Table of Contents
Table of Contents

Mengenal F&B adalah dari Pengertian hingga Tren Teknologi

f&b adalah

Industri F&B adalah industri bisnis yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman. Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir industri F&B jadi salah satu sektor yang berhasil catatkan pertumbuhan pendapatan tinggi. Hal tersebut disebabkan karena adanya dukungan semangat berwirausaha dari masyarakat.

Kebanyakan para pebisnis pemula menjadikan usaha di bidang food and beverage sebagai pilihan dalam memulai usaha. Kemudahan dalam pemilihan bahan baku, pengolahan makanan, hingga kegiatan pemasarannya membuat bisnis ini banyak diminati.

Sebenarnya apa yang menyebabkan bisnis F&B terus mengalami peningkatan? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan lengkap yang telah disajikan RedERP berikut ini.

 

Apa Itu Food and Beverage?

Seperti yang sudah disinggung di atas, F&B adalah industri yang memberikan pelayanan berupa pembuatan dan penyajian makanan serta minuman kepada pelanggan.

Namun, secara khusus F&B service adalah jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara profesional untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dalam industri perhotelan, food and beverage adalah departemen yang bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan layanan makanan dan minuman, serta keperluan lainnya yang dibutuhkan oleh tamu.

Restoran, kafe, toko kue, kedai makanan cepat saji, bisnis catering, hingga layanan transportasi makanan dan minuman adalah jenis bisnis yang termasuk ke dalam kategori F&B.

 

Apa yang Menyebabkan Bisnis F&B Terus Meningkat

Food and beverage adalah salah satu industri yang mulai berkembang sejak lama. Ada alasan kenapa bisnis F&B akan terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya zaman. Beberapa alasan tersebut di antaranya adalah:

 

1. Sebagai Kebutuhan Dasar

Makanan dan minuman pada dasarnya sudah jadi kebutuhan dasar bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Alasan inilah yang menjadikan makanan dan minuman tidak akan mungkin terlewatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Selain kebutuhan akan pangan, manusia juga butuh berinteraksi dengan sesama manusia lainnya. Bisnis yang bergerak di sektor F&B seringkali jadi pilihan untuk tempat berkumpul. Namun, saat ini banyak digunakan untuk tempat rapat, mengerjakan tugas, hingga family time.

 

2. Dukungan Teknologi

Sejatinya perkembangan teknologi saat ini turut membantu perkembangan industri food and beverage. Apalagi pengguna smartphone di dunia sudah mencapai lebih dari 3 milyar orang.

Dengan teknologi yang ada pada smartphone membuat bisnis ini mudah untuk dijangkau, contohnya seperti memesan makanan dan minuman melalui aplikasi. Hal ini sudah jadi kebiasaan baru terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Adanya teknologi tentu sangat memudahkan para wirausaha yang bergerak di sektor F&B untuk melakukan pemasaran, promosi, dan mendapatkan pelanggan dengan lebih efisien.

 

Baca Juga: Rekomendasi Software Restoran untuk Bisnis F&B

 

3. Beradaptasi dengan Perubahan Tren

Industri F&B bisa dikatakan mampu beradaptasi dengan perubahan tren yang terjadi. Contoh nyatanya saat di masa pandemi sekarang ini, di mana ada perubahan yang membatasi kegiatan berkumpul masyarakat demi mengutamakan kesehatan.

Meskipun tidak lagi bisa berkumpul dengan banyak orang seperti sebelumnya, orang-orang tetap butuh yang namanya makan dan minum agar dapat bertahan hidup. Inilah yang jadi alasan kenapa F&B service adalah bisnis yang akan terus meningkat.

 

4. Terhubung dengan Industri Lain

Industri F&B tentu memiliki koneksi dengan industri lainnya. Contohnya saja dari sektor pariwisata, pasti membutuhkan tempat untuk makan. Lalu ada sektor infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol yang dibarengi pembuatan rest area, sebagian besar usaha yang mengisi rest area yaitu usaha di bidang F&B.

Keterkaitan industri F&B dengan industri lainnya ini jadi salah satu alasan bisnis F&B akan terus meningkat.

 

Tren Teknologi Dalam Bisnis F&B Service

Bisnis yang berkaitan dengan makanan dan minuman tidak akan lekang oleh waktu dan perkembangan zaman. Terlebih di era 4.0 sekarang ini ada banyak sekali bermunculan teknologi dan cara baru dalam sektor F&B.

Teknologi yang ada saat ini semakin memudahkan dalam membantu kegiatan operasional bisnis. termasuk bidang F&B service yang menerapkan beberapa tren teknologi agar menarik minat konsumen. Beberapa tren teknologi dalam industri F&B di antaranya seperti:

 

Menggunakan Tablet Sebagai Menu

Di sejumlah restoran atau kedai makanan, banyak yang menyediakan tablet beris menu makanan dan minuman yang mereka jual. Penggunaan tablet ini tentu membuat konsumen lebih mudah dan praktis melakukan pemesanan.

Ini adalah cara baru dalam melakukan pemesanan makanan, sehingga Anda tidak perlu lagi menugaskan pramusaji untuk menghampiri meja pelanggan lalu memberikan buku menu dan menuliskan pesanannya.

Selain lebih praktis, cara ini bisa jadi keunikan tersendiri yang dapat menarik minat pelanggan untuk datang.

 

Software Akuntansi

Industri food and beverage menggunakan software akuntansi untuk menghitung profit bisnisnya. Penggunaan software ini berguna dalam pencatatan pembayaran dan memudahkan mengelola informasi data pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat merekam seluruh transaksi yang terjadi tanpa perlu khawatir adanya kesalahan. Seperti halnya sistem akuntansi dari Software ERP RedERP, seluruh pengelolaan transaksi dan juga keuangan perusahaan jadi lebih terukur dan termonitor dengan baik.

 

Cloud Kitchen

Cloud kitchen adalah cara baru dalam memperjualbelikan produk makanan dan minuman, yakni dengan menawarkan jasa pengiriman makanan saja. Anda hanya perlu menyiapkan tempat untuk lokasi dine-in. Cloud kitchen memungkinkan Anda menyewa sebuah ruangan sebagai dapur untuk menjalankan usaha.

Pada dapur tersebut, Anda dapat mempersiapkan berbagai menu makanan dari beberapa merk yang kemudian dikirim melalui aplikasi pengiriman. Aplikasi ini tentu saja dalam menerima pesanan menu baru dari konsumen dan mengirimkannya dengan cepat.

 

Penggunaan Aplikasi HR

Para pengusaha di bidang F&B harus memahami bahwa tingkat turnover pekerjanya cukup tinggi. Hal itu menyebabkan bagian rekrutmen seringkali kesulitan dalam mengelola data karyawan.

Padahal, data-data seperti kehadiran dan bonus yang diterima karyawan bisa dipakai untuk dijadikan tolak ukur kinerja karyawan. Oleh karena itu aplikasi HR penting digunakan untuk mengelola karyawan.

 

Kesimpulan

Bisnis F&B service adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak pernah mati. Bagi Anda yang ingin memulai usaha food and beverage harus mampu menciptakan inovasi untuk bisa semakin berkembang.

Selain makanan, pelayanannya juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan penggunaan teknologi sistem ERP dari RedERP yang dapat mendukung bisnis Anda ke arah lebih baik.

 

Software ERP

 

ERP Software dari RedERP akan sangat membantu Anda dalam mencatat penjualan dengan mudah melalui aplikasi akuntansi. Anda juga bisa mengeksekusi strategi lebih cepat untuk mempromosikan produk melalui aplikasi Customers Relationship Management sehingga memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak konsumen.

Selain itu, melalui RedERP F&B technology memudahkan Anda untuk manajemen persediaan barang di gudang, seperti stok persediaan bahan baku dengan menggunakan software inventory dan distribusi. Dengan software ini, Anda dapat melakukan pengecekan inventaris fisik untuk menjaga stok produk secara akurat dan menyimpan seluruh informasi mengenai produk atau barang yang ada di gudang dan mengkategorikannya dengan mudah.

Kemudian, RedERP juga memiliki software POS yang akan membantu Anda membuat sistem manajemen pembelian yang lebih efektif dan memantau setiap transaksi secara real time.

 

Tak perlu ragu lagi, langsung kunjungi situs RedERP untuk mengetahui informasi selengkapnya dan manfaatnya. Ajukan jadwal demonya sekarang juga!

 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami