Rekomendasi Aplikasi ERP Open Source untuk Bisnis

Rekomendasi Aplikasi ERP Open Source untuk Bisnis

ERP Open Source merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola operasional bisnis dengan menggunakan sistem yang terintegrasi berbasis digital.

Seperti namanya, ERP ini bersifat terbuka dan bisa diakses umum untuk disesuaikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan ERP Open Source pada bisnis yang Anda jalankan, Anda harus memperhatikan aplikasi ERP Open Source terbaik. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ERP Open Source, simak penjelasan artikel RedERP berikut sampai tuntas ya!

 

Mengenal Apa Itu ERP Open Source

ERP Open Source adalah perangkat lunak atau software ERP yang kode sumbernya tersedia untuk umum. Model ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses kode sistem ERP dan menyesuaikannya dengan kebutuhan sendiri.

Dengan menggunakan sistem ini, Anda akan mendapatkan kekuatan dari fitur-fitur yang terus berkembang, karena sang pengembang akan terus melakukan peningkatan dan mempublikasikan kemampuan baru untuk digunakan oleh semua khalayak.

Dalam kerjanya, Anda dapat mengakses dan mengunduh kode sistem ERP dan dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pada bisnis yang Anda jalani.

Aplikasi ERP Open Source dapat memberikan penawaran serta peluang yang besar bagi perusahaan Anda dengan mengintegrasikan fitur-fitur teknologi ke dalam proses bisnis dengan sumber daya yang terbatas.

 

Baca Juga: Rekomendasi Software ERP Indonesia untuk Perusahaan

 

Rekomendasi Aplikasi ERP Open Source

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem ERP Open Source, Anda perlu mengetahui rekomendasi aplikasi ERP Open Source, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Odoo

Aplikasi Odoo memiliki kelebihan karena sudah didukung oleh sistem CRM, yaitu teknologi yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan input data hingga report data dengan cepat dan tepat, dan dapat mengurangi terjadinya human error.

 

2. Metasfresh

Metasfresh memiliki paket yang interaktif dan intuitif. Anda dapat menggunakan sistem ini dengan mudah karena Anda dapat melakukannya sendiri dan dapat digunakan secara gratis.

 

3. Apache OFBiz

Aplikasi satu ini dapat memudahkan para pengguna untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalani. Aplikasi ini ditujukan untuk Anda yang sudah memiliki perusahaan menengah hingga besar. 

 

4. Dolibarr

Aplikasi Dolibarr cocok digunakan bagi Anda yang memiliki usaha kecil hingga menengah karena menawarkan berbagai solusi manajemen end-to-end bagi penggunanya. 

 

5. ADempiere

ADempiere adalah salah satu aplikasi ERP Open Source yang sudah memiliki lisensi GPL. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tidak membutuhkan biaya untuk membayar lisensi.

 

6. Openbravo

Aplikasi satu ini memiliki fitur-fitur yang dapat mencakup beberapa sistem manajemen perusahaan. Openbravo menitikberatkan pada solusi akuntansi yang sudah terintegrasi dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya.

 

Kekurangan Aplikasi ERP Open Source

Setiap sistem yang Anda gunakan tentu memiliki kekurangan serta kelebihan, berikut adalah beberapa kekurangan aplikasi ERP Open Source yang perlu Anda ketahui.

  • Tidak terlalu dikenal oleh publik karena dapat memungkinkan untuk dilakukan rebrand dan dijual.
  • Perlu melakukan kustomisasi agar ERP Open Source bisa menyesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan.
  • Perusahaan perlu melakukan konfigurasi sendiri.

 

Apakah ERP Source Aman?

Lalu, apakah menggunakan sistem ERP Open Source dapat memberikan keamanan yang terjamin ke dalam bisnis yang Anda jalankan?

Mengutip melalui erpfocus, ERP Open Source dinilai kurang aman dibandingkan dengan sistem yang dibuat dan dikembangkan sendiri. Hal tersebut dikarenakan Anda sebagai pengguna harus bisa menjaga keamanan mereka sendiri. 

Setiap keamanan yang diperlukan mulai dari pencadangan data hingga firewall harus Anda lakukan sendiri untuk melindungi data dan jaringan dari bisnis yang Anda jalani. Hal tersebut tentu memiliki resiko bahaya yang tinggi pada bisnis yang Anda jalankan.

 

Software ERP Indonesia yang Aman

Software ERP

Software ERP

 

Software ERP Open Source memang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak memiliki SDM IT yang memadai. Tapi, jangan sampai keinginan Anda untuk menghemat malah mengorbankan keamanan data-data penting perusahaan.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin menggunakan software ERP pastikan bukan hanya memiliki fitur-fitur yang mumpuni tapi juga menjamin keamanan data perusahaan. Saat ini, di Indonesia juga sudah ada software ERP yang aman.

Software ERP yang aman tersebut bisa Anda temukan di software ERP RedERP. Melalui software RedERP, Anda tidak hanya akan mendapatkan modul-modul lengkap untuk menyederhanakan sistem bisnis Anda, seperti inventory, akuntansi, manufaktur, POS, dan lainnya tapi kamu juga mendapatkan sistem yang aman dan terintegrasi.

Masalah penyimpanan Anda juga tidak lagi perlu khawatir karena software ERP dari RedERP sudah berbasis cloud. Sehingga untuk masalah harga lebih hemat.

Tertarik untuk menggunakan software ERP terbaik di Indonesia? Ajukan demo gratisnya sekarang!

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?