Software distributor perangkat lunak yang membantu pengelolaan seluruh aktivitas distribusi bisnis. Perangkat lunak ini mampu menyajikan data akurat berabsis digital dari seluruh aktivitas mulai dari pemesanan penjualan, monitor harga pasar, pengiriman, penagihan, dan lainnya.
Mengingat software ini mampu menangani setiap proses distribusi perusahaan, mencakup pengontrolan inventaris dan pemrosesan pesanan, akuntansi, manajemen rantai pasokan, penjualan, hingga manajemen hubungan pelanggan.
Bisa dibilang, software distributor merupakan solusi all-in-one yang mampu menangani setiap permasalahan distribusi perusahaan dengan baik.
Berikut ini RedERP telah rangkum rekomendasi software distributor multifungsi terbaik, beserta wawasan sekilas terkait tantangan hingga manfaat yang bisa diperoleh atas pemanfaatan perangkat lunak distribusi.
Tantangan Proses Distribusi di Indonesia
Aktivitas distribusi di Indonesia tidak pernah terlepas dari berbagai tantangan. Tantangan yang tengah dihadapi, umumnya berkorelasi dengan dinamika tren di kalangan masyarakat luas hingga perkembangan teknologi.
Adapun tantangan proses distribusi di Indonesia saat ini, antara lain:
- Peningkatan permintaan yang terjadi secara drastis.
- Kompleksitas rantai pasokan/saluran distribusi semakin meningkat.
- Kesulitan dalam mengontrol skema diskon dan promosi di lapangan bagi ratusan hingga ribuan pelanggan baru maupun lama.
- Tren supply chain bermigrasi menjadi e-Commerce.
- Perubahan perilaku konsumen yang semakin intoleran terhadap keterlambatan.
- Akurasi manajemen stok barang di gudang rendah karena masih dilakukan secara manual.
- Kondisi pasar semakin kompetitif.
- Rawan terjadi manipulasi atau kecurangan lainnya dalam proses distribusi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Output laporan distribusi tidak akurat dan komprehensif.
- Jumlah tenaga kerja berkompeten masih tergolong kurang.
- Ketidakmampuan perusahaan dalam menyediakan gudang yang memadai untuk menyimpan stok barang dengan baik.
Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Distribution Management System bagi Perusahaan
Kesalahan yang Cenderung Dilakukan Perusahaan dalam Proses Distribusi
Mayoritas perusahaan saat ini masih sering melakukan kesalahan dalam melaksanakan kegiatan distribusi. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat berupa hal teknis maupun non-teknis.
Berikut ini 10 poin kesalahan yang masih cukup sering dilakukan oleh kebanyakan perusahaan distributor:
- Keliru dalam menentukan target pasar.
- Salah dalam memperkirakan jumlah pelanggan potensial di pasar.
- Tidak memerhatikan selera pasar secara menyeluruh.
- Barang mengalami kerusakan atau kehilangan saat proses distribusi berlangsung.
- Pengelolaan stok barang di gudang tidak dilakukan secara efektif.
- Pemilihan lokasi gudang yang kurang strategis.
- Pengendalian operasional gudang tidak komprehensif dan efisien.
- Perencanaan dan penjadwalan pengiriman barang kurang akurat dan terukur.
- Manajemen aset armada kendaraan perusahaan tidak optimal.
- Mata rantai saluran distribusi barang perusahaan terlalu panjang.
Baca Juga: Daftar Rekomendasi Aplikasi Distribusi Canggih
Manfaat Penggunaan Software Distributor
Software distributor dirancang sedemikian rupa agar mampu menunjang setiap aktivitas distribusi perusahaan.
Meskipun setiap software distributor memiliki spesifikasi berbeda, namun secara umum manfaat yang dapat diberikan untuk para penggunanya adalah sebagai berikut:
- Menjaga visibilitas rantai pasokan perusahaan.
- Proses pengiriman barang dapat berjalan lebih optimal.
- Estimasi proses distribusi dapat dipangkas sesingkat mungkin.
- Meminimalisir terjadinya human error.
- Pengguna dapat mengakses data atau melakukan analisis secara real time.
- Koordinasi antar karyawan terkait pengelolaan tugas menjadi lebih baik.
- Mencegah perusahaan mengeluarkan biaya ekstra.
- Penyusunan laporan distribusi dapat dilakukan secara praktis, akurat, dan komprehensif.
- Peluang kesuksesan dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi distribusi di periode semakin tinggi.
- Setiap sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
- Ketersediaan stok barang selalu terjamin.
- Memungkinkan perusahaan melakukan monitoring terhadap beberapa lokasi gudang sekaligus secara praktis dan real time.
Rekomendasi Software Distributor Terbaik di Indonesia
Saat ini sudah cukup banyak penyedia layanan software distributor di Indonesia. Untuk memudahkan proses pemilihan Anda, berikut RedERP telah rangkum 4 software distributor terbaik di Indonesia yang memiliki beragam fitur solutif di dalamnya.
RedERP

Software ERP dari RedERP mampu menunjang sekaligus mengoptimalisasi aktivitas distribusi perusahaan Anda.
Mengingat software RedERP sangat berpedoman pada penyederhanaan dan otomatisasi seluruh kegiatan operasional perusahaan termasuk distribusi, tanpa mengurangi tingkat kinerja maupun akurasi dalam prosesnya.
Anda dapat memanfaatkan software inventory, software asset management, dan software CRM unggulan dari RedERP, untuk memudahkan sekaligus memaksimalkan proses distribusi perusahaan.
Adapun spesifikasi ketiga fitur di atas sebagai berikut:
Software Inventory
Menyediakan layanan pelacakan aktivitas setiap aset di gudang secara komprehensif, real time, dan praktis melalui satu sistem terintegrasi.
Software ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan monitoring terhadap beberapa lokasi gudang sekaligus.
Terakhir, fitur Reporting and Analysis pada software ini juga dapat membantu penggunanya dalam menyusun laporan secara komprehensif, akurat, dan mudah untuk bahan pertimbangan strategi di periode selanjutnya.
Software Asset Management
Software asset management dari RedERP dapat menjaga performa, dan kinerja setiap aset armada pengiriman barang perusahaan saat menjalankan proses distribusi.
Melalui spesifikasi sistemnya yang mampu menganalisis secara mendalam, terkait persentase depresiasi pada setiap aset armada perusahaan.
Alhasil, setiap aset armada perusahaan dapat terjaga dan mencegah terjadinya kerusakan total di kemudian hari. Sehingga beban biaya perawatan untuk setiap aset perusahaan bisa diminimalisir.
Software CRM (Customer Relationship Management)
Software CRM RedERP akan membantu fokus penggunanya dalam menentukan target pasar potensial, untuk produk atau layanan jasa perusahaan. Alhasil, peluang penjualan perusahaan dapat meningkat.
Selain itu software CRM RedERP juga dapat memudahkan perusahaan dalam membangun hubungan dengan para konsumennya, melalui penyederhanaan dukungan pelanggan.
Pengguna juga dapat mengakses seluruh data terkait inventaris ataupun pelanggan secara praktis, yang tersimpan dalam database berbasis cloud.
SimpliDOTS
SimpliDOTS adalah distribution management software yang sudah berbasis cloud. Aplikasi ini bisa diakses oleh pengguna lewat perangkat smartphone.
SimpliDOTS memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengelolaan dalam proses distribusi bisnis dengan mudah mencakup penjualan, pembelian, pengantaran, akuntansi, stok, promo, hingga analisis data.
Megaventory
Rekomendasi selanjutnya adalah Megaventory, sebuah aplikasi distribusi yang juga sudah berbasis cloud. Pengelolaan pesanan penjualan dari pelanggan maupun pembelian oleh pihak pemasok barang, dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan aplikasi Megaventory.
ABAS ERP
Rekomendasi terakhir yakni ABAS ERP, software distribusi ini memberikan fasilitas berupa kemampuan bagi para penggunanya untuk menelusuri produk, menentukan penawaran serta pesanan, hingga melakukan pemantauan terhadap penawaran dan pesanan secara real time.
Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan perusahaan ERP bernama ABAS Software AG sejak 1980 silam di Karlsruhe, Jerman.
Kesimpulan
Kegiatan distribusi di Indonesia masih mengalami banyak tantangan. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang masih melakukan kesalahan dalam distribusi. Hal ini bisa terjadi karena pengelolaan masih dilakukan secara manual.
Mak dari itu, sudah saatnya perusahaan menggunakan software distributor untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam kegiatan distribusi.
Software distributor dirancang sedemikian rupa untuk menunjang, sekaligus mengoptimalkan seluruh aktivitas distribusi pelaku usaha kecil hingga perusahaan besar.
Melalui penggunaan software distributor, perusahaan dapat memeroleh banyak manfaat mulai dari terjaganya visibilitas rantai pasokan perusahaan, mengoptimalkan proses pengiriman barang, meminimalisir peluang terjadinya human error, dan lain sebagainya.
Saat ini, sudah banyak vendor penyedia layanan software distributor. Walaupun begitu sebagai pelaku usaha profesional harus bisa memilih software distributor terbaik, sesuai kebutuhan perusahaan terkait optimalisasi proses distribusi.
Untuk di Indonesia, Anda bisa memercayainya kepada Software Inventory RedERP sebagai software distributor yang menunjang bisnis.