Bisnis retail saat ini mengalami perkembangan pesat, terutama di era digital yang kita alami sekarang.
Banyak pelaku bisnis retail yang mulai melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan menggunakan software retail guna meningkatkan penjualan dalam bisnis mereka.
Terlebih lagi, ada banyak software retail yang tersedia di pasar dan menawarkan berbagai keunggulan bagi para pengusaha yang menggunakannya.
Namun, sebelum Anda memulai menggunakan perangkat lunak ini, penting untuk mengetahui beberapa software yang ada dipasaran yang dapat digunakan.
Oleh karena itu, RedERP menyajikan pilihan software retail yang dapat Anda pertimbangkan dalam artikel di bawah ini.
Apa Itu Software Retail?
Software retail adalah sebuah sistem otomatis di dunia retail yang berfungsi untuk memudahkan proses transaksi jual beli produk dan jasa dengan cepat dan efisien.
Dengan menggunakan sistem otomatis ini, dapat mempercepat dan memproses proses penjualan, mulai dari penerimaan barang, pengontrolan ketersediaan stok, pengelolaan pesanan pelanggan, hingga retur.
Software ini fleksibel karena dapat diakses secara online melalui berbagai perangkat seperti komputer, PC, dan gadget, dengan data yang selalu ter-update.
Keberhasilan penggunaan software retail menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan.
Manfaat Menggunakan Software Retail
Penggunaan software retail mendatangkan banyak manfaat bagi operasional bisnis yang menjadi lebih sederhana.
Selain itu, terdapat manfaat lainnya, seperti berikut ini:
1. Menghindari Kesalahan
Bisnis retail membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, terutama dalam hal penjualan dan pembelian barang.
Bahkan kesalahan kecil pun dapat berdampak pada keseluruhan aktivitas proses penjualan dan aktivitas lainnya.
Dengan menggunakan software retail, para pengusaha di industri ini dapat mencegah kesalahan atau setidaknya meminimalkan kesalahan dari proses manual yang dilakukan.
2. Menghindari Pelanggaran
Seperti bisnis lainnya, bisnis retail juga rentan terhadap pelanggaran.
Misalnya, kesalahan dalam menghitung persediaan atau keterlambatan dalam memperbarui data persediaan.
Otomatisasi menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan pencegahan pelanggaran seperti pencurian atau memalsukan data penjualan.
3. Integrasi Layanan
Software retail dapat mengintegrasikan layanan pembelian dan penjualan.
Dengan menggunakan aplikasi POS, setiap proses penjualan dapat dikelola dalam sistem yang terintegrasi.
Karena itu, setiap layanan penjualan, pembelian, dan pengelolaan lainnya dapat dipantau dengan baik oleh perusahaan.
4. Manajemen Persediaan
Software retail khusus dapat membantu perusahaan dalam mengelola persediaan barang.
Melalui fungsi inventaris produk, perusahaan dapat dengan mudah mengontrol jumlah barang yang tersedia.
Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah mengelompokkan barang dan menentukan barang mana yang akan dijual.
5. Pengelolaan Keuangan
Manfaat ini terkait dengan perangkat lunak akuntansi.
Dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi dalam bisnis retail, pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan mudah.
Secara khusus, perangkat lunak akuntansi memungkinkan perusahaan untuk menentukan langkah-langkah penting dalam meningkatkan pendapatan melalui penjualan dan proses lainnya.
7 Rekomendasi Software Retail
Berikut ini beberapa rekomendasi software retail yang bisa Anda implementasikan dalam bisnis Anda.
1. NCR Counterpoint
NCR Counterpoint adalah salah satu software retail yang menawarkan sistem terintegrasi dengan e-commerce.
Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mengotomatisasi proses penjualan harian serta membuat laporan secara digital.
Di dalam NCR Counterpoint terdapat fitur Sales Orders dan Sales Reports.
2. RedERP
RedERP adalah solusi perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai industri, termasuk retail.
Software ERP yang komprehensif ini menawarkan berbagai fitur untuk merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan efisiensi.
RedERP menyediakan modul untuk berbagai area fungsional seperti keuangan, penjualan, manajemen inventaris, pengadaan, perencanaan produksi, dan lainnya.
Salah satu keunggulan utama RedERP adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan dan memusatkan data dari berbagai departemen dan proses dalam suatu organisasi.
Hal ini memungkinkan visibilitas waktu nyata dan akses ke informasi penting, memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan merespons permintaan pasar dengan cepat.
Perangkat lunak ini menawarkan fungsionalitas untuk mengelola hubungan pelanggan, termasuk pemrosesan pesanan penjualan, penagihan, dan dukungan pelanggan.
Ini juga menyediakan alat untuk manajemen inventaris, memungkinkan bisnis melacak dan mengontrol tingkat stok, memantau pergerakan produk, dan mengoptimalkan operasi rantai pasokan.
RedERP menampilkan kemampuan manajemen keuangan yang kuat, termasuk buku besar, utang dan piutang, penganggaran, dan pelaporan keuangan.
Ini mendukung operasi multi-mata uang dan multi-perusahaan, sehingga cocok untuk bisnis dengan operasi global.
Selain itu, RedERP menawarkan alat pelaporan dan analitik tingkat lanjut, memungkinkan bisnis untuk menghasilkan laporan yang berwawasan, melakukan analisis data, dan mendapatkan kecerdasan bisnis yang berharga.
Ini membantu dalam mengidentifikasi tren, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan membuat keputusan berdasarkan data.
Perangkat lunak ini dapat disesuaikan dan dapat diskalakan, memungkinkan bisnis untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik mereka dan mengakomodasi pertumbuhan.
Itu dapat digunakan di tempat atau diakses melalui opsi hosting berbasis cloud, memberikan fleksibilitas dalam hal penerapan dan aksesibilitas.
3. Tylernet
Tylernet adalah solusi manajemen akuntansi yang sudah berbasis cloud.
Software ini bisa Anda andalkan untuk menangani berbagai keperluan bisnis seperti menangani utang, pesanan pembelian, sampai pengelolaan penyusutan aset.
Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda dalam mencari produk dan mencatat jumlah stok barang.
4. True POS
True POS adalah aplikasi POS murah dari India yang hadir dalam dua versi. Versi pertama cocok untuk UMKM karena dapat diakses secara gratis.
Namun, versi gratis True POS memiliki beberapa keterbatasan, seperti hanya dapat diakses melalui satu mesin kasir dengan jumlah transaksi maksimal 100 per bulan.
Versi True POS yang kedua lebih cocok untuk bisnis retail dalam skala enterprise, tanpa batasan jumlah mesin kasir dan transaksi. Versi berbayar juga menawarkan fitur yang lebih lengkap.
5. Vend
Vend adalah aplikasi retail yang populer di kalangan pebisnis retail di Indonesia.
Selain harganya yang terjangkau, Vend juga fleksibel dalam penggunaannya dengan entri data melalui layar sentuh atau menggunakan mouse dan keyboard.
Vend memiliki kemampuan yang handal dalam mengelola inventaris, penjualan, dan pelanggan.
Konfigurasi Vend dapat disesuaikan untuk mengakses proses atau barang populer.
Sayangnya, penggunaan Vend terbatas pada perangkat iOS seperti iPad, iPhone, atau iMac, sehingga implementasinya menjadi lebih mahal karena memerlukan perangkat iOS.
6. Olsera POS
Olsera POS adalah aplikasi Point of Sale (POS) yang membantu bisnis retail dan jasa dalam mengelola transaksi penjualan, persediaan barang, dan laporan keuangan.
Aplikasi ini memiliki harga yang terjangkau dan menawarkan fitur pembayaran elektronik, integrasi dengan perangkat kasir, serta laporan real-time yang dapat diakses secara fleksibel dari berbagai lokasi.
Olsera juga dapat digunakan untuk membuat laporan analitik dan mengoptimalkan kegiatan bisnis.
Aplikasi ini mempermudah pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi, sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.
7. Lightspeed Retail
Lightspeed Retail adalah solusi point of sale (POS) yang lengkap untuk bisnis ritel.
Software ini dapat membantu dalam mengelola inventaris, penjualan, pelanggan, dan analisis data.
Lightspeed Retail juga menyediakan fitur integrasi dengan platform e-commerce populer.
Aplikasi CRM RedERP Sebagai Software CRM Rekomendasi Terbaik
Software retail adalah salah satu perkembangan perangkat lunak yang mendukung industri retail untuk mampu beradaptasi dengan keadaan bisnis yang cepat.
Saat ini, sudah ada banyak sekali software retail yang tersedia, namun tidak semua perangkat lunak sama.
Pastikan Anda hanya memiliki software yang mampu menjawab kebutuhan bisnis Anda.
Salah software retail yang bisa jadi andalan adalah Software POS RedERP yang memiliki fitur lengkap dan sistem yang terintegrasi.
Software POS RedERP didukung dengan fitur Digital Billing System yang mendukung proses transaksi bisnis berjalan lebih mudah, cepat, dan efektif.
Dengan fitur ini, Anda tidak lagi perlu membuat invoice secara manual, karena sistem POS RedERP yang akan membuat invoice tersebut secara digital sesuai dengan nilai transaksi.
Tidak hanya itu, POS RedERP juga sudah terintegrasi dengan manajemen inventaris, sehingga saat terjadi transaksi secara otomatis jumlah inventaris akan berkurang secara otomatis.
Dengan begini, akan mudah bagi Anda untuk melakukan stock opname.
Software POS RedERP juga dapat menghasilkan laporan dan analisis yang memuat laporan mengenai transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda.
Selain itu, untuk RedERP juga mendukung Anda dalam melakukan pemasaran secara komprehensif menggunakan Software CRM.
Dengan modul CRM, Anda dapat mengintegrasikan data pelanggan dari berbagai sumber, seperti penjualan, layanan pelanggan, dan pemasaran.
Sehingga dapat memberikan visibilitas yang komprehensif terhadap interaksi dengan pelanggan.
Dengan fokus pada pengelolaan pelanggan yang efisien dan pengambilan keputusan berdasarkan data, Software RedERP dapat membantu bisnis dalam mencapai kepuasan pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan hasil penjualan.