Table of Contents
Table of Contents

15 Daftar Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis di Indonesia

software akuntansi terbaik

Ada begitu banyak aktivitas keuangan yang harus dikelola oleh perusahaan. Untuk mengelola seluruh aktivitas tersebut, tentunya perusahaan membutuhkan teknologi terbaik yang bisa memudahkan pengelolaannya. Itulah mengapa, perusahaan membutuhkan software akuntansi. 

Dengan software ini, perusahaan Anda bisa menjaga dan melaporkan keuangan bisnis dengan aman dan akurat serta bisa mengefisiensikan proses pembuatan laporan keuangan.

Saat ini sendiri, sudah banyak vendor yang menawarkan aplikasi akuntansi dengan berbagai fitur dan keunggulan nya. Namun, software accounting apa yang harus Anda gunakan?

Tak perlu bingung dalam menentukan, sebab ulasan RedERP ini akan membahas rekomendasi software akuntansi terbaik di Indonesia yang bisa Anda gunakan.

 

 

Apa Itu Software Akuntansi

Software akuntansi adalah perangkat lunak yang bisa membantu bisnis dalam memudahkan dan mengotomatisasikan proses manajemen finansial.

Adanya software ini memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data keuangan dengan aman dan akurat serta meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

Biasanya, software akuntansi hadir dalam integrasi dengan software ERP. Software ini memiliki banyak fitur dan modul yang bermanfaat untuk memudahkan pengelolaan keuangan.

Baik itu dalam membuat laporan keuangan, mengelola pembelian dan penjualan, ataupun menyimpan data transaksi.

 

Alasan Perusahaan Perlu Software Accounting

Mengelola keuangan sangat penting bagi bisnis. Itulah mengapa, penting bagi perusahaan untuk menggunakan software akuntansi untuk membuat pengelolaan keuangan bisnis menjadi terkelola dengan tepat.

Secara keseluruhan, bisnis Anda akan membutuhkan software akuntansi online karena alasan-alasan berikut ini:

  • Mampu menyimpan data keuangan perusahaan dengan aman dan akurat karena terhindar dari human error.
  • Memudahkan bisnis dalam mematuhi aturan-aturan pemerintahan yang berlaku terkait keuangan.
  • Mengotomatisasi proses akuntansi, baik itu penghitungan ataupun pembuatan laporan keuangan.
  • Mengorganisasi data dengan lebih efektif dan efisien sebab data keuangan bisa diakses secara terpusat.
  • Memudahkan pembuatan laporan yang bisa dijadikan bahan analisis perusahaan.
  • Memungkinkan laporan dan data keuangan dibagikan secara efisien kepada banyak karyawan di organisasi.

 

Fitur Penting dalam Software Akuntansi

Setiap perusahaan perlu memilih software akuntansi terbaik yang memiliki fitur-fitur mumpuni dan termutakhir untuk membantu mengelola keuangan perusahaan.

Adapun beberapa fitur penting yang harus dimiliki software ini antara lain:

 

1. Budget Management

Dengan fitur ini, perusahaan bisa membuat rencana keuangan yang terperinci dan realistis. Rencana keuangan ini akan memasukkan rencana anggaran, target pendapatan dan investasi, serta batasan pengeluaran.

 

2. Pembuatan Laporan Keuangan

Tentu saja, software akuntansi bisnis harus mampu membuat laporan keuangan. Pada fitur ini, software accounting berperan untuk mengotomatisasi pembuatan jurnal maupun buku besar.

 

3. Sales Management

Penjualan yang berhasil dilakukan oleh bisnis perusahaan harus dicatat dan dipantau dengan baik. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui keuntungan yang bisnis Anda dapatkan.

 

4. Pengelolaan Pajak

Sebagai sebuah badan usaha, perusahaan perlu membayar pajak. Itulah mengapa, software akuntansi sebaiknya memiliki fitur pengelolaan pajak untuk memudahkan perusahaan.

 

5. Bank Management

Aktivitas finansial di perusahaan akan melibatkan bank. Untuk mengelola ini, dibutuhkan software akuntansi bisnis yang bisa memproses laporan bank, membuat pembayaran bank, dan menyimpan data-data transaksi bank.

 

Cara Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Jangan sembarangan memilih software accounting. Anda perlu memilih software  terbaik yang bisa membantu bisnis dalam mengelola aktivitas keuangannya.

Seperti apa cara memilih accounting software untuk bisnis? Berikut ini adalah ulasannya.

 

1. Membuat Daftar Software Akuntansi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar software akuntansi.  Daftar ini berfungsi sebagai panduan dalam memilih software yang tepat.

Daftar aplikasi akuntansi yang bisa Anda gunakan ada dalam bagian selanjutnya di artikel ini.

 

2. Menentukan Budget

Setelah itu, Anda juga perlu menentukan budget. Tentu saja aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan layanan terbaik akan lebih mahal.

Sebaliknya, aplikasi yang murah biasanya tidak memiliki fitur yang lengkap. Biasanya, Anda harus membayar biaya tambahan untuk mengakses semua fitur yang ada.

Dari daftar software akuntansi di atas, singkirkanlah aplikasi yang tidak sesuai dengan budget. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa dalam memilih software nantinya.

 

3. Melakukan Demo

Untuk melihat bagaimana fitur aplikasi akuntansi bekerja dan bisa membantu Anda, Anda bisa meminta demo kepada penyedia aplikasi. Saat demo, Anda bisa menanyakan hal spesifik tentang fitur-fitur pada aplikasi.

Setelah demo, barulah Anda bisa menentukan aplikasi akuntansi yang terbaik. Pastikan aplikasi ini memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan budget Anda.

 

Baca Juga: Pengertian Aplikasi Akuntansi dan Alasan Pentingnya

 

15 Daftar Software Akuntansi Indonesia Terbaik

Sebagai rekomendasi, berikut ini adalah software akuntansi Indonesia terbaik yang bisa Anda gunakan.

 

1. RedERP

 

RedERP merupakan software Enterprise Resource Planning (ERP) yang memiliki modul software akuntansi. Software ini mampu mempersingkat proses penghitungan, pencatatan, dan pembuatan laporan keuangan dengan lebih cepat, tepat, dan akurat.

Software akuntansi terbaik RedERP memiliki beberapa fitur penting untuk mengelola keuangan dalam bisnis. Fitur-fitur tersebut misalnya otomatisasi jurnal dan buku besar, perhitungan pajak, manajemen dan penjualan pelanggan, pengelolaan arus kas dan anggaran, serta pembuatan laporan dan analisis.

Tak hanya itu, RedERP juga memiliki fitur multi-currency. Fitur ini bermanfaat untuk mencatat transaksi bisnis yang terdiri atas berbagai mata uang.

Lalu, software RedERP juga terintegrasi dengan modul pengelolaan bisnis lainnya seperti produksi, pengadaan, dan manajemen gudang.

Dengan software akuntansi RedERP, Anda tak perlu khawatir atas human error maupun fraud dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Sebab, software ini bisa merekam dan melaporkan data keuangan dengan akurat.

 

2. KashFlow

software akuntansi KashFlow
Source: kashflow.com

 

KashFlow adalah aplikasi akuntansi Indonesia yang menawarkan kemudahan untuk membuat laporan keuangan dan membuat faktur dengan cara yang mudah. Aplikasi ini biasa digunakan bisnis kecil karena harganya yang murah.

 

3. FreshBooks

software akuntansi freshbook
Source: freshbooks.com

 

FreshBooks menawarkan aplikasi pengelolaan akuntansi berbasis cloud atau cloud accounting yang cocok untuk mengelola pembayaran online dan laporan keuangan. Aplikasi ini banyak dipilih oleh bisnis kecil dan pekerja lepas karena mudah digunakan dan harga terjangkau.

 

4. Odoo

software akuntansi terbaik odoo
Source: odoo.com

 

Software akuntansi lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda. Odoo menawarkan tampilan dashboard dengan tampilan yang mudah dipahami.

Ditambah dengan fitur-fitur unggul yang ditawarkan, seperti Customers Invoice, Vendor Bills, Accounting, dan Reporting. Selain itu, Oddo juga memungkinkan Anda untuk mengatur keuangan beberapa di beberapa perusahaan sekaligus.

 

5. NetSuite

aplikasi akuntansi netsuite
Source: netsuite.com

 

Bila Anda mencari software akuntansi berbasis cloud dengan fitur beragam, Oracle Netsuite bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di dalam Netsuit terdapat beberapa fitur yang akan membantu Anda mengelola keuangan seperti General Ledger, Cash Management, Accounts Receivable, Account Payable, Tax Management, Close Management, dan Payment Management.

 

6. Sage

Software Sage memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi pembuatan invoice dan billing tanpa repot. Anda pun dapat menyinkronkan dengan rekening bank bisnis Anda. Sehingga, Anda pun dapat mengetahui setiap transaksi yang terjadi.

 

7. Zoho

aplikasi akuntansi zoho
Source: zoho.com

 

Zoho adalah salah satu accounting software yang komprehensif dengan fitur-fitur unggul dan mudah digunakan untuk merampingkan berbagai kebutuhan akuntansi Anda.

Dengan Zoho Anda bisa melacak utang & piutang, mengelola inventaris, dab berbagai dokumen terkait perbankan.

Tidak hanya fungsi akuntansi inti, Zoho juga membantu Anda mengotomatisasi alur kerja sesuai kebutuhan bisnis.

 

8. EQUIP

software akuntansi equip
Source: equiperp.com

 

EQUIP merupakan accounting software yang cocok bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mengelola faktur dan pembayaran, mengelola pajak, dan mengelola nota kredit dan debit.

 

9. Zahir

aplikasi akuntansi zahir
Source: akuntakita.com

 

Zahir yang merupakan software akuntansi di Indonesia, Malaysia, serta Australia ini memiliki banyak fitur menarik untuk mengelola akuntansi bisnis. Beberapa di antaranya adalah chart of account fleksibel dan rekonsiliasi bank.

 

10. Synder

Synder membuat akuntansi menjadi lebih sederhana untuk bisnis yang memiliki satu atau lebih sistem pembayaran online. Software ini mampu mengotomatisasi rekonsiliasi penjualan dengan akuntansi dari sistem e-commerce hingga pengarsipan dan pelaporan pajak.

 

11. EPICOR

software akuntansi online epicor
Source: epicor.com

 

Software akuntansi EPICOR telah hadir di 120 lebih negara di seluruh dunia. Software ini memiliki kelebihan yaitu tampilan yang user friendly dan memungkinkan kolaborasi pengguna dalam mengelola akuntansi bisnis.

 

12. Acclipse

Acclipse fokus pada pengelolaan akuntansi untuk bisnis jasa. Aplikasi ini bisa membuat laporan keuangan, membuat faktur, memantau proyek, dan merencanakan anggaran bisnis.

 

13. Xero

Xero memiliki fitur multi currency yang memudahkan pebisnis internasional dalam menyimpan dan mengelola transaksi. Selain itu, aplikasi akuntansi ini juga bisa menampilkan grafik laba dan penjualan untuk memberi tahu pebisnis tentang kinerja bisnisnya.

 

14. SAP Business One

software accounting SAP Business One
Source: svtuition.org

 

SAP Business One dirancang untuk bisnis UMKM atau bisnis kecil. Aplikasi ini mampu mengotomatisasi keuangan dan aspek bisnis lainnya seperti persediaan, pembelian, dan produksi.

Software accounting ini juga memiliki fitur tax management, yang dapat menyesuaikan regulasi perpajakan sesuai negara masing-masing dan mengimplementasikannya secara otomatis dalam perhitungan.

 

15. FreeAgent

FreeAgent merupakan aplikasi akuntansi yang biasa digunakan pekerja lepas dan bisnis kecil untuk membuat laporan keuangan, faktur, dan mengelola pembayaran online.

 

Itulah daftar software akuntansi yang bisa jadi referensi Anda. Lantas, mana software akuntansi Indonesia terbaik? Jika Anda menginginkan software akuntansi dengan fitur lengkap, keamanan terjamin, mudah digunakan, serta dukungan after sale yang unggul. Anda bisa memilih Software Akuntansi RedERP.

 

Software ERP
Software ERP

 

Software Akuntansi RedERP mendukung Anda untuk menyederhanakan proses akuntansi perusahaan yang rumit menjadi lebih sederhana, apalagi software ini juga terintegrasi dengan penjualan Anda.

Anda dapat mengajukan demo gratis bila ingin tahu lebih banyak mengenai software ini.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami