Table of Contents
Table of Contents

Software Rental Mobil: Keuntungan hingga Panduan Lengkap Memilihnya

software rental mobil

Software rental memegang peranan penting untuk menunjang sekaligus mengembangkan bisnis jasa penyewaan mobil agar konsisten berkembang.

Dengan menggunakan software rental termutakhir, bisnis penyewaan mobil dapat berjalan lebih sederhana dan optimal.

Penggunaan software tersebut tentu lebih efektif jika dibandingkan dengan pengelolaan manual menggunakan Excel, Word, panggilan telepon, hingga e-mail.

Maka dari itu, Anda perlu mengguakan software rental untuk membantu mengembangkan bisnis jasa penyewaan mobil.

Berikut ini artikel mengenai manfaat hingga panduan menyeluruh dalam memilih software rental terbaik yang sudah RedERP siapkan untuk Anda. Simak dan pahami dengan baik, ya!

 

Fitur-fitur yang Wajib Ada dalam Software Rental

Software rental yang tepat setidaknya wajib memiliki 3 fitur utama yaitu manajemen inventaris komprehensif, sistem akuntansi berakurasi tinggi, dan sistem CRM (Customer Relationship Management) termutakhir.

Adapun fitur yang wajib tersedia dalam software rental, antara lain:

  • Manajemen inventaris komprehensif 
  • Sistem CRM termutakhir 
  • Database berbasis cloud berkeamanan tinggi
  • Tampilan aplikasi user friendly
  • Manajemen strategi pemasaran
  • Sistem akuntansi berakurasi tinggi
  • Sistem Point of Sale (POS)

 

Panduan Lengkap Memilih Software Rental Terbaik

Panduan Lengkap Memilih Software Rental Terbaik
Sumber: Pexels by Andrea Piacquadio

 

Saat memilih software rental, pastikan bahwa seluruh spesifikasi fitur yang tersedia memenuhi sekitar 80% kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memilih software rental dengan 3 fitur utama yang telah disebutkan sebelumnya.

Tak hanya itu, fleksibilitas dalam mengoperasikan software rental juga menjadi hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis rental di mana pun dan kapan pun. 

Kemudian dari segi keamanan data, pastikan bahwa software rental yang akan digunakan memiliki sistem keamanan mumpuni. Software yang dipilih harus mampu mencegah terjadinya kebocoran data inventaris perusahaan maupun pelanggan.

Terakhir, software rental yang tepat pada dasarnya mampu mendorong penggunanya agar terus berinovasi untuk meningkatkan daya pemasaran serta memaksimalkan kualitas pelayanan guna menumbuhkan rasio customer satisfaction dan retensi pelanggan.

 

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Lakukan Ekspansi Bisnis

 

Keuntungan Menggunakan Software untuk Bisnis Rental Mobil

Pada praktiknya, penggunaan software rental memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis jasa penyewaan mobil.

Berikut ini keuntungan dari penggunaan software rental bagi bisnis jasa penyewaan mobil.

 

  1. Proses Penagihan dan Pembayaran Lebih Praktis 

Proses penagihan dan pembayaran bisnis jasa sewa mobil Anda dapat berjalan lebih praktis dengan menggunakan software rental.

Fitur yang ada pada software rental saat ini memberikan Anda opsi penagihan dan pembayaran secara digital. Selain itu, software rental juga menyediakan berbagai metode pembayaran sehingga sangat memudahkan konsumen.

 

  1. Memudahkan Pengelolaan Quotation

Memudahkan Pengelolaan Quotation
Sumber: Pexels by Karolina Grabowska

 

Melalui pemanfaatan software rental, tahapan quotation atau penawaran di perusahaan dapat dipermudah. Hal ini karena seluruh dokumen dapat diinput dan disimpan dalam satu sistem terpadu oleh software rental.

Alhasil, Anda cukup mencantumkan data-data yang telah tersedia dan tersusun secara rapi sesuai kebutuhan dokumen penawaran. Sehingga, penyusunan penawaran atau quotation untuk pelanggan bisa lebih cepat terselesaikan.

 

  1. Visibilitas Ketersediaan Mobil Terjaga

Software rental memiliki kemampuan untuk memantau jumlah unit mobil yang tersedia dan siap untuk dioperasikan. Alhasil, Anda dapat konsisten memenuhi permintaan pelanggan secara tepat waktu.

Apabila terjadi secara konsisten, maka tidak menutup kemungkinan statistik customer satisfaction ataupun retensi pelanggan terhadap bisnis Anda semakin bertumbuh pesat. 

 

  1. Pengoperasian Bisnis Fleksibel

Saat ini cukup banyak vendor yang menyediakan software rental terintegrasi dalam bentuk aplikasi kompatibel. Artinya, Anda bisa menggunakan software rental melalui perangkat IOS, Android, dan Windows.

Atas pelayanan tersebut, kini pelaku usaha jasa penyewaan mobil dapat mengelola bisnis mereka di mana pun dan kapan pun secara fleksibel.

 

  1. Monitoring Kondisi Kendaraan Secara Real Time

Monitoring Kondisi Kendaraan Secara Real Time
Sumber: Pexels by Ketut Subiyanto

 

Fitur manajemen inventaris yang terdapat pada software rental mampu melakukan pemantauan secara menyeluruh terhadap setiap inventaris mobil bisnis Anda. Alhasil, kondisi inventaris mobil Anda selalu dalam kondisi prima dan siap dioperasikan.

 

  1. Meminimalisir Terjadinya Depresiasi Pada Aset Kendaraan

Depresiasi adalah hal yang pasti terjadi pada setiap aset bisnis. Namun dengan adanya software rental, Anda dapat meminimalisir besaran persentase depresiasi yang terjadi pada aset bisnis.

Sehingga, umur penggunaan aset bisnis Anda bisa lebih panjang serta mampu mengurangi biaya perawatan. Anda pun dapat memiliki kelebihan biaya yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan optimasi aspek lainnya pada bisnis rental.

 

  1. Mengembangkan Pemasaran Bisnis

Sistem CRM termutakhir yang tersedia pada software rental mampu mengembangkan pemasaran bisnis rental mobil Anda. Bisnis rental mobil Anda pun berpeluang tinggi memperoleh lebih banyak profit di setiap periode.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan
Sumber: Pexels by Andrea Piacquadio

 

Seperti yang diketahui bahwa kepuasan pelanggan adalah hal nomor satu dalam setiap bisnis, tidak terkecuali jasa rental mobil. 

Dengan menggunakan software rental, performa pelayanan jasa sewa mobil Anda dapat terus berkembang. Tidak hanya berfokus pada tahap penawaran jasa saja, namun juga aspek penyediaan mobil berkualitas terbaik bagi para pelanggan.

Hal tersebut mampu menumbuhkan pengalaman positif pelanggan saat menggunakan jasa rental mobil Anda. Alhasil, statistik kepuasan pelanggan pun turut mengalami peningkatan.

 

  1. Menjaga Stabilitas Keuangan Bisnis

Keuntungan selanjutnya adalah terjaganya stabilitas keuangan bisnis. Hal ini karena software rental memiliki sistem akuntansi canggih dengan tingkat akurasi tinggi. 

Jika bisnis memiliki sistem akuntansi yang canggih dan akurat, stabilitas keuangan bisnis sewa mobil Anda pun dapat terjaga.

 

  1. Menyusun Laporan Keuangan dan Aset Kendaraan Secara Komprehensif

Saat menjalankan bisnis rental, Anda sangat membutuhkan laporan komprehensif terkait kondisi keuangan dan inventaris. Kedua data tersebut berfungsi sebagai dasar penilaian perkembangan bisnis serta persentase performa seluruh aset kendaraan Anda.

Melalui pemanfaatan software rental, Anda bisa menjalankan kedua aktivitas tersebut secara praktis, terukur, dan menyeluruh.

 

  1. Menjaga Keamanan Data Inventaris Bisnis dan Pelanggan 

Software rental saat ini sudah memiliki penyimpanan berbasis cloud. Sehingga, seluruh data inventaris bisnis maupun pelanggan dapat tersimpan secara terpadu dan terjaga keamanannya.

 

Kesimpulan

 

Software ERP
Software ERP

 

Software rental dapat memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku usaha jasa sewa mobil. Hal ini karena perangkat lunak tersebut menyediakan beragam sistem yang mampu menunjang kegiatan bisnis rental mobil.

Mengingat kebutuhan operasional bisnis rental mobil cukup kompleks, maka software ERP (Enterprise Resource Planning) dari RedERP hadir untuk menunjang sekaligus mengembangkan seluruh aktivitas operasional pelaku bisnis rental mobil. 

Software RedERP mempunyai 3 sistem utama penunjang operasional pelaku bisnis rental mobil, yaitu manajemen inventaris, akuntansi, dan CRM. 

Ketiga sistem tersebut bahkan dilengkapi oleh berbagai fitur solutif dan multifungsi yang mampu membuat operasional bisnis rental Anda berjalan lebih optimal dan sederhana. 

Apabila Anda ingin menjaga kondisi keuangan bisnis tetap stabil, maka Anda dapat menggunakan software akuntansi online dari RedERP. 

Dengan menggunakan software akuntansi online RedERP, pengelolaan arus kas serta anggaran bisnis Anda dapat terukur dengan baik. Dalam praktiknya, software ini juga bisa meminimalisir terjadinya human error ataupun fraud.

Selanjutnya dari aspek pengelolaan hubungan pelanggan dan pemasaran, Anda dapat mengandalkan software CRM unggulan dari RedERP. 

Melalui pemakaian software CRM RedERP, tingkat kesuksesan pemasaran jasa rental mobil Anda semakin tinggi. Sebab, software tersebut dapat memetakan persebaran calon pelanggan potensial bisnis Anda.

Setelah mengidentifikasi pelanggan, tentu Anda harus menjaga hubungan baik dengan mereka. Caranya mudah, Anda bisa membuat strategi customer relationship dan customer support berdasarkan data laporan komprehensif dari software CRM RedERP. 

Terakhir dan yang paling penting, monitoring seluruh aset mobil Anda bisa dilakukan secara detail dengan software asset management dari RedERP. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir terkait performa aset mobil Anda.

Hal ini karena software asset management RedERP dirancang untuk menjaga performa seluruh aset bisnis melalui pemantauan secara real time dan berkala. Sehingga, persentase terjadinya depresiasi pada aset bisnis Anda dapat ditekan seminimal mungkin. 

 

Demikian pemaparan materi mengenai topik kali ini. Semoga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis rental mobil Anda di kemudian hari!

 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami