Table of Contents
Table of Contents

Marketing Resource Management: Pengertian hingga Tips Menerapkannya

marketing resource management

Dalam aktivitas berbisnis, marketing resource management berperan penting dalam merencanakan pemasaran bisnis agar produk atau jasa yang dijual bisa dikenal banyak orang. 

Selain itu, marketing resource management juga bertanggung jawab untuk membuat jadwal dan mengoptimalkan semua siklus sumber daya yang ada di perusahaan seperti SDM (Sumber Daya Manusia), modal berbisnis, lingkungan tempat kerja, serta apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan selama membangun proyek yang sedang berlangsung.   

Pemahaman yang baik tentang marketing resource management dapat membantu perusahaan Anda untuk melakukan aktivitas berbisnis.

Pada kesempatan kali ini, RedERP akan mengulas lebih dalam tentang Marketing Resource Management.

Simak pembahasan dengan teliti pada artikel berikut!

 

 

Pengertian Marketing Resource Management 

Marketing resource management merupakan software yang mendukung strategi dan pengoptimalan alur kerja pada suatu perusahaan. 

Software ini membantu tim mengatur proyek pemasaran, kampanye atau program. Hal ini dapat membentuk sistem terintegrasi untuk perencanaan, produksi, pengelolaan, ataupun pelaksanaan konten. 

Aplikasi manajemen sumber daya pemasaran memungkinkan perencanaan dan pembuatan anggaran pemasaran, manajemen program, pengembangan dan distribusi kreatif, manajemen konten, perencanaan dan pelaksanaan media, koordinasi acara, serta pengukuran sumber daya.

 

Baca Juga: 5 Pilihan Marketing Software Terbaik untuk Bantu Perkembangan Bisnis

 

Apa Pentingnya Marketing Resource Management? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, marketing resource management berperan penting dalam dunia bisnis, terutama dalam kegiatan pemasaran.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan harus menggunakan  marketing resource management:

  1. Dapat mengelola dan membuat perencanaan, penjadwalan, dan anggaran 
  2. Dapat dengan mudah mengelola work flow produksi konten dan jaminan
  3. Menyelaraskan konten kampanye yang akan dibuat
  4. Terdapat fitur unik yang disesuaikan dengan peran dalam tim
  5. Wawasan tentang kinerja konten dan ROI (Return on Investment)
  6. Menjaga merk dan branding perusahaan
  7. Adanya transparansi dan visibilitas

Dengan menggunakan software ini, tim internal dan eksternal marketing dapat bekerja sama dengan mudah.

Sebab, workflow yang sederhana dapat menciptakan lingkungan kerja kolaboratif sehingga keduanya dapat dengan mudah untuk memahami perannya masing-masing.

 

Manfaat Marketing Resource Management  

Karena MRM sangat penting digunakan untuk berbisnis, berikut kami jabarkan beberapa manfaat MRM agar perusahaan Anda semakin yakin menggunakan teknologi ini. 

 

1. Memudahkan Operasional

Anda dapat mengikuti alur dan mendapatkan feedback yang jelas dari setiap pemasaran dengan mudah.

Hal ini sangat penting apabila Anda mendapatkan feedback pemasaran dari email yang jumlahnya cukup banyak sepanjang hari.

 

2. Memudahkan Pelacakan Konten

Lewat marketing resource management, Anda bisa memantau dan melacak konten lebih mudah.

Sehingga, pemasaran lebih jelas dan langkah apa yang akan diambil ke depannya bisa lebih cepat diketahui.

 

3. Menyimpan Aset Pemasaran dengan Aman

Marketing resource management mampu menyimpan aset pemasaran dalam satu sistem terpadu dengan aman.

Untuk mengakses aset tersebut, Anda membutuhkan izin yang hanya bisa diperoleh oleh posisi tertentu.

 

4. Mengukur Hasil Pemasaran

MRM mampu memberikan data hasil pemasaran dengan akurat. Lewat software ini, Anda dapat mengetahui seberapa banyak konten diunduh, disebar, dilihat, ataupun dicari.

 

Baca Juga: 7 Jenis Marketing Tools yang Harus Anda Ketahui untuk Menunjang Bisnis

 

5. Menghemat Biaya

Lewat pengukuran hasil pemasaran yang akurat, perusahaan bisa mengetahui jenis pemasaran mana yang lebih efektif. Sehingga, pemasaran yang tidak membawa hasil pun tidak perlu dilanjutkan untuk menghemat biaya.

 

Cara Implementasi Marketing Resource Management 

Untuk mengimplementasikan software MRM bagi suatu perusahaan memang terbilang cukup mahal, namun melakukan hal ini juga dapat memastikan kalau MRM sama seperti berinvestasi.

Hal itu karena marketing resource management akan memberikan lebih banyak manfaat di masa depan.

Lewat penerapan MRM, pemasaran lebih mudah dilakukan sehingga perusahaan bisa mendapat lebih banyak profit.

Oleh karena itu, implementasi marketing resource management merupakan hal yang sangat penting.

Berikut adalah cara mengimplementasi MRM dalam berbisnis:

 

1. Membuat Tim Implementasi

Tim ini akan fokus pada penerapan marketing resource management di perusahaan.

Pembentukan tim ini akan sangat membantu menciptakan proses inti yang akan berguna pada seluruh departemen pemasaran.

 

2. Mendesain dan Mendokumentasikan Workflow

Dengan mendesain dan mendokumentasikan workflow, Anda dapat mencari dan memilih MRM yang cocok untuk membantu pemasaran bisnis perusahaan.

 

3. Mengalokasikan Sumber Daya Keuangan 

Penerapan marketing resource management akan membutuhkan sumber daya keuangan dan manusia.

Ini karena MRM memerlukan biaya tahunan atau bulanan, maka sangat diperlukan alokasi dana yang jelas.

 

4. Memilih MRM dengan Fitur Lengkap

Ada banyak MRM yang ditawarkan penyedia layanan. Tugas Anda adalah memilih MRM dengan fitur yang lengkap.

Fitur tersebut misalnya perencanaan serta budgeting aktivitas pemasaran, pengelolaan workflow, pembuatan laporan pemasaran, serta penyimpanan aset pemasaran dengan aman.

Tak lupa, aplikasi juga harus mudah digunakan dan terintegrasi dengan sistem bisnis lainnya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Manajemen Aset untuk Perusahaan

 

5. Meninjau Penerapan Secara Teratur

Sama seperti sistem lain yang digunakan dalam bisnis, penerapan marketing resource management perlu ditinjau secara teratur.

Ini karena pemasaran perusahaan akan terus berubah, sehingga upgrade akan dibutuhkan seiring berjalannya waktu.

 

Kelola Marketing Resource Lebih Mudah dengan Software CRM RedERP 

 

Software ERP
Software ERP

 

Operasi marketing resource dapat ditingkatkan secara signifikan melalui pemanfaatan aplikasi marketing resource management.

Pada umumnya, aplikasi MRM hadir dalam bentuk software Customer Relationship Management (CRM).

Di Indonesia, software CRM sudah cukup lumrah dijumpai. RedERP merupakan salah satu vendor penyedia software CRM terbaik dan berkompeten sejauh ini.

Software CRM Indonesia dari RedERP dilengkapi oleh sistem terintegrasi, penyimpanan berbasis cloud, serta menyediakan berbagai fitur yang mampu menunjang sekaligus mengoptimalkan operasi bisnis terkait pemasaran.

Fitur tersebut misalnya Marketing Campaign Promotion yang digunakan untuk mengelola kampanye pemasaran di perusahaan dan Reporting Analysis untuk membuat laporan pemasaran yang komprehensif.

Dengan serangkaian fitur itu, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap operasi pemasaran berjalan dengan maksimal.

Bahkan, Software CRM RedERP juga terintegrasi dengan sistem penjualan dan pelanggan.

Sehingga, software ini pun mampu menyederhanakan proses penjualan, mengelola sistem komisi sales, menyederhanakan dukungan pelanggan, dan menyimpan data konsumen.

Software CRM Indonesia RedERP bisa Anda dapatkan dengan menghubungi kontak layanan call center yang tertera pada laman utama website kami.

Selain itu, Anda juga dapat mengajukan demonya secara gratis dengan mengisi form yang tercantum pada laman website RedERP.

Melalui pemanfaatan software CRM Indonesia RedERP, setiap aktivitas operasi penjualan maupun pemasaran bisnis perusahaan Anda kini dapat lebih terjamin dan pasti!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami