ERP Software Indonesia

RedERP, Software ERP #1 di Indonesia

PT Lawencon International
Wisma Staco, 5th Floor Casablanca Street, Kav 18 12870, Jakarta Selatan

Open in Google Maps
Ada Pertanyaan? Hubungi: 081293680442
  • Home
  • Our Solution
    • Distribusi dan Persedian
    • Pengadaan & Pengoperasian
    • Akuntansi
    • Manajemen Aset
    • Manajemen Proyek
    • POS & Integration
    • CRM
  • About Us
  • Contact Us
  • Blog
FREEQUOTE

Produktivitas Kerja & Cara Efektif Meningkatkannya

by Admin RedERP / Thursday, 13 February 2020 / Published in Blog, Tips & Trick
Produktifitas Kerja

Kapan dan dimanapun Anda bekerja, perusahaan pasti menginginkan setiap karyawannya memiliki prestasi yang membanggakan bagi perusahaan. Salah satunya adalah dalam bentuk tingkat produktivitas kerja yang tinggi. 

Bisa dikatakan bahwa produktivitas kerja karyawan adalah tumpuan utama yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain, tanpa adanya karyawan yang produktif, bisnis yang Anda jalankan bisa jadi merugi, beresiko macet di tengah jalan, atau yang paling parah adalah berhenti.

Lalu, apa sebenarnya arti dari produktivitas kerja?

 

Pengertian Produktivitas Kerja

Ketika Anda mengepak tas Anda untuk meninggalkan kantor, seorang rekan kerja dengan bersemangat melanjutkan tentang betapa produktifnya hari mereka. Rasa bersalah muncul, dan Anda memutuskan untuk membuka laptop kantor Anda kembali ketika Anda tiba di rumah.

Kita semua memiliki waktu 24 jam yang sama dalam sehari, Jadi mengapa rasanya beberapa rekan kerja jauh lebih berhasil daripada Anda? Itu sebabnya, bisa dikatakan bahwa produktivitas kerja adalah seni dan ilmu. Dan kabar baiknya adalah anda bisa mempelajarinya! 

Produktivitas kerja juga berarti sebuah kemampuan dari seorang karyawan dalam berproduksi berbanding dengan input yang digunakan. Artinya, seorang karyawan baru bisa dikatakan produktif apabila telah menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan harapan perusahaan dalam waktu singkat dan hasil sesuai dengan ekspektasi.

 

Pentingnya Produktivitas Kerja

Berbicara mengenai pentingnya produktivitas kerja, seharusnya ada 3 indikator yang bisa digunakan sebagai tolak ukurnya, baik itu bagi klien, bagi perusahaan, dan bagi karyawan yang bersangkutan.

 

1. Bagi Klien

Produktivitas di tempat kerja seringkali diterjemahkan menjadi layanan klien dan interaksi yang baik. Pengalaman total dari klien ini adalah kunci untuk memuaskan mereka, dan hampir semua perusahaan yang sangat produktif menggunakannya untuk mendapatkan loyalitas klien mereka.

Ketika seorang klien setia pada bisnis Anda, mereka akan membagikan pengalaman mereka dengan orang lain. Inilah yang akan menjadi keuntungan pemasaran yang berasal dari produktivitas yang tinggi.

 

2. Bagi Perusahaan

Karyawan adalah sebuah investasi. Dan, seperti investasi apapun, mereka harus menghasilkan output yang sehat dan bermanfaat bagi perusahaan. Oleh karena itu, ketika karyawan Anda bekerja dengan sangat produktif, berarti perusahaan telah mencapai tujuannya untuk berinvestasi pada mereka.

Produktivitas kerja juga membantu memotivasi budaya tempat kerja dan meningkatkan moral, menghasilkan lingkungan perusahaan yang lebih baik.

 

3. Bagi Karyawan Itu Sendiri

Lebih sering daripada tidak, ketika sebuah perusahaan sangat produktif dan akhirnya menjadi sukses, mereka pasti memberikan insentif bagi karyawan. Insentif ini termasuk kenaikan gaji, bonus, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Ini juga memotivasi karyawan dan memberi mereka banyak peluang kerja seiring dengan pertumbuhan perusahaan. 

Produktivitas di tempat kerja adalah aspek penting dari setiap perusahaan dan ketika manajemen tertinggi dari perusahaan memahami konsep ini, kesuksesan mereka sudah ada di genggaman. Namun, jika perusahaan Anda tidak memberikan insentif untuk meningkatkan produktivitas kerja, bisa jadi karyawan Anda saat ini mulai bersiap-siap mencari pekerjaan lain demi kelangsungan hidup mereka yang lebih baik. 

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menurut Forbes.com, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan produktivitas Anda di tempat kerja dan menciptakan lebih banyak kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

 

1. prioritaskan Beban Kerja Anda Berdasarkan Energi yang Anda Miliki

Ada sebuah peribahasa dari barat yang mengatakan Someone’s got a case of the Monday (seseorang yang punya kasus dengan hari Senin). Dengan kata lain, hari Senin adalah hari paling malas untuk memulai bekerja setelah liburan di weekend.

Padahal, hari Senin sebenarnya adalah hari yang paling produktif di antara hari lainnya dalam satu minggu. Faktanya, penelitian telah membuktikan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk menangani pekerjaan bahkan yang tersulit sekalipun. 

Mulailah dengan memperhatikan jam berapa hari paling produktif Anda, dan hari apa dalam satu minggunya dimana Anda tampak memiliki banyak energi untuk menangani tugas-tugas pekerjaan yang dibebankan kepada Anda. 

Cobalah untuk menghabiskan waktu satu hingga dua minggu untuk mencatat waktu dan hari apa yang paling produktif bagi Anda. Perhatikan bagaimana perasaan Anda, dan dimana tingkat energi Anda berada saat itu. 

Nah, jika Anda adalah kelompok orang yang menikmati Senin pagi, maka blokirlah waktu ini agar Anda bisa fokus dengan tugas-tugas inti dalam satu minggunya. 

 

2. Temukan Kedamaian dan Ketenangan dari Rekan Kerja Anda

Tetap berhubungan baik dengan rekan kerja dapat benar-benar membuat Anda terhibur. Akan tetapi, ingatlah bahwa ketika Anda fokus pada sebuah project besar, dan memerlukan sebuah pemikiran yang mendalam serta fokus, maka kegiatan mengobrol dengan rekan kerja dapat menjadi gangguan besar.

Faktanya, 30% karyawan melaporkan rekan kerja yang cerewet sebagai biang kerok terbesar yang membunuh sebuah produktivitas. 

Di sini, bukan berarti Anda harus menjauh dari pergaulan dengan rekan kerja. Akan tetapi, yang terpenting adalah bahwa Anda harus membuat batasan di sekitar pekerjaan Anda. Jika ada rekan kerja yang berulang kali mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan, maka lebih baik buatlah waktu khusus untuk menetapkan kapan waktu atau hari tertentu untuk bertemu dan mengobrol. Ini menunjukkan bahwa jam kerja Anda adalah waktu fokus bagi Anda dan menciptakan ruang bagi Anda terhubung dengan ke luar kantor. 

Bukan hanya obrolan langsung yang dapat mengganggu produktivitas kerja Anda. Akan tetapi pesan chatting dan email kantor juga berbahaya karena dapat mengalihkan perhatian Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Alangkah lebih baik Anda mematikan media online selama waktu produktif Anda.

 

3. Buat Ruang Kerja yang Menginspirasi Anda

Tata letak kantor dengan suasana outdoor memang bagus secara estetika. Akan tetapi 58% karyawan mengatakan bahwa mereka menginginkan ruang kerja yang lebih tenang untuk menyelesaikan tugas secara efisien. Jika kantor Anda dibuat secara khusus untuk suasana yang tenang, manfaatkan ini agar karyawan lebih berkonsentrasi ketika mereka bekerja.

Atau, jika Anda tidak memilikinya, Anda masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan headphone peredam suara bising. Ini tidak hanya efektif dari segi menghilangkan suara bising, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai indikator bahwa karyawan Anda memang sedang fokus bekerja dan tidak ingin diganggu.

 

4. Bekerja dengan Musik bisa Membantu Anda Lebih Fokus

Musik yang menenangkan dan seirama dengan denyut nadi Anda, yaitu sekitar 60 detak per menitnya terbukti dapat mengurangi stress, tidak hanya sebelum tidur, akan tetapi juga saat Anda bekerja. 

 

Baca Juga: Mengenal ERP Software & Manfaatnya untuk Bisnis

 

Untuk mendapatkan segalanya dari setiap jam dalam sehari, mulailah dari hal kecil dan bangun kebiasaan baik itu untuk membuat perubahan. Begitu pula dengan produktivitas kerja karyawan Anda. Mulailah dari hal kecil, tingkatkan, dan pertahankan. Jika perlu, Anda bisa melakukan revisi-revisi demi kemajuan perusahaan yang Anda bangun. Selamat mencoba!

  • Tweet
Tagged under: produktifitas kerja

About Admin RedERP

What you can read next

perbedaan vendor dan supplier
Kenali Dengan Jelas Perbedaan Vendor & Supplier
laporan stok opname
Cara Membuat Laporan Stok Opname & Contohnya
manajemen logistik
Memahami Pentingnya Manajemen Logistik

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • Produktifitas Kerja

    Produktivitas Kerja & Cara Efektif Meningkatkannya

  • manajemen logistik

    Memahami Pentingnya Manajemen Logistik

  • kartu stok

    Fungsi Kartu Stok Barang & Cara Kelolanya

  • software asset management

    7 Alasan Pentingnya Software Asset Management

Categories

  • Asset Management
  • Blog
  • ERP
  • Inventory
  • News
  • Operasional
  • Purchase Order
  • supplier
  • Technology
  • Tips & Trick

Archives

  • February 2020
  • January 2020

About Us

Kami adalah perusahaan penyedia ERP yang inovatif untuk membantu mengotomatisasikan setiap kegiatan operasional disetiap bidang industri untuk meningkatkan efektivitas serta produktivitas perusahaan.

Baca Selengkapnya

Our Solutions

  • Distribusi dan Persedian
  • Akuntansi
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Proyek
  • CRM
  • Pengadaan & Pengoperasian

Post Post Terbaru

  • Produktifitas Kerja

    Produktivitas Kerja & Cara Efektif Meningkatkannya

  • laporan stok opname

    Cara Membuat Laporan Stok Opname & Contohnya

  • manajemen logistik

    Memahami Pentingnya Manajemen Logistik

Kontak Kami

Wisma Staco, 5th Floor Casablanca Street, Kav 18 12870, Jakarta Selatan
Telp : +62 21 2854 2835
  • GET SOCIAL
ERP Software Indonesia

© 2020 RedERP. All rights reserved.

TOP
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62 21 2854 2835

Sheila
Sales Sheila
× How can I help you?