Table of Contents
Table of Contents

Cloud ERP: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Cloud ERP

Saat ini banyak perusahaan yang melibatkan teknologi dalam menjalankan bisnis atau perusahaannya. Salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan perusahaan yaitu software cloud ERP.

Software ERP sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi proses atau kegiatan operasional yang ada di perusahaan.

Cloud ERP sendiri artinya software ERP yang ada, dipasang dan dikelola oleh vendor data center yang berbasis cloud.

Pada pembahasan kali ini, RedERP akan menyebutkan berbagai macam manfaat cloud ERP bagi kegiatan bisnis perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

 

Apa Itu Cloud ERP?

Cloud ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem manajemen bisnis yang terintegrasi dan disediakan melalui layanan cloud.

ERP sendiri mengacu pada perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola berbagai proses bisnis, termasuk keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, persediaan, pengiriman, penjualan, dan banyak lagi.

Dengan adopsi sistem ini, perusahaan tidak perlu lagi menginstal perangkat lunak ERP secara lokal di server mereka.

Sebaliknya, aplikasi dan data terkait di-hosting di infrastruktur cloud oleh penyedia layanan. Ini memungkinkan akses yang lebih mudah dan fleksibilitas bagi pengguna di berbagai lokasi dan perangkat.

 

Manfaat Menggunakan Cloud ERP bagi Perusahaan

cloud erp
Manfaat cloud ERP untuk kelola bisnis.

 

Nyatanya, menggunakan cloud ERP di dalam sebuah bisnis, dapat memberikan berbagai manfaat maupun keuntungan.

Berikut beberapa manfaatnya yang penting bagi bisnis:

 

1. Efisiensi Biaya

Sistem yang ada pada cloud ERP, sangat berbeda dengan sistem ERP On-Premise. Pada ERP on-premise, perusahaan perlu membayar lisensi software ERP di awal serta server yang dibutuhkan.

Selain itu, staf IT, security, antivirus, operating system, maintenance database, serta rencana regular-upgrade juga termasuk hal yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Berbeda dengan sistem ERP on-premise. Di dalam sistem ini, vendor yang akan menangani segala kegiatan maintenance, support, upgrade, dan security untuk perusahaan.

Pada kasus ini, perusahaan hanya membayar apa yang mereka gunakan dan perlukan.

 

Baca juga: Bahas Tuntas Modul ERP Berdasarkan Jenis Industrinya

 

2. Waktu Upgrade yang Singkat

Sama seperti sistem-sistem lainnya, sistem ini juga perlu untuk dilakukan pembaruan atau upgrade.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab waktu upgrade yang dibutuhkan pada sistem ini  relatif lebih singkat dibandingkan ERP on-premise.

Umumnya upgrade hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan pada jam-jam di luar operasional, Sehingga tidak mengganggu perusahaan ketika sedang menggunakannya.

 

3. Kemudahan Akses

Software ERP dengan sistem cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses software atau aplikasi tersebut dari berbagai macam perangkat yang ada, seperti table, desktop, ataupun smartphone dengan bantuan koneksi internet.

Dengan begitu, para pengguna bisa mengakses informasi yang dibutuhkan secara real-time, dimanapun mereka berada.

Hal ini tentunya akan memudahkan perusahaan maupun karyawan dalam melakukan pekerjaannya, tanpa harus berada pada ruangan yang sama.

 

4. Skalabilitas

Manfaat yang keempat yaitu terletak pada skalabilitasnya. Artinya, perusahaan dapat dengan mudah mengajukan peningkatan pada spesifikasi server (penyimpanan, daya komputasi, dsb) dengan cepat dan mudah, tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Manfaat satu ini sangat diperlukan, jika perusahaan mengalami pertumbuhan yang relatif cepat dan membutuhkan spesifikasi tambahan pada software yang mereka gunakan.

 

5. Dapat Dikustomisasi

Setiap bisnis ataupun perusahaan yang ada, pastinya memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda.

Memiliki software yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan di segala kondisi, tentunya merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Aplikasi ERP dengan sistem cloud dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dikarenakan sistem ini, umumnya memiliki sistem yang fleksibel, sehingga pengguna bisa menambahkan modul-modul yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

 

6. Terintegrasi dengan Baik

Manfaat lain dari sistem ini, yakni kemampuannya yang terintegrasi dengan modul atau solusi-solusi lainnya, seperti CRP, MRP, QMS.

Bahkan beberapa ERP cloud memiliki full-service enterprise platform yang membantu komunikasi menjadi efektif dan efisien yang berguna bagi berbagai macam bisnis.

 

Baca Juga: Tujuan Utama Konsep Enterprise Architecture

 

7. Meningkatkan Produktivitas

Salah satu alasan utama perusahaan dalam menggunakan software atau tools pembantu, tentunya untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Hal ini tentunya akan merujuk pada meningkatnya produktivitas perusahaan, yang secara tidak langsung akan menambah profit perusahaan.

 

8. Sistem Keamanan yang Mumpuni

Menyimpan data-data penting kepada pihak vendor, memang kadang mengkhawatirkan perusahaan.

Namun provider  sistem ini dikenal dengan reputasinya yang bagus dalam hal keamanan dan penyimpanan data.

Penyedia ERP Cloud menawarkan keamanan untuk level enterprise dengan end-to-end encryption. Mereka juga memiliki prosedur pemulihan bencana, serta memastikan data yang ada, akan selalu aman di segala situasi dan kondisi.

 

Cara Kerja Sistem Cloud ERP

Pertama, perusahaan memilih penyedia layanan Cloud ERP yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Setelah itu, data bisnis perusahaan, seperti informasi keuangan, sumber daya manusia, persediaan, dan proses operasional lainnya, diunggah ke infrastruktur cloud yang disediakan oleh penyedia tersebut.

Data ini kemudian disimpan dan dielola secara aman di pusat data cloud.

Selanjutnya, perusahaan dapat mengakses sistem ini melalui aplikasi web yang diakses melalui peramban web atau aplikasi mobile.

Pengguna dapat masuk ke akun mereka dan menggunakan fitur-fitur ERP yang disediakan, seperti mengelola keuangan, melakukan proses perekrutan dan manajemen SDM, mengelola persediaan, melacak pesanan, mengelola produksi, dan lain sebagainya.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem ini dapat diakses dan diperbarui secara real-time oleh pengguna yang memiliki izin akses yang sesuai.

Misalnya, departemen keuangan dapat memasukkan data transaksi ke dalam sistem, dan departemen penjualan dapat melihat informasi terkini tentang status pesanan.

Hal ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara departemen dan mengurangi duplikasi data atau ketidaksesuaian.

Selain itu, penyedia sistem ini juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan data dan menjalankan pembaruan perangkat lunak serta pemeliharaan sistem secara berkala.

Mereka menggunakan langkah-langkah keamanan dan enkripsi data untuk melindungi informasi bisnis dari akses yang tidak sah atau risiko kehilangan data.

Secara keseluruhan, sistem ini dapat memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses bisnis mereka secara terpadu dan efisien melalui akses yang mudah, skalabilitas, dan keamanan yang disediakan oleh infrastruktur cloud.

 

Gunakan Software Cloud ERP Terbaik RedERP untuk Kelola Bisnis

Software ERP
Software ERP

 

Berdasarkan poin-poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, cloud ERP menawarkan kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, dengan cara mengotomatisasi segala kegiatan atau proses operasional perusahaan.

Tak hanya itu saja, sistem ini juga menawarkan berbagai manfaat melalui sistem yang terintegrasi dengan fitur-fitur lain.

Salah satu rekomendasi terbaik software ERP dengan sistem cloud yang dapat Anda gunakan yaitu aplikasi RedERP. 

Aplikasi RedERP dapat membantu mengotomatisasikan setiap kegiatan operasional pada setiap bidang industri untuk meningkatkan efektivitas serta produktivitas perusahaan. RedERP juga memiliki berbagai keunggulan, seperti

  • Akurat
  • Terintegrasi
  • Hemat
  • Fleksibel
  • Cepat, dan
  • Mudah

Selain itu, software RedERP juga sudah memiliki sistem penyimpanan cloud, yang dapat menyimpan data perusahaan secara cepat, mudah, dan terjamin tingkat keamanannya.

Coba demonya sekarang juga, GRATIS!

Sekian pembahasan mengenai cloud ERP, beserta manfaatnya untuk kegiatan bisnis perusahaan. Semoga artikel ini dapat menambah referensi Anda dalam memilih software yang tepat.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami