Table of Contents
Table of Contents

Apa Itu Kurva Kemungkinan Produksi (Production Possibility Curve)?

kurva kemungkinan produksi

Operasi produksi dalam bisnis sebuah perusahaan terdiri atas serangkaian perhitungan yang cukup kompleks, production possibility curve merupakan salah satunya.

Kurva kemungkinan produksi adalah model ekonomi yang menggambarkan dua produk atau barang yang dapat diproduksi secara efisien dengan sumber daya yang ada.

Lantas, bagaimana penjelasan kurva kemungkinan produksi lengkapnya? Ketahui lebih lanjut melalui penjelasan pada artikel RedERP berikut ini.

 

Pengertian Kurva Kemungkinan Produksi

Production possibility curve atau kurva kemungkinan produksi adalah representasi grafis dari jumlah produk yang berbeda yang bisa diproduksi oleh bisnis atau ekonomi berdasarkan pada sumber daya yang dimiliki.

Kurva ini cukup membantu dalam mengilustrasikan tradeoff antara menggunakan lebih banyak sumber daya dalam satu produk di atas lainnya.

Pengertian kurva kemungkinan produksi juga dapat dipahami sebagai batas kemungkinan produksi, di mana mengukur output maksimum dari dua barang berdasarkan jumlah input yang tetap.

Dalam dunia industri, kurva kemungkinan juga mampu menunjukkan tingkat efisiensi kegiatan produksi suatu bisnis atau perusahaan.

Adapun tingkat efisiensi yang dimiliki oleh operasi produksi sebuah perusahaan berguna untuk dapat menghadapi keterbatasan sumber daya dalam bisnisnya.

 

Konsep Dasar Kurva Kemungkinan Produksi

Mengacu pada buku Ekonomi Mikro karya Dr. H. Bachrudin Sjaroni, SE., MM dkk (2019: 13), konsep dasar production possibility curve adalah sebagai berikut.

  • Kuantitas dan kualitas sumber daya yang tersedia;
  • Kemampuan teknis produksi dalam hal ini adalah teknologi yang digunakan dalam proses produksi.

 

Jika ingin mengkombinasikan kedua hal di atas, ekonom akan  memodelkan dalam kurva kemungkinan produksi. Kurva nantinya akan menggambarkan kombinasi dari dua hasil yang dapat diproduksi perusahaan dalam kapasitas penuh.

 

Baca Juga: Apakah Penting Perencanaan Kapasitas Produksi untuk Perusahaan?

 

Manfaat Kurva Kemungkinan Produksi

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa diperoleh perusahaan melalui adanya kurva kemungkinan produksi antara lain:

  • Perusahaan mampu mendistribusikan seluruh sumber daya yang dimiliki secara optimal.
  • Perusahaan mampu mengukur tantangan terkait pengangguran sumber daya.
  • Perusahaan mampu mengidentifikasi masalah ekonomi bisnisnya secara sistematik.
  • Perusahaan mampu mampu menghasilkan modal secara signifikan.
  • Perusahaan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi bisnisnya secara berkelanjutan.

 

Pergeseran dalam Kurva Kemungkinan Produksi Penting 

Sebuah kurva pada dasarnya pasti mengalami pergeseran, tak terkecuali production possibility curve. Namun dalam keadaan konstan, perusahaan atau produsen dapat melakukan pergeseran pada kurva tersebut secara mandiri.

Adanya pergeseran sendiri ditujukan untuk  memaksimalkan barang atau yang diproduksi. Adapun pergeseran bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Melaksanakan peningkatan terhadap kuantitas sumber daya, contohnya dengan melakukan pembelian lebih banyak terhadap mesin produksi. Melalui cara ini, produsen dapat menghasilkan lebih banyak output.
  • Melakukan peningkatan kualitas sumber daya, contohnya dengan menumbuhkan produktivitas tenaga kerja melalui pembagian kerja.
  • Melaksanakan peningkatan atau upgrading teknologi, contohnya dengan menerapkan mesin termutakhir. Melalui cara ini, pekerja berpotensi menjadi lebih produktif dibandingkan menggunakan teknologi konvensional atau bahkan cara yang masih bersifat tradisional.

 

Mengapa Mempelajari Kurva Kemungkinan Produksi Penting 

Mempelajari production possibility curve atau kurva kemungkinan produksi terbilang sangat penting, terutama bagi para ekonom dan pebisnis.

Dengan memiliki pengetahuan terkait production possibility curve, dapat membantu Anda dalam menunjukkan output barang semaksimal mungkin dengan jumlah sumber daya tertentu.

Bahkan pada tingkatan yang lebih luas dan spesifik, PPC juga bisa membantu dalam menganalisis dan memahami tingkat ‘pengorbanan’ yang terlibat dalam produksi item tertentu.

Di mana kemudian Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang terukur dan tepat sasaran.

 

Buat Produksi Lebih Efisien dengan Software ERP RedERP 

Dengan kurva kemungkinan produksi kita bisa tahu bagaimana cara mengefisiensikan proses produksi. Cara mengefisiensikan proses produksi juga bisa ditempuh dengan penyederhanaan dengan menggunakan teknologi seperti software ERP.

Software ERP adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah operasional bisnis, sehingga lebih mudah, efisien, dan efektif.

RedERP, salah satu penyedia layanan ERP berpengalaman dan profesional di Indonesia dapat menjadi rekomendasi teratas bagi perusahaan Anda.

Guna mencapai efisiensi dan efektivitas operasi produksi perusahaan Anda, RedERP menawarkan banyak modul penting untuk efisiensi produksi, seperti salah satunya software manufaktur.

 

Software ERP
Software ERP

 

Software ini memiliki kemampuan untuk merencanakan produksi (production planning). Perencanaannya meliputi forecasting, perhitungan kebutuhan material dan juga perencanaan distribusi.

Seluruh sistem dan fitur yang ada sudah teruji kemampuannya, di mana siap untuk menunjang sekaligus mengoptimalkan operasi produksi perusahaan Anda. Jadi, Anda dapat memaksimalkan serta mengurangi biaya operasi produksi bisnis perusahaan secara bersamaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk RedERP, Anda bisa mengunjungi laman website resmi kami atau menghubungi layanan kontak call center yang tersedia.

Wujudkan target operasi produksi yang jauh lebih mutakhir dan praktis mulai hari ini secara nyata bersama RedERP!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami