Aplikasi inventaris barang adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan memantau persediaan barang pada suatu bisnis atau organisasi.
Aplikasi inventaris barang hadir untuk memajukan pelaksanaan manajemen pergudangan menjadi lebih modern dan optimal. Melalui serangkaian prosesnya yang berprinsip pada integrasi sistem dan pengoperasian secara otomatis.
Selain itu penggunaan aplikasi ini juga lebih menjanjikan bagi perusahaan, karena mampu meningkatkan potensi tercapainya profit atau keuntungan yang lebih tinggi.
Sebab, ada banyak fitur yang disediakan dalam aplikasi ini yang menjamin optimalisasi pada setiap aktivitas manajemen pergudangan perusahaan.
Dibandingkan proses pengelolaan gudang yang masih bersifat manual, karena hasil akhirnya cenderung tidak efisien dan merugikan bagi bisnis perusahaan.
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat, serta rekomendasi aplikasi inventaris barang yang tepat, silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel RedERP berikut ini!
Manfaat Penggunaan Aplikasi Inventaris
Melalui penggunaan aplikasi inventaris barang, perusahaan bisa memeroleh segudang manfaat sebagai berikut.
- Mengurangi biaya pengelolaan persediaan barang atau inventaris di gudang perusahaan.
- Meningkatkan akurasi monitoring atau pelacakan persediaan barang atau inventaris perusahaan.
- Meningkatkan keamanan data inventaris perusahaan.
- Mengurangi risiko terjadinya overselling atau penjualan berlebihan.
- Mencegah kehabisan atau kelebihan stok gudang di perusahaan.
- Pengelolaan aktivitas gudang perusahaan lebih sistematis dan terorganisir.
- Memudahkan seluruh kegiatan pergudangan, berkat otomatisasi pada setiap prosesnya.
- Menstimulasi perolehan profit perusahaan di masa mendatang.
- Produktivitas perusahaan meningkat secara signifikan.
- Membangkitkan tingkat kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan.
- Mendorong rasio retensi pelanggan terhadap produk atau layanan jasa.
- Berkembangnya wawasan pengelolaan inventaris atau persediaan perusahaan, seperti tren penjualan produk hingga pelacakan mobilitas barang.
Baca Juga: Pro dan Kontra dalam Menggunakan Aplikasi Inventory Gratis
Fitur Utama dalam Aplikasi Inventaris Barang
Setidaknya ada 10 fitur utama yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi inventaris, seperti berikut ini:
Inventory Management
Fitur inventory management mampu menjaga fungsi-fungsi vital gudang perusahaan tetap terpusat. Dengan fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan pelacakan inventaris secara detail dan komprehensif mencakup tingkat stok barang, riwayat produk, hingga spesifikasi produk lainnya.
Selain itu, fitur inventory management juga memiliki sejumlah sub-kategori modul di dalamnya, dan kemampuan sinkronisasi data dengan fitur lainnya.
Di mana kedua spesifikasi tersebut membuat pengelolaan inventaris, atau persediaan barang perusahaan menjadi lebih efisien.
Serta menumbuhkan rasa kolaborasi antar divisi yang terlibat, sehingga mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.
Barcode & Tagging
Fitur barcode & tagging mampu mencegah terjadinya kesalahan yang diakibatkan oleh human error, atas pengelolaan inventaris atau persediaan barang perusahaan secara manual.
Dengan fitur ini, perusahaan juga dapat meningkatkan daya kontrol serta monitoring atas inventaris dan persediaannya, mencakup harga hingga detail produk atau barang secara tepat.
Adapun manfaat yang bisa perusahaan peroleh melalui penggunaan fitur barcode & tagging pada aplikasi inventory management, yaitu penyederhanaan pemindaian kode batang produk, kemudahan dalam menemukan produk tertentu yang dibutuhkan, detail produk bisa didapatkan secara tepat dan cepat, hingga peningkatan efisiensi proses perekaman persediaan barang perusahaan.
Inventory Tracking
Sesuai namanya, fitur inventory tracking memudahkan perusahaan dalam menjalankan proses pelacakan inventaris atau produk, penyematan tag barcode, hingga penyusunan laporan dan pelaksanaan audit mengenai aktivitas terkait.
Alhasil, kemampuan pelacakan divisi gudang perusahaan menjadi lebih komprehensif dan akurat.
Reporting Tools
Reporting tools memungkinkan perusahaan untuk melakukan pelaporan terintegrasi, dengan berbagai modul atau fitur lainnya yang tersedia pada aplikasi inventaris barang.
Kemampuan tersebut membuat proses pelaporan pengelolaan inventaris perusahaan menjadi lebih mudah.
Baca Juga: Apa itu Aplikasi Supply Chain dan Bagaimana Penerapannya?
Inventory Forecasting
Sesuai namanya, fitur inventory forecasting akan melakukan kegiatan peramalan berakurasi tinggi, guna mencegah terjadinya penumpukan atau kekurangan persediaan barang di gudang perusahaan.
Melalui spesifikasi canggihnya tersebut, fitur ini semakin memperbesar peluang meningkatnya kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.
Hal ini karena, perusahaan secara konsisten mampu memenuhi setiap permintaan sesuai kebutuhan pelanggan mencakup jenis, kuantitas, maupun kualitas barang.
Inventory Alerts
Fitur inventory alerts berperan dalam menyampaikan setiap permasalahan yang sedang, telah, atau bahkan akan terjadi.
Fitur ini akan memberikan peringatan kepada perusahaan apabila terdapat indikasi atau terjadinya suatu masalah, dalam proses pengelolaan inventaris dan persediaan barang di gudang.
Pesan peringatan akan disampaikan melalui E-mail atau SMS. Selain peringatan masalah, fitur ini juga akan mengirimkan notifikasi atas kegiatan yang sedang atau telah berlangsung.
Misalnya keluar-masuknya barang, status pengiriman barang, dan lain-lainnya.
Inventory Security and Backups
Setiap aplikasi yang baik harus memiliki sistem keamanan tingkat tinggi.
Fitur inventory security and backups mengambil peran dalam menjamin keamanan data inventaris agar tidak mudah diretas, sekaligus mencadangkannya sebagai tindakan preventif. Supaya perusahaan tidak mengalami kehilangan data di kemudian hari.
IoT Integration
Fitur Internet of Things (Iot) Integration merupakan pendekatan yang memungkinkan perusahaan untuk mengoperasikan aplikasi inventaris barang, melalui berbagai jenis perangkat.
Sehingga pencatatan detail inventaris lebih fleksibel, teratur, dan cerdas, tanpa kehilangan optimalisasi serta efisiensi dalam prosesnya.
Cloud Based Software with Real-Time Updates
Fitur selanjutnya adalah cloud based software with real–time updates, yang mampu menyimpan data pengelolaan inventaris secara real–time serta dapat diakses kapan pun dan di mana pun.
Selain itu, fitur ini akan menumbuhkan sikap kolaboratif sekaligus memudahkan koordinasi antar staf terkait, yang terlibat dalam pengelolaan inventaris dan persediaan barang di gudang perusahaan.
Fitur ini juga meningkatkan visibilitas perusahaan terhadap aktivitas pengelolaan inventaris atau persediaan barang di gudang.
Integration with Other Application System
Fitur ini memberikan pilihan bagi perusahaan untuk dapat mengintegrasikan aplikasi inventaris barang yang dimiliki, dengan sistem lainnya misalnya ERP (Enterprise Resource Planning).
Adanya integrasi tentu saja dapat memudahkan proses pengoperasian aplikasi inventaris barang, contohnya perhitungan pengeluaran dana atas aktivitas manajemen persediaan barang di gudang, pengukuran persentase terjadinya penyusutan atau depresiasi pada inventaris perusahaan, dan sebagainya.
Baca Juga: Beberapa Fungsi Perpetual Inventory System
Mobile Support
Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola inventaris dan persediaan barang di gudang, secara jarak jauh melalui perangkat seluler atau handphone.
Meski begitu, fitur ini sangat bergantung dengan spesifikasi handphone yang dimiliki perusahaan, apakah kompatibel untuk menjalankan fitur ini atau tidak.
Dengan fitur ini, perusahaan dapat memantau proses manajemen inventaris dan distribusi barang secara real–time setiap hari.
Stock Returns Handling
Fitur utama terakhir yang wajib tersedia dalam sebuah aplikasi inventaris barang ialah stock returns handling. Fitur stock returns handling berperan dalam menyederhanakan proses pengembalian barang perusahaan oleh pihak konsumen.
Sistem kerja dari fitur ini adalah melacak data konsumen yang mengajukan pembatalan pengiriman. Selanjutnya, fitur ini akan mengonfirmasi permintaan dari konsumen serta membuat tanggal pengambilan barang.
Fitur ini juga mengharuskan konsumen untuk menuliskan keluhannya atas sebuah barang perusahaan. Fitur stock returns handling kemudian akan menyajikan data keluhan tersebut kepada staf terkait, untuk dilakukan pertimbangan.
Apakah sebuah barang perusahaan masuk dalam kriteria wajib dikembalikan, diganti, atau bukan keduanya alias menolak permintaan pihak konsumen, karena keluhan yang disampaikan tidak memenuhi kriteria apapun.
Fitur stock returns handling juga akan mengirimkan update mengenai keputusan atau proses pengembalian barang kepada konsumen melalui SMS atau E-mail, serta melakukan pelacakan dengan mitra pengiriman barang terkait saat proses pengembalian berlangsung.
Kemampuan sistem tersebut bertujuan untuk memastikan, agar barang yang di-return konsumen dapat diterima kembali oleh pihak perusahaan.
Baca Juga: Pengertian Buku Induk Inventaris dan Komponennya
Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang
Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi inventaris barang yang dapat membantu Anda mengelola inventaris dengan lebih efektif dan efisien.
1. Odoo
Odoo adalah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat membantu Anda mengelola bisnis secara keseluruhan, termasuk mengelola inventaris barang. Software ini memiliki fitur lengkap, seperti manajemen persediaan, pengelolaan stok, pembelian dan penjualan, serta laporan keuangan.
Odoo memiliki fitur unik, yaitu Double Entry Inventory yang memungkinkan penelusuran barang secara penuh dari pemasok ke pelanggan.
2. Financio
Financio adalah aplikasi akuntansi online yang juga memiliki fitur untuk mengelola inventaris barang. Dengan Financio, Anda dapat melacak persediaan, memantau stok, dan membuat laporan keuangan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.
3. TradeGecko
TradeGecko adalah software inventaris yang dikembangkan di Singapura. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola persediaan, melacak aset, serta membuat laporan keuangan. TradeGecko juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce, seperti Shopify, WooCommerce, dan Amazon.
4. Vend
Vend adalah aplikasi inventaris yang dikembangkan di Selandia Baru. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola persediaan, melacak stok, serta memantau aset. Vend memungkinkan Anda untuk mengatur titik pemesanan ulang untuk secara otomatis memenuhi pesanan ketika Anda mencapai tingkat stok tertentu.
Laporan komprehensif milik aplikasi inventaris ini memberikan insight mengenai barang mana yang laku dan tidak. Atas dasar ini, Anda dapat membuat forecast mengenai barang apa saja yang harus dipenuhi stocknya secara kontinu.
5. Lightspeed
Lightspeed adalah software inventaris yang dikembangkan di Kanada. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola persediaan, memantau stok, serta membuat laporan keuangan yang lengkap. Lightspeed dapat menambahkan produk baru hingga membuat varian dan memantau tingkat stok secara singkat dengan sistem inventaris berbasis cloud.
6. Fishbowl
Fishbowl adalah aplikasi inventaris yang dikembangkan di Amerika Serikat. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk mengelola persediaan, memantau stok, serta membuat laporan keuangan yang detail.
Tracking barang secara detail menjadi kelebihan dari Fishbowl, di mana perusahaan dapat melacak barang berdasarkan tanggal pembuatan, expiration date, serial number dan tag number.
Fishbowl juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce, seperti Amazon, eBay, dan Magento.
7. NetSuite
NetSuite adalah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang dikembangkan di Amerika Serikat. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk mengelola bisnis secara keseluruhan, termasuk mengelola inventaris barang.
NetSuite memiliki fitur untuk mengelola persediaan, memantau stok, serta membuat laporan keuangan yang detail.
Aplikasi ini dapat dengan mudah melacak inventaris di berbagai lokasi dengan mengotomatiskan manajemen inventaris dalam satu platform manajemen inventaris.
Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Inventory Control?
Aplikasi Inventory RedERP Memudahkan Pengelolaan Inventaris Barang
Kehadiran aplikasi inventory merupakan terobosan modern untuk menyederhanakan sekaligus memaksimalkan kegiatan pengelolaan inventaris, maupun persediaan barang sebuah perusahaan.
Sebagaimana Aplikasi Inventory dari RedERP yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan masa kini, perihal penyederhanaan bersamaan dengan optimalisasi pengelolaan inventaris dan persediaan barang di gudang.
Melalui pendekatan sistem yang sudah terintegrasi dan terotomatisasi dengan sangat baik. Ditambah penyediaan 6 modul utama, yang masing-masing memiliki sejumlah fitur bersifat multifungsi dan solutif.
Atas spesifikasinya yang canggih, tentu saja kegiatan pengelolaan inventaris, persediaan barang di gudang, hingga monitoring alur pengiriman produk kepada konsumen dapat berjalan optimal, dengan rangkaian proses yang lebih sederhana.
Kondisi ini tidak hanya mampu berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan saja. Namun juga turut memengaruhi bertumbuhnya rasio kepuasan pelanggan, atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
Hal ini karena melalui penggunaan aplikasi inventory RedERP, perusahaan dapat secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan. Mengingat kemampuan aplikasi inventory dari RedERP yang mampu mengotomatisasi persediaan gudang perusahaan.
Selain itu Anda juga bisa melakukan pelacakan terhadap inventaris, maupun mobilitas persediaan barang perusahaan di beberapa lokasi gudang sekaligus secara real-time. Anda pun bisa mengawasi level stok barang keseluruhan secara praktis, sebagai upaya pencegahan terjadinya kelebihan atau kehabisan stok di gudang perusahaan.
Informasi setiap barang dalam gudang juga bisa tersimpan dengan baik dalam database aplikasi inventory RedERP. Sehingga memudahkan Anda dalam melaksanakan proses pengategorian barang tertentu di dalam gudang.
Aktivitas terakhir dan tidak kalah krusial yang mampu diotomatisasi proses pelaksanaannya oleh aplikasi inventory RedERP adalah, penyusunan laporan manajemen pergudangan perusahaan.
Di mana data yang dihasilkan dalam laporan dipastikan sudah akurat dan komprehensif, sehingga tahapan evaluasi bisa dilakukan secara maksimal di setiap periodenya.
Tertarik untuk mulai mengembangkan aktivitas manajemen pergudangan bersama RedERP? Anda bisa menghubungi kontak yang tertera pada laman utama RedERP, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kami.