Table of Contents
Table of Contents

Kode Referral: Pengertian, Cara Kerja, dan Tahap Menyebarkannya

kode referral

Kode referral telah menjadi fenomena yang semakin umum dalam dunia digital saat ini. Biasanya, kode ini dibagikan sebagai langkah promosi produk dengan tujuan untuk menyebarkan luaskan informasi atau produk.

Di mana dengan membagikan kode ini seseorang bisa mendapatkan penawaran yang menarik. Kian hari penggunaannya pun semakin masif, karena menjadi salah satu program yang efektif.

Untuk membantu Anda mengenal lebih jauh mengenai referral code, mari simak artikel RedERP berikut ini!

 

Apa Itu Kode Referral?

Kode referral adalah sejenis kode unik atau identifikasi yang digunakan dalam berbagai platform, aplikasi, atau layanan untuk mengidentifikasi orang yang merekomendasikan atau mengundang orang lain untuk bergabung atau menggunakan platform tersebut. 

Kode ini biasanya diberikan kepada pengguna yang ingin mengajak teman, keluarga, atau orang lain untuk bergabung dengan layanan atau platform yang mereka gunakan.

Ketika seseorang menggunakan kode ini untuk mendaftar atau bergabung dengan platform tersebut, orang yang memberikan kode tersebut biasanya akan mendapatkan manfaat tertentu. 

Manfaat tersebut bisa berupa diskon, hadiah, poin, atau keuntungan lainnya, yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang berhasil diundang menggunakan kode tersebut.

Kode referral adalah cara umum bagi platform atau aplikasi untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna dengan memanfaatkan jaringan hubungan sosial pengguna yang sudah ada. 

Dengan mengajak orang lain untuk bergabung, pengguna dapat memperoleh imbalan sementara platform mendapatkan pertumbuhan pengguna yang lebih cepat.

 

Perbedaan Kode Referral vs Referral Link

Perbedaan antara kode referral dan referral link terletak pada cara mereka menghubungkan orang yang merekomendasikan dengan orang yang diundang untuk bergabung dengan suatu platform atau layanan. 

Kode referral adalah kode unik yang diberikan kepada pengguna yang ingin mengajak orang lain bergabung. 

Pengguna ini dapat membagikan kode tersebut kepada calon pengguna baru, dan ketika calon pengguna tersebut mendaftar menggunakan kode tersebut, orang yang memberikan kode akan mendapatkan manfaat tertentu.

Sementara itu, referral link adalah tautan khusus yang sudah memiliki kode referral tertanam di dalamnya. 

Pengguna yang ingin mengajak orang lain dapat membagikan tautan ini, dan ketika calon pengguna mengklik tautan tersebut dan mendaftar, sistem secara otomatis mengenali kode referral yang terkandung dalam tautan tersebut.

Ini memudahkan pengguna untuk mengajak orang lain tanpa perlu memberikan kode secara terpisah.

Jadi, intinya adalah bahwa kode referral adalah kode yang harus dimasukkan atau diinput saat mendaftar, sedangkan referral link adalah tautan yang sudah mengandung kode tersebut sehingga pengguna baru dapat mendaftar dengan lebih mudah melalui tautan tersebut.

 

Cara Kerja Kode Referral

Kode referral merupakan sebuah metode yang digunakan dalam pemasaran di mana seseorang atau pengguna yang sudah terdaftar dalam suatu platform atau layanan diberikan sebuah kode unik yang dapat mereka bagikan kepada orang lain. 

Tujuan dari kode ini adalah untuk mendorong orang-orang baru untuk bergabung atau menggunakan layanan yang sama, dan dalam prosesnya, memberikan insentif kepada pengguna yang telah memberikan kode referral tersebut.

Langkah-langkahnya:

 

1. Buat Kode Referral

Jika Anda merupakan pengguna yang sudah terdaftar dalam suatu platform atau layanan, biasanya Anda akan diberikan opsi untuk membuat kode referral di dalam akun Anda.

Kode referral ini biasanya berupa kombinasi huruf, angka, atau karakter unik lainnya yang mudah diingat atau dibagikan.

 

2. Menyebarkan Kode Referral

Setelah Anda memiliki kode referral, langkah selanjutnya adalah menyebarkannya kepada orang-orang yang Anda ingin ajak bergabung.

Anda dapat membagikan kode ini melalui berbagai cara, seperti media sosial, pesan teks, email, atau secara langsung kepada teman-teman, keluarga, atau rekan kerja Anda.

 

3. Redeem Kode Referral

Orang yang menerima kode referral dapat menggunakannya ketika mereka mendaftar atau bergabung dengan platform atau layanan tersebut.

Biasanya, saat melakukan pendaftaran, terdapat opsi untuk memasukkan kode referral yang diberikan oleh pengguna lain.

 

4. Mendapatkan Keuntungan

Setelah kode di-redeem oleh orang yang baru mendaftar, biasanya ada insentif atau keuntungan yang diberikan kepada Anda sebagai pengguna yang memberikan kode referral tersebut.

Keuntungan ini dapat berupa diskon, bonus, kredit, atau manfaat lainnya, tergantung pada kebijakan platform atau layanan yang bersangkutan.

Penting untuk diingat bahwa setiap platform atau layanan memiliki mekanisme yang berbeda terkait dengan kode referral, termasuk jenis insentif yang diberikan dan aturan penggunaannya. 

Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing platform atau layanan.

 

Manfaat Kode Referral untuk Bisnis

Penggunaan kode referral adalah salah satu strategi pemasaran yang telah terbukti efektif dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan.

Berikut adalah beberapa manfaat utama penggunaan kode referral untuk bisnis:

 

1. Menjaring Konsumen Lebih Banyak

Dengan menggunakan kode referral, bisnis dapat memanfaatkan jaringan dan hubungan sosial pelanggan atau mitra bisnis untuk menjaring konsumen baru. 

Orang yang mendapatkan kode referral dari teman atau kenalan cenderung lebih tertarik untuk mencoba produk atau layanan, karena mereka merasa ada rekomendasi personal di baliknya.

 

2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Referral code juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan customer loyalty.

Pelanggan yang sudah memiliki pengalaman positif dengan produk atau layanan bisnis cenderung akan merujuk teman-teman mereka menggunakan kode referral.

Ini membantu menciptakan siklus di mana pelanggan yang loyal membawa lebih banyak pelanggan baru.

 

3. Membuat Nama Perusahaan Lebih Dikenal

Melalui penggunaan kode referral, bisnis dapat mencapai lebih banyak orang dengan cara yang organik dan meluas. 

Ketika pelanggan menggunakan kode ini untuk mengajak orang lain, nama perusahaan secara tidak langsung menjadi lebih dikenal di berbagai lingkaran sosial yang berbeda.

 

4. Meningkatkan Transaksi Penjualan Produk

Kode referral dapat memberikan insentif kepada pelanggan baru untuk melakukan transaksi pembelian. Insentif ini dapat berupa potongan harga, bonus produk, atau layanan tambahan. 

Hal ini mendorong konsumen baru untuk mencoba produk atau layanan, yang pada akhirnya meningkatkan transaksi penjualan.

 

5. Menghasilkan Konten Promosi yang Beragam

Dalam rangka mempromosikan kode referral, pelanggan dan mitra bisnis cenderung membuat berbagai konten promosi seperti ulasan produk, posting media sosial, atau ulasan blog. 

Konten-konten ini tidak hanya berfungsi sebagai promosi bagi kode, tetapi juga secara tidak langsung memperluas jangkauan pemasaran bisnis.

Secara keseluruhan, penggunaan kode referral adalah salah satu cara efektif untuk memanfaatkan kekuatan jaringan sosial dalam mengembangkan bisnis. 

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan dan mitra bisnis untuk merujuk orang lain, bisnis dapat mengalami pertumbuhan yang lebih cepat, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meraih lebih banyak peluang untuk meningkatkan penjualan.

 

Baca Juga: Bagaimana Membuat Loyalty Program yang Efektif

 

Tahapan Menyebarkan Kode Referral

Menggunakan program referral adalah strategi yang efektif untuk memperluas jaringan pelanggan Anda sambil memberikan insentif kepada mereka yang telah setia menggunakan layanan atau produk Anda. 

Berikut adalah langkah-langkah penting dalam tahapan menyebarkan kode referral:

 

1. Sebarkan Informasi Mengenai Program Referral

Langkah pertama yang penting adalah memberi tahu pelanggan Anda tentang adanya program referral.

Anda dapat melakukan ini melalui berbagai saluran komunikasi seperti email, media sosial, atau bahkan melalui pemberitahuan di dalam aplikasi atau situs web Anda. 

Jelaskan dengan jelas bagaimana program referral bekerja, manfaat apa yang akan mereka dapatkan, serta bagaimana cara mereka bisa berpartisipasi. Pastikan informasi ini mudah diakses dan dipahami oleh pelanggan.

 

2. Beri Insentif pada Pelanggan Setia

Salah satu kunci kesuksesan program referral adalah memberikan insentif yang menarik bagi pelanggan setia yang berhasil mengajak orang lain untuk bergabung. 

Insentif ini bisa berupa diskon, cashback, produk atau layanan gratis, atau bahkan hadiah lain yang relevan dengan bisnis Anda. 

Pastikan insentif tersebut cukup menarik sehingga pelanggan merasa termotivasi untuk berpartisipasi dan mengajak lebih banyak orang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mulai mengembangkan jaringan pelanggan melalui program referral

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan setia yang berbagi pengalaman positif mereka, Anda tidak hanya memperluas basis pelanggan, tetapi juga membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka. 

Ingatlah untuk terus memantau dan mengelola program referral Anda untuk memastikan kesuksesannya seiring berjalannya waktu.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami