Pengelolaan gudang menjadi penentu bagaimana suatu perusahaan dapat memaksimalkan produksinya yang pada akhirnya dapat meningkatkan profit perusahaan.
Dengan pengelolaan gudang yang baik, perusahaan dapat dengan mudah memeriksa stok bahan baku, sampai melakukan pemesanan. Maka tidak heran bila banyak perusahaan yang saat ini mengandalkan aplikasi gudang.
Penggunaan aplikasi dalam pengelolaan inventory ini akan menyederhanakan proses bisnis serta menghemat pengeluaran.
Nantinya, seluruh proses pengelolaan stok yang ada di gudang tidak lagi perlu dilakukan secara manual. Ini karena sudah ada seperangkat sistem yang mengotomatisasi segala prosesnya.
Sudah penasaran dengan bagaimana aplikasi gudang dapat membantu memaksimalkan manajemen inventory di perusahaan?
Artikel dari RedERP ini akan membantu menjelaskannya, simak ulasannya!
Alasan Pentingnya Aplikasi Gudang
Berikut adalah 7 alasan pentingnya menggunakan Aplikasi Gudang untuk inventory management bagi perusahaan Anda, antara lain:
1. Meningkatkan Akurasi Pesanan Stok Barang
Ketika mengetahui jumlah stok barang yang Anda butuhkan secara pasti, tentu saja hal ini akan membantu Anda berbelanja barang-barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.
Aplikasi atau software gudang yang bagus akan membantu Anda melakukan hal tersebut.
Dengan aplikasi inventory gudang, kebutuhan bahan baku produksi serta operasional dapat dihitung dan diperkirakan dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan stok di dalam gudang. Selain itu, Anda juga tidak akan mengalami kekurangan bahan baku.
2. Mampu Membantu Mengatur Gudang
Aplikasi gudang akan membantu Anda mengatur stok barang dalam gudang. Jika stok barang dalam gudang tidak teratur dengan baik, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mengetahui dan mencari stok barang yang Anda butuhkan.
Belum lagi, Anda harus menghitung jumlah stok sebagai persiapan belanja bahan baku produksi.
Perusahaan yang menggunakan aplikasi gudang akan mengumpulkan barang-barang dengan penjualan tertinggi di area yang sama dan mudah dijangkau sehingga dapat membantu mempercepat order dan menjaga kepuasan pelanggan.
Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Laporan Stok Barang?
3. Menghemat Waktu dan Uang
Aplikasi gudang akan mencatat produk mana saja yang keluar masuk, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perhitungan ulang untuk memastikan akurasi catatan Anda. Selain menghemat waktu, Anda juga dapat menghemat uang.
Dengan aplikasi inventory gudang, Anda dapat dengan mudah melacak semuanya. Hal itu berarti kecil kemungkinan Anda akan menimbun terlalu banyak barang.
Sebaliknya, Anda akan tahu persis barang mana yang paling populer serta Anda merencanakan untuk mengisi kembali inventaris Anda guna memenuhi permintaan pelanggan.
4. Mengurangi Angka Pencurian Karyawan
Anda harus tahu bagaimana cara mengatur inventaris untuk mengurangi pencurian karyawan. Dengan mengetahui inventaris, Anda akan tahu persis apa yang Anda miliki, tempat penyimpanan, dan siapa yang sudah membelinya.
Hal tersebut dapat mengurangi angka pencurian perusahaan yang dilakukan oleh karyawan Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat melacak seberapa baik kinerja karyawan Anda.
5. Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas Perusahaan
Aplikasi gudang penting untuk membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis Anda. Dengan sistem yang terorganisir dengan baik, Anda dapat menggunakan data nyata untuk melihat seberapa baik kinerja setiap karyawan.
Dalam Inventory Management, terdapat beberapa perangkat yang mampu membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, seperti : Barcode Scanner dan Software Inventory Management yang mampu mempercepat proses pencatatan produk.
Dengan perangkat tersebut, akan menghilangkan proses manual sehingga karyawan dapat fokus terhadap pekerjaan lain.
6. Meningkatkan Pelayanan Kepada Vendor dan Pelanggan
Gudang Anda adalah refleksi dari Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa membayangkan jika vendor datang ke gudang Anda untuk melakukan pengiriman. Di dalamnya mereka menemukan banyak sekali kekacauan dan stok barang yang tercecer di mana-mana.
Besar kemungkinan bisnis Anda yang tidak akan bertahan dalam waktu yang lama, mereka akan pergi mencari vendor yang lain karena Anda dianggap tidak menghormati kontrak mereka.
Apalagi jika pelanggan Anda yang melihat kekacauan tersebut. Sekali lagi, akan memberi kesan yang jelek dan Anda dianggap tidak profesional.
Anda harus tahu bagaimana cara mengatur gudang karena hal tersebut akan membantu dalam mengelola bisnis menjadi lebih baik.
7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Ketika perusahaan Anda memiliki Inventory Management yang baik dan teratur dengan rapi, pastinya pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan Anda. Perusahaan Anda juga dapat terhindar dari kesalahan dalam pengiriman barang dan keterlambatan pengiriman.
Ketepatan dan kecepatan dalam mengatur produk atau barang yang dibutuhkan menjadi bagian dari faktor kepuasan pelanggan.
Besar kemungkinan bila nantinya pelanggan setia Anda menyarankan pelanggan potensial lain untuk meminta order dari perusahaan Anda.
Cara Aplikasi Gudang Maksimalkan Inventory Perusahaan
Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya dari manajemen inventory di perusahaan, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara aplikasi gudang memaksimalkan inventory perusahaan, antara lain:
1. Membuat perencanaan tata letak barang dengan aplikasi gudang
Teknologi di dalam aplikasi gudang memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang ada. Perusahaan dapat menggunakan fitur untuk membantu perencanaan tata letak barang.
Dengan begini, perusahaan pun bisa menghemat pengeluaran sewa gudang. Selain itu, tata letak produk yang baik akan memperlancar arus keluar masuk barang yang terjadi di dalam gudang.
2. Membuat prakiraan pembelian barang
Aplikasi warehouse dapat membantu perusahaan menjaga ketersediaan barang di gudang secara otomatis. Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir akan kehabisan persediaan barang pada saat permintaan konsumen meningkat.
Fitur dalam aplikasi ini akan membantu dalam menghemat biaya dengan adanya optimalisasi ketersediaan barang.
Fitur tersebut dapat memperkirakan naik atau turunnya permintaan barang berdasarkan tren penjualan perusahaan sebelumnya.
3. Memudahkan pemisahan Stock Keeping Unit (SKU)
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini dapat membantu pengelolaan barang dan distribusinya.
Salah satu contohnya dengan memisahkan jenis barang yang sesuai dengan ukuran, bentuk, dan lain-lain dalam satu wadah untuk menghemat penggunaan ruang dalam gudang.
Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mempercepat proses operasional barang dan distribusi barang hingga sampai ke konsumen.
Baca Juga: Membuat Resi Gudang untuk Manajemen Gudang
4. Membantu proses pencarian barang di gudang
Aplikasi ini akan membantu perusahaan dalam proses pencarian barang di gudang. Setiap barang yang ada di gudang, akan dikategorisasikan dan diberikan nama yang sesuai dengan jenis barang.
Hal tersebut akan membantu proses pencarian barang di gudang sehingga mempercepat distribusi barang ke konsumen.
Contohnya, jika perusahaan memasukkan nama “celana pendek” pada aplikasi, maka aplikasi inventory gudang akan menunjukkan zona, nomor rak, dan memberikan seluruh informasi tentang produk celana pendek itu berada.
Hal tersebut akan membuat pencarian barang menjadi lebih mudah dan praktis.
5. Memanfaatkan teknologi pelacakan inventori
Banyak aplikasi warehouse yang telah dilengkapi dengan teknologi pelacakan seperti barcode dan RFID. Hal tersebut berguna untuk mempermudah pencarian barang di gudang dan mempersingkat waktu untuk stock opname.
Jika perusahaan memiliki ribuan SKU, fitur aplikasi gudang ini akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola distribusi barang agar barang di gudang tidak menumpuk.
6. Meningkatkan standar keselamatan dengan aplikasi gudang
Jika perusahaan memiliki gudang penyimpanan barang tanpa manajemen inventory yang baik, akan rentan dengan kecelakaan kerja. Seperti tertimpa benda berat saat pemindahan barang yang dapat merugikan karyawan.
Oleh sebab itu dibutuhkan standar keselamatan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi pada proses distribusi.
Seperti penggunaan helm selama berada di gudang, pemakaian sarung tangan, dan mengikuti pelatihan untuk menggunakan alat berat.
Aplikasi Inventory RedERP Membuat Gudang Anda Lebih Terorganisir
Pengelolaan gudang menjadi bagian penting dalam keberlangsungan bisnis. Tanpa adanya pengelolaan yang baik, perusahaan akan sulit untuk memaksimalkan hasil produksi.
Dampaknya dari buruknya pengelolaan gudang bahkan bisa memengaruhi cash flow perusahaan. Maka dari itu, penggunaan aplikasi gudang menjadi hal yang tidak lagi bisa ditolak oleh para pelaku bisnis.
Penggunaannya adalah jalan keluar untuk mengatasi permasalah-permasalahan manajemen warehouse yang dilakukan secara manual.
Seperti data yang tidak akurat, sulit memantau barang masuk dan keluar, sampai pada tata kelola gudang.
Namun, di satu sisi perusahaan sendiri tidak bisa asal dalam memilih aplikasi, hal yang harus diperhatikan adalah apakah penggunaannya dapat menjawab kebutuhan bisnis.
Sebagai penyedia layanan ERP untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis perusahaan, Software ERP dari RedERP merancang sistem inventory gudang dengan teknologi yang mumpuni yang mampu menyederhanakan manajemen inventori.
Dengan menggunakan Aplikasi Inventory dari RedERP akan membantu perusahaan untuk menerapkan sistem automatisasi persediaan barang didalam gudang sehingga lebih efektif dan efisien.
Selain itu, melalui aplikasi inventory dari RedERP, perusahaan dapat memonitor level stok barang, menilai inventaris dan melacak inventaris secara real time.
Dengan fitur Shipping and Receipt yang dapat mengelola alur keluar masuk barang di gudang, fitur Inventory Movement yang dapat mengawasi perpindahan barang secara otomatis, fitur Reporting and Analysis yang dapat membantu perusahaan menghasilkan laporan otomatis untuk evaluasi manajemen pergudangan.
Atasi kendala manajemen inventori dengan aplikasi inventory dari RedERP.
Dapatkan demo gratisnya sekarang!