Pelaksanaan strategi loyalty program bertujuan untuk memperoleh keuntungan bisnis jangka panjang bagi suatu perusahaan.
Meskipun terdengar menjanjikan, strategi bisnis loyalty program perlu dilaksanakan secara tepat dan terukur. Hal ini penting supaya keuntungan bisnis yang ditargetkan oleh perusahaan bisa tercapai secara maksimal.
Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan memadai agar mampu menjalankan kegiatan loyalty program yang benar. Berikut RedERP telah merangkum wawasan mengenai loyalty program pada artikel di bawah ini!
Apa Itu Loyalty Program?
Loyalty program adalah strategi bisnis yang dijalankan suatu perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty.
Ini mendorong tumbuhnya loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan jasa mereka secara berkelanjutan dalam jangka waktu panjang.
Mudahnya, loyalty program merupakan cara perusahaan dalam menarik pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan lama dengan menawarkan berbagai benefit atau keuntungan seperti pemberian hadiah, kupon, diskon, merchandise, membership, cashback, hingga akses kepada konten eksklusif.
Cara kerja dari loyalty program secara umum adalah pelanggan perlu mendaftarkan diri dan menginput informasi sesuai persyaratan ke perusahaan terkait. Setelah proses pendaftaran selesai, pelanggan akan mendapatkan ID unik atau kartu keanggotaan tertentu.
ID atau kartu keanggotaan yang dimiliki pelanggan nantinya dapat digunakan untuk mengikuti berbagai loyalty program yang diadakan perusahaan.
Baca Juga: Apa yang Menjadi Ukuran Keberhasilan CRM Sebuah Bisnis?
Manfaat Loyalty Program
Melalui pelaksanaan loyalty program, suatu bisnis perusahaan dapat mendapatkan serangkaian manfaat sebagai berikut:
- Meningkatkan tingkat AOV (Average Order Value) dan peluang pembelian berulang oleh pihak pelanggan.
- Potensi bisnis perusahaan dalam menguasai pangsa pasar semakin meningkat.
- Menumbuhkan rasio retensi pelanggan.
- Memotivasi perilaku para pelanggan luas.
- Mempererat hubungan bisnis perusahaan dengan para pelanggan.
- Menumbuhkan citra atau reputasi merek produk dan layanan jasa perusahaan di mata masyarakat umum.
- Mengembangkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa bisnis perusahaan.
- Keterlibatan aktivitas dan interaksi pegawai dengan pihak pelanggan maupun sebaliknya menjadi berkembang.
- Menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan atau memuaskan di antara para pelanggan.
- Meningkatkan statistik penjualan produk atau layanan jasa bisnis perusahaan.
- Menumbuhkan nilai pendapatan bisnis perusahaan dalam suatu periode.
- Menurunkan persentase churn rate pelanggan.
- Memperluas daya jangkau produk atau layanan jasa perusahaan terhadap para pelanggan baru.
- Meningkatkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) pelanggan.
Contoh Loyalty Program
Sebagai gambaran umum terkait penerapan strategi bisnis loyalty program, berikut sejumlah contoh dari loyalty program yang terbilang sukses dalam menggaet pelanggan nasional maupun internasional:
- GoPay Points by GoTo Groups
- Shopee Points
- Sephora Beauty Insider
- My Telkomsel daily check-in
- Starbucks Reward
- Ponta Alfamart
- SOCO Points
- Uber’s Uber Rewards
- Spikeball’s SpikePoints
- Sweetlegs Rewards
- Amazon’s Prime membership program
Tips Membuat Loyalty Program
Terdapat sejumlah tips yang bisa menjadi panduan bagi Anda untuk melaksanakan kegiatan loyalty program secara maksimal. Penjelasan mengenai 7 tips menjalankan strategi bisnis loyalty program adalah sebagai berikut.
Tentukan Target Audiens dan Kondisi Pasar secara Teliti
Kunci keberhasilan dalam melaksanakan strategi loyalty program terletak pada pengetahuan terperinci dan tepat terkait demografi pelanggan, tren terkini di pasar, tingkat persaingan, dan motivasi konsumen.
Apabila Anda mampu memperoleh data akurat dan potensial terkait sejumlah hal di atas, maka peluang kesuksesan strategi bisnis loyalty program perusahaan Anda dapat meningkat.
Menetapkan Tujuan
Setelah Anda berhasil menemukan data akurat dan potensial tentang pelanggan dan tren pasar, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan pelaksanaan loyalty program bisnis Anda.
Sebab, tanpa adanya tujuan, kegiatan loyalty program bisnis Anda tidak akan memiliki target yang jelas. Program Anda juga bisa berpeluang gagal di tengah prosesnya.
Oleh karena itu, usahakan untuk menetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek sesuai dengan kemampuan atau kapabilitas bisnis Anda.
Menentukan Anggaran
Jumlah anggaran yang perlu dikeluarkan juga harus diperhatikan agar kegiatan loyalty program bisnis dapat berjalan secara lancar tanpa membebankan perusahaan Anda.
Maka dari itu, pastikan bahwa perusahaan Anda memiliki dana yang cukup. Dana tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan pelaksanaan maupun pengembangan aktivitas loyalty program bisnis Anda.
Biaya anggaran yang dimaksud meliputi penggunaan software penunjang, jenis hadiah pelanggan, kampanye pemasaran atau promosi, biaya pengiriman merchandise, dan lain sebagainya.
Memilih Jenis Loyalty Program yang Akan Dijalankan
Pada umumnya terdapat 3 jenis loyalty program yang bisa diimplementasikan dalam bisnis perusahaan Anda yaitu program berbasis poin, program kemitraan, dan program berjenjang.
Adapun program berbasis poin adalah jenis paling umum dan mudah digunakan. Jumlah poin berbasis pada daya pembelian pelanggan terhadap produk atau layanan jasa perusahaan dan ketentuan lainnya.
Berikutnya, program kemitraan mengacu pada kegiatan royalti dengan mitra bisnis perusahaan. Program royalti ini dapat meningkatkan daya bisnis Anda secara cepat.
Sedangkan, program berjenjang adalah berdasar pada pengklasifikasian penghargaan pelanggan. Program ini mengacu pada rasio kesetiaan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa bisnis perusahaan Anda, mencakup tingkat pembelian hingga kontribusi konsumen terkait aspek marketing perusahaan.
Memilih Hadiah yang Cocok untuk Loyalty Program Bisnis
Dengan memilih hadiah yang sesuai dengan segmentasi audiens kegiatan loyalty program bisnis perusahaan Anda, maka tingkat kesuksesan program royalti perusahaan Anda juga berpeluang meningkat.
Tidak hanya itu, bentuk hadiah yang akan diberikan kepada pelanggan juga harus sesuai dengan jenis loyalty program perusahaan Anda.
Merancang Strategi Pemasaran yang Unik dan Kreatif
Tahapan ini merupakan proses krusial yang sangat menentukan keberhasilan loyalty program bisnis perusahaan Anda.
Dalam menjalankan tahapan ini, Anda perlu memadukan sejumlah data akurat dan potensial yang sudah dihimpun sebelumnya yaitu demografi pelanggan, tren terkini di pasar, tingkat persaingan, serta motivasi konsumen.
Kemudian, jadikan serangkaian data tersebut sebagai acuan dalam merencanakan strategi pemasaran. Usahakan untuk membuat strategi pemasaran yang unik dan kreatif, sehingga dapat menumbuhkan respon positif dari para target audiens.
Contohnya memasang iklan inovatif di platform media sosial, membuat short video terkait program royalti yang akan dilaksanakan, menulis konten blog, dan sebagainya.
Baca Juga: 6 Strategi B2B Marketing yang Ampuh untuk Kembangkan Bisnis
Mengukur Kepuasan Pelanggan dan Melakukan Evaluasi
Tahapan terakhir adalah melakukan pengukuran kepuasan pelanggan selama kegiatan loyalty program berlangsung.
Melalui hasil data pengukuran kepuasan kepuasan pelanggan yang tersedia, Anda bisa melakukan evaluasi terkait hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki, dipertahankan, ataupun ditingkatkan dalam kegiatan loyalty program.
Dengan begitu, aktivitas loyalty program bisnis perusahaan Anda di periode selanjutnya dapat menjadi lebih baik lagi dan tentunya berpeluang tinggi dalam mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.
Baca Juga: Apa Bedanya Rabat dengan Diskon
Tingkatkan Efektivitas Loyalty Program Bisnis Anda dengan Software CRM RedERP

Loyalty program adalah hal yang perlu diterapkan dan selalu ditingkatkan oleh perusahaan.
Demi meningkatkan outcome strategi bisnis loyalty program perusahaan, Anda perlu memanfaatkan software CRM (Customer Relationship Management) dalam proses pelaksanaannya. Sebab, software CRM saat ini sudah dilengkapi oleh berbagai sistem dan fitur yang canggih.
Tidak hanya mampu mengoptimalkan outcome pelaksanaan loyalty program bisnis perusahaan Anda saja, software CRM juga dapat menyederhanakan prosesnya. Alhasil, Anda dapat menjalankan strategi loyalty program bisnis perusahaan dengan lebih mudah.
Adapun seluruh kemampuan canggih tersebut bisa Anda dapatkan melalui penggunaan software CRM Indonesia terbaik dari RedERP. Hal ini karena software CRM RedERP sudah terintegrasi dengan sangat baik dan telah menerapkan sistem penyimpanan berbasis cloud.
Selain itu, software CRM milik RedERP juga memiliki sejumlah fitur suportif dan multifungsi di dalamnya, yang mampu menyukseskan kegiatan loyalty program bisnis Anda.
Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk memudahkan sekaligus memaksimalkan kegiatan loyalty program bisnis Anda meliputi pemetaan target audiens potensial, analisis mendalam terkait strategi pemasaran, hingga pembuatan laporan bisnis secara real-time dan komprehensif.
Software CRM Indonesia RedERP merupakan langkah yang tepat untuk mengakomodasi setiap strategi maupun aktivitas penjualan dan pemasaran bisnis perusahaan.
Ayo, bergabung bersama kami mulai hari ini untuk meraih profit bisnis semaksimal mungkin di kemudian hari!