERP yang memiliki berbagai fungsi untuk membantu operasional perusahaan menjadi lebih baik dan salah satunya adalah terkait akuntansi.

Software akuntansi RedERP ini menawarkan berbagai macam solusi yang dapat memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih terukur dan termonitor dengan optimal.

Tak hanya itu, aplikasi RedERP juga dapat membantu perusahaan dalam meminimalisir terjadinya human error, hingga fraud. Beberapa fitur unggulan dari aplikasi satu ini, yaitu:

  • Kelola Arus Kas
  • Otomatisasi Jurnal dan Buku Besar
  • Multi-Currency
  • Perhitungan Pajak
  • Pengelolaan Anggaran
  • Laporan & Analisa

 

2. SAP

SAP merupakan aplikasi untuk akuntansi yang berasal dari Jerman dan sudah cukup terkenal di Indonesia. software ini merupakan aplikasi berbasis cloud yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan manajemen keuangan di perusahaan.

 

3. MYOB (Mind Your Own Business)

Rekomendasi yang ketiga yaitu MYOB, yang merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk akuntansi di Australia. Uniknya, aplikasi MYOB cocok digunakan untuk berbagai macam skala bisnis, mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar.

Pengguna juga dapat memilih paket yang ingin mereka gunakan, berdasarkan kebutuhan perusahaan masing-masing. Meski begitu, aplikasi satu ini belum dilengkapi dengan PSAK dan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

 

4. Omegasoft

Rekomendasi selanjutnya yaitu Omegasoft. Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis-bisnis yang bergerak di bidang retail, F&B, distribusi, hingga jasa.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi Omegasoft yaitu Omega POS (aplikasi kasir), Omega Accounting (aplikasi akuntansi), Omega Loyalty App (CRM), dan e-Commerce & IoT (Internet of Things).

Selain itu, aplikasi ini juga diklaim memiliki sistem yang dapat membuat bisnis Anda menjadi “autopilot”.

 

5. Wave

Rekomendasi satu ini cukup berbeda dengan rekomendasi-rekomendasi sebelumnya. Wave dapat Anda gunakan secara gratis. Sehingga, wave sangat cocok bagi bisnis berskala kecil.

Namun, tentunya fitur-fitur yang ditawarkan tidak akan sebanyak dan selengkap aplikasi lain yang berbayar.

 

Baca juga: Manfaat Utama Menggunakan Software Keuangan Bagi Perusahaan

 

6. FreshBooks

Jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi akuntansi yang dapat dengan mudah membuat invoice atau tagihan, maka FreshBooks adalah jawabannya. Pengguna dapat menambahkan pengeluaran yang ditagih, menyesuaikan tampilan invoice, hingga mengatur invoice secara berulang dengan mudah.

FreshBooks juga memiliki fitur reminder yang dapat mengingatkan klien saat jatuh tempo. Sehingga, Anda dapat mengandalkan aplikasi satu ini untuk menagih invoice dari klien yang Anda punya.

 

7. QuickBooks

Rekomendasi yang terakhir yaitu QuickBooks. Aplikasi satu ini menyediakan fitur unik yang jarang ditemukan pada aplikasi-aplikasi lainnya, yaitu fitur potret bon.

 

Fitur satu ini berfungsi untuk mencatat pengeluaran belanja yang dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, terdapat juga beberapa fitur unggulan lainnya seperti, invoice, perpajakan, inventori, pengaturan nota, laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

 

Itulah beberapa rekomendasi terbaik aplikasi akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya. Semoga bermanfaat, ya!

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?