7 Software ERP Indonesia Terbaik Mudahkan Operasional Bisnis

7 Software ERP Indonesia Terbaik Mudahkan Operasional Bisnis

Software ERP (Enterprise Resource Planning) memiliki peranan sangat penting bagi perusahaan di era modern ini, namun masih banyak pelaku usaha yang belum menyadarinya. Sistem ERP sangat berpengaruh pada kelancaran dan kemajuan bisnis Anda dalam mengelola operasional bisnis perusahaan Anda sehingga data-data yang dihasilkan secara akurat untuk kemajuan bisnis.

Untuk memilih software ERP yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaian fitur software ERP dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Dalam artikel RedERP kali ini, kita akan mengenal lebih jauh dan mengetahui beberapa software ERP Indonesia beserta fitur dan keunggulannya. 

Mari simak artikel di bawah ini!

 

Mengenal Software ERP

Software ERP adalah teknologi yang bisa menjadi solusi dari operasional bisnis suatu perusahaan. Penggunaan perangkat lunak ERP biasanya bertujuan untuk membantu perusahaan dalam proses pengadaan, akuntansi, manajemen proyek, pemasaran, distribusi, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Sebuah software ERP biasanya lengkap dan telah terintegrasi dalam sistem komputer maupun cloud. Sistem ERP akan membantu Anda mulai dari proses produksi hingga distribusi. Aspek lain seperti keuangan, sumber daya manusia, hingga inventaris juga bisa dikelola dalam software ini.

Selain membantu dalam proses operasional bisnis Anda, software ERP juga dapat memberikan transparansi dalam proses produksi, logistik, hingga keuangan karena mampu memberikan data akurat dari seluruh alur bisnis perusahaan. Selain itu, seluruh departemen dapat mengakses segala data yang dibutuhkan.

Penggunaan sistem ERP dapat disesuaikan dengan jenis industri, skala, alur operasional hingga tujuan perusahaan Anda.

Di bawah ini, ada beberapa contoh software ERP yang dapat digunakan dalam operasional bisnis Anda.

 

Baca juga: 7 Cara Jitu Memilih Sistem ERP yang Bermanfaat Bagi Perusahaan

 

Daftar Software ERP Indonesia Terbaik

Anda bisa menggunakan salah satu software ERP terbaik berikut ini untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda dan bantu perusahaan menghemat biaya. Daftar-daftarnya sebagai berikut:

 

1. RedERP

RedERP

RedERP

 

RedERP adalah software ERP yang cocok digunakan oleh berbagai skala industri mulai dari manufaktur, distributor, retail, F&B, garment, hingga e-commerce. Software RedERP menawarkan fitur yang berguna dalam aspek distribusi maupun persediaan, akuntansi, pengadaan dan operasional, hingga manajemen aset.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh RedERP adalah 

  • Software yang terintegrasi dengan berbagai alur bisnis sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah, 
  • Pengelolaan ribuan data yang akurat dan terhindar dari human error,
  • Fleksibel karena dapat diakses dari aplikasi maupun website, 
  • Segala proses administrasi dan operasional dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan menghemat biaya pengeluaran. 

RedERP memiliki berbagai modul yang mendukung pengelolaan bisnis menjadi lebih efisien serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

2. Oracle ERP

Oracle ERP adalah aplikasi ERP yang berbasis aplikasi dan website serta memiliki beragam modul yang mendukung aspek keuangan, distribusi, manajemen proyek, dan masih banyak lagi.

 

3. Epicor

Epicor adalah software ERP dari Amerika serikat yang dapat membantu Anda dalam mengelola data analitik sehingga bisnis manufaktur dapat berkembang. 

 

4. Proteus ERP

Proteus ERP merupakan software ERP yang dapat digunakan oleh industri e-commerce untuk mengelola inventaris, CRM, POS, dan dokumen dalam bentuk digital.

 

5. MRPeasy

MRPeasy adalah sebuah software ERP yang cocok digunakan oleh perusahaan berskala kecil dengan 10-200 karyawan. Dengan software ini, Anda dapat mengatur perusahaan mikro Anda dengan mudah. 

 

6. Masterplan ERP

Masterplan ERP adalah software ERP yang memungkinkan Anda menekan biaya pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan dengan penggunaanya yang fleksibel.

 

7. Cegal

Cegal adalah aplikasi ERP yang penggunaannya mudah serta khusus dibuat untuk industri yang bergerak di bidang energi.

 

Baca juga: Memahami Cloud ERP dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Pilih Software ERP Luar Negeri atau Indonesia?

Software ERP yang dirancang oleh provider dari luar negeri tentu saja berbeda dengan yang dirancang oleh provider asal Indonesia. Meskipun kegunaan dan manfaatnya sama, namun software ERP perlu disesuaikan dengan perusahaan yang Anda jalankan, mulai dari jenis industri, skala, jumlah karyawan, hingga kebijakan pajak. 

Alur operasional bisnis tiap perusahaan juga berbeda-beda sehingga fitur-fitur yang disediakan juga berbeda tergantung jenis perusahaan yang memakainya. Software ERP luar negeri biasanya lebih cocok untuk digunakan perusahaan yang telah berkembang hingga ke mancanegara karena software ERP luar negeri tersedia dalam beberapa bahasa dan terdapat fitur multi-currency.

Software ERP Indonesia telah menyesuaikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengurus hal teknis. Anda hanya perlu fokus mengembangkan bisnis dan berinovasi untuk kemajuan bisnis Anda.

 

Software ERP

Software ERP

 

Lain halnya dengan RedERP, software ERP asal Indonesia ini cocok untuk industri dan perusahaan apa saja. Anda dapat dengan mudah mengelola sistem sesuai dengan kebutuhan dan skala perusahaan serta dapat lebih fokus pada perkembangan bisnis Anda.

RedERP telah menyesuaikan fiturnya dengan kebijakan pajak yang diberlakukan di Indonesia. Selain itu, ada juga fitur multi-currency yang memudahkan perusahaan mengelola keuangan.

Dengan fitur-fitur dalam Modul Akuntansi RedERP, Anda dapat membuat jurnal besar secara otomatis, menghitung biaya secara akurat, penghitungan pajak juga cepat dan tepat, mengelola anggaran serta memantau arus kas dengan cermat, serta masih banyak lagi fitur lainnya.

Modul RedERP yang lain juga lengkap. Adapun modul ERP yang disediakan RedERP dan bisa Anda akses sesuai kebutuhan adalah:

 

  • Modul Produksi dan Manufaktur
  • Modul Distribusi dan Persediaan
  • Modul Pengadaan dan Pengoperasian
  • Modul Akuntansi
  • Modul Manajemen Aset
  • Modul Manajemen Proyek
  • Modul POS
  • Modul CRM

 

Semua modul terintegrasi satu sama lain dan juga mudah diakses oleh berbagai departemen. Selain itu, perusahaan juga dapat menekan biaya operasional dengan penggunaan RedERP.

Jika tertarik, Anda bisa ajukan demo untuk merasakan sendiri pengalaman kemudahan menggunakan software ERP dari RedERP. Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan RedERP sekarang untuk mengelola seluruh operasional bisnis perusahaan Anda!

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?