Dalam bisnis, cloud inventory seringkali digunakan untuk mengelola persediaan barang dengan lebih efisien.
Penggunaan cloud inventory juga dilakukan dalam pengendalian secara efektif untuk menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan barang.
Lantas, bagaimana cara kerja dan manfaat cloud inventory untuk perkembangan bisnis?
Simak penjelasannya pada artikel RedERP berikut ini.
- Pengertian Cloud Inventory
- Cara Kerja Cloud Inventory
- Manfaat Cloud Inventory untuk Bisnis Anda
- Inventory Management Lebih Mudah dengan Aplikasi Inventory
Pengertian Cloud Inventory
Cloud inventory adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melacak dan memelihara tingkat inventaris dengan menggunakan software manajemen inventaris.
Sistem ini dikenal juga dengan sebutan cloud inventory management berbasis lokasi, sistem peringatan dini inventaris, atau inventaris seluler.
Metode ini lebih mudah diakses dan digunakan daripada teknik konvensional dalam pengelolaan ketersediaan barang.
Dalam cloud inventory software, ketersediaan barang dapat disimpan di lokasi yang berbeda.
Hal itu memungkinkan perusahaan untuk mengakses tanpa harus menyimpannya secara fisik di suatu tempat. Solusi ini sangat penting terutama bagi Anda pebisnis online yang tidak memiliki toko dan gudang sendiri.
Dengan adanya cloud inventory, perusahaan akan mendapatkan fleksibilitas yang lebih besar dalam penyimpanan dan pengambilan persediaan barang.
Selain itu, solusi ini juga memberikan tingkat keamanan yang lebih baik karena tidak ada risiko pencurian atau kerusakan barang.
Dengan memanfaatkan cloud inventory, Anda dapat memantau penjualan secara real-time, meningkatkan layanan pelanggan, mengurangi kesalahan, serta dapat mengoptimalkan biaya bisnis yang digunakan.
Baca Juga: Aplikasi Inventory: Solusi Terbaik untuk Pengelolaan Barang Perusahaan
Cara Kerja Cloud Inventory
Mengelola cloud inventory dalam bisnis tentu bukan hal yang mudah. Selalu ada risiko kehabisan produk sebelum pengiriman atau menghabiskan waktu berjam-jam mencari barang yang tersimpan di tempat yang sulit ditemukan.
Untuk tetap dapat mengawasi ketersediaan barang dengan baik dan memastikan segala sesuatunya berjalan lancar, penggunaan cloud inventory software sangatlah krusial.
Sistem ini akan dijalankan mulai dari pengecekan persediaan, pembuatan, dan pengiriman pesanan kepada pelanggan, tanpa memerlukan campur tangan manusia.
Hal ini memungkinkan pengalihan waktu dan uang yang sebelumnya digunakan untuk pekerjaan manual ke upaya mencapai tujuan bisnis dan yang lainnya.
Sistem cloud inventory, sebagian besar menyertakan fitur seperti manajemen pesanan, pelacakan lokasi, komunikasi dengan supplier, permintaan otomatis, pengoptimalan biaya, dan pencegahan pencurian.
Manfaatnya tidak hanya terbatas pada pelacakan dan pemesanan, tetapi juga dapat membantu dalam meningkatkan produksi, meningkatkan kualitas, serta memperoleh kepuasan pelanggan dan pertumbuhan bisnis.
Cloud inventory juga dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen aset, dengan memberikan catatan akuntansi untuk setiap barang yang sangat berguna dalam lingkungan persaingan dinamis yang bergerak cepat.
Dengan menggunakan sistem cloud inventory software, Anda dapat mengetahui ketersediaan barang dan lokasinya hanya dengan beberapa klik saja.
Manfaat Cloud Inventory untuk Bisnis Anda
Beberapa dari Anda yang memiliki bisnis mungkin belum sepenuhnya menyadari pentingnya cloud inventory. Namun sebenarnya, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh darinya.
Secara keseluruhan, ada berbagai manfaat yang ditawarkan oleh sistem cloud inventory, di antaranya:
Memantau Inventaris dan Alur Kerja Secara Mudah
Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengawasi ketersediaan barang dan proses operasional melalui infrastruktur cloud dari satu software saja.
Meskipun bisnis Anda menyimpan inventaris di satu atau beberapa gudang sortir, sistem cloud inventory management dapat melakukan pelacakan ketersediaan barang yang lokasinya di seluruh media platform.
Jadi akan sangat membantu dalam mengurangi insiden kehabisan stok.
Manajemen Secara Real-Time
Akurasi merupakan tantangan utama dalam mengelola persediaan barang, dan jika dilakukan secara manual, ini bisa membuat prosesnya sulit serta memakan waktu yang cukup lama.
Sistem dalam software ini memungkinkan Anda untuk mengatasi keterbatasan manajemen inventaris dengan memanfaatkan waktu secara efisien.
Dengan mengimplementasikan solusi cloud, Anda dapat mengakses inventaris di berbagai lokasi dan memantau ketersediaan barang lebih mudah.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sistem manajemen gudang untuk mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan secara otomatis menghitung serta melacak kapasitas penyimpanan.
Dengan cloud inventory ini, Anda dapat menyesuaikan tingkat inventaris aktual, mengatur lokasi pusat distribusi, dan sebagainya, untuk memperoleh manfaat multi-gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Menjaga Keamanan
Keamanan menjadi prioritas penting dalam penyimpanan data. Perusahaan seperti Microsoft, Google, Salesforce, dan Amazon menyediakan layanan keamanan digital, termasuk firewall, enkripsi data, dan deteksi virus, untuk menjaga data tetap aman.
Penting bagi Anda dan perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang keamanan digital, pencadangan dan pemulihan data, serta mitigasi risiko. Sehingga Anda dapat beralih ke cloud inventory tanpa merasa khawatir.
Meningkatkan Perkembangan Bisnis
Sistem inventaris berbasis cloud memiliki potensi untuk membantu meningkatkan skala bisnis Anda.
Misalnya, jika bisnis Anda mengalami peningkatan penjualan atau lonjakan pelanggan, penyedia layanan cloud dapat dengan cepat menawarkan peningkatan server.
Dengan adanya cloud inventory, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.
Menyederhanakan Rantai Pasok
Mempertahankan profitabilitas dalam distribusi ketersediaan barang merupakan hal yang penting. Untuk menjaga inventaris tetap positif, penting bagi Anda menentukan waktu yang tepat dalam melakukan pembelian inventaris baru.
Namun, pelacakan inventaris secara manual dapat memakan waktu dan usaha, kecuali jika Anda menggunakan cloud ERP modern dan perangkat lunak manajemen inventaris dengan fitur otomatisasi pesanan dan permintaan.
Dengan adanya fitur ini, manajemen rantai pasok menjadi lebih efisien dan Anda dapat menghemat waktu berharga dalam hal administratif.
Meningkatkan Produktivitas
Cloud inventory dapat meningkatkan produktivitas perusahaan Anda dengan memantau dan mengelola ketersediaan barang serta dokumen yang diperlukan dari mana saja dan kapan saja.
Bahkan tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk melacak stok secara manual.
Meskipun koneksi internet yang stabil sangat penting, beberapa pekerjaan dapat diakses secara offline dan nantinya akan dicek kembali agar data tersebut sesuai.
Inventory Management Lebih Mudah dengan Aplikasi Inventory RedERP
Setelah mengetahui informasi di atas, tidak mudah bukan mengelola persediaan barang untuk keperluan bisnis?
Tentunya Anda sering mengalami hal yang rumit dalam operasional bisnis. Untuk itu, meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis dengan cloud inventory adalah pilihan yang tepat.
Cloud inventory dapat mengelola dan melacak persediaan barang dengan tepat, serta memantau perkembangan bisnis lebih mudah.
Salah satu rekomendasi software terbaik yang bisa digunakan untuk mempermudah inventory management di perusahaan Anda, yakni Aplikasi Inventory RedERP.
Hadirnya Aplikasi Inventory RedERP, proses pengelolaan inventaris menjadi lebih efisien. Aplikasi RedERP merupakan sebuah solusi yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan persediaan barang.
Sebut saja fitur Shipping dan Receipt yang bisa memantau dan mengelola pengiriman serta masuknya barang ke area gudang Anda.
Fitur Inventory Movement, akan mengawasi perpindahan barang di gudang perusahaan ke toko atau lokasi gudang secara otomatis dan real time.
Ada juga fitur-fitur terbaik lainnya seperti Warehouse and Locator Management, serta Physical Inventory Check/ Stock Opname.
Selain itu, Anda pun akan dimudahkan dalam menghasilkan laporan secara otomatis yang akan membantu mengevaluasi manajemen pergudangan di setiap periode dengan fitur Reporting and Analysis.
Sangat menarik bukan? Jadi tunggu apa lagi, ajukan trialnya sekarang juga!