Table of Contents
Table of Contents

Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Anda

target pasar

Seorang pebisnis atau perusahaan wajib menentukan target pasar secara tepat agar produk dan layanan jasa yang mereka tawarkan mampu menjangkau konsumen yang tepat.

Saat menentukan target pasar, pebisnis atau perusahaan perlu memperhatikan sejumlah faktor dan menjalankan serangkaian langkah secara sistematis.

Hal tersebut penting untuk mendapatkan target pasar yang akurat dan sesuai dengan latar belakang maupun jenis produk atau layanan jasa yang ditawarkan pebisnis atau perusahaan. Target pasar yang akurat tentu saja meningkatkan peluang perolehan profit dalam sebuah bisnis.

Untuk memahami lebih mendalam mengenai proses penentuan target pasar yang tepat, simak ulasan lengkapnya pada artikel RedERP berikut ini!

 

 

Apa Itu Target Pasar?

Definisi target pasar atau target market adalah golongan atau sekelompok orang yang dinilai memiliki peluang potensial oleh pihak perusahaan untuk menerima pendekatan bisnis.

Penentuan target pasar berguna untuk menawarkan produk atau layanan jasa perusahaan kepada kelompok tersebut hingga tercapainya pembelian.

Target pasar juga merupakan bagian dari strategi pemasaran dan penjualan yang efektif dalam mengetahui kebutuhan atau preferensi klien tertentu.

Oleh karena itu, target pasar adalah aspek yang wajib diperhatikan, baik bagi bisnis yang baru dimulai maupun sudah berjalan sebelumnya.

Adapun kelompok target pasar bisa mencakup skala yang sempit hingga luas dimulai dari individu, keluarga atau rumah tangga, organisasi, hingga komunitas antarwilayah. 

Dalam menentukan target pasar, seorang pebisnis atau perusahaan perlu mengklasifikasikan sasaran calon konsumen potensialnya berdasarkan sejumlah hal, misalnya pendapatan, gaya hidup, minat atau hobi, jenis kelamin, dan sebagainya.

 

Baca Juga: Pengertian Prospek, Cara Menemukannya, hingga Langkah Melakukannya

 

Pentingnya Menentukan Target Pasar

Dengan mengidentifikasi target pasar, pengambilan keputusan atau taktik bisnis sebuah perusahaan bisa menjadi lebih strategis dan terukur.

Bahkan, perusahaan bisa lebih efektif dalam menjalankan proses bisnis dengan pengeluaran biaya yang terjangkau. Kondisi tersebut tentu saja akan mendorong peluang perolehan pendapatan yang lebih besar bagi bisnis perusahaan. 

Target pasar juga membuat tahapan pengembangan produk atau layanan jasa perusahaan semakin mudah dan tepat, sesuai dengan minat maupun kebutuhan konsumen luas.

Alhasil, produk atau layanan jasa perusahaan berpotensi tinggi untuk mampu mendominasi pangsa pasar dibandingkan pihak kompetitor.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menentukan Target Pasar

Pada dasarnya, terdapat 3 aspek yang harus diperhatikan oleh pebisnis atau perusahaan sebelum menentukan target market. Ketiga aspek yang perlu diperhatikan di antaranya pihak kompetitor, tingkat kompetisi atau daya saing pasar industri, dan segmentasi target pasar.

Aspek kompetitor terkait pada kualitas produk atau layanan jasa pesaing perusahaan. Sedangkan, daya saing pasar industri merupakan seberapa kompleks tingkat kompetisi antar merek serupa yang terjadi dalam sebuah pasar

Sementara itu, aspek segmentasi pasar mencakup beragam penilaian yang cukup rumit dan heterogen. Aspek ini berhubungan langsung dengan calon pelanggan. 

Perusahaan harus mampu menentukan target pasar produk atau layanan jasanya dengan melakukan pencocokan terhadap berbagai karakteristik yang dimiliki calon pelanggan.

Karakteristik yang dimaksud dapat berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, agama, etnis, pendidikan, status keluarga, tempat tinggal atau geografis, perilaku, hingga psikografis dari calon pelanggan. 

Adapun kesuksesan ketiga aspek tersebut sangat bergantung pada seberapa inovatif, fungsional, pembaharuan atau pengembangan merek oleh pihak perusahaan pasca diperolehnya data target pasar yang dibutuhkan.

 

Cara Menentukan Target Pasar 

Guna memudahkan proses identifikasi target market bisnis perusahaan Anda, simak penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menentukan target market yang efektif pada uraian di bawah ini. 

 

  1. Mengidentifikasi Konsumen Ideal Perusahaan

Bisnis yang baru atau sudah dijalankan sebelumnya perlu untuk mengidentifikasi calon konsumen ideal. Proses identifikasi bisa dilakukan melalui tahap pencocokan antara karakteristik calon pelanggan dengan produk atau layanan jasa yang ditawarkan pihak perusahaan. 

 

  1. Menganalisis Pihak Kompetitor

Dengan menganalisis pihak kompetitor, perusahaan dapat mengetahui target pasar pesaing yang mungkin saja terlewatkan.

Proses analisis terhadap kompetitor bisa dilakukan melalui observasi gaya kampanye, media pemasaran, hingga memantau pelanggan dengan karakteristik apa saja yang berbelanja di toko mereka.

 

  1. Sesuaikan Penawaran Merek Perusahaan dengan Calon Pelanggan

Kumpulkan setiap fitur, keunggulan, hingga kekurangan produk atau layanan jasa perusahaan dalam sebuah daftar. Kemudian, himpun calon pelanggan potensial yang memiliki kesesuaian dengan data merek perusahaan Anda. 

Walaupun cara ini masih terkesan sangat umum, namun perusahaan Anda bisa memiliki basis pelanggan dengan melakukan cara ini.

 

  1. Melakukan Segmentasi Pasar

Langkah selanjutnya adalah mempersempit segmentasi pasar perusahaan. Pada langkah ini, Anda harus mengidentifikasi secara mendalam kelompok pelanggan mana saja yang memiliki kecenderungan tinggi untuk membeli merek produk atau layanan jasa perusahaan.

Proses pengidentifikasian harus berdasar pada serangkaian karakteristik berikut ini yaitu usia, jenis kelamin, agama, etnis, minat, tempat tinggal atau geografis, perilaku, hingga psikografis calon pelanggan potensial perusahaan.

 

  1. Menjalankan Riset Tambahan 

Guna meningkatkan peluang kesuksesan penentuan target market perusahaan, Anda bisa melakukan sejumlah riset tambahan.

Contoh risetnya ialah melaksanakan wawancara kepada calon pelanggan potensial melalui survei maupun kuesioner, mengevaluasi tren industri, menganalisis data penjualan, hingga memantau performa kampanye iklan perusahaan terkini.

 

Software CRM RedERP Maksimalkan Hasil Penentuan Target Pasar Bisnis Perusahaan

 

Software ERP
Software ERP

 

Dewasa ini, proses penentuan target pasar bisnis dapat dilakukan secara praktis dengan hasil akhir yang maksimal melalui penggunaan Software Customer Relationship Management (CRM).

Sebab, Software CRM mempunyai berbagai modul dan fitur suportif yang berprinsip pada efektivitas serta efisiensi dalam menjalankan proses penentuan target pasar bisnis.

Seperti Software CRM Indonesia dari RedERP yang menyediakan 6 fitur multifungsi dan solutif. Software RedERP juga memiliki spesifikasi penyimpanan data berbasis cloud dan sudah dilindungi oleh sistem keamanan terpercaya.

Software CRM RedERP mampu mengakomodasi setiap kegiatan pemasaran dan penjualan perusahaan, termasuk penentuan target pasar bisnis. 

Dengan software unggulan dari RedERP ini, Anda bisa memetakan persebaran target pasar berdasarkan niche tertentu.

Aktivitas lainnya seperti promosi hingga dukungan pelanggan pun bisa Anda lakukan secara praktis dan sederhana. Alhasil, peluang kesuksesan kegiatan pemasaran dan penjualan bisnis perusahaan semakin meningkat.

Tak hanya itu, pembuatan laporan pemasaran maupun penjualan produk atau layanan jasa perusahaan juga bisa dikerjakan dengan praktis, real time, dan komprehensif. Sehingga, aktivitas analisis dan evaluasi untuk peningkatan kinerja kegiatan marketing periode selanjutnya dapat lebih mendalam.

Software CRM Indonesia dari RedERP adalah jawaban tepat dalam menyederhanakan sekaligus mengoptimalkan kegiatan marketing perusahaan guna meningkatkan perolehan profitabilitas bisnis perusahaan di kemudian hari.

 

Dapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami dengan menghubungi kontak yang tertera pada laman utama website RedERP. Kunjungi sekarang!

 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami