Table of Contents
Table of Contents

Tips dan Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris

Franchise Makanan

Indonesia memiliki industri franchise makanan yang semakin berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis franchise F&B telah menjadi pilihan populer bagi para pengusaha yang ingin terjun ke dunia bisnis dengan risiko lebih rendah dan dukungan dari merek yang sudah mapan. 

Dengan ragam kuliner khas Indonesia dan makanan internasional yang menggoda selera, tidak mengherankan jika waralaba makanan terus menjadi primadona di pasar kuliner.

Mari kenali bisnis waralaba satu ini dalam artikel RedERP berikut ini!

 

Tips Memilih Franchise Makanan

Franchise merupakan salah satu jalan untuk melakukan ekspansi bisnis. Membuka bisnis franchise makanan untuk pemula adalah langkah yang menarik dan potensial untuk meraih kesuksesan di dunia kuliner. 

Dengan memilih bisnis yang memiliki izin resmi, memilih franchise yang terkenal, dan yang juga memiliki kredibilitas tinggi, Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk perjalanan bisnis Anda. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis waralaba makanan yang sukses:

 

1. Bisnis yang Memiliki Izin

Langkah pertama yang krusial dalam memulai bisnis franchise makanan adalah memastikan bahwa bisnis tersebut memiliki izin resmi dari pemerintah dan badan yang berwenang.

Pastikan bahwa semua izin usaha dan perizinan lainnya telah diurus dengan benar sebelum Anda mulai beroperasi. 

Ini akan membantu Anda menghindari masalah hukum di masa depan dan memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda beroperasi secara sah dan aman.

 

2. Pilih yang Terkenal

Saat memilih franchise, carilah merek yang sudah dikenal dengan baik di pasaran. Merek-merek yang sudah memiliki basis pelanggan yang kuat akan membantu Anda memulai bisnis dengan langkah yang lebih percaya diri. 

Popularitas merek tersebut akan membawa daya tarik tersendiri bagi konsumen, sehingga membantu mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.

 

3. Pilih yang Kredibel

Pastikan Anda memilih franchise makanan yang kredibel dan telah terbukti sukses dalam menjalankan bisnisnya. Periksa riwayat dan reputasi franchisor dengan teliti.

Tinjau juga dukungan yang diberikan oleh franchisor kepada para mitra franchise, termasuk dalam hal pelatihan, dukungan pemasaran, serta bantuan operasional lainnya. 

Dengan memilih franchise yang kredibel, Anda akan mendapatkan panduan yang baik dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan peluang kesuksesan.

Setelah Anda menyeleksi franchise makanan yang sesuai dengan kriteria di atas, jangan lupa untuk menyusun rencana bisnis yang matang, termasuk analisis pasar, target pelanggan, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan.

Pelajari juga aspek hukum dan peraturan yang berlaku terkait franchise di wilayah Anda.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam bisnis ini memerlukan kerja keras, dedikasi, dan pelayanan berkualitas tinggi kepada pelanggan. 

Dengan melakukan persiapan dan penelitian yang baik, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis yang sukses.

 

Baca Juga: Pengertian F&B hingga Tren Teknologi yang Ada di Dalamnya

 

Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Memulai bisnis franchise makanan dapat menjadi peluang yang menarik karena Anda dapat memanfaatkan model bisnis yang sudah teruji dan mengenal di pasaran. 

Namun, langkah-langkah yang tepat harus diikuti agar bisnis dapat berjalan dengan sukses. Berikut adalah langkah-langkah penting untuk memulai bisnis franchise makanan terlaris:

 

1. Menyusun Konsep dan Model Bisnis

Tentukan jenis makanan atau konsep usaha yang ingin Anda franchise-kan. Pastikan konsep ini unik, menarik, dan memiliki daya tarik bagi pelanggan potensial. Selain itu, buat model bisnis yang jelas dan terukur, termasuk perhitungan biaya dan profitabilitas.

 

2. Lakukan Kajian Kelayakan Usaha

Lakukan riset pasar untuk memahami potensi pasar dan persaingan di wilayah yang akan Anda targetkan. Analisislah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis franchise Anda, seperti lokasi, target pasar, dan potensi keuntungan.

 

3. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)

SOP akan menjadi panduan bagi para mitra franchise untuk menjalankan bisnis dengan konsisten dan efisien. Pastikan SOP mencakup semua aspek operasional, mulai dari persiapan makanan hingga pelayanan pelanggan.

 

4. Daftarkan Merek

Lindungi merek bisnis Anda dengan mendaftarkannya di lembaga pendaftaran merek terkait. Hal ini penting untuk mencegah orang lain menggunakan merek Anda dan melindungi identitas bisnis Anda.

 

5. Menyusun Perjanjian Usaha Kemitraan Franchise

Buat perjanjian franchise yang jelas dan mengikat antara Anda dan para mitra franchise. Pastikan perjanjian mencakup hak dan kewajiban masing-masing pihak, termasuk royalti, dukungan, dan perpanjangan kontrak.

 

6. Membuat Tim Dukungan Manajemen yang Berkelanjutan

Bentuk tim dukungan yang andal untuk memberikan pelatihan dan bantuan operasional kepada mitra franchise. Pastikan tim ini siap membantu dan menjawab pertanyaan dari mitra secara berkelanjutan.

 

7. Mewujudkan Badan Usaha Berpayung Hukum

Bentuk perusahaan atau badan usaha yang sesuai dengan hukum yang berlaku untuk mengatur dan mengoperasikan bisnis franchise secara sah dan transparan.

 

8. Pemasaran

Lakukan pemasaran secara efektif untuk menarik minat calon mitra franchise dan juga pelanggan akhir. Gunakan strategi pemasaran digital dan offline yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan daya tarik bisnis Anda.

9. Monitoring

Lakukan pemantauan secara rutin terhadap performa bisnis franchise Anda. Pantau kinerja mitra franchise dan berikan umpan balik serta dukungan yang diperlukan untuk memastikan kesuksesan bersama.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai bisnis franchise makanan dengan lebih terstruktur dan memiliki peluang yang lebih baik untuk sukses.

 

Rekomendasi Franchise Makanan

Mengutip Tempo, berikut adalah rekomendasi franchise makanan terlaris periode tahun lalu yang bisa Anda pertimbangkan:

 

1. Gildak

 

Franchise Makanan Gildak
Source: nikmatgroup.co.id

 

Gildak adalah franchise makanan Korea yang menawarkan pilihan menu yang lezat dan beragam, dengan andalan mereka adalah ayam goreng yang renyah dan saus khas. 

Selain itu, mereka juga menyajikan hidangan Korea lainnya seperti bibimbap dan ramyun yang menggugah selera. Dengan cita rasa autentik dan konsep restoran yang modern, Gildak dapat menjadi pilihan menarik untuk para pecinta kuliner Korea.

 

2. Janji Jiwa

 

franchise janji jiwa
Source: Kooliner

 

Janji Jiwa adalah franchise F&B Indonesia yang menyajikan kuliner nusantara dengan sentuhan modern. Menu mereka menghadirkan berbagai hidangan Indonesia dari berbagai daerah, menggabungkan cita rasa tradisional dengan tampilan yang menarik. 

Janji Jiwa berkomitmen untuk melestarikan warisan kuliner Indonesia dan menyuguhkan pengalaman makan yang memuaskan bagi para pelanggan.

 

3. Kebab Baba Rafi

 

Franchise makanan kebab baba rafi
Source: Kebab Baba Rafi

 

Kebab Baba Rafi merupakan franchise makanan khas Turki yang telah dikenal secara internasional. Dengan daging yang empuk dan berbagai pilihan saus lezat, kebab mereka menjadi favorit bagi banyak orang. 

Selain kebab, mereka juga menyajikan hidangan Turki lainnya seperti shawarma dan falafel. Dengan reputasi yang kuat dan cita rasa yang konsisten, Kebab Baba Rafi dapat menjadi pilihan yang menguntungkan dalam dunia franchise.

 

4. Rocket Chicken

 

Franchise Rocket Chicken
Source: Franchise Global

 

Rocket Chicken adalah franchise fast food yang mengkhususkan diri dalam hidangan ayam goreng. Konsep mereka yang unik dan inovatif telah menarik perhatian banyak konsumen. 

Dengan berbagai pilihan saus dan sisi menu yang menggugah selera, Rocket Chicken menawarkan pengalaman makan yang menyenangkan dan lezat.

 

5. SIMHAE Korean BBQ

 

Franchise Makanan Simhae
Source: Pergi Kuliner

 

SIMHAE Korean BBQ adalah franchise makanan Korea yang menghadirkan konsep unik yaitu “all-you-can-eat” BBQ Korea. Pelanggan dapat menikmati berbagai jenis daging dan hidangan Korea lainnya, serta menyiapkan makanan di atas panggangan sendiri. 

Dengan suasana yang ramah keluarga dan menu yang melimpah, SIMHAE Korean BBQ menawarkan pengalaman makan yang berbeda dan mengasyikkan bagi para pecinta BBQ Korea.

 

6. Traffic Bun

 

Franchise Makanan Traffic Bun
Source: Harga Makanan

 

Traffic Bun adalah franchise dengan konsep jajanan roti yang kreatif dan menyenangkan. Mereka menawarkan berbagai jenis roti dengan beragam isi yang menggugah selera, mulai dari roti manis hingga roti gurih. 

Dengan desain toko yang menarik dan menu yang beragam, Traffic Bun dapat menjadi pilihan menarik untuk berbagai kalangan konsumen.

Harap diingat bahwa sebelum memutuskan untuk mengambil franchise, pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut, termasuk analisis pasar dan konsultasi dengan pihak franchise terkait, agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan menguntungkan. 

 

Kelola Franchise Makanan dengan Software RedERP

Bisnis franchise memerlukan pengelolaan yang berjalan seirama untuk menjaga konsistensi baik dari segi rasa dan juga pelayanan. Selain itu, diperlukan juga adanya pengelolaan catatan penjualan yang mendokumentasikan seluruh barang yang terjual.

Menjalankan bisnis ini akan sedikit sulit bila Anda lakukan secara manual, terutama pengelolaan keuangan, di sinilah Anda membutuhkan Software POS RedERP.

Software POS RedERP adalah software kasir yang memiliki terintegrasi yang akan membantu Anda dalam melakukan pencatatan penjualan terpusat.

Di dalam Aplikasi POS RedERP Anda dapat melakukan pencatatan penjualan secara digital, serta menghasilkan digital billing.

Seluruh data yang penjualan pun akan langsung mengurangi daftar inventaris, dengan begini setiap cabang franchise bisa melakukan pemesanan procurement dengan tepat sesuai dengan sisa persediaan.

 

Software ERP
Software ERP

 

Para pemilik franchise dapat mengakses data keuangan dan penjualan dengan mudah, membuat laporan keuangan, dan menganalisis performa bisnis secara keseluruhan. Dengan informasi yang terintegrasi ini, keputusan strategis dapat diambil dengan lebih tepat dan cepat.

Selain itu, RedERP juga menyediakan modul CRM yang akan membantu Anda melakukan kegiatan promosi lebih terarah.

Bersama RedERP, kelola bisnis franchise lebih mudah dan efektif. Ajukan demo gratisnya sekarang!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami