Table of Contents
Table of Contents

Apa Itu Customer Base? Begini Cara Membangun hingga Mempertahankannya

customer base

Membangun dan mempertahankan customer base yang loyal dan aktif dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan.

Namun dalam era persaingan yang semakin ketat dan perubahan perilaku konsumen yang dinamis, tugas ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan strategi yang efektif untuk membangun basis pelanggan yang solid dan menjaga hubungan yang langgeng dengan pelanggan.

Dalam artikel ini, RedERP akan membahas lebih dalam mengenai apa itu customer base, jenis-jenis yang  dapat ditemui, serta cara untuk membangun dan mempertahankan customer base yang sukses. Simak penjelasan berikut. 

 

 

Pengertian Customer Base

Customer base adalah sekelompok individu yang secara berulang membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Mereka adalah pelanggan yang paling aktif dan memberikan kontribusi nilai finansial yang signifikan bagi bisnis.

Tergantung pada jenis industri, basis pelanggan dapat terdiri dari kelompok yang khusus atau target audiens yang ditentukan berdasarkan profil pembeli.

Penting untuk mengidentifikasi basis pelanggan Anda karena mereka memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda.

Mereka adalah pelanggan yang paling sering melakukan pembelian produk Anda dan mengandalkan perusahaan Anda untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka. 

Dengan mengenali basis pelanggan ini, tim pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan Anda dapat membangun hubungan yang produktif dengan mereka.

Dalam basis pelanggan, ada kelompok pelanggan yang lebih spesifik yang dikenal sebagai pelanggan dasar terpasang. Kelompok ini memiliki posisi yang berbeda dalam perjalanan pelanggan, yang membedakan mereka dari anggota lain di basis pelanggan Anda.

 

Jenis-jenis Customer Base

Untuk menentukan customer base, Anda dapat melakukannya melalui riset pasar dan mengidentifikasi customer experience yang sudah ada.

Alternatif lainnya adalah dengan melakukan analisis terhadap basis pelanggan perusahaan pesaing yang menjual produk atau menyediakan layanan serupa. 

Meskipun analisis basis pelanggan biasanya mencakup pelanggan yang paling setia dan terlibat dengan bisnis, secara teoritis terdapat beberapa jenis basis pelanggan yang perlu dipahami.

Berikut adalah penjelasannya:

 

1. Pelanggan Setia (Loyal Customer

Pelanggan setia merujuk pada individu atau kelompok pelanggan yang secara teratur membeli produk atau menggunakan layanan bisnis selama setidaknya satu tahun terakhir.

Setiap bisnis harus mempertahankan jenis basis pelanggan ini karena mereka berkontribusi paling signifikan dalam menghasilkan pendapatan tahunan.

Anda dapat membuat pelanggan setia senang dan puas dengan memberikan program loyalitas pelanggan, seperti promosi khusus atau diskon pada produk Anda.

 

2. Pendapatan Berulang (Recurring Revenue)

Jika bisnis Anda berfokus pada layanan penjualan, pelanggan setia Anda adalah pendapatan berulang.

Jenis pelanggan ini memiliki keanggotaan, langganan, atau juga akses berbayar kepada layanan atau platform bisnis yang Anda miliki.

Pendapatan yang berulang inilah yang menjadi pendapatan dan keuntungan bisnis Anda.

Sebagai contoh, kita bisa melihat layanan video on demand Netflix yang  menganggap subscriber aplikasi mereka adalah pendapatan berulang mereka.

 

3. Pelanggan Umum

Pelanggan umum adalah mencakup semua pelanggan dari segmen pasar bisnis yang telah membeli produk atau layanan setidaknya sekali dalam satu tahun terakhir.

Basis pelanggan ini mencakup pelanggan yang mencoba produk sekali karena rasa ingin tahu atau karena penawaran yang Anda berikan.

Pelanggan jenis ini merupakan hasil dari upaya merek dalam memperkenalkan prospek ke produk atau layanan dan mendorong peluang pelanggan menjadi customer advocacy.

 

Cara Membangun Customer Base

Berikut ini adalah beberapa strategi sederhana untuk memulai membangun customer base Anda dari awal.

 

1. Tingkatkan Kesadaran Merek melalui Media Sosial 

Media sosial menyediakan platform yang murah atau bahkan gratis untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan membangun basis pelanggan Anda. 

Anda dapat dengan cepat terhubung dengan target pasar Anda di platform seperti Facebook, LinkedIn, dan Instagram, serta menjalankan kontes atau hadiah untuk menarik lebih banyak orang.

 

2. Jalin Kemitraan dengan Bisnis Lain 

Jika bisnis Anda masih baru dan memiliki sedikit basis pelanggan, bekerja sama dengan bisnis lain dapat menjadi strategi yang efektif untuk membangun basis pelanggan.

Untuk menjadikan kemitraan ini berhasil, Anda perlu menawarkan sesuatu yang berharga sebagai ketidakseimbangan atas akses ke basis pelanggan yang lebih luas.

 

3. Lakukan Kampanye Pemasaran Melalui Email 

Email masih menjadi salah satu cara paling efektif bagi bisnis untuk membangun basis pelanggan. Orang-orang yang ada dalam daftar email Anda sudah menunjukkan minat terhadap produk dan layanan Anda. 

Maka dari itu, buatlah email kampanye pemasaran yang berfokus pada memelihara prospek ini agar mereka menjadi pelanggan aktif.

Setelah Anda mengimplementasikan cara membangun customer base tersebut, maka Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya untuk mengembangkan basis pelanggan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

 

Baca Juga: Cara Mengukur Customer Lifetime Value dalam Bisnis

 

Cara Mempertahankan Customer Base

Setelah susah payah membangun basis pelanggan, Anda juga perlu untuk mempertahankan customer base Anda, berikut ini caranya.

 

1. Menyediakan Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa

Salah satu cara tradisional yang paling efektif dalam mengembangkan jumlah pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan. Metode ini telah digunakan sejak dulu dan masih relevan hingga saat ini.

Awalnya, pelayanan ini biasanya diberikan di toko fisik dan gerai. Namun, dengan pesatnya perkembangan perdagangan elektronik, layanan yang cepat, tanggap, dan ramah juga diperlukan dalam memenuhi kebutuhan belanja pelanggan secara online.

Berikan tanggapan yang cepat melalui dialog (chat) dan jangan lupa menyapa pelanggan dengan ramah serta menggunakan emoticon senyum.

Menurut laporan dari Hubspot, 93% pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda akan kembali membeli produk Anda.

 

2. Membuat Loyalty Program

Program loyalitas adalah cara yang brilian untuk membuat pelanggan tetap terlibat dengan merek Anda.

Dengan memberikan ketidakseimbangan berupa poin yang dapat ditukarkan dengan produk yang bagus, pelanggan akan merasa puas dan senang.

Melalui program ini, mereka akan merasa bahwa Anda menghargai kesetiaan mereka, bahkan merasa diterima dengan tangan terbuka. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda.

Anda juga dapat membuat program membuat VIP dengan fasilitas dan layanan istimewa untuk pelanggan yang mendaftar sebagai anggota VIP.

 

3. Memberikan Bonus untuk Referensi dan Pendukung Merek Online 

Memberikan bonus untuk referensi merupakan metode lain yang bagus untuk mengembangkan jumlah pelanggan Anda. Anda dapat menggabungkannya dengan program loyalitas. Berikan tautan khusus kepada anggota Anda.

Ketika mereka membagikan tautan rujukan atau membeli produk Anda melalui tautan rujukan tersebut, Anda dapat memberikan ketidakseimbangan atau bonus kepada mereka. 

Memanfaatkan media sosial yang memiliki jutaan pengguna dapat memperbesar kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia Anda.

 

Software CRM RedERP Mampu Kelola Customer Base

Software ERP
Software ERP

 

Customer base menjadi bagian penting dalam mendukung kemajuan bisnis. Ketika sebuah bisnis sudah memiliki basis pelanggan, maka menandakan bisnis telah berhasil mengembangkan produk yang disukai konsumen.

Salah satu cara untuk membangun customer base adalah untuk terus terlibat dengan pelanggan dalam customer journey mereka.

Untuk melakukan itu, Software CRM RedERP bisa menjadi perangkat lunak yang mendukung Anda.

Dikhususkan untuk membangun hubungan berkelanjutan dengan customer, Software CRM RedERP memiliki beberapa fitur unggul seperti Customer And Opportunity Management, fitur ini membantu Anda untuk memetakan prospek dan peluang yang berguna untuk menyusun strategi pemasaran.

Lalu, ada juga fitur Marketing Campaign Promotion yang membantu tim Anda untuk menganalisis dan merancang strategi pemasaran berbasis pelanggan.

Anda dapat mengelola daftar pelanggan yang ditargetkan, melacak respons kampanye, dan menganalisis kinerja kampanye Anda. Ini membantu meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Anda dan mencapai hasil yang lebih baik.

Software CRM RedERP menyediakan analisis data pelanggan yang mendalam. Anda dapat menganalisis pola pembelian, preferensi pelanggan, dan perilaku pelanggan lainnya.

Informasi ini membantu Anda memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Secara keseluruhan, Software RedERP adalah perangkat lunak CRM yang kuat dan mampu mengelola basis pelanggan dengan berbagai fitur dan fungsionalitas yang dapat membantu organisasi dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan mereka.

Dalam era persaingan yang semakin ketat dan perubahan perilaku konsumen yang dinamis, memiliki basis pelanggan yang solid dan loyal menjadi sangat penting. Dengan bantuan Software CRM RedERP, organisasi dapat memaksimalkan potensi pelanggan mereka, memperkuat hubungan bisnis, dan mencapai keberhasilan jangka panjang.

Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga dan dapatkan penawaran spesialnya!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami