Table of Contents
Table of Contents

Maklon Adalah: Pengertian, Jenis, Biaya, hingga Tips Memilihnya

maklon adalah

Maklon adalah solusi bagi pebisnis atau perusahaan yang belum mempunyai sumber daya peralatan atau mesin memadai untuk menunjang operasi produksi bisnisnya. Jasa maklon ini dapat dimanfaatkan oleh pebisnis atau perusahaan yang baru saja memulai sebuah bisnis.

Maklon sendiri merupakan layanan jasa yang terbilang cukup luas, karena mencakup berbagai sektor industri bisnis. Lalu, apa itu maklon? 

Simak selengkapnya pada artikel RedERP berikut ini!

 

 

Pengertian Maklon Adalah 

Maklon adalah layanan jasa yang menawarkan solusi untuk menyelesaikan tahapan produksi sebuah produk atau barang, di mana dalam prosesnya terdiri atas serangkaian regulasi serta ketentuan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Regulasi dan ketentuan tertentu yang dimaksud adalah terkait pengaturan atau pembagian layanan, apakah seluruh tahapan mulai dari penyediaan bahan baku, produksi, hingga pengemasan produk ditanggung oleh penyedia layanan atau hanya sebagian dari keseluruhan proses saja.

Di Indonesia sendiri, layanan jasa maklon diatur dalam Undang-undang (UU) Pajak Pertambahan Nilai (PPN), UU Pajak Penghasilan (PPh), Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.010/2019, dan PMK Nomor 141/PMK.03/2015.

Meskipun klien menyerahkan proses produksi kepada pihak penyedia layanan maklon, namun hak sampai lisensi produk akan tetap dipegang secara penuh oleh pihak klien.

 

Jenis-jenis Jasa Maklon 

Terdapat 5 jenis pabrik maklon yang umumnya beroperasi di Indonesia. Kelima jenis pabrik maklon tersebut yaitu:

 

  • Pabrik Maklon Kosmetik: Diperuntukkan bagi perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik. Produknya antara lain pemutih wajah, lipstik, kosmetik, dan sebagainya.
  • Pabrik Maklon Makanan & Minuman Instan: Diperuntukkan untuk memproduksi produk makanan atau minuman instan yang bersertifikat kesehatan hingga halal.
  • Pabrik Maklon Konveksi: Diperuntukkan untuk produksi konveksi seperti garmen, jaket, seragam, dan sprei.
  • Pabrik Maklon Herbal: Ditujukan untuk produksi beragam jenis produk herbal.
  • Pabrik Maklon Sepatu: Ditujukan untuk produksi berbagai jenis sepatu.

 

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Maklon

Pemanfaatan jasa maklon dalam bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Di bawah ini adalah poin-poin mengenai kelebihan dan kekurangan pemanfaatan jasa maklon bagi suatu bisnis.

Kelebihan

  • Menghasilkan produk berkualitas tinggi.
  • Sudah terjamin sertifikasi halal.
  • Proses pengiriman produk atau barang tergolong cepat dan on-time.
  • Menggunakan tenaga kerja ahli dan mesin produksi berkompetensi tinggi.
  • Bahan baku berkualitas dan bermutu tinggi.
  • Prosedur penawaran hingga harga yang ditawarkan terbilang mudah dan murah.
  • Sekalipun diproduksi oleh penyedia jasa, namun hak kepemilikan bisnis atau produk tetap dimiliki oleh pebisnis atau perusahaan pengguna.
  • Perusahaan bisa jadi lebih berfokus pada aspek penjualan dan pemasaran, karena tahap produksi sudah ditunjang oleh penyedia jasa maklon.

 

Kekurangan 

  • Perusahaan pengguna tidak dapat melakukan kontrol produksi secara langsung, karena tahapan ini dilaksanakan secara penuh oleh penyedia layanan maklon.
  • Berpotensi mengalami kemunduran jadwal operasi produksi, sehingga peluang keterlambatan pengiriman produk meningkat.
  • Pemesanan produksi dalam jumlah besar semakin meningkatkan timbulnya beragam risiko dalam prosesnya.
  • Pihak pengguna jasa dalam hal ini perusahaan tidak dapat menekan penyedia jasa maklon untuk mempercepat estimasi operasi produksi.
  • Cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar mendapatkan dan bekerja sama, dengan penyedia layanan jasa maklon terpercaya serta sesuai kriteria bisnis masing-masing perusahaan.
  • Terdapat kemungkinan kecurangan dalam prosesnya, seperti pencurian, penjualan produk bisnis pengguna tanpa izin (ilegal) dan sebagainya.

 

Istilah yang Perlu Dipahami dalam Maklon 

Setidaknya ada 7 istilah krusial yang perlu dipahami jika memutuskan untuk menggunakan jasa atau bahkan membangun bisnis sebagai penyedia layanan maklon. Berikut penjelasan mengenai ketujuh istilah tersebut. 

