CRM salesman merupakan sebuah perangkat yang diperuntukkan untuk menunjang operasi penjualan ataupun pemasaran suatu bisnis perusahaan.
Kehadirannya terbilang cukup krusial karena mampu memberikan beberapa manfaat penting bagi kelancaran dan kesuksesan aktivitas CRM perusahaan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu CRM salesman, simak penjelasannya pada artikel RedERP di bawah ini ya!
Apa Itu CRM Salesman?
CRM (Customer Relationship Management) salesman adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus, untuk membantu pengelolaan serta pelacakan aktivitas sales ketika menjalankan tugas.
Tugas yang dimaksud sangatlah beragam, mulai dari tahapan pemasaran, penjualan maupun melayani keluhan pelanggan.
CRM salesman software juga dikenal sebagai salesman tracking app yang membantu memantau alur penjualan berjalan baik pada sebuah bisnis.
Melalui penggunaan software ini, Anda mampu memastikan alur kerja tim penjualan secara baik. Alhasil, target bisnis yang telah dirancang bisa terpenuhi.
Manfaat Menggunakan CRM Salesman
Adapun sejumlah keuntungan yang dapat sebuah perusahaan dapatkan melalui pemanfaatan CRM sales dalam bisnis antara lain:
- Upaya sales monitoring perusahaan menjadi lebih praktis.
- Alur kerja sales suatu perusahaan menjadi lebih sederhana dan berkualitas.
- Sumber informasi dan data bisnis sebuah perusahaan menjadi lebih terpusat.
- Tergolong hemat biaya.
- Fitur yang tersedia dalam CRM sales bersifat mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.
- Proses closing deals bisnis perusahaan menjadi lebih cepat.
Siapa yang Membutuhkan CRM Salesman Software?
Sebenarnya, setiap perusahaan dari berbagai latar belakang industri membutuhkan CRM sales software guna meningkatkan prospek bisnisnya.
Namun secara khusus, terdapat beberapa perusahaan yang memang pada dasarnya memerlukan kehadiran CRM sales yakni:
- Business to Business (B2B): Untuk membantu bisnis perusahaan perihal pengelolaan informasi klien hingga follow up perkembangan transaksi, pembayaran, serta laporan bisnis.
- Business to Consumer (B2C): Dapat membantu perusahaan model B2C dalam menjangkau pelanggan yang lebih luas menjadi mudah.
- UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Membantu para pelaku UMKM supaya dapat mempunyai kemampuan setara dengan pebisnis-pebisnis besar sehingga bisa lebih berkompetisi di pasaran.
- Enterprise: Mampu meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan berbagai macam pekerjaan yang kompleks dalam bisnis mereka.
Baca Juga: Tips Menerapkan Marketing Resource Management
Fitur Penting dalam CRM Salesman Software
Setidaknya terdapat 6 fitur penting yang tersedia dalam sebuah CRM salesman software. Berikut adalah keenam fitur penting tersebut.
1. Manajemen Data Pelanggan
Fitur ini memiliki peran dalam membantu pengguna untuk mengatur data pelanggan dan mengelompokkannya sesuai kebutuhan tim sales perusahaan.
Melalui inovasi ini, pengguna mampu menjalankan aktivitas penawaran (offering) atau campaign.
Penggunaan sistem ini mampu membuat strategi sales perusahaan, akan jauh lebih terarah dan bisa menjalankan penyesuaian berdasarkan target pelanggan yang telah dikelompokkan sebelumnya.
2. Visualisasi Tahapan Sales (Sales Pipeline)
Fitur kedua ini akan membantu Anda dalam menjalankan proses pemantauan terhadap setiap pelanggan, baik yang telah berlangganan ataupun tengah dalam proses berjalan.
Dibandingkan menggunakan aplikasi Excel atau spreadsheet, tentu saja akan jauh lebih menguntungkan memakai CRM salesman software karena tergolong mudah dan fleksibel.
3. Dasbor Sales Admin
Dasbor sales admin adalah fitur penting ketiga yang dapat membantu Anda dalam melakukan monitoring terhadap proses sales yang tengah berlangsung, melalui visualisasi yang terbilang menarik serta mudah dipahami.
Selain itu, fitur ini pun memungkinkan Anda untuk mengunduh data laporan secara real-time secara sekaligus.
4. Monitoring Kinerja Individu Sales
Berkat kehadiran fitur ini, setiap sales perusahaan akan dapat terpantau kinerjanya secara jelas dalam bentuk data digital.
Bahkan Anda juga bisa mendapatkan visibilitas yang lebih luas mulai dari posisi sales, durasi kunjungan hingga biaya yang sales keluarkan selama aktivitas kunjungan berjalan.
5. Analisa Data Sales
Fitur terakhir adalah data sales, di mana memiliki fungsi dalam memantau setiap alur proses sales yang sedang berlangsung.
Fitur ini membuat pekerjaan sales manager menjadi lebih efektif, karena tidak perlu lagi menghubungi setiap sales terkait perkembangan aktivitas mereka.
Rekomendasi CRM Salesman Software
Saat ini, sudah banyak sekali vendor yang menyediakan CRM salesman software dengan berbagai fitur dan keunggulannya. Berikut ini beberapa rekomendasinya.
1. Pipedrive
Pipedrive adalah aplikasi pelacakan sales yang fokus pada manajemen penjualan dan pipeline. Ia menyediakan alat untuk mengatur dan melacak prospek, mengelola aktivitas penjualan, dan memberikan laporan yang berguna.
2. HubSpot Sales
HubSpot Sales adalah aplikasi yang menyediakan alat pelacakan penjualan dan manajemen prospek. Ia memungkinkan Anda melacak email, membuat jadwal pertemuan, mengelola kontak, dan melihat analisis penjualan.
3. Zoho CRM
Zoho CRM adalah solusi CRM yang komprehensif dan terjangkau. Ia menawarkan fitur-fitur seperti manajemen penjualan, pengelolaan pelanggan, otomatisasi pemasaran, dan integrasi dengan aplikasi lain.
4. Salesmate
Salesmate adalah aplikasi pelacakan penjualan yang dirancang untuk tim sales. Ia menyediakan fitur-fitur seperti manajemen prospek, pipeline penjualan, notifikasi aktivitas, dan pelaporan yang komprehensif.
5. Freshsales
Freshsales, yang juga telah disebutkan sebelumnya sebagai CRM salesman software, memiliki fitur pelacakan penjualan yang kuat.
Anda dapat melacak prospek, mengelola penjualan, mengatur tugas, dan melihat analisis penjualan dalam satu platform.
Software CRM RedERP Pilihan CRM Salesman Terbaik
CRM salesman sangat membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan dan pemantauan sales yang banyak bekerja di lapangan.
Selain itu, kehadiran perangkat lunak ini juga mampu memaksimalkan penjualan sales karena mampu menyederhanakan proses penjualan.
Sama hal yang saat Anda ingin memilih perangkat lunak untuk pengelolaan personalia, memilih CRM salesman software juga harus selektif.
Sangat penting untuk memastikan bahwa software tersebut memiliki berbagai fitur dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Maka itu, hanya pilih software yang menawarkan sistem terintegrasi, fleksibel, dan berbasis cloud. Di mana semua itu bisa Anda temukan dalam Software CRM RedERP.
Software CRM RedERP sudah dilengkapi dengan sistem yang terintegrasi, di mana Anda dapat menghubungkan sistem internal perusahaan dengan CRM RedERP.
Selain itu, software ini juga sudah ditunjangan dengan berbagai fitur mumpuni yang membantu Anda dalam mengelola dan memantau penjualan.
Mulai dari fitur Customer And Opportunity Management yang membantu sales untuk melakukan pemetaan persebaran konsumen potensial dan peluang.
Lalu fitur Marketing Campaign Promotion yang mendukung Anda dalam merancang, menganalisis, dan menyusun strategi kegiatan pemasaran di berbagai saluran.
Untuk mengelola penjualan dan aktivitas sales, Anda juga dapat menggunakan fitur Sales Management.
Seluruh penjualan dan kegiatan sales pun bisa Anda pantau dan tinjau karena Software CRM RedERP juga menghasilkan Report yang lengkap dan bersifat real-time.
Ayo ajukan demo gratis untuk tahu lebih lengkap dan dalam mengenai Software CRM RedERP!