Table of Contents
Table of Contents

Kategori dan Rekomendasi Sales Tools Terbaik

sales tools

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, menjaga performa penjualan yang optimal menjadi suatu keharusan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menggunakan sales tools.

Artikel RedERP ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu sales tools, beberapa kategori, serta rekomendasi terbaiknya yang dapat meningkatkan produktivitas tim penjualan Anda.

 

Apa Itu Sales Tools?

Sales tools adalah segala jenis alat atau perangkat yang digunakan oleh tim sales untuk membantu mereka dalam merencanakan, melacak, mengelola, dan mengoptimalkan proses penjualan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan membantu dalam menghasilkan penjualan yang lebih besar. Sales tools dapat mencakup berbagai hal, mulai dari software hingga aplikasi berbasis web atau seluler.

Alat-alat ini menghadirkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan cepat baik di dalam maupun di luar tim, memastikan semua individu memiliki akses pada informasi yang seragam.

Walaupun banyak yang masih mengandalkan komunikasi melalui email tradisional, alat-alat penjualan ini mewakili evolusi yang signifikan bagi pelanggan dan rekan-rekan dalam lingkungan kerja.

Saat ini, tersedia banyak pilihan, mungkin lebih dari yang Anda sadari, yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya untuk perusahaan Anda.

 

Cara Memilih Sales Tools

Sales tools merujuk pada kumpulan perangkat digital yang berguna untuk meningkatkan efisiensi dalam proses penjualan perusahaan. Namun, penting untuk diingat bahwa fungsi masing-masing alat tidaklah seragam. Tiap alat cenderung memberikan manfaat yang beragam.

Maka dari itu, saat perusahaan merencanakan strategi penjualan, sangat penting untuk mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh setiap alat. Selain itu, pemahaman yang baik tentang bagaimana alat-alat tersebut saling berhubungan juga merupakan hal yang penting.

Kesuksesan dalam memilih sales tools yang tepat terletak pada kemampuan untuk menemukan alat yang sesuai dengan kebutuhan khusus perusahaan.

Misalnya, perusahaan yang menjual produk premium dalam jumlah besar akan sangat diuntungkan oleh alat yang mampu mengotomatisasi tugas-tugas manual seperti prospek kualifikasi.

Di sisi lain, perusahaan yang berfokus pada pembuatan software enterprise akan membutuhkan rangkaian alat yang terintegrasi dengan baik untuk membantu mengelola seluruh siklus penjualan dengan efektif.

 

Baca Juga: Manfaat hingga Tips Memilih Sales Software Terbaik

 

Kategori dalam Sales Tools

Enam kategori yang sering dimanfaatkan oleh individu yang beroperasi dalam industri penjualan adalah sebagai berikut.

 

1. Software CRM

Kategori utama alat bantu penjualan yang kerap dipakai oleh tim penjualan adalah software CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem yang digunakan untuk mengatur interaksi antara perusahaan dan pelanggan.

Alat ini berpotensi meningkatkan retensi pelanggan, mengikuti tren dalam upaya penjualan dan pemasaran, serta mengotomatisasi komunikasi dengan pelanggan. Bagi banyak perusahaan, CRM adalah investasi teknologi dalam penjualan yang paling luas dan komprehensif.

 

2. Sales Intelligence

Istilah sales intelligence merujuk pada berbagai teknologi yang membantu tim penjualan dalam mengidentifikasi, memantau, dan memahami informasi mengenai prospek dan pelanggan perusahaan.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk memperoleh informasi berharga melalui data real-time, termasuk data tentang profil perusahaan, tren teknologi, dan sinyal-sinyal pembelian.

Data ini secara terus-menerus diperbarui dalam perangkat lunak tersebut, menghasilkan efektivitas yang lebih tinggi dalam pencarian prospek.

 

3. Sales Analytics

Di zaman big data, analisis penjualan menjadi elemen integral dalam setiap laporan penjualan. Bandingkan dengan pengumpulan dan analisis manual melalui lembaran-lembaran spreadsheet, perangkat lunak analisis penjualan memfasilitasi akses tim penjualan terhadap data secara terstruktur.

Sales analytics biasanya diintegrasikan dengan CRM dan memanfaatkan algoritma yang berdasarkan data perusahaan untuk mengungkap wawasan baru.

 

4. Video Conferencing Software

Kategori tools berikutnya adalah video conferencing software. Perangkat lunak ini membantu tim penjualan dalam mengurangi gangguan dalam komunikasi bagi para pekerja jarak jauh, calon klien, atau pihak-pihak yang terlibat.

Perusahaan juga dapat memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan karyawan atau pelanggan, menyelenggarakan panggilan konferensi berkapasitas besar, pertemuan eksternal, dan presentasi.

 

5. ABM (Account Based Marketing Software)

ABM (Account Based Marketing) merangkum kembali tujuan departemen pemasaran dan penjualan. Perangkat lunak ini menggabungkan kebutuhan branding dan strategi perekrutan prospek dengan mengidentifikasi akun target berkualitas sebelum menerapkan strategi terpadu.

Software ABM menawarkan solusi untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan proses identifikasi prospek. Selain itu, perangkat ini juga mengalokasikan sumber daya yang tepat untuk menjaga akun yang paling menjanjikan.

Ini juga memungkinkan perusahaan menarik prospek berkualitas, mengembangkan perjalanan pembelian yang disesuaikan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membuka peluang baru untuk akun dalam proses.

 

6. Customer Service Software

Kategori terakhir dari alat bantu penjualan yang sering digunakan oleh para profesional penjualan adalah customer service software. Alat ini membantu bisnis dalam mengelola komunikasi masuk dan keluar melalui berbagai saluran.

Selain itu, tools ini memberikan layanan dengan efisien, dan memfasilitasi tim sales dalam mengatasi masalah pelanggan.

Platform seperti layanan bantuan, obrolan langsung, layanan pelanggan di media sosial, dan perangkat lunak manajemen keluhan masuk dalam kategori ini.

 

Rekomendasi Sales Tools

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi terbaik untuk alat bantu penjualan yang dapat Anda coba:

 

1. Copper

Copper adalah solusi dari Google untuk manajemen hubungan pelanggan (CRM). Ini berintegrasi dengan Google Workspace dan terhubung dengan aplikasi Google seperti Kalender, Gmail, dan Chrome.

Jika Anda sudah terbiasa dengan pengaturan, desain, dan produk Google, Anda akan menemukan kurva pembelajaran yang minim dengan Copper.

Setiap dari tiga pilihan paket harga yang ditawarkan memiliki versi demo gratis. Semua paket ini mencakup beberapa pipa, pengayaan kontak, laporan historis, serta integrasi penuh dengan Google Workspace.

 

2. CRM Monday.com

Dari interaksi awal hingga percakapan lebih lanjut, alur penjualan Anda akan diatur secara visual dalam CRM Monday.com.

Monday dapat disesuaikan agar sesuai dengan karakteristik bisnis Anda, dengan mengintegrasikan email dan mengotomatisasi proses sehingga Anda dapat fokus pada membangun hubungan yang bermakna dengan prospek dan pelanggan yang kembali.

 Terdapat tiga opsi paket yang tersedia: Standar, Pro, dan Enterprise. Tidak ada keahlian pemrograman yang diperlukan untuk menggunakan semua paket tersebut.

 

3. HubSpot

HubSpot menawarkan berbagai solusi sesuai dengan kebutuhan Anda, dan alat CRM yang dapat membantu Anda melacak setiap kesepakatan dalam pipeline penjualan Anda.

Anda bisa dengan mudah mengatur dasbor HubSpot untuk melihat kesepakatan yang telah dimenangkan dan yang belum, serta jadwal pertemuan yang diatur.

Performa Anda juga dapat dilacak dalam perbandingan dengan target. Alat CRM dari HubSpot bahkan dapat secara otomatis melacak interaksi pelanggan, sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual. Anda dapat memulainya secara gratis.

 

4. Salesforce

Salesforce adalah perangkat lunak CRM yang sangat populer digunakan. Ada alasan mengapa banyak orang menganggapnya sebagai perangkat lunak penjualan terbaik untuk bisnis yang sedang tumbuh.

Software ini telah hadir sejak tahun 1999 dan terus memimpin industri dengan berbagai fitur dan tambahan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda.

Dengan model berbasis cloud, perangkat lunak ini memungkinkan kolaborasi antara tim penjualan dan pelanggan Anda, baik yang sudah ada maupun yang berpotensi.

Selain itu, staf sales juga dapat berkolaborasi dengan departemen lain seperti IT dan pemasaran dari berbagai lokasi. Anda dapat mencoba versi percobaan gratis selama 30 hari, dan tersedia berbagai paket harga yang dapat dipilih.

 

5. Demandbase

Demandbase membawa strategi ABM (Account Based Marketing) lebih maju dengan pendekatan ABX, yang merupakan singkatan dari “Account-Based Experience“. Jika ABM menggabungkan upaya pemasaran dan penjualan, maka ABX juga mengintegrasikan pengalaman pelanggan.

Software Demandbase juga menawarkan fitur skor “Pipeline Predict“, yang memberikan informasi mengenai prospek yang paling mungkin untuk dikonversi dalam 30 hari mendatang. Demandbase juga memiliki fitur pembagian data internal yang sederhana, memastikan seluruh tim memiliki pemahaman yang seragam dan dapat bekerja bersama dengan lancar.

Selain itu, alat ini memungkinkan Anda untuk melacak interaksi di seluruh akun pelanggan, memungkinkan analisis tren dan identifikasi praktik yang sukses dan yang tidak.

 

6.  Prelay

Kolaborasi adalah kunci dalam Prelay. Tim penjualan, pemimpin penjualan, operasi pendapatan, dan pendukung kesepakatan mengandalkannya untuk membimbing perjalanan pelanggan hingga ke akhir.

Prelay mengakhiri pemisahan antara berbagai departemen. Sebaliknya, Prelay memfasilitasi kerjasama di dalam satu platform untuk mengelola kesepakatan, mengalokasikan sumber daya, menyajikan dasbor, dan melakukan analisis.

Ini mencakup konsep yang dapat diuji dan wawasan yang dapat dibagikan mengenai proses, status kesepakatan, dan kinerja tim.

 

7.  Software CRM RedERP

Software CRM RedERP merupakan solusi yang mempermudah pengelolaan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan. Dengan CRM dari  RedERP, seluruh informasi terkait prospek dan pelanggan disimpan secara terintegrasi dalam satu sistem, memudahkan Anda untuk melakukan pelacakan dengan lancar. 

Menggunakan perangkat lunak CRM ini, Anda dapat menyederhanakan langkah-langkah penjualan dan strategi pemasaran, mengelola sistem komisi penjualan, mengevaluasi kinerja tim penjualan, serta melakukan pelaporan dan analisis dengan mudah.

 

Software CRM RedERP Salah Satu Pilihan Sales Tools

banner rederp

Dunia pemasaran dan penjualan kian hari kian kompetitif, di sinilah kebutuhan akan sales tools menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar lagi. Namun, Anda harus memilih tools yang paling tepat guna bagi perusahaan. Mengingat implementasi tools ini akan digunakan dalam jangka panjang.

Dari banyak tools di luar sana, menjatuhkan pilihan kepada Software CRM RedERP bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Hal ini karena software ini memiliki fitur terkini yang menunjang aktivitas penjualan dan manajemen pelanggan bisnis Anda.

CRM Software RedERP mendukung bisnis dalam melakuan transformasi digital dengan menyediakan platform untuk menghimpun, menyimpan, dan menganalisis beragam informasi, termasuk data pembelian, preferensi, sejarah interaksi, dan komponen lainnya.

Melalui pemahaman yang lebih mendalam terhadap elemen-elemen tersebut, perusahaan mampu memberikan pengalaman yang lebih individual dan relevan kepada pelanggan.

Proses pemahaman terhadap kebutuhan dan pilihan pelanggan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang ditawarkan, menjadikan pelanggan lebih puas dengan layanan yang diberikan. Tunggu apalagi? Ayo segera ajukan demo gratis sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami