Table of Contents
Table of Contents

10 Software ERP Indonesia Terbaik Mudahkan Operasional Bisnis

Software ERP Terbaik

Software ERP (Enterprise Resource Planning) memiliki peranan sangat penting bagi perusahaan di era modern ini, namun masih banyak pelaku usaha yang belum menyadarinya.

Sistem ERP sangat berpengaruh pada kelancaran dan kemajuan bisnis Anda dalam mengelola operasional bisnis perusahaan Anda sehingga data-data yang dihasilkan secara akurat untuk kemajuan bisnis.

Untuk memilih software ERP yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaian fitur software ERP dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Dalam artikel RedERP kali ini, kita akan mengenal lebih jauh dan mengetahui beberapa software ERP Indonesia dan luar negeri beserta fitur dan keunggulannya. 

Mari simak artikel di bawah ini!

 

Mengenal Software ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah program komputer yang dirancang untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis di sebuah organisasi atau perusahaan.

Software ERP adalah teknologi yang bisa menjadi solusi dari operasional bisnis suatu perusahaan.

Penggunaan perangkat lunak ERP biasanya bertujuan untuk membantu perusahaan dalam proses pengadaan, akuntansi, manajemen proyek, pemasaran, distribusi, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Sebuah software ERP biasanya lengkap dan telah terintegrasi dalam sistem komputer maupun cloud. Sistem ERP akan membantu Anda mulai dari proses produksi hingga distribusi.

Aspek lain seperti keuangan, sumber daya manusia, hingga inventaris juga bisa dikelola dalam software ini.

Selain membantu dalam proses operasional bisnis Anda, ERP software juga dapat memberikan transparansi dalam proses produksi, logistik, hingga keuangan karena mampu memberikan data akurat dari seluruh alur bisnis perusahaan. Selain itu, seluruh departemen dapat mengakses segala data yang dibutuhkan.

Penggunaan sistem ERP dapat disesuaikan dengan jenis industri, skala, alur operasional hingga tujuan perusahaan Anda.

Di bawah ini, ada beberapa contoh software ERP yang dapat digunakan dalam operasional bisnis Anda.

 

Baca Juga: Berapa Harga Software ERP? Ketahui Fakta dan Miskonsepsinya

 

Daftar Software ERP Indonesia Terbaik

Anda bisa menggunakan beberapa software ERP terbaik berikut ini untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda dan membantu perusahaan menghemat biaya. Daftar-daftarnya sebagai berikut:

 

1. RedERP

"<yoastmark

 

RedERP adalah software ERP yang cocok digunakan oleh berbagai skala industri mulai dari manufaktur, distributor, retail, F&B, garment, hingga e-commerce.

Software RedERP menawarkan fitur yang berguna dalam aspek distribusi maupun persediaan, akuntansi, pengadaan dan operasional, hingga manajemen aset.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh RedERP adalah 

  • Software yang terintegrasi dengan berbagai alur bisnis sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah, 
  • Pengelolaan ribuan data yang akurat dan terhindar dari human error,
  • Fleksibel karena dapat diakses dari aplikasi maupun website, 
  • Segala proses administrasi dan operasional dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan menghemat biaya pengeluaran. 

RedERP memiliki berbagai modul yang mendukung pengelolaan bisnis menjadi lebih efisien serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

2. Oracle ERP

Oracle ERP
Source: oracle

 

Oracle ERP adalah aplikasi ERP yang berbasis aplikasi dan website serta memiliki beragam modul yang mendukung aspek keuangan, distribusi, manajemen proyek, dan masih banyak lagi.

Oracle ERP sendiri merupakan penyedia layanan ERP yang sudah berpengalaman. Di mana telah membantu perusahaan global untuk mencapai tingkat perkembangan bisnis termutakhir sejauh ini.

Lebih rinci, Oracle ERP juga memiliki kemampuan dalam memprediksi, mendeteksi, sampai mengotomatisasikan proses bisnis perusahaan.

 

3. SAP Business ONE

SAP Business ONE
Source: SAP Business One Cloud

 

Daftar selanjutnya yaitu SAP Business ONE, software ERP terjangkau yang dapat mengelola seluruh operasi bisnis berskala mikro hingga makro.

Operasi bisnis yang dimaksud mencakup aspek akuntansi serta keuangan, purchasing, manajemen inventaris, penjualan, manajemen pelanggan atau CRM, dan penyusunan laporan maupun analisis bisnis.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai harga software erp SAP Business ONE. Anda dapat menghubungi kontak call center yang tercantum pada laman website SAP Business ONE.

 

4. Zoho ERP Custom

Zoho ERP Custom
Source: zoho

 

Berikutnya adalah Zoho ERP Custom, yaitu software ERP yang dapat dikostumisasi oleh penggunanya sesuai kebutuhan maupun latar belakang bisnis masing-masing.

Zoho ERP Custom menawarkan penggunanya untuk dapat membangun perangkat lunak ERP secara mandiri dan cepat, serta nyaris tanpa memerlukan proses pengodean dalam prosesnya.

Tidak hanya itu, Zoho ERP Custom pun memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengelola, mengotomatisasikan, dan mengintegrasikan sistem bisnis.

Adapun kustomisasi yang ditawarkan mencakup aspek operasi bisnis antara lain penjualan & pemasaran, keuangan, hingga dukungan pelanggan.

 

Baca Juga: Perbedaan Custom ERP dan Default ERP

 

5. Odoo ERP

Odoo ERP
Source: odoo

 

Odoo ERP sendiri merupakan software ERP open source berpengalaman, yang sejauh ini memiliki 30 modul utama dan sudah diperbaharui secara berkala di setiap versinya.

Di mana saat ini, sudah ada belasan ribu modul yang telah dikembangkan oleh komunitas hingga sekarang.

Untuk fitur yang disediakan oleh Odoo ERP di antaranya CRM (Custom Relationship Management), POS (Point of Sale), pemasaran, MRP (Material Requirement Planning), purchasing, akuntansi, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengajukan demonya secara gratis dengan membuat akun terlebih dahulu.

 

6. Epicor

Epicor adalah software ERP dari Amerika serikat yang dapat membantu Anda dalam mengelola data analitik sehingga bisnis manufaktur dapat berkembang. 

Dengan menggunakan ERP software dari Epicor, perusahaan bisa mendapatkan visibilitas yang jauh lebih besar, meningkatkan efisiensi bisnis, dan menunjang pertumbuhan bisnis.

Adapun modul-modul yang disediakan oleh software Epicor di antaranya business alliance and analytics, data management, e-commerce, financial management, global business management, production management, sales & marketing, dan masih banyak lagi.

 

7. Proteus ERP

Proteus ERP merupakan software ERP yang dapat digunakan oleh industri e-commerce untuk mengelola inventaris, CRM, POS, dan dokumen dalam bentuk digital.

Proteus ERP mampu mengubah pandangan bisnis Anda menjadi lebih maju dan efektif.

Misalnya, melalui software Proteus ERP perusahaan Anda mampu menyusun laporan bisnis secara komprehensif, meningkatkan visibilitas perusahaan secara real-time, manajemen pelanggan, integritas tanpa batas, hingga menghemat biaya bisnis seminimal mungkin.

Proteus ERP adalah vendor software ERP yang dapat memenuhi kebutuhan dasar hingga kebutuhan khusus bisnis Anda.

 

8. MRPeasy

MRPeasy adalah sebuah software ERP yang cocok digunakan oleh perusahaan berskala kecil dengan 10-200 karyawan. Dengan software ini, Anda dapat mengatur perusahaan mikro Anda dengan mudah. 

Kemampuan menjanjikan lainnya yang ditawarkan oleh MRPeasy di antaranya peningkatan akurasi dalam perencanaan dan pelaporan produksi, Customer Relationship Management (CRM), pengiriman barang kepada pelanggan secara tepat waktu, hingga pengelolaan serta pemantauan operasi akuntansi bisnis perusahaan.

Hingga saat ini, MRPeasy setidaknya telah berhasil membantu lebih dari 1300 produsen global dalam mencapai operasi bisnis yang modern dan maksimal.

Sebagai penilaian awal, Anda dapat mengajukan demonya secara gratis pada laman website MRPeasy.

 

9. Masterplan ERP

Masterplan ERP
Source: masterplanerp

 

Masterplan ERP adalah software ERP yang memungkinkan Anda menekan biaya pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan dengan penggunaanya yang fleksibel.

Masterplan ERP sudah menyediakan sistem terintegrasi dan penyimpanan berbasis cloud. Lebih lengkapnya, modul-modul yang disediakan oleh software Masterplan ERP yaitu Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Planning, Manufacturing Execution, Business Intelligence, Warehouse Management, hingga Quality Management System.

 

10. Cegal

Cegal adalah aplikasi ERP yang penggunaannya mudah serta khusus dibuat untuk industri yang bergerak di bidang energi.

Cegal ERP didesain untuk dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis pengguna.

Adapun spesifikasi sistem yang dimiliki Cegal ERP antara lain sistem terintegrasi, sistem pencatatan waktu, registrasi fasilitas, sistem perintah kerja, sistem informasi pelanggan, sistem penggajian serta pengeluaran anggaran, distribusi faktur, perbankan, dan lain sebagainya.

Sistem-sistem tersebut mampu berkontribusi untuk mencapai proses kerja bisnis yang lebih efisien ke depannya.

 

Baca juga: Memahami Cloud ERP dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Pilih Software ERP Luar Negeri atau Indonesia?

Software ERP yang dirancang oleh provider dari luar negeri tentu saja berbeda dengan yang dirancang oleh provider asal Indonesia.

Meskipun kegunaan dan manfaatnya sama, namun software ERP perlu disesuaikan dengan perusahaan yang Anda jalankan, mulai dari jenis industri, skala, jumlah karyawan, hingga kebijakan pajak. 

Alur operasional bisnis tiap perusahaan juga berbeda-beda sehingga fitur-fitur yang disediakan juga berbeda tergantung jenis perusahaan yang memakainya.

Software ERP luar negeri biasanya lebih cocok untuk digunakan perusahaan yang telah berkembang hingga ke mancanegara karena software ERP luar negeri tersedia dalam beberapa bahasa dan terdapat fitur multi-currency.

Software ERP Indonesia telah menyesuaikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengurus hal teknis. Anda hanya perlu fokus mengembangkan bisnis dan berinovasi untuk kemajuan bisnis Anda.

 

Kesimpulan

Software ERP adalah teknologi yang bisa menjadi solusi dari operasional bisnis suatu perusahaan. ERP memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengotomatisasi dan memantau berbagai aktivitas.

Seperti pengelolaan persediaan, produksi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan sebagainya, dalam satu sistem terintegrasi.

Hal ini membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kecepatan pengambilan keputusan di perusahaan.

Terdapat beberapa rekomendasi software erp dari Indonesia maupun luar negeri dengan beberapa fitur dan keunggulannya. Anda tentunya dapat memilih rekomendasi software tersebut sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Pertimbangan dalam memilih software erp terbaik juga dapat melihat dari skala perusahaan Anda. Karena, tidak semua fitur atau modul applicable ke proses bisnis Anda.

 

Software ERP
Software ERP

 

Lain halnya dengan RedERP, software ERP asal Indonesia ini cocok untuk industri dan perusahaan apa saja. Anda dapat dengan mudah mengelola sistem sesuai dengan kebutuhan dan skala perusahaan serta dapat lebih fokus pada perkembangan bisnis Anda.

RedERP telah menyesuaikan fiturnya dengan kebijakan pajak yang diberlakukan di Indonesia. Selain itu, ada juga fitur multi-currency yang memudahkan perusahaan mengelola keuangan.

Dengan fitur-fitur dalam Modul Akuntansi RedERP, Anda dapat membuat jurnal besar secara otomatis, menghitung biaya secara akurat, penghitungan pajak juga cepat dan tepat, mengelola anggaran serta memantau arus kas dengan cermat, serta masih banyak lagi fitur lainnya.

Modul RedERP yang lain juga lengkap. Adapun modul ERP yang disediakan RedERP dan bisa Anda akses sesuai kebutuhan adalah:

  • Produksi dan Manufaktur
  • Distribusi dan Persediaan
  • Pengadaan dan Pengoperasian
  • Akuntansi
  • Manajemen Aset
  • Manajemen Proyek
  • POS
  • CRM

 

Semua modul terintegrasi satu sama lain dan juga mudah diakses oleh berbagai departemen. Selain itu, perusahaan juga dapat menekan biaya operasional dengan penggunaan RedERP.

Jika tertarik, Anda bisa ajukan demo untuk merasakan sendiri pengalaman kemudahan menggunakan software ERP dari RedERP. Tunggu apa lagi?

Yuk, gunakan RedERP sekarang untuk mengelola seluruh operasional bisnis perusahaan Anda!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami