Implementasi software restoran termutakhir adalah unsur krusial bagi setiap pelaku usaha yang ingin maupun sedang berkiprah dalam dunia bisnis F&B (Food and Beverages).
Pemanfaatan software restoran termutakhir dinilai mampu menjadi solusi yang tepat dalam mengembangkan bisnis di sektor F&B. Apalagi mengingat saat ini bisnis F&B tanah air sedang menghadapi pelbagai tantangan, baik dari segi internal maupun eksternal.
Pada artikel kali ini, RedERP akan merekomendasikan software restoran terbaik, yang dapat membantu perkembangan bisnis F&B Anda. Simak dan pahami lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini, ya!
Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Pembelian dalam Bisnis Restoran
Sekilas Tentang Tantangan Berbisnis Restoran
Tantangan yang dihadapi pelaku bisnis F&B tanah air cukup beragam, mulai dari segi operasional bisnis hingga pemasaran untuk menggaet konsumen. Tantangan itu pun semakin diperparah dengan datangnya pandemi Covid-19 yang bisa mematikan bisnis F&B, khususnya UMKM.
Lebih lengkap lagi, berikut ini 10 poin tantangan yang tengah membayangi para pelaku bisnis F&B di Indonesia:
- Strategi pemasaran tidak efektif
- Pengelolaan keuangan kurang maksimal
- Pelayanan terhadap pelanggan belum optimal
- Pemborosan stok dan inventaris
- Ketidakmampuan dalam memperkirakan permintaan
- Rendahnya kualitas pengelolaan stok barang di gudang
- Kualitas karyawan masih rendah
- Strategi pemasaran yang kurang memadai
- Proses pengadaan barang tidak maksimal
- Monitoring dan pengelolaan cabang bisnis kurang optimal
Rekomendasi Software Restoran Terbaik
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih software restoran terbaik agar mampu menunjang bisnis F&B Anda.
Di antaranya ketersediaan sistem POS (Point of Sale) termutakhir, E-Menu, CRM (Customer Relationship Management) and Marketing Automation, manajemen stok dan inventaris, sistem pengelolaan keuangan, hingga sistem pengadaan barang maupun bahan baku.
Berikut ini 5 rekomendasi software restoran terbaik, yang dapat menunjang pengelolaan bisnis F&B Anda agar semakin berkembang.
RedERP
RedERP untuk Memudahkan Bisnis Restoran
Software ERP (Enterprise Resource Planning) dari RedERP dapat menjadi referensi utama untuk mengembangkan bisnis F&B Anda di tengah tantangan yang ada.
Software RedERP memiliki 8 modul utama, yakni Finance & Accounting, Inventory and Distribution, Procurement Management, Manufacture and Production, Asset Management, Project Management, POS & Integration, dan Sales & Customer Management.
Setiap modul pada RedERP dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan pengelolaan aktivitas bisnis F&B Anda, mulai dari aspek yang paling umum hingga detail. Keseluruhan modul yang tersedia juga sudah terintegrasi pada satu sistem dan terotomatisasi dengan baik.
Alhasil, pengelolaan dan pengembangan bisnis F&B Anda bisa menjadi lebih maksimal, sederhana, terukur, dan praktis. Software RedERP sendiri sangat ideal digunakan untuk berbagai level usaha F&B, mulai dari mikro, kecil, menengah, hingga besar.
Zahir
Zahir merupakan salah satu penyedia software restoran di Indonesia, yang memiliki sejumlah sistem penunjang bisnis F&B, antara lain Supply Chain Management, Operation, Human Resource, Project Management, Warehousing, Financez, Analytics Business Intelligence, Procurement, API, dan Customer Relationship Management.
Software Zahir juga memiliki sistem akuntansi yang dapat mendukung laporan multi cabang, dengan data yang sudah terintegrasi dalam satu server. Sehingga, pengguna menjadi semakin mudah dalam menyusun laporan keuangan.
Ravintola
Ravintola adalah software restoran yang menyediakan sistem menu terintegrasi dengan penyimpanan dan dapur. Software ini juga didukung dengan adanya fitur reservasi order.
Melalui spesifikasi kemampuan di atas, proses reservasi order dapat berjalan lebih singkat dan terukur.
Selain itu, sistem laporan stok dan data pelanggan pada software Ravintola juga dapat dikelola secara terpusat melalui satu server terintegrasi.
Indo Resto
Software Indo Resto menyediakan 3 modul utama yang dapat membantu mengelola bisnis F&B Anda, mulai dari penjualan, laporan keuangan, hingga pengorganisasian data.
Software Indo Resto sendiri ideal untuk diimplementasikan pada bisnis restoran, rumah makan, hingga kafe yang bersifat mikro maupun multi cabang.
Omega Resto
Rekomendasi software restoran terbaik terakhir adalah Omega Resto. Omega Resto memiliki sejumlah sistem penunjang bisnis F&B, seperti aplikasi kasir, sistem akuntansi, CRM (Customer Relationship Management), E-Commerce, dan IoT (Internet of Things).
Software Omega Resto cocok untuk pebisnis F&B yang memiliki berbagai cabang di sejumlah wilayah. Mengingat software ini memiliki sistem informasi manajemen restoran yang terpusat.
Kesimpulan
Dalam membangun ataupun mengembangkan bisnis F&B saat ini, pelaku usaha memerlukan kehadiran software ERP (Enterprise Resource Planning) solutif & termutakhir.
Hal ini karena pemanfaatan software ERP solutif & termutakhir mampu mengembangkan sekaligus mengatasi seluruh tantangan yang saat ini tengah dihadapi oleh bisnis F&B tanah air.
Pemilihan software ERP juga harus sesuai dengan seluruh kebutuhan bisnis Anda. Salah satu software ERP terbaik Indonesia adalah RedERP yang mampu memudahkan proses pembangunan maupun pengembangan bisnis F&B.
Software RedERP memiliki 8 modul utama yang sudah terintegrasi dalam satu sistem dan terotomatisasi dengan baik. Kedelapan modul tersebut juga memiliki beragama fitur solutif dan multifungsi yang mampu menjalankan seluruh aspek kegiatan bisnis F&B Anda menjadi lebih praktis, sederhana, terukur, dan optimal.
Misalnya, guna memenangkan persaingan dalam menjangkau pelanggan seluas mungkin, Anda dapat memanfaatkan modul software CRM dari RedERP untuk meningkatkan peluang keberhasilan analisis strategi penjualan maupun pemasaran bisnis.
Melalui sejumlah fitur yang tersedia di modul CRM, Anda juga bisa memetakan persebaran konsumen potensial hingga membangun brand produk makanan atau minuman sesuai persona konsumen tertentu.
Selain itu, proses upgrading kompetensi karyawan dalam melayani pelanggan juga bisa lebih tepat sasaran berdasarkan data analisis komprehensif yang dihasilkan oleh software CRM RedERP.
Bahkan, Anda pun dapat menyimpan sekaligus mengakses seluruh data pelanggan secara mudah sesuai kebutuhan melalui database berbasis cloud yang dimiliki software CRM RedERP.
Penggunaan modul aplikasi POS bisa membantu dalam menjalankan aspek transaksi dengan mudah. Aplikasi tersebut dapat memantau proses transaksi dengan baik dan real time serta menganalisis mendalam terkait transaksi, hasil penjualan produk tertinggi, hingga pola belanja pelanggan.
Seluruh kemampuan tersebut dapat memudahkan Anda dalam menyusun laporan secara komprehensif, memantau progres bisnis, sekaligus menjadi pertimbangan dasar dalam menentukan strategi pada periode mendatang.
Berikutnya, apabila Anda memiliki permasalahan terkait pengelolaan keuangan, modul aplikasi akuntansi RedERP mampu mengatasi permasalahan tersebut, melalui kemampuan monitoring real time serta level perhitungan yang sangat akurat.
Stok barang di beberapa lokasi gudang pun bisa Anda manajemen secara real time, praktis, dan komprehensif melalui pemanfaatan modul aplikasi inventory RedERP. Alhasil, konsistensi ketersediaan stok barang untuk pemenuhan permintaan bisnis Anda dapat terjaga.
Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai software restoran. Semoga ulasan dari LinovHR ini mampu memberikan progres yang positif bagi perkembangan bisnis F&B Anda di masa mendatang.