Bundling adalah suatu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan, yaitu dengan menggabungkan produk pelengkap dan menjualnya dengan harga lebih murah daripada bila dijual secara terpisah.
Strategi bundling menguntungkan perusahaan karena dapat meningkatkan penjualan serta mengurangi biaya pengeluaran yang digunakan untuk promosi. Mari pahami lebih dalam mengenai strategi penjualan dengan paket bundling lewat artikel RedERP berikut ini!
Apa Itu Bundling?
Bundling adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya ‘menggabungkan’. Bundling adalah sebuah teknik menggabungkan beberapa produk yang nantinya akan dijual menjadi satu unit dengan satu harga.
Harga yang tercantum untuk bundling biasanya lebih murah daripada bila barang dijual secara terpisah sehingga strategi ini mendorong konsumen untuk membeli lebih dari satu produk. Salah satu contoh bundling adalah produk-produk McDonald’s berikut ini.
Contoh bundling McDonald’s:

Alih-alih menawarkan produk ayam, nasi, minuman secara a la carte, McDonald’s menawarkan paket bundling yang jauh lebih murah.
Strategi bundling bukanlah strategi baru. Strategi ini sering sekali dipakai oleh berbagai bisnis, utamanya bisnis F&B, e-commerce, dan masih banyak lagi. Namun, strategi ini masih cukup efektif untuk diterapkan, karenanya masih digemari oleh banyak pelaku usaha.
Baca Juga: Mengelola Bisnis Minimarket dengan Mudah Bersama Software ini
Jenis Paket Bundling
Ada berbagai jenis paket bundling yang dapat diterapkan dalam strategi penjualan. Adapun jenis-jenisnya adalah:
1. Pure Bundling (Bundling Murni)
Pure bundling atau bundling murni adalah jenis bundling yang barangnya tidak dijual terpisah. Dengan jenis bundling ini, pilihan konsumen menjadi terbatas dan konsumen hanya akan membeli paket bundling saja.
Contoh dari penerapan bundling ini adalah penyedia jasa traveling yang telah menyediakan jasa akomodasi, lengkap dengan penginapan, makan, dan pemandunya.
Selain itu, ada juga penyedia layanan TV yang menawarkan paket saluran TV, tanpa menyediakan penjualan saluran TV secara terpisah.
2. Mix and Match Bundling
Mix and match bundling adalah jenis bundling yang memungkinkan konsumen untuk memilih sendiri produk yang mereka inginkan dengan harga tertentu.

Jenis yang satu ini seolah-olah memberikan kendali khusus pada konsumen untuk memilih produk yang mereka mau.
Contoh dari penerapan paket bundling ini adalah promo cuci gudang, bebas pilih 3 produk dengan membayar 100 ribu saja.
3. Cross-sell Bundling
Cross-sell bundling adalah bundling yang menawarkan penjualan produk utama dengan produk pelengkap. Biasanya, jenis ini menawarkan pula produk pelengkap yang tidak dapat digunakan secara terpisah dengan produk utama.

Contoh penerapan jenis cross-sell bundling adalah penawaran bundling pelembab wajah dengan serum atau ponsel dengan casing.
4. New Product Bundling
New product bundling adalah jenis paket bundling untuk mempromosikan produk baru dengan cara menjualnya bersama dengan produk utama yang laris. Jenis ini bisa menjadi alternatif strategi promosi yang menguntungkan bagi perusahaan.
Namun, perusahaan perlu memastikan bahwa produk baru digabung dengan produk yang benar-benar sedang laris sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.
5. Paket Bundling Hadiah
Paket bundling hadiah adalah bundling yang tujuannya untuk diberikan pada orang lain sebagai hadiah. Adapun contoh bundling ini adalah hampers atau hadiah parcel.
6. BOGO Bundling (Beli X Gratis Y)
BOGO bundling adalah bundling yang sangat sering kita temui, yaitu “beli 1 gratis 1” atau bisa juga “beli produk A, gratis produk B”. Biasanya, bundling seperti ini digunakan oleh banyak pelaku bisnis di marketplace.

Dengan bundling jenis ini, konsumen akan terdorong untuk membeli barang dengan harga penuh dan mendapatkan hadiah sebagai keuntungannya.
7. Bundling Inventaris Lama
Daripada menimbun inventaris yang sudah lama berada di gudang, Anda dapat bundling beberapa produk untuk kemudian dijual. Selain Anda tetap mendapatkan penghasilan dari inventaris lama, Anda juga dapat mengosongkan gudang dan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk penyimpanan.
Baca Juga: Alasan Pentingnya Bisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Gudang
8. Bundling Musiman
Bundling musiman biasanya dipakai jika ada suatu perayaan atau kebutuhan musiman. Misalnya, supermarket menawarkan bundling cokelat beserta bunga dan kartu ucapan saat hari Valentine tiba.
Manfaat Menggunakan Strategi Bundling
Adapun manfaat dari penerapan strategi bundling adalah sebagai berikut:
Meningkatkan nilai pesanan rata-rata perusahaan
Pelanggan yang membeli produk atau layanan dalam bentuk bundle, secara otomatis akan meningkatkan traksi pesanan perusahaan. Karena produk yang keluar lebih banyak jika pelanggan hanya membeli secara satuan.
Meningkatkan volume penjualan
Dengan menawarkan beberapa produk atau layanan dalam satu paket, Anda dapat menarik pelanggan yang ingin membeli produk atau layanan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan penjualan Anda karena pelanggan akan lebih mungkin membeli paket daripada produk atau layanan individu.
Mengurangi inventaris lama dalam gudang
Salah satu tujuan menerapkan strategi bundling adalah mengurangi barang-barang lama yang kurang diminati. Dengan memasangkan produk lama dan produk laris yang diminati dalam bentuk bundle, hal ini sangat membantu untuk mengurangi stok di dalam gudang.
Menghemat biaya promosi dan distribusi
Strategi bundling dapat mengurangi biaya promosi secara keseluruhan. Karena alih-alih memfokuskan promosi untuk satu produk saja, promosi dapat dilakukan untuk lebih dari satu barang secara bersamaan.
Kendala Dalam Menerapkan Strategi Bundling
Meskipun strategi bundling banyak diminati dan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda, namun ternyata ada kendala yang dapat menghambat penerapan strategi ini. Adapun kendala dalam penerapan strategi bundling adalah:
Salah memilih produk yang akan menjadi paket bundling
Memilih produk atau layanan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam bundling juga dapat menjadi sulit. Anda perlu memastikan bahwa produk atau layanan saling berkaitan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan. Jika kombinasi produk tidak menarik bagi pelanggan, strategi bundling tidak akan efektif.
Penentuan Harga
Menentukan harga bundling yang tepat dapat menjadi sulit karena Anda perlu mempertimbangkan harga produk atau layanan individu serta nilai tambah yang diberikan oleh bundling.
Jika harga terlalu tinggi, pelanggan mungkin tidak tertarik untuk membeli paket bundling. Namun, jika harga terlalu rendah, bisnis Anda dapat mengalami kerugian.
Kehabisan salah satu produk dalam paket bundling
Jika produk dalam bundling memiliki permintaan yang tinggi, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan pelanggan karena keterbatasan stok produk. Hal ini dapat mengurangi kepuasan pelanggan dan mengurangi keuntungan bisnis.
Software ERP dari RedERP Optimalkan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran seperti paket bundling bisa menjadi strategi yang tepat untuk membantu Anda mengoptimalkan penjualan. Cara ini bisa bekerja dengan baik pada bisnis retail.
Dalam menjalankan strategi promosi, baik itu bundling atau lainnya. Sangat penting bagi perusahaan untuk bisa mengoptimalkannya, ini karena strategi pemasaran berkaitan erat dengan pengeluaran perusahaan dan bagaimana perusahaan dapat menjual produk.

Oleh karena itu, strategi pemasaran perlu direncanakan dan dijalankan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan implementasi software ERP dari RedERP.
Software ERP dari RedERP memiliki banyak modul yang dapat membantu proses operasional bisnis dari hulu ke hilir.
Misalnya dengan Modul Aplikasi Inventory, Anda dapat mengelola dan mencatat stok barang dengan mudah. Seluruh informasi berkaitan dengan produk dan proses masuk atau keluarnya barang dapat dilacak dengan RedERP.
Pada Modul Customer Relationship Management (CRM), Anda dapat memetakan kebutuhan konsumen dan peluang penjualan sehingga dapat merencanakan strategi pemasaran dengan tepat.
Kalau dengan Modul Point of Sale (POS) & Integration, seluruh kegiatan transaksi dapat dikelola dan dipantau secara real-time! Mudah, bukan?
Selanjutnya, ada juga Modul Akuntansi yang akan membantu Anda dalam mengotomatisasi pembuatan jurnal akuntansi atau jurnal besar secara cepat, mudah, dan akurat!
Ada banyak modul dan fitur lain yang dapat Anda gunakan dalam RedERP dan semuanya telah terintegrasi dengan proses apapun dalam operasional bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan RedERP sekarang juga!