Bisnis minimarket termasuk dalam bisnis retail yang berpotensi meraup keuntungan besar. Oleh sebab itu, kita perlu memahami strategi pemasaran minimarket yang tepat agar dapat mengembangkan bisnis ini dengan baik.
Artikel RedERP berikut ini akan menguraikan apa saja strategi untuk mengembangkan bisnis minimarket.
Mari simak artikelnya bersama!
Strategi Pemasaran Minimarket
Agar bisnis minimarket bisa tumbuh dan bersaing dengan bisnis lain, diperlukan penerapan strategi yang tepat, mulai dari perencanaan hingga pengelolaan.
Berikut adalah beberapa strategi mengembangkan bisnis minimarket Anda.
1. Memilih Lokasi yang Strategis
Ketika akan membangun bisnis minimarket, Anda perlu mempertimbangan dan memilih lokasi yang strategis.
Anda dapat memilih tempat yang cukup ramai dan mudah diakses agar peluang mendapatkan pelanggan menjadi lebih besar. Selain itu, pertimbangkan untuk membuat lahan parkir yang cukup luas.
Dengan memilih lokasi yang strategis, Anda bisa mencapai target pasar yang diinginkan.
2. Membangun Branding yang Baik
Branding adalah sebuah cara untuk memperkenalkan brand bisnis Anda kepada target audience agar brand yang Anda miliki mudah diidentifikasi dan diingat oleh pelanggan.
Membangun branding yang baik merupakan salah satu strategi yang efektif agar semakin banyak pelanggan datang dan berbelanja di minimarket Anda.
Salah satu strategi branding yang bisa Anda coba adalah co-branding, yaitu Anda bekerja dengan pihak lain yang menyediakan layanan seperti penarikan uang tunai, pembelian tiket pesawat atau kereta api, pembayaran belanja online, pembelian pulsa yang dihadirkan dalam minimarket Anda.
Cara ini akan menarik lebih banyak pelanggan karena mereka memiliki alasan untuk dapat melakukan berbagai transaksi di minimarket Anda.
3. Tetapkan Segmentasi pasar
Identifikasi dan fokuslah pada segmen pasar yang paling relevan bagi minimarket Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menyasar mahasiswa, keluarga, atau pekerja kantoran.
Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif.
4. Membuat Promosi yang Kreatif
Selain branding, Anda juga bisa menerapkan strategi promosi agar dapat menarik perhatian target audience.
Untuk menarik minat pelanggan supaya berbelanja di minimarket Anda, buatlah promosi yang kreatif, unik, dan beda dari yang lain.
Strategi promosi sederhana yang dapat Anda terapkan adalah mendiskon produk di periode-periode tertentu, mengadakan undian berhadiah, promosi paket bundling dengan harga lebih murah, dan masih banyak lagi.
Baca Juga: Manfaat Promosi dengan Cara Bundling
5. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan
Pastikan bahwa produk-produk yang Anda tawarkan berkualitas baik dan tersedia dalam berbagai pilihan.
Selain itu, berikan pelayanan yang ramah dan efisien kepada pelanggan. Pelanggan akan cenderung kembali jika mereka merasa senang dengan pengalaman berbelanja di minimarket Anda.
6. Jalin Kerjasama atau Kemitraan Lokal
Jalin kerjasama dengan bisnis lokal di sekitar minimarket Anda, seperti restoran, salon kecantikan, atau bengkel mobil.
Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon saling menguntungkan kepada pelanggan yang berbelanja di minimarket dan menggunakan jasa bisnis mitra Anda.
Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas minimarket Anda dan menciptakan hubungan saling menguntungkan dengan bisnis lokal.
7. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi
Melihat banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan, Anda mungkin akan merasa kewalahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir.
Seiring berkembangnya zaman, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu menjalankan tiap proses operasional bisnis.
Selain penggunaannya yang mudah dan cepat, Anda dapat menekan biaya operasional serta pelayanan yang diberikan bisa lebih efisien.
Contoh aspek yang dapat dikelola dengan teknologi adalah hubungan dengan pelanggan atau CRM.
Selain itu, teknologi juga dapat mengelola inventaris barang, kasir, dan masih banyak lagi. Anda juga perlu memilih teknologi tepat yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.
Maksimalkan Pemasaran Minimarket dengan Software RedERP
Minimarket adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan memungkinkan Anda untuk memiliki banyak cabang di beberapa lokasi.
Saat bisnis minimarket sudah berkembang tentu Anda juga perlu memikirkan bagaimana tata kelola toko cabang tersebut. Terutama dalam hal keuangan seperti kasir.
Menggunakan pengelolaan operasional secara manual tentu sudah tidak memungkinkan lagi, karena di sini Anda membutuhkan sistem yang terintegrasi, cepat, dan tepat. Dengan cara ini Anda bisa melakukan pemantauan transaksi lebih mudah.
Cara pengelolaan toko cabang terbaik untuk minimarket adalah menggunakan software POS dari RedERP.
Sistem POS dari Software ERP Indonesia RedERP mungkin Anda mengelola minimarket dengan mudah, Anda bisa menggunakan teknologi ERP dari RedERP.
Sistem transaksi pada kasir bisa dijalankan lebih efisien dengan software POS dari RedERP karena fitur cetak invoice atau struk yang bisa dilakukan dengan otomatis.
RedERP menyediakan fitur manajemen inventaris yang kuat. Anda dapat dengan mudah mengelola stok barang, melacak penjualan, dan memantau kebutuhan restok.
Dengan pemantauan inventaris yang baik, Anda dapat mengoptimalkan persediaan, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, dan mengurangi kerugian akibat produk kedaluwarsa.
Jadi, selain mencatat transaksi minimarket, stok barang bisa diperbaharui secara otomatis ketika terjadi transaksi, bisa memantau masuk dan keluarnya barang dari gudang, juga melakukan pengadaan dengan otomatis, hingga menghitung akuntansi secara akurat.
Selain itu, dengan RedERP, Anda dapat melacak data pelanggan dan mengelola program loyalitas. Anda dapat memberikan diskon atau hadiah kepada pelanggan setia, mengirimkan penawaran khusus, dan menganalisis perilaku pelanggan.
Dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan dan mendorong pembelian ulang dan melancarkan program pemasaran yang telah diterapkan.
Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, bukan? Yuk, kelola minimarket Anda dengan software minimarket RedERP sekarang juga!