 

1. Toll Manufacturing

Toll manufacturing adalah istilah untuk menyebut perusahaan maklon yang hanya menawarkan fasilitas jasa produksi saja tanpa menyediakan bahan baku untuk keperluan pembuatan barang.

Dengan kata lain, perusahaan pengguna harus menyiapkan bahan baku produksi terlebih dahulu, sebelum mulai bekerja sama dengan pabrik maklon tipe ini.

 

2. Contract Manufacturing

Berbeda dengan sebelumnya, contact manufacturing justru menawarkan jasa maklon yang lebih lengkap, yaitu dengan menyediakan bahan baku beserta fasilitas produksinya secara lengkap. Penawaran tersebut tentu saja akan jauh lebih mempermudah operasi produksi para klien.

 

Baca Juga: Memahami Definisi Sistem Produksi dan Contohnya

 

3. Fully Fledged Manufacturing

Lebih lengkap dibandingkan kedua tipe pabrik maklon sebelumnya, fully fledged manufacturing tidak hanya menawarkan penyediaan bahan baku serta fasilitas produksi komprehensif saja. Namun juga meliputi kepengurusan risiko terkait legalitas dan pemasaran produk klien.

Contoh dari pelayanan tambahan tersebut di antaranya konsultasi ide konsep produk, penyediaan media promosi, dan sebagainya.

Jadi, tipe pabrik maklon ini cenderung mempunyai peran yang lebih kompleks dibandingkan toll ataupun contract manufacturing.

 

4. Job (by) Order Maklon

Job (by) order maklon merupakan istilah yang mengacu pada tahapan produksi, di mana akan dilaksanakan oleh penyedia jasa apabila klien telah mengajukan pesanan atau request.

 

5. CMT (Cut, Make, Trim)

Ketiga istilah ini berkaitan dengan aktivitas dalam layanan jasa maklon. Masing-masing istilah tersebut memiliki arti potong (cut), buat (make), dan pangkas (trim). 

Adapun ketiga istilah di atas memiliki kaitan erat dengan pabrik maklon jenis konveksi.

 

6. Formulation and Sampling

Istilah selanjutnya adalah formulation and sampling, di mana datang dari pabrik maklon yang bergerak di industri makanan, obat-obatan, dan kosmetika. Istilah ini mengacu pada aktivitas peracikan formula suatu produk sesuai kesepakatan dan keinginan klien. 

Setelahnya, pembuatan sampling dilakukan dan didiskusikan bersama klien sebelum memutuskan memulai tahapan produksi massal.

 

7. ODM Vs OEM 

Istilah ODM (Original Design Manufacturer) dan OEM (Original Equipment Manufacturer) lazim digunakan untuk aktivitas promosi yang disediakan oleh penyedia layanan maklon.

Adapun ODM adalah kondisi di mana pihak klien diberikan kebebasan dalam menentukan desain hingga spesifikasi produk yang akan dijual. Termasuk bahan baku, fungsi, warna, dan spesifikasi lainnya atas sebuah produk.

Sementara OEM justru sebaliknya, tidak memberikan keleluasaan bagi klien dalam menentukan spesifikasi detail produksi suatu produk. Jadi, tahapan produksi produk diserahkan secara keseluruhan kepada penyedia layanan maklon.

Meski begitu, pihak klien tetap mendapatkan haknya dalam mendaftarkan produk yang telah secara resmi kepada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau badan pemerintahan resmi terkait lainnya.

 

Biaya Jasa Maklon 

Nominal harga jasa maklon yang ditawarkan sangat bervariasi, tergantung pada ketentuan ataupun kualitas masing-masing penyedia layanan pabrik maklon. Akan tetapi jika ingin dipatok secara garis besar, harga dari jasa maklon dapat berkisar Rp50.000.000 hingga Rp100.000.000. 

Lebih rinci, rentang perkiraan harga tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor meliputi jenis produk yang akan diproduksi, jumlah barang, serta komposisi bahan. 

 

Cara Kerja Jasa Maklon 

Meskipun setiap pabrik maklon mempunyai regulasi dan alur kerja masing-masing. Namun pada umumnya, cara kerja sebuah pabrik maklon adalah sebagai berikut.

 

  1. Mulanya pemilik brand atau merek akan berunding dengan penyedia jasa maklon terlebih dahulu untuk mencapai kesepakatan bisnis bersama. Perundingan ini mencakup harga, jenis produk, bahan baku, hingga jumlah barang yang akan diproduksi.
  2. Selanjutnya penyedia jasa maklon akan memberikan sampel terkait produk yang menjadi target produksi klien. Apabila klien setuju dan puas dengan sampel yang diberikan maka akan berlanjut ke proses selanjutnya.
  3. Pada beberapa produk tertentu yang memerlukan sertifikasi dan legalitas, penyedia jasa maklon perlu mengurus legalitasnya terlebih dahulu sesuai kebutuhan klien.
  4. Jika keperluan administratif sudah terpenuhi, maka tahapan selanjutnya adalah produksi produk secara massal. Ini akan memakan waktu dengan estimasi yang cukup beragam, tergantung spesifikasi hingga jumlah dari produk.
  5. Pasca proses produksi massal dilakukan, berikutnya adalah tahapan pengemasan dan pengiriman barang kepada pihak klien.

 

Baca Juga: Konsep Poka Yoke untuk Atasi Human Error dalam Proses Produksi

 

Contoh Produk Jasa Maklon 

Produk yang dihasilkan dari jasa maklon sendiri cukup beragam, di mana dapat mencakup aspek kebutuhan pelanggan secara luas. Adapun contoh dari produk jasa maklon di antaranya sebagai berikut.

  • Maklon jahit: garmen, jaket, seragam, sprei, dan lain-lain.
  • Maklon kosmetik: bedak, cream pelembab, pemutih wajah, lipstik, kosmetik, dan sebagainya.
  • Maklon makanan & minuman instan: bubur bayi instan, keripik, snack, minuman bersoda, dan lainnya. 
  • Maklon herbal: kapsul minyak, kapsul herbal, teh herbal, madu herbal, serbuk sachet, cream gel, dan lain-lain. 
  • Maklon konveksi: baju lengkap dengan sablon beserta bordir hingga tahapan pengemasan barang.

 

Ciri-ciri Jasa Maklon yang Terpercaya dan Berkualitas

Ketika memutuskan untuk memanfaatkan jasa maklon, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dari ciri-ciri jasa maklon yang terpercaya dan berkualitas.

Hal ini agar hasil nantinya sesuai dengan bea yang sudah perusahaan Anda keluarkan. Artinya, baik kualitas maupun aspek lainnya dari produk perusahaan Anda mampu terjaga dengan sangat baik.

Berikut poin-poin mengenai ciri-ciri jasa maklon yang sudah terpercaya dan berkualitas.

 

  • Memiliki legalitas yang jelas.
  • Mempunyai sumber daya baik tenaga kerja ataupun mesin operasi penunjang yang berpengalaman dan canggih.
  • Konsisten memberikan sample produk guna menjaga kualitas produk kliennya.
  • Penawaran harga masih terbilang wajar dan sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan.
  • Berprinsip pada kredibilitas dalam menjalankan bisnisnya.
  • Hanya menawarkan jasa produksi atas sebuah barang atau produk saja.

 

Tips Saat Memilih Jasa Maklon

Memilih jasa maklon yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa produk Anda diproduksi dengan kualitas yang baik dan waktu yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih jasa maklon yang tepat:

 

1. Evaluasi Kredibilitas

Lakukan pengecekan latar belakang dan reputasi jasa maklon yang akan dipilih, termasuk ulasan pelanggan, sertifikasi, dan pengalaman dalam produksi produk yang sejenis.

 

2. Pilih Jasa Maklon sesuai Spesialisasi

Pastikan Anda memilih jasa maklon yang memiliki spesialisasi dalam produksi produk Anda. Sebagai contoh, jika produk Anda adalah produk makanan, pastikan jasa maklon Anda memiliki pengalaman dalam produksi makanan.

 

3. Pastikan Kapasitas Produksi

Pastikan jasa maklon memiliki kapasitas produksi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, termasuk jadwal pengiriman yang tepat waktu dan fleksibilitas produksi.

 

4. Pertimbangkan Biaya

Perhitungkan biaya produksi yang akan dikenakan oleh jasa maklon, serta biaya tambahan seperti biaya pengiriman dan biaya bahan baku.

 

5. Evaluasi Kualitas Produksi

Jangan lupa untuk memastikan bahwa jasa maklon Anda memiliki sistem kontrol kualitas yang baik dan proses yang terstandarisasi untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang Anda inginkan.

 

6. Lakukan Audit Produksi

Sebelum menandatangani kontrak, lakukan audit produksi di fasilitas jasa maklon untuk memastikan bahwa kualitas produksi dan kondisi fasilitas memenuhi standar yang diperlukan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan lokasi jasa maklon, termasuk faktor seperti keamanan logistik, aksesibilitas, dan biaya pengiriman.

 

7. Buat Kontrak yang Jelas

Pastikan kontrak produksi yang disepakati dengan jasa maklon mencakup persyaratan produksi, biaya, jadwal pengiriman, dan semua detail lainnya untuk meminimalkan risiko masalah di masa depan

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat memilih jasa maklon yang tepat untuk memproduksi produk Anda dengan kualitas yang baik dan tepat waktu.

Sehingga, output produk yang dihasilkan tentu memiliki spesifikasi kualitas terbaik dan tentunya mempunyai daya saing tinggi di pasaran.

Sekian pemaparan wawasan mengenai layanan jasa maklon pada artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan memudahkan proses pemahaman Anda mengenai topik terkait.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami