Bagaimana cara supaya bisnis atau produk yang Anda miliki sampai kepada target pasar Anda? Mungkin sebagian besar orang akan mengatakan melalui strategi marketing atau pemasaran.
Marketing atau pemasaran merupakan sebuah strategi dan langkah yang penting bagi sebuah bisnis untuk berjalan. Pemasaran atau marketing sendiri adalah sebuah upaya untuk memasarkan produk maupun jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
Marketing sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yakni:
- B2C marketing (business-to-consumer)
- B2B marketing (business-to-business).
Apabila bisnis yang Anda miliki bergerak pada bidang B2B, maka Anda perlu untuk menyimak artikel ini sampai habis untuk mengetahui strategi B2B Marketing yang bisa mengoptimalkan bisnis Anda. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!
Pengertian B2B Marketing
B2B marketing adalah sebuah upaya pemasaran yang dimana perusahaan sebagai pelaku pemasaran, memasarkan produk atau jasanya kepada perusahaan yang lain.
Seperti yang telah disinggung di atas, B2B merupakan singkatan dari business-to-business, dan berbeda dengan B2C yang merupakan singkatan dari business-to-consumer, yang dimana berfokus kepada konsumen.
Seperti namanya, marketing B2C yaitu melakukan pemasaran kepada konsumen secara umum, sedangkan B2B marketing yaitu melakukan pemasaran produk atau jasa kepada business atau perusahaan lainnya.
Berdasarkan penjelasan di atas, bila fokus perusahaan Anda menjual produk atau jasa kepada perusahaan atau organisasi lain, maka hal itu dinamakan dengan penjualan B2B. maka strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu strategi B2B marketing.
Umumnya produk yang dipasarkan di dalam B2B yaitu barang industri ataupun barang modal.
Baca juga: Memahami Customer Experience dalam Bisnis
Manfaat B2B Marketing
Karena fokus pemasarannya yang berorientasi kepada perusahaan lain sebagai pelanggannya, maka pemasaran dari B2B ini cenderung lebih informatif dan lugas.
Dalam menerapkan strategi marketing satu ini, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, yakni:
1. Eksposur Perusahaan Meningkat
Perusahaan yang menerapkan b2b marketing akan lebih berpotensi untuk meningkatkan eksposur perusahaan dan mampu untuk meningkatkan brand awareness, terutama pada sebuah bisnis online.
Selain itu, strategi ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, dengan menyediakan tempat atau platform untuk pelanggan untuk berinteraksi dengan customer support perusahaan.
Cara perusahaan berinteraksi dan merespon pelanggan di media sosial juga dapat mempengaruhi citra dari perusahaan itu sendiri.
2. Menarik Pelanggan yang Baru
Menerapkan strategi pemasaran B2B akan membantu Anda dalam menemukan pelanggan-pelanggan baru perusahaan.
Kesempatan ini tentunya dapat meningkatkan bisnis yang Anda jalankan. Ketika pelanggan baru tersebut mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan, lalu merasa puas.
Hal ini akan menjadi keuntungan bagi Anda karena mereka akan berpotensi juga untuk memberitahukan produk atau jasa yang Anda jual kepada teman-temannya.
3. Meningkatkan Kualitas Produk
Pemasaran B2B akan memungkinkan Anda dan juga pelanggan untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi. Melalui hal tersebut, pelanggan bisa menyampaikan keluhan maupun saran terhadap produk atau jasa yang Anda miliki saat ini.
Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan feedback atau timbal balik yang diberikan pelanggan Anda terhadap produk atau jasa yang Anda jual.
4. Penjualan Perusahaan Meningkat
Poin ini masih berkaitan dengan poin ke 2, dimana strategi pemasaran ini mampu membantu perusahaan dalam menarik pelanggan-pelanggan baru. Pelanggan baru artinya penjualan semakin bertambah dan meningkat.
Melalui strategi ini, Anda dapat memberitahukan produk yang Anda jual dan merekomendasikan mana produk atau jasa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dari para pelanggan tersebut.
5. Mendapatkan Kesempatan yang Baru
Anda dapat mengidentifikasi kesempatan bisnis baru melalui interaksi dengan para pelanggan yang Anda miliki.
Pelanggan tentunya memiliki beragam kebutuhan dan juga permasalahan. Melalui strategi ini, Anda dapat mengidentifikasi permasalahan tersebut dan mendapat sebuah kesempatan untuk membuat bisnis baru yang mampu menjawab permasalahan dan kebutuhan dari para pelanggan.
6. Return of Investment Meningkat
B2B marketing mampu memberikan perusahaan insight dan juga data yang mendalam mengenai para pelanggan.
Data tersebut bisa digunakan untuk memberikan kualitas produk dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Secara otomatis, hal ini akan meningkatkan ROI atau laba investasi yang lebih baik lagi.
Baca juga: Mengenal POS System dan Cara Kerjanya Untuk Keperluan Bisnis
Strategi Menerapkan B2B Marketing yang Optimal
Supaya strategi B2B marketing yang Anda lakukan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan, diantaranya:
1. Mengidentifikasi Audiens atau Target Pelanggan
Poin utama dan yang terpenting dalam melakukan sebuah bisnis yaitu Anda harus mengetahui audiens atau target dari produk/jasa yang Anda buat.
Dengan mengetahui target pasar atau audiens Anda, maka Anda dapat dengan mudah strategi apa yang harus dilakukan dan juga biaya yang harus Anda keluarkan dalam membuat strategi tersebut.
2. Menyesuaikan Kebutuhan Pelanggan
Pastikan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan Anda.
Jika para pelanggan merasa produk dari perusahaan Anda tidak mampu menjawab kebutuhan mereka, maka lama kelamaan mereka akan berpindah pada produk yang lain. Kejadian ini tentunya akan sangat merugikan perusahaan Anda, bukan?
Baca Juga: Pengertian Sales Order dan Manfaatnya
3. Perhatikan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan hal nomor satu yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis maupun perusahaan yang berdiri.
Kepuasan pelanggan akan mempengaruhi hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan.
Bila pelanggan merasa tidak puas dengan produk ataupun layanan yang diberikan perusahaan, maka hal ini bisa mengancam keberlangsungan dari bisnis atau perusahaan yang Anda miliki saat ini, serta para pelanggan pun akan berpindah kepada kompetitor bisnis Anda.
4. Buat Website atau Blog
Pada zaman sekarang ini, orang-orang sudah banyak menggunakan dan mengakses internet dalam mencari informasi atas kebutuhan dan permasalahan yang mereka alami.
Perusahaan yang tidak memiliki website atau blog, tentunya akan melewatkan kesempatan besar untuk menarik dan dilihat oleh banyak orang.
Pastikan bahwa perusahaan atau bisnis yang Anda bangun, memiliki blog atau website untuk memberikan informasi kepada orang banyak mengenai perusahaan dan bisnis yang Anda jual.
5. Lakukan Pemasaran di Berbagai Platform
Ada banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau target audiens yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
Anda bisa melakukan pemasaran melalui website atau blog yang Anda punya dengan cara membuat sebuah konten yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga bisa memasarkan produk Anda melalui media sosial, karena media sosial akan meningkatkan peluang Anda dalam menggapai pelanggan yang lebih besar dan lebih luas lagi. Sebagai tambahan, Anda juga bisa melakukan pemasaran melalui email, agar mampu mendapatkan lebih banyak leads lagi bagi perusahaan Anda.
6. Membangun Network yang Luas
Strategi yang terakhir yaitu membangun network seluas-luasnya. Memiliki network yang luas akan memberikan banyak keuntungan, tidak hanya di kehidupan sosial, tetapi juga di dalam dunia bisnis.
Network yang luas akan memberikan Anda potensi yang lebih besar untuk meningkatkan bisnis yang Anda punya dengan cara memanfaatkan jaringan-jaringan yang berguna bagi bisnis Anda tersebut.
Dalam menerapkan strategi-strategi di atas, Anda memerlukan sebuah sistem khusus yang mampu untuk menunjang kegiatan-kegiatan tersebut.
RedERP merupakan salah satu software ERP terbaik yang memberikan Anda banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis maupun perusahaan Anda.
Melalui CRM software management dari RedERP Anda dapat dengan mudah melakukan pengelolaan aktivitas yang berhubungan dengan penjualan, pemasaran, dan memberikan layanan, serta dukungan kepada para pelanggan.
Modul CRM (Customer Relationship Management) RedERP akan mempermudah proses penjualan, pembuatan dan pengiriman email promosi, penawaran dan newsletter, evaluasi kinerja tim, pembuatan laporan dan analisis.
Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir dalam menjalankan kampanye bisnis Anda, sebab semua bisa ditangani dengan handal dan profesional bersama RedERP.
Jadi, tunggu apa lagi? Ajukan trial dan demonya sekarang juga, GRATIS!
Demikian pembahasan mengenai B2B marketing yang bisa mengoptimalkan bisnis Anda saat ini. Semoga bermanfaat!