Table of Contents
Table of Contents

Manajemen Properti: 5 Strategi Untuk Mengoptimalkannya!

Manajemen properti

Saat ini, properti adalah aset investasi, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan manajemen properti. Dengan manajemen properti, kita dapat memastikan bahwa kondisi aset properti tersebut tidak rusak dan tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

Kegiatan dari manajemen properti juga tidak sederhana, dimulai dari pengelolaan lahan kosong, pembangunan, penjualan, hingga perawatan. Semua harus dilakukan dengan baik, agar nilai properti tersebut tidak turun dan akhirnya merugikan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manajemen properti dan bagaimana mengoptimalkannya, simak penjelasannya di artikel RedERP berikut ini!

 

 

Apa Itu Manajemen Properti

Manajemen properti diartikan sebagai tugas perorangan atau organisasi untuk mengelola kekayaan terbatas (dalam hal ini properti) yang dimiliki oleh perusahaan atau perorangan dengan tujuan untuk mempertahankan nilai dari aset tersebut. 

Menurut Scarret, manajemen properti berfungsi untuk mewujudkan tujuan dari pemilik properti baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Keberadaan properti manajemen akan memastikan pengelolaan dan apakah kebijakan-kebijakan yang dibuat sudah sesuai dan sudah dilaksanakan sehingga aset properti tetap bisa dipertahankan.

Manajemen properti memiliki beberapa tujuan, sebagai berikut:

1. Mengelola properti sebagai investasi atau bisnis.

2. Melaksanakan dan mengelola aspek fisik secara efektif dan efisien.

 

Kegiatan manajemen properti sendiri banyak lingkupnya, mulai dari mempersiapkan dan membuat kontrak manajemen, menyusun rencana dan pengambilalihan manajemen sebuah properti, dan masih banyak lainnya.

 

Baca juga: MRP: Pengertian, Fungsi, Manfaat dalam Perusahaan

 

Tips Mengoptimalkan Strategi Marketing Properti

Manajemen properti tidak berhenti sampai pada pengelolaan saja, mereka juga harus dapat memasarkan properti tersebut.

Namun, marketing properti sendiri tidak mudah dan banyak sekali tantangannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan penjualan properti Anda.

 

1. Fokus pada Target Prospek Ideal

Sebelum Anda melakukan pemasaran, penting untuk mengetahui siapa prospek ideal Anda. Buatlah target yang sespesifik mungkin untuk menghindari prospek yang tidak berkualitas.

Caranya Anda bisa menentukan usia, pekerjaan, domisili, dan preferensi dari calon pembeli properti ideal Anda.

Setelah Anda tahu data dari prospek Anda, cobalah lakukan penyaringan. 

 

2. Coba Gunakan Media Sosial

Saat ini, Anda juga perlu melakukan pemasaran di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Mengapa? Saat ini orang-orang banyak mencari properti di media sosial, jadi ada kemungkinan Anda akan menemukan calon prospek di media sosial.

Saat menggunakan media sosial, pastikan Anda menggunakan gambar-gambar yang high resolution dari properti Anda dan tambahkan keterangan yang menarik.

 

3. Partisipasi di Berbagai Acara Lokal

Selain menyediakan open house, Anda juga harus mempertimbangkan untuk ikut berpartisipasi di berbagai acara yang diselenggarakan di lokasi-lokasi properti yang Anda kelola.

Cara ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan exposure dan juga menemukan prospek ideal.

 

4. Optimalkan Fasilitas Properti

Kenyamanan adalah hal yang harus Anda utamakan ketika memasarkan properti. Hal ini karena fasilitas dan kenyamanan menjadi petimbangan utama ketika mereka memilih properti.

Jadi, pastikan Anda menyediakan fasilitas properti yang baik. 

Salah satu caranya adalah dengan mengelola fasilitas properti dengan baik dan menggunakan sistem digital. Sehingga pada akhirnya, Anda akan mendapatkan penilaian yang baik dari prospek Anda.

 

Baca Juga: Panduan Mudah Cara Membuat Proposal Usaha

 

5. Menggunakan Aplikasi ERP

Untuk mengoptimalkan penjualan, Anda bisa menggunakan sistem ERP.

Apa relevansi antara sistem ERP dengan penjualan properti? Tentu ada dan sangat membantu Anda, ada dua kelebihan utama yang ditawarkan  oleh software ERP.

Pertama, sistem ERP akan membantu Anda untuk menghasilkan laporan yang bersifat real-time mengenai penjualan, ketersediaan properti, dan fasilitas properti.

Dengan laporan tersebut, Anda dapat mengetahui secara langsung kemajuan penjualan, berapa banyak properti yang tersedia, properti mana saja yang membutuhkan perawatan segera, dan banyak lainnya sehingga Anda dapat langsung menentukan tindakan dan pengambilan keputusan.

Kedua, sistem ERP dapat mengotomatiskan sebagian besar proses bisnis properti Anda, mulai dari pengelolaan prospek dan penjualan, aset dan fasilitas, sampai manajemen tenaga penjualan. Dengan ini memungkinkan Anda dan tim untuk bekerja lebih produktif sehingga dapat lebih fokus pada strategi penjualan.

Salah satu software ERP yang bisa Anda andalkan untuk membantu marketing properti adalah software ERP RedERP. Ada banyak modul yang akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan properti.

 

Software ERP
Software ERP

 

Modul CRM yang memiliki fitur Customer And Opportunity Management, dapat membantu Anda dalam memetakan persebaran prospek potensial dan peluang pemasaran properti. Selain itu, juga tersedia fitur Report & Analysis yang akan memberikan laporan penjualan kepada Anda secara real-time.

Lalu, Anda juga bisa menggunakan modul manajemen aset untuk memudahkan Anda dalam pencatatan kondisi properti dan penjadwalan perawatan.

Dengan begitu, manajemen properti Anda juga dapat lebih terkendali.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami