Teknologi memang dikenal dapat memudahkan dan membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan praktis. Begitu juga di dalam dunia kerja, teknologi banyak dimanfaatkan perusahaan untuk membantu bisnisnya maju dan berkembang.
Salah satu teknologi yang digunakan dan dimanfaatkan oleh perusahaan yaitu tools CRM. CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management, yang dapat membantu meningkatkan usaha atau bisnis penggunanya.
Pada kesempatan kali ini, RedERP akan memberikan beberapa rekomendasi pilihan tools CRM terbaik yang dapat membantu perusahaan maju dan berkembang. Kita simak daftar-daftarnya di bawah ini!
Apa yang Dimaksud Tools CRM?
Lalu, apa CRM tools itu sendiri? CRM tools adalah sebuah perangkat digital yang dapat menghubungkan pemilik bisnis dengan pelanggan.
Nantinya, sistem yang ada pada tools CRM akan secara otomatis memberikan laporan analisis yang detail mengenai hubungan antara para pelanggan dengan performa dari para karyawan.
Tools CRM dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan prospek penjualan, mengubah audiens menjadi pelanggan, mempertahankan pelanggan yang ada, dan meningkatkan kepuasan, serta loyalitas pelanggan.
Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Baca juga: Inventory Control Adalah Hal Penting untuk Manajemen Persediaan?
Manfaat Menggunakan Tools CRM
Menggunakan tools CRM dalam menjalankan usaha, tentunya memberikan berbagai keuntungan atau manfaat. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan, berikut ini poin-poinnya:
- Meningkatkan performa sales menjadi lebih baik
- Efisiensi dan juga profit dapat meningkat dengan pesat
- Pengambilan keputusan menjadi lebih mudah untuk dilakukan
- Data-data yang ada, akan tersimpan dengan sangat aman
- Mengoptimalkan mobilitas bagi para tenaga lapangan
- Dapat mengotomatisasi tugas atau task harian
Baca juga: 6 Strategi B2B Marketing Jitu Untuk Memajukan Bisnis Anda
Rekomendasi Tools CRM Terbaik
Berikut beberapa rekomendasi Tools CRM terbaik yang dapat Anda gunakan di perusahaan, diantaranya:
1. RedERP
Rekomendasi yang pertama yaitu CRM Software RedERP. CRM tools satu ini dapat membantu perusahaan dalam menjalankan beberapa aktivitas bisnisnya, seperti melakukan manajemen pelanggan, aktivitas pemasaran, pembagian komisi, manajemen pengiriman hingga laporan.
Tak hanya itu, melalui CRM RedERP ini, seluruh informasi lengkap mengenai prospek dan pelanggan yang dimiliki perusahaan, akan disimpan secara terpadu di dalam satu sistem, sehingga Anda dapat dengan mudah melacaknya
Adapun beberapa fitur unggulan dari RedERP itu sendiri:
- Customer and Opportunity Management, berguna untuk memetakan persebaran konsumen potensial dan peluang dalam pemasaran tertentu
- Commission, berguna untuk menentukan jumlah komisi yang dibagikan kepada karyawan.
- Marketing Campaign-Promotion, berguna untuk melakukan perancangan analisis dan strategi pada penjualan perusahaan
- Shipping Management, berguna untuk mengatur alur pengiriman barang dengan cepat dan mudah
- Reporting and Analysis, berguna untuk membuat laporan secara lengkap dan real-time sekaligus
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengklik tautan berikut ini.
2. SalesForce

Rekomendasi tools CRM yang kedua yaitu SalesForce. Aplikasi CRM satu ini memang cukup populer dan banyak digunakan oleh perusahaan.
Dikembangkan oleh pengembang yang berasal dari Amerika Serikat, SalesForce memiliki beberapa fitur menarik di dalamnya, seperti
- Manajemen kontak
- Melacak prospek pelanggan perusahaan
- Memprediksi hasil penjualan di suatu tempat
- Mengotomatisasi pemasaran
- Melacak detail pelanggan
3. Zoho
Rekomendasi tools yang ketiga yaitu bernama Zoho. Sistem yang dimiliki oleh Zoho ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan serta menarik lebih banyak pelanggan.
Zoho juga dapat menampilkan history pembelian pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menawarkan cross selling atau up selling.

Tak hanya itu, Zoho juga memiliki fitur lain seperti manajemen kontak, kontrol pembelian, otomasi penjualan, dan masih banyak lagi.
Dengan menggunakan Zoho, Anda dapat mengubah pengunjung website perusahaan menjadi pelanggan potensial untuk perusahaan.
4. HubSpot

Rekomendasi tools selanjutnya yaitu HubSpot. CRM tools satu ini cocok digunakan oleh para pemula, sebab tampilan atau UI yang dimilikinya sangat mudah untuk dipahami dan dioperasikan.
HubSpot juga memiliki semua fitur dasar yang diperlukan tanpa kompleksitas yang membingungkan pengguna. Sistem ini dapat membantu perusahaan untuk membuat detail kontak secara lengkap.
Hubspot juga dapat diintegrasikan ke semua media dimana proses penjualan modern berada, seperti website, email, dan media sosial.
5. Pipedrive

Pipedrive adalah tools CRM yang menyediakan fitur-fitur seperti pengelompokkan prospek, manajemen penjualan, manajemen tugas, dan lain-lain. Pipedrive juga memiliki fitur unik yaitu visual sales pipeline yang memudahkan dalam melacak proses penjualan.
6. Copper CRM

Copper CRM sebelumnya dikenal sebagai ProsperWorks, adalah tools CRM yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Copper CRM menyediakan fitur seperti manajemen prospek, manajemen penjualan, manajemen tugas dan integrasi dengan Google Workspace.
Tools CRM ini juga dapat memvisualisasikan proses penjualan tim Anda dari awal hingga akhir.
7. Insightly
Insightly adalah tools CRM yang mengklaim dapat menangani kebutuhan CRM segala lini bisnis seperti manufaktur, jasa, non-profit, media, teknologi, dsb. Tools CRM ini menyediakan fitur-fitur seperti sales pipeline, manajemen tugas dan integrasi dengan Google Apps dan Office 365.

Tools CRM ini juga memiliki tampilan customer journey, agar memudahkan tracking dari proses terjadinya penjualan.
8. Agile CRM

Agile CRM adalah tools CRM yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah karena menonjolkan harga yang terjangkau. Agile CRM menyediakan fitur seperti project management, automatic voice mail, e-mail tracking, dan integrasi dengan banyak aplikasi bisnis lainnya.
9. Bitrix24

Bitrix24 adalah tools CRM yang memiliki fitur-fitur antara lain akuisisi dan manajemen prospek, pemasaran omni-channel kemudian layanan komunikasi secara live dengan prospek.
Bitrix24 juga menyediakan fitur-fitur manajemen penjualan yang dapat mengetahui data dan jumlah leads, berapa yang sudah dihubungi dan total leads yang sudah terkonversi.
10. Freshsales

Melansir dari websitenya, Freshsales mampu memberikan laporan komprehensif terkait prospek yang dapat memberikan pendekatan secara lebih personal.
Aplikasi CRM ini juga dapat menyatukan informasi terkait proses sales, sehingga proses penjualan dapat dilacak secara lebih efektif. Selain itu, Freshsales menyediakan fitur AI-powered lead scoring yang dapat membantu dalam mengidentifikasi prospek yang paling menjanjikan.
Baca Juga: Apa Itu Sales Tools? Berikut Penjelasannya
Demikian pembahasan mengenai pilihan tools CRM terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis perusahaan.
Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat sebagai salah satu sumber referensi Anda dalam memilih tools CRM yang tepat.