Table of Contents
Table of Contents

Mengenal Scalability dalam Bisnis dan Bagaimana Mencapainya

shape-slide-2.png

Mungkin konsep scalability di perusahaan masih cukup asing didengar. Padahal, konsep scalability merupakan konsep penting yang menjadi inovasi pertumbuhan bagi perusahaan. Scalability atau scaling merupakan kemampuan perusahaan untuk mengembangkan bisnis secara eksponensial.

Pada artikel dari RedERP ini, kami akan membahas mengenai scalability dalam bisnis serta cara mencapainya. Simak ulasanya berikut ini!

 

Apa Itu Scalability?

Scalability adalah kemampuan sistem untuk terus tumbuh menyesuaikan dengan volume data. Istilah ini biasa digunakan dalam aplikasi, baik itu hardware ataupun software.

Di dunia perusahaan, scalability adalah kemampuan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan sambil mempertahankan kualitas pelayanan. Dengan demikian, perusahaan memiliki kemampuan untuk memperbesar spesifikasi agar mampu menjalankan berbagai fungsi yang ada.

Konsep scalability berasal dari skala produksi. Artinya adalah cara meningkatkan aktivitas tanpa berdampak pada peningkatan biaya. Secara garis besar, perusahaan yang menerapkan skalabilitas bisa mendapat keuntungan tanpa perlu berinvestasi secara proporsional.

Dalam penerapannya, konsep scalability dapat meningkatkan atau melipatgandakan produk, pendapatan, jumlah pelanggan, dan pelayanan namun masih tetap mempertahankan struktur biaya awal.

Oleh karena itu, untuk mencapai hal tersebut perusahaan membutuhkan model bisnis yang mudah untuk direplikasi sehingga perusahaan tetap fleksibel dan semakin berkembang.

 

Baca Juga: Minimum Viable Product: Pengertian, Tujuan, hingga Tahapannya

 

Mengapa Penting Mengetahui Scalability?

Penting bagi Anda untuk mengetahui scalability, karena konsep skalabilitas memiliki indikator fundamental yang dapat menunjukkan potensi pertumbuhan perusahaan. Selain itu, skalabilitas juga bisa menunjukkan potensi dalam menghasilkan keuntungan yang cukup untuk membiayai investasi perusahaan.

Untuk itulah, konsep skalabilitas menjadi salah satu kriteria utama yang digunakan investor untuk mengalokasikan modal yang dimiliki. Apalagi dalam dunia startup saat ini, semakin scalable suatu bisnis maka semakin besar peluang penerimaan dana dari investor.

 

Karakteristik Bisnis Scalable

Setelah mengetahui pengertian dari scalability dan pentingnya konsep ini dalam perusahaan, selanjutnya Anda perlu mengetahui karakteristik dari bisnis yang scalable. Berikut adalah 6 karakteristik dari bisnis scalable, antara lain:

 

1. Memiliki Model Bisnis yang Bisa Direplikasi

Karakteristik bisnis scalable yang pertama adalah kemampuan untuk memperluas jaringan bisnis tanpa mengubah struktur model bisnis. Hal ini berarti bahwa proses bisnis dapat diulang dan direplikasi terus menerus tanpa takut kehilangan kualitas produk atau kualitas layanan.

Oleh karena itu, perusahaan scalable dapat memberikan solusi model bisnis secara berulang-ulang dengan skala yang tidak terbatas.

 

2. Memiliki Proses Produksi yang dapat Diajarkan

Perusahaan scalable pastinya akan memastikan bahwa proses produksi dapat dengan mudah diajarkan pada karyawan, dan tim dalam departemen. Hal ini sangat penting ketika perusahaan melakukan ekspansi bisnis dan akan membuka proses produksi di tempat baru.

 

Baca Juga: Produksi: Pengertian, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya

 

3. Memiliki Permintaan Pasar yang Tinggi

Bisnis scalable didasarkan pada solusi untuk memecahkan masalah pelanggan dengan cara yang belum pernah dijalankan sebelumnya. Contohnya mengisi posisi pada target pasar yang memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Dengan melakukan hal tersebut, perusahaan akan mendapatkan target pasar yang tepat. Permintaan dari pasar pun akan meningkat sehingga perusahaan semakin bertumbuh.

 

4. Memiliki Nilai Tambah dalam Produk

Menambah nilai pada suatu produk adalah hal yang penting dalam dunia bisnis. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menambah keunikan agar terlihat berbeda dari kompetitor dan memberikan posisi perusahaan di pasar. 

Untuk mencapainya, perusahaan perlu membuat kegiatan atau produk tertentu agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian, skalabilitas bisa tercapai.

 

Baca Juga: Strategi Cerdas yang Bisa Tingkatkan Profit Bisnis Perhiasan Anda

 

5. Menerapkan Standarisasi Solusi

Karakteristik selanjutnya adalah standarisasi solusi. Semakin personal produk atau layanan yang diciptakan, maka semakin sulit untuk memperluas target audiens dan memproduksi dalam skala besar.

Apabila ingin membangun business scalability, perusahaan perlu membuat solusi yang memiliki kontrol kualitas terhadap produk yang dihasilkan. Contohnya seperti Netflix yang menawarkan layanan yang sama kepada seluruh pelanggannya.

 

6. Menerapkan Otomatisasi Proses

Dengan otomatisasi tugas dan fungsi, perusahaan dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dalam proses produksi. Selain itu, perusahaan juga bisa meningkatkan efisiensi, kecepatan dan akurasi produksi, hingga memastikan hasil produk telah terstandardisasi.

Otomatisasi tersebut bisa dicapai dengan memanfaatkan teknologi. Dengan mengotomatisasi proses, perusahaan dapat mempercepat pengiriman barang tanpa meningkatkan biaya tambahan.

 

Cara Mencapai Skalabilitas dalam Bisnis 

Berikut adalah cara mencapai skalabilitas dalam bisnis, antara lain:

 

1. Membangun Struktur Bisnis yang Scalable 

Jika Anda ingin membangun bisnis yang mencapai skalabilitas, maka Anda harus membangun fondasi yang baik dari awal bisnis berjalan. Cara awalnya adalah menjaga tim tetap kompak, menyederhanakan proses produksi, dan merampingkan pengeluaran.

 

2. Memastikan Penggunaan Teknologi yang Tepat

Teknologi yang semakin canggih mengharuskan setiap perusahaan untuk beradaptasi dalam penggunaannya. Tanpa teknologi yang tepat, skalabilitas dalam bisnis cukup sulit untuk dicapai. 

Anda perlu mengadopsi tools Business Intelligence yang mumpuni untuk meningkatkan analisis metrik bisnis. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan tool ERP untuk mengelola proses bisnis.

Scalability dalam bisnis adalah hal yang penting untuk dicapai. Untuk mencapainya dibutuhkan teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan kualitas produk atau layanannya.

 

Software ERP
Software ERP

 

Penggunaan Software RedERP untuk mencapai skalabilitas dalam bisnis adalah solusi yang tepat. Ini karena RedERP dapat membantu mengotomatisasi proses dan kegiatan operasional bisnis.

Dengan menggunakan software RedERP, perusahaan bisa terbantu dalam manajemen operasional bisnis, mengatur distribusi dan persediaan, menangani pengadaan dan pengoperasian, manajemen aset, dan mengelola sistem akuntansi.

Apalagi, software RedERP telah berbasis cloud sehingga dapat menawarkan kemudahan bagi penggunanya dari segi fleksibilitas dan keamanan data. Sistem penyimpanan data berbasis cloud ini mengakomodir pertumbuhan data jika bisnis Anda semakin berkembang.

Tunggu apa lagi? Gunakan software ERP Indonesia  RedERP sekarang juga!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami