Melalui manajemen keuangan, kondisi finansial sebuah perusahaan dapat terjaga stabilitasnya guna memperpanjang napas bisnisnya di kemudian hari.
Bisa, dibilang, manajemen keuangan memang merupakan salah satu operasi bisnis yang terbilang krusial. Sebab, manajemen keuangan sangat memengaruhi peluang perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seluk-beluk manajemen keuangan, simak penjelasannya pada artikel RedERP di bawah ini!
Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah suatu upaya yang dilakukan dalam menangani aspek finansial bisnis individu atau perusahaan secara efektif melalui serangkaian tahap mulai dari perencanaan, pengarahan, pengawasan, hingga pengendalian dana.
Pada praktiknya, manajemen keuangan menggunakan rasio, ekuitas, dan utang untuk mencapai tujuan investasi bisnis. Upaya-upaya detail lainnya yang dilakukan dalam manajemen keuangan antara lain pengelolaan portofolio, pembagian dividen, peningkatan serta pengalokasian modal, penganggaran, pemantauan mata uang, dan lainnya.
Pelaksanaan manajemen keuangan sendiri dilatarbelakangi oleh sejumlah tujuan. Serangkaian tujuan tersebut di antaranya adalah pemaksimalan kekayaan dan keuntungan bisnis, menjaga keberlangsungan hidup perusahaan, pemeliharaan arus kas agar tetap sehat, meminimalisir pengeluaran modal, tercapainya visibilitas terkait estimasi dana bisnis, hingga penentuan struktur modal.
Sebagai informasi tambahan, manajemen keuangan faktanya tidak hanya berfokus pada aspek finansial itu sendiri. Pada beberapa kasus, manajemen keuangan juga melibatkan aspek lainnya dalam suatu bisnis misalnya teknologi informasi.
Di mana jalinan kerja sama tersebut menciptakan suatu fungsi dan menjadi bagian dari strategi manajemen keuangan. Adapun kedua aspek tersebut saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis tertentu.
Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Praktis Secara Menyeluruh
Prinsip Manajemen Keuangan
Dalam melaksanakan manajemen keuangan terdapat serangkaian prinsip yang harus dipatuhi. Prinsip-prinsip tersebut bertujuan untuk menjaga agar target dari manajemen keuangan yang dijalankan dapat tercapai dengan baik.
Adapun prinsip manajemen keuangan yang harus dipatuhi antara lain:
- Penetapan anggaran harus dilakukan secara realistis, masuk akal, dan mampu dicapai.
- Penetapan anggaran harus berdasarkan analisis bisnis menyeluruh yang mencakup tujuan serta sasaran, penilaian komprehensif, dan identifikasi jelas terkait visi hingga misi bisnis.
- Hasil keuangan aktual harus dibandingkan dengan anggaran secara teratur.
- Apabila hasil keuangan aktual berbeda secara signifikan, maka seorang manajer harus mencari tahu penyebabnya, melakukan evaluasi, dan mengambil tindakan yang bersifat korektif.
- Setiap unit bisnis yang beroperasi wajib sesuai dengan anggaran perusahaan, artinya tidak boleh berlebihan yang dapat menyebabkan defisit.
- Setiap pengeluaran anggaran yang dikeluarkan wajib mematuhi seluruh kebijakan, peraturan, atau regulasi perusahaan.
- Setiap unit bisnis harus memastikan untuk dapat memberikan manfaat signifikan bagi perusahaan dibandingkan biaya anggaran yang harus dikeluarkan sebelumnya.
- Seluruh upaya perencanaan manajemen keuangan harus dilakukan secara relevan dan mematuhi regulasi atau kebijakan yang berlaku di perusahaan.
Tips Mengelola Manajemen Keuangan Bisnis
Untuk mengoptimalkan pengelolaan manajemen keuangan bisnis perusahaan Anda, berikut 4 panduan terkait tips efektif dalam mengelola manajemen keuangan bisnis perusahaan.
Mengevaluasi Histori Pengeluaran dan Pendapatan
Riwayat pengeluaran dan pendapatan bisnis menjadi 2 hal mendasar yang harus diperhatikan guna mencapai manajemen keuangan optimal.
Mengevaluasi histori pengeluaran dan pendapatan bisnis perusahaan secara keseluruhan dapat menjadi barometer untuk melihat posisi finansial perusahaan pada periode bisnis tertentu.
Selain itu, hasil evaluasi riwayat pengeluaran dan pendapatan bisnis perusahaan juga bisa menjadi tolok ukur dalam menentukan strategi keuangan demi mencapai profitabilitas semaksimal mungkin.
Menyusun Laporan Laba & Rugi secara Komprehensif dan Akurat
Selanjutnya adalah menyusun laporan laba & rugi secara komprehensif dan akurat agar proses manajemen keuangan bisnis perusahaan Anda dapat lebih terukur serta tepat sasaran. Melalui laporan laba dan rugi, Anda juga bisa mengetahui sejumlah informasi bisnis lebih lanjut mulai dari pendapatan penjualan, Harga Pokok Penjualan (HPP), laba kotor, pengeluaran, dan laba bersih.
Adapun sejumlah informasi di atas sangat berguna untuk meningkatkan kualitas manajemen keuangan bisnis perusahaan Anda.
Menetapkan Jumlah Anggaran Bisnis Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Perusahaan
Setiap perusahaan pastinya memiliki kemampuan dana anggaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menyediakan anggaran guna menunjang keberlangsungan bisnis.
Pastikan bahwa Anda sudah melakukan penetapan anggaran seefektif dan setepat mungkin sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan terkini. Hindari pengeluaran anggaran untuk hal-hal yang kurang atau bahkan tidak bersifat fungsional bagi bisnis perusahaan Anda.
Untuk menjalankan tips ini, Anda bisa berprinsip pada skala prioritas supaya penetapan keputusan pengeluaran anggaran bisnis perusahaan Anda dapat jauh lebih bijak dan cermat.
Melakukan Aktivitas Pelacakan Terhadap Riwayat Belanja Bisnis secara Menyeluruh
Tips terakhir ialah melacak riwayat belanja bisnis perusahaan secara menyeluruh. Dengan melakukan pelacakan aktivitas belanja, Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran anggaran bisnis setiap departemen perusahaan sesuai dengan regulasi serta persyaratan yang telah ditetapkan.
Tahapan ini merupakan bentuk dari manajemen keuangan dalam aspek pengawasan terhadap aktivitas belanja perusahaan demi tercapainya pola belanja bisnis yang efektif dan ekonomis.
Baca Juga: 8 Manfaat Utama Software Keuangan Perusahaan
Manajemen Keuangan Bisnis Lebih Baik dengan Software Finance RedERP
Aktivitas manajemen keuangan kini bisa dijalankan secara optimal dan praktis secara sekaligus melalui pemanfaatan software akuntansi online.
RedERP merupakan salah satu vendor penyedia software akuntansi online berpengalaman dan profesional sejauh ini yang telah membantu beragam perusahaan dalam mengelola finansial bisnisnya. Software akuntansi online berbasis web RedERP sendiri telah dilengkapi oleh sederet sistem dan fitur termutakhir dan fungsional. Di mana fitur-fitur yang ada berprinsip pada kemudahan tingkat pengoperasian serta optimalisasi pada setiap hasil akhir tugasnya.
Adapun manajemen keuangan dengan RedERP dapat dijalankan menggunakan sistem terintegrasi dan real-time. Sehingga, software ini mampu menekan risiko terjadinya kesalahan atau fraud saat aktivitas manajemen keuangan tengah berlangsung.
Software akuntansi online RedERP juga dapat melaksanakan serangkaian operasi keuangan lainnya meliputi otomatisasi pembuatan jurnal serta buku besar, penghitungan pajak, manajemen penjualan pelanggan, pengelolaan arus kas, penyusunan laporan finansial bersifat komprehensif, dan aktivitas akuntansi harian lainnya.
Software akuntansi online berbasis web RedERP siap menunjang dan mengoptimalkan operasi finansial maupun akuntansi bisnis perusahaan Anda secara berkelanjutan. Ayo segera bergabung bersama kami mulai hari ini, dengan menghubungi kontak layanan call center yang tertera pada laman utama website RedERP!