7 Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik agar Pekerjaan Lebih Lancar

7 Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik agar Pekerjaan Lebih Lancar

Pelaksanaan manajemen proyek seringkali membuat kita sedikit kewalahan, terlebih jika sewaktu-waktu ada perubahan di tengah-tengah proyek. Apabila tidak dikelola dengan baik, tentu tugas dan agenda yang tadinya sudah terencana dan terstruktur bisa jadi berantakan.

Meskipun secara pengerjaannya dilakukan bersama tim, namun Anda tetap membutuhkan kemampuan koordinasi antar sesama anggota tim, baik itu dari segi komunikasi maupun kemudahan mengakses data yang diperlukan. 

Untuk memudahkan dalam pelaksanaan, pengelolaan, hingga memonitor jalannya proyek bersama tim, Anda cukup menggunakan satu aplikasi.

Apa saja aplikasi untuk manajemen proyek yang bisa digunakan? Berikut ini daftar rekomendasinya sebagai referensi untuk Anda.

 

Apa Itu Aplikasi Manajemen Proyek?

Manajemen proyek bisa diartikan sebagai penerapan suatu metode agar kegiatan proyek bisa terpenuhi dengan optimal.

Lalu proyek sendiri mengartikan sebagai pekerjaan sementara yang secara spesifik didesain untuk menghasilkan suatu produk, jasa atau sesuatu yang unik.

Sementara aplikasi manajemen proyek adalah aplikasi yang dirancang secara khusus untuk menunjang keperluan pengerjaan proyek agar bisa berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Aplikasi ini bisa Anda atur sesuai kebutuhan perusahaan, sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis dan skala bisnis.

Software manajemen proyek terbilang cukup fleksibel dan serbaguna. Fitur-fitur yang dihadirkan membantu Anda lebih efektif dalam mengontrol tim, sehingga Anda bisa selalu update tentang perkembangan proyek yang sedang dijalankan.

Tujuan penggunaan software project management ini yaitu untuk membantu meningkatkan produktivitas tim. Namun, Anda juga dituntut harus memilih software manajemen proyek yang tepat agar hasilnya pun akurat dan berdampak positif bagi kinerja tim Anda.

 

Baca juga: Apa Itu Project Management System?

 

Daftar Aplikasi Manajemen Proyek yang Bisa Dicoba

Sebenarnya ada banyak software manajemen proyek yang bisa Anda coba terapkan di perusahaan. Untuk membantu Anda dalam memilih aplikasi yang tepat, berikut 7 aplikasi manajemen proyek yang bisa jadi pertimbangan Anda.

 

1. Monday

Rekomendasi pertama ada aplikasi bernama Monday yang dapat membantu Anda merancang proyek melalui satu platform saja. Aplikasi ini menyediakan tampilan yang cukup menarik dan memiliki banyak pilihan template sampai kostumisasi sesuai kebutuhan.

Hal menarik lainnya dari Monday adalah ia memiliki tiga jenis board, yaitu:

 

  • Team task
  • Shareable boards
  • Private boards

 

Dari ketiga jenis boardnya itu, yang membedakannya yaitu keleluasaan dalam mengakses jadwal pada single boardnya, seperti akses pribadi, anggota tim, maupun undangan klien. Selain itu, kemampuan integrasi pada aplikasi Monday sudah tidak diperlukan lagi.

 

2. Trello 

Trello termasuk software manajemen proyek yang memiliki tampilan sederhana. Hal ini memudahkan Anda dalam memantau tugas yang berbeda.

Dalam aplikasi ini Anda bisa membuat ragam jenis board untuk bisa menyesuaikan setiap jenis pekerjaan, proyek yang berbeda, dan tim yang berbeda. Sehingga dapat mencapai puncak produktivitas yang baru.

Salah satu hal yang menarik minat pada Trello adalah bahwa aplikasi ini bisa juga dipakai sebagai alat manajemen Kanban. Melalui fitur ini, Anda bisa beralih antar board sesuai kebutuhan Anda dan membuat tugas-tugas yang diinginkan di dalamnya.

Selain itu, tampilan antarmuka yang ditawarkan Trello sangat ramah bagi pengguna baru. Pilihan paketnya juga beragam, baik itu untuk individu, kelompok kecil, hingga untuk perusahaan.

Berikut beberapa fitur unggulan yang dimiliki Trello, yaitu:

  • Koneksi power up
  • Custom backgrounds
  • Kanban view
  • Board publik dan private
  • Card unik

 

3. Todoist 

Selanjutnya ada Todoist yang mampu membantu manajer dalam menyelesaikan banyak tugas. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan gamifikasi untuk memberi motivasi bagi penggunanya agar bisa terus produktif, dengan memberikan beberapa hadiah, seperti poin.

Dari segi tampilannya ringkas dan mudah dipahami. Anda dapat membagi jenis tugas berdasarkan kategori pada jenis proyek sesuai kebutuhan. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Todoist punya fitur menarik seperti natural language, dan smart schedule untuk mengelola daftar tugas dan pemilihan waktunya pun lebih mudah.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur secara menyeluruh, Anda harus membayar dengan biaya 29 USD per bulan.

 

4. Teamwork 

Jika Anda perlu aplikasi untuk mengelola tugas-tugas proyek di tim Anda, Teamwork bisa jadi solusi yang tepat. Selain menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, aplikasi ini juga fleksibel yang memungkinkan Anda menyesuaikan alur kerja tim.

Dengan Teamwork, beberapa proyek yang kompleks bisa dikelola dengan sederhana dan mudah dilacak sebagai tampilan papan, dan bagan gantt. Sehingga Anda bisa menyesuaikan aplikasinya dengan cara kerja Anda.

 

5. Asana 

Asana merupakan aplikasi manajemen proyek yang menawarkan salah satu pelayanan terbaik di pasaran. Aplikasi ini juga menawarkan change management terbaik dan pembagian tugas yang mudah. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan taktik manajemen beserta kolaborasi proyek baru.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Asana, yaitu:

 

  • Custom tracking fields
  • Customers success manager
  • Task dependencies
  • Dedicated smart inbox
  • Premade templates

 

6. Notion

Aplikasi ini mirip seperti Trello, yang juga merupakan all-in-one workspace untuk membantu mengelola berbagai pekerjaan dalam satu tampilan. Pada aplikasi ini, Anda bisa menuliskan ragam jenis catatan, menyusun jadwal kegiatan lebih rinci, hingga mengatur keberlangsungan suatu proyek menggunakan alur kerja buatan Anda sendiri.

Karena sistemnya yang praktis dan fleksibel, Notion jadi pilihan tepat untuk penggunaan kolaborasi. Namun, untuk mendapatkan akses secara keseluruhan, seperti mengedit, ataupun menggeser blok di workspace, Anda harus mengeluarkan biaya.

 

7. RedERP

Terakhir ada aplikasi manajemen proyek berbasis web yang memudahkan segala proses yang ada pada proyek, mulai dari perencanaan, penganggaran, pendapatan, penjadwalan kerja, dan proses lainnya. Dengan RedERP, Anda akan terbantu dalam manajemen waktu dan budgeting agar tidak ada biaya yang terbuang sia-sia.

Proyek-proyek penting perusahaan bisa secara cepat, tepat, dan efisien terselesaikan karena didukung fitur-fitur, seperti:

  • Project cost and revenue. Menganalisa perkiraan biaya proyek, pengontrolan biaya, dan manajemen anggaran proyek.
  • Project change management. Berguna untuk merencanakan strategi yang tepat  guna apabila ada perubahan rencana di tengah proyek.
  • Project operations. Mengelola waktu proyek lebih mudah berkat tampilannya yang sederhana.
  • Project issue. Keperluan dokumentasi segala permasalahan yang ada pada proyek perusahaan agar dapat ditangani secara maksimal.

Software ERP

 

 

Sudah saatnya Anda meningkatkan produktivitas perusahaan dengan memanfaatkan sistem ERP dari software ERP RedERP.

Software ini dapat membantu memudahkan Anda dalam melakukan task management sehingga tiap anggota tim dapat melihat tugas, deadline, dan status seluruh anggota dalam tim. Hal ini untuk mempermudah kolaborasi antar anggota tim dan membuat jadwal serta perencanaan yang lebih baik.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?