Pelanggan tentunya merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah usaha atau bisnis.
Salah satu kunci sukses sebuah bisnis yaitu memiliki banyak pelanggan dan juga mampu untuk menjaga pelanggan tersebut untuk selalu setiap pada brand atau produk yang dimiliki perusahaan.
Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yaitu dengan menggunakan CRM (Customer Relation Management) Software.
CRM Software adalah sebuah sistem informasi yang berguna untuk menarik pelanggan baru atau menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada menggunakan data dan informasi yang sudah tersedia.
Melalui strategi ini, Anda bisa membuat bisnis yang Anda miliki untuk berkembang dan mampu menarik pelanggan yang lebih besar lagi ke depannya.
Pada artikel kali ini, RedERP akan membahas mengenai manfaat dalam menggunakan CRM software untuk perkembangan bisnis. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
Manfaat Menggunakan CRM Software Bagi Perusahaan
Penggunaan software CRM memberikan banyak manfaat bagi sebuah usaha atau bisnis, diantaranya:
1. Memprediksi Performa Penjualan dengan Akurat
Salah satu manfaat penggunaan CRM dalam sebuah bisnis yaitu bisa membantu dalam memprediksi performa penjualan secara akurat.
Data yang terdapat dalam software CRM bisa Anda analisa dan menjadikan hasil analisa tersebut sebagai sebuah dasar dalam menentukan strategi penjualan lainnya. Dengan begitu langkah yang Anda ambil bisa lebih akurat karena berdasarkan data yang dimiliki.
2. Memudahkan Perusahaan dalam Membuat Laporan Penjualan
Manfaat selanjutnya yaitu memudahkan perusahaan dalam membuat laporan penjualan. Software ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan laporan dari hasil penjualan yang telah dilakukan dan melihat progres penjualan yang sedang terjadi dengan sangat cepat dan mudah.
Dengan software CRM, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melihat aktivitas penjualan bisnis yang Anda punya, karena semua bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja.
3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Penggunaan software CRM dalam perusahaan mampu untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas dari para pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan.
Melalui software tersebut, Anda bisa membangun customer experience yang baik, sehingga mampu meningkatkan loyalitas dari para pelanggan yang Anda miliki. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuan software ini dalam menyimpan informasi dari para pelanggan yang Anda miliki.
Melalui informasi tersebut, Anda bisa memberikan solusi maupun pengalaman yang baik kepada pelanggan, agar mereka merasa puas akan kinerja dan pelayanan yang perusahaan Anda berikan.
4. Meningkatkan Time to Market
Penggunaan CRM mampu membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi-informasi penting seputar data trend pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Dari informasi tersebut, perusahaan bisa memilih waktu yang tepat dalam memasarkan produk mereka kepada para konsumen.
Pemasaran produk yang tepat akan meningkatkan kesempatan produk tersebut dibeli orang konsumen. Maka dari itu penting untuk menentukan waktu sebelum memasarkan sebuah produk yang dimiliki.
5. Mengelola Data Pelanggan dengan Baik
Data dari sebuah pelanggan merupakan hal yang penting untuk dipahami, dipelajari, dan disimpan. Sebab dari data tersebut, perusahaan bisa mengidentifikasi dan menganalisis apa saja kebutuhan dan juga kendala yang dimiliki oleh pelanggan.
Dengan mengetahui apa kebutuhan dan juga kendala yang mereka punya, maka perusahaan bisa memberikan solusi dari kebutuhan dan permasalahan mereka dengan layanan atau produk yang dibuat oleh perusahaan.
6. Menghemat Biaya yang Dikeluarkan Perusahaan
Penerapan CRM dalam sebuah bisnis nyatanya bisa mengurangi beban perusahaan dalam mengeluarkan biaya. CRM akan membantu bisnis Anda untuk fokus dalam hal penjualan dan juga pelayanan terhadap pelanggan.
Anda bisa memberikan pelayanan yang tepat kepada pelanggan pada waktu yang tepat juga tentunya, sehingga Anda bisa menekan pengeluaran biaya untuk hal yang kurang penting atau tidak pasti.
7. Meningkatkan Pendapatan
Manfaat yang terakhir yaitu berdampak pada meningkatnya pendapatan perusahaan. Pendapatan yang meningkat tentunya merupakan tujuan utama dalam sebuah bisnis.
Menerapkan CRM dalam sebuah bisnis mampu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya yang dibutuhkan, meningkatkan time to market, yang secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan yang didapat oleh perusahaan.
Pendapatan yang meningkat secara tidak langsung akan membuat perusahaan semakin berkembang, dan bisa menambah sumber daya yang dimiliki untuk mampu bersaing dengan kompetitornya.
Baca Juga: Daftar Tools CRM untuk Kembangkan Bisnis
Tingkatkan Prospek dan Penjualan Melalui CRM Software RedERP
CRM Software RedERP akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola manajemen pelanggan, aktivitas pemasaran, pembagian komisi, manajemen pengiriman, hingga laporan.
Selain itu, software crm dari RedERP mampu mengakomodasi aktivitas pengelolaan penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan menjadi lebih simpel.

Seluruh informasi mengenai prospek dan pelanggan dapat disimpan secara aman dalam sebuah sistem, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data tersebut.
Ada juga fitur-fitur lain seperti customer and opportunity management, shipping management, market campaign-promotion, commission, hingga reporting and analysis yang bisa membantu bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Itulah pembahasan mengenai apa itu CRM software dan juga manfaat yang didapatkan perusahaan bila menerapkan sistem tersebut di dalam perusahaan.
Pelanggan merupakan faktor penting yang harus dijaga oleh setiap pelaku bisnis. Melalui CRM, semua hal tersebut bisa diatur dan dikelola dengan mudah, cepat, dan akurat tentunya.
Perlu diingat bahwa menerapkan CRM software dalam sebuah usaha, tidak menjamin sebuah usaha akan berhasil. Melainkan, dengan menggunakan sistem ini, akan memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan pengelolaan yang berhubungan dengan pelanggan.
Baik itu untuk menarik pelanggan baru maupun menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Semoga bermanfaat!