Table of Contents
Table of Contents

Contoh Laporan Penjualan Harian Toko untuk Pantau Keuangan Bisnis!

Bagi Anda seorang pebisnis, ketika mendengar laporan penjualan harian toko mungkin tak asing lagi, bukan? Laporan penjualan harian adalah salah satu alat penting dalam mengukur kinerja bisnis dan mengambil keputusan strategis. 

Era serba digital, laporan tersebut dapat dibuat dengan menggunakan perangkat lunak khusus. Dalam hal ini, laporan penjualan harian memiliki peran krusial dalam mengukur pertumbuhan bisnis, mengidentifikasi tren penjualan, mengelola persediaan, serta merencanakan strategi pemasaran. 

Lantas, ada apa saja contoh laporan penjualan harian toko? Untuk mengetahuinya, akan kami ulas secara lengkap pada artikel RedERP berikut ini. Yuk, simak hingga akhir!

 

Apa Itu Laporan Penjualan Harian Toko

Laporan penjualan harian toko adalah pencatatan mengenai seluruh transaksi penjualan yang terjadi pada setiap hari. Dalam laporan penjualan ini, terdapat informasi mengenai jumlah transaksi, nilai total transaksi, kuantitas barang yang terjual dari gudang, serta perincian laba dan rugi pada periode satu hari.

Karena sifatnya harian, penting untuk menyusun laporan ini setiap harinya selama toko beroperasi. Pengelolaan pencatatan ini diperlukan dalam berbagai jenis bisnis yang dijalankan.

Terdapat banyak contoh laporan penjualan harian toko, baik itu toko kelontong, kedai kopi, restoran, hingga toko bahan bangunan.

Bahkan bisnis yang berfokus pada pemberian jasa pun dapat memanfaatkan laporan harian ini dengan penyesuaian yang sesuai. Walaupun hanya merupakan laporan harian, penting untuk melakukannya dengan cermat, terutama saat terjadi banyak transaksi dalam satu hari. 

Hal ini karena laporan ini akan menjadi dasar dalam penyusunan laporan bulanan dan tahunan di masa mendatang.

 

Pentingnya Membuat Laporan Penjualan Harian Toko

Dengan menggunakan laporan penjualan, Anda dapat memperoleh gambaran tentang situasi toko Anda. Apabila angka dalam laporan penjualan menunjukkan peningkatan, maka bisnis Anda sedang dalam kondisi yang menguntungkan.

Namun, sebaliknya, jika angka dalam laporan menunjukkan penurunan, ini menjadi tanda untuk Anda untuk merencanakan strategi peningkatan penjualan.

Tidak hanya itu, laporan penjualan harian juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya kesalahan atau tindakan curang dalam transaksi penjualan. Semua bukti transaksi seperti kuitansi, nota, faktur, atau bentuk dokumen lainnya akan tercatat dengan rapi, sehingga dapat diakui secara akuntabel.

Walaupun mungkin tidak memberikan gambaran keseluruhan tentang kondisi bisnis jualan Anda, laporan penjualan harian akan memberikan Anda data yang lebih rinci dan akurat mengenai fluktuasi harian dalam penjualan.

 

Cara Tepat Membuat Laporan Penjualan Harian Toko

Anda dapat membuat laporan harian setelah operasional toko selesai dan tidak ada lagi transaksi yang dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan laporan harian dari penjualan toko Anda:

 

1. Memilih Format Laporan

Format laporan dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan penerima laporan tersebut. Laporan yang akan diserahkan kepada atasan perlu dihasilkan dengan tampilan yang teratur dan profesional.

Di sisi lain, Anda dapat menyusun laporan harian yang lebih sederhana jika laporan tersebut ditujukan untuk penggunaan pribadi.

 

2. Mengumpulkan Bukti Transaksi Harian

Sebelum mulai menyusun laporan penjualan harian toko, Anda perlu mengumpulkan semua bukti transaksi yang terjadi pada hari tersebut. Bukti transaksi ini dapat diperoleh dari nota pembayaran yang dicetak melalui mesin kasir. 

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa data transfer pada aplikasi serta transaksi pembayaran menggunakan kartu debit melalui mesin EDC.

 

3. Menetapkan Pola Laporan Harian

Anda dapat mengembangkan pola laporan pribadi untuk pencatatan ini. Pastikan untuk mencakup semua elemen penting dalam menyusun laporan harian. Jangan lupa untuk mencatat tanggal, waktu transaksi, rincian barang yang terjual, nilai transaksi, metode pembayaran yang digunakan, serta perincian laba dan rugi.

 

4. Mencatat Seluruh Transaksi dalam Laporan

Pembuatan laporan harian bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas atau melalui metode digital. Anda bisa menggunakan lembar kerja atau aplikasi Excel untuk mengatur catatan transaksi harian. 

Alternatifnya, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi laporan keuangan dari RedERP sebelum memindahkannya ke bentuk data digital.

 

5. Melakukan Evaluasi Terhadap Laporan

Tidak cukup hanya dengan membuat laporan harian, penting juga untuk melakukan analisis terhadap laporan yang telah disusun.

Berikan ringkasan mengenai pola transaksi yang terjadi. Misalnya, identifikasi produk yang paling diminati pada hari tersebut atau rentang harga yang lebih sering dipilih oleh pelanggan.

 

Baca Juga: Contoh Membuat Laporan Kasir Restoran yang Baik

 

Contoh Laporan Penjualan Harian Toko

Adapun contoh laporan penjualan harian toko sebagai berikut:

sumber gambar: mitra.bukalapak.com 

sumber gambar: selly.id

Laporan penjualan harian toko adalah alat penting dalam mengukur kinerja bisnis dan membuat keputusan yang lebih baik. Dengan menganalisis data penjualan harian, pemilik toko dapat mengidentifikasi tren, mengelola persediaan, dan merencanakan strategi pemasaran dengan lebih efektif.

Contoh laporan penjualan harian toko dan analisis di atas menggambarkan bagaimana laporan semacam ini dapat digunakan untuk mengambil wawasan berharga tentang operasi bisnis sehari-hari.

 

Buat Laporan Penjualan Harian Praktis dengan Aplikasi POS RedERP

Membuat laporan penjualan akan membantu Anda memahami pergerakan bisnis Anda secara lebih mendalam dan mengambil langkah strategis yang tepat. 

Agar proses pembuatan laporan lebih mudah, jangan ragu untuk menggunakan Aplikasi POS RedERP untuk membantu dalam pencatatan dan analisis mengenai aktivitas transaksi dan inventaris barang.

Dengan pemanfaatan Aplikasi POS RedERP, pengelolaan sistem transaksi akan mengalami peningkatan efisiensi yang signifikan. Setiap transaksi yang terjadi dapat dengan mudah dipantau secara langsung dalam waktu nyata.

Tidak hanya itu, proses pembuatan laporan transaksi juga akan berjalan dengan cepat dan akurat, yang tentu saja akan berperan dalam mencegah potensi tindakan penipuan dan juga kesalahan manusia. 

Terdapat pula fitur Digital Billing System, yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis mencetak semua struk sesuai dengan nominalnya yang telah terintegrasi dalam sistem.

Tunggu apalagi? Ayo segera kunjungi call center kami dan ajukan demo gratis sekarang juga untuk dapatkan promo menarik lainnya!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami