Table of Contents
Table of Contents

7 Jenis Marketing Tools yang Harus Anda Ketahui untuk Menunjang Bisnis

marketing tools

Meningkatkan keuntungan dan menumbuhkan bisnis dapat dilakukan dengan melakukan promosi. Untuk mengelola promosi dengan baik, Anda perlu menggunakan teknologi yang disebut dengan marketing tools.

Kini, ada beragam marketing tools yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Segera kenali semua jenisnya di artikel RedERP berikut ini!

 

Pengertian Marketing Tools

Marketing tools adalah teknik, strategi, atau teknologi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa. Tujuan penggunaan marketing tool adalah untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

Implementasi tool pemasaran dalam bisnis cukup beragam. Tool pemasaran bisa digunakan untuk memantau campaign, menjaga hubungan baik dengan konsumen, hingga mempublikasikan promosi produk atau jasa. Berbagai marketing tool dapat digunakan secara terpisah ataupun sekaligus.

 

Jenis-jenis Marketing Tools

Ada beragam jenis marketing tools yang biasa digunakan dalam bisnis untuk mempromosikan produk dan meningkatkan keuntungan, antara lain sebagai berikut:

 

1. Marketing Analytics

Marketing analytics merupakan marketing tools yang digunakan untuk mengelola data konsumen dan industri. Alat ini mampu mengumpulkan data dari berbagai sumber dan mengolahnya menjadi insight yang bermanfaat bagi pemasaran.

Melalui marketing analytics, Anda dapat mengetahui preferensi konsumen, tren pasar yang terjadi saat ini, promosi dari kompetitor, dan demografi konsumen. Data-data tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi lead dan mengembangkan strategi marketing yang sesuai dengan target pasar.

Contoh teknologi marketing analytics adalah Google Analytics, SEMrush, dan Kissmetrics.

 

2. Search Engine Optimization

Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan website atau blog. Untuk mendapatkan traffic atau pengunjung yang banyak, website bisnis harus menerapkan prinsip SEO atau Search Engine Optimization.

SEO tool digunakan untuk menghasilkan website yang dimiliki bisnis menempati peringkat pertama dalam pencarian search engine. Selain itu, alat ini juga bisa mengidentifikasi keyword yang banyak dicari konsumen dan mengetahui ranking website bisnis saat ini.

Contoh tool SEO adalah Ahrefs, SEMrush, dan Mozcast.

 

3. Social Media Marketing

Promosi menggunakan media sosial merupakan cara yang tak boleh ketinggalan untuk dilakukan. Saat ini, pengguna media sosial begitu banyak hingga menarik untuk dijadikan media promosi.

Untuk mengelola promosi di media sosial, bisnis Anda bisa menggunakan social media marketing tool. Alat ini mampu membuat unggahan, meneliti hashtag, menjadwalkan unggahan, mengetahui insight setiap unggahan, dan membuat laporan media sosial.

Contoh social media marketing tool yaitu Hootsuite, Buffer, dan Buzzsumo.

 

4. Email Marketing

Email marketing tool digunakan untuk menyebarluaskan surel kepada subscriber atau konsumen bisnis. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat menyimpan banyak email konsumen, mengirim email ke banyak konsumen sekaligus, menjadwalkan email, hingga memantau email yang sudah dibaca dan belum dibaca.

Anda bisa menggunakan beragam email marketing tool seperti MailChimp, Sender, dan Benchmark Email.

 

5. Customer Relationship Management 

Menjaga relasi dengan konsumen perlu dilakukan untuk memastikan konsumen tetap menggunakan produk dan jasa yang Anda jual. Untuk mengelolanya, diperlukan customer relationship management tool.

Dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat menyimpan data konsumen dengan rapi dan aman, mengenali riwayat belanja konsumen, bahkan menganalisis preferensi konsumen dalam berbelanja. Selain itu, Anda juga dapat mengelola program membership atau royalty program dengan tool CRM.

Jika tertarik menggunakan tool CRM, Anda bisa menggunakan RedERP, Intercom, dan Nutshell.

 

6. Event Marketing

Suatu bisnis harus mengadakan acara atau event.  Untuk mengelolanya, Anda bisa menggunakan event marketing tool. Tool ini bisa mengelola registrasi peserta, kehadiran peserta, bahkan mengelola publikasi acara di berbagai media.

Contoh event marketing tool adalah Bizzabo, Asana, dan Judgify.

 

7. Influencer Marketing

Saat ini, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk atau jasa yang bisnis Anda miliki. Cara mengelolanya adalah dengan menggunakan influencer marketing tool.

Influencer marketing tool memungkinkan Anda memilih influencer yang sesuai dengan niche bisnis, menyimpan data influencer, dan menjalin relasi dengan mereka.

Contoh tool ini yaitu BuzzStream, Upfluence, dan Influencity.

 

Baca Juga: Seperti Apa Strategi Promosi yang Efektif untuk Bisnis?

 

Kesimpulan

Menggunakan marketing tools merupakan hal yang penting untuk mempromosikan produk dan meraih keuntungan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera menggunakan marketing tools untuk mengoptimalkan promosi bisnis.

Beberapa alat pemasaran yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis adalah MailChimps, InterCom, BuzzStream, dan banyak lagi

Selain itu, alat marketing yang tidak boleh Anda lupakan adalah alat mengelola database pelanggan dan kegiatan marketing Anda. Ini berguna agar segala kegiatan pemasaran lebih tertarget. 

Tools tersebut bisa Anda dapatkan di dalam Software CRM RedERP yang sudah berbasis cloud dan mempunyai banyak fitur di dalamnya. Modul Customer Relationship Management yang dapat membantu Anda untuk mengelola data prospek dan konsumen serta promosi penjualan.

Lewat tool tersebut, Anda dapat memetakan konsumen, merencanakan strategi marketing, hingga membuat laporan pemasaran dan penjualan.

Tak perlu menunggu lama, segera tingkatkan keuangan di perusahaan Anda bersama Software CRM RedERP. Ajukan demo aplikasinya sekarang!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami