Table of Contents
Table of Contents

5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan ERP Software

ERP-Softwawre

Semakin banyak pemilik bisnis yang menggunakan Software ERP membuat lainnya bertanya-tanya apa pentingnya software tersebut.

Ternyata masih cukup banyak pebisnis yang belum tahu, bahwa ERP merupakan inovasi hebat yang bisa memberikan banyak kemajuan untuk kelangsungan bisnisnya.

 

Apa Itu ERP Software ?

Enterprise Resource Planning atau yang lebih familiar disebut ERP merupakan sebuah sistem perangkat lunak dengan kemampuan untuk mengintegrasikan seluruh data perusahaan dari setiap bagian.

Dari bagian keuangan, produksi, marketing hingga kepegawaian bisa terhubung dalam waktu yang lebih cepat dan cara lebih praktis.

Itu mengapa kami bagikan disini untuk Anda yang masih belum banyak mengenal ERP. Tentang 5 alasan yang membuat perusahaan manapun membutuhkan ERP Software ini. Termasuk Anda akan tahu, mengapa bisnis Anda sangat membutuhkannya.

 

Efisiensi Waktu dan Biaya Administrasi 

Memang sudah seharusnya seorang manajer ingin semuanya tetap terkontrol dengan baik. Contohnya mengenai laporan SDM. Tentunya semakin banyak jumlah karyawan, semakin banyak pula laporan yang harus dikerjakan. Selain biaya administrasi yang terus meningkat, waktu manajer pun semakin banyak tersita hanya untuk memeriksa laporan.

Semua kerumitan itu tidak akan ada lagi ketika perusahaan Anda menerapkan Software ERP. Karena dengan software ini, semua data dari setiap divisi sudah terintegrasi, termasuk hasil atau perkembangan job SDM. Karyawan punya lebih banyak waktu untuk mengurusi pekerjaannya, sedangkan manajer tidak akan pusing ketika karyawan terlambat membuat laporan.

 

Satu Aplikasi Sudah Cukup!

Masalah lainnya yang sering terjadi dan ini juga jadi salah satu alasan mengapa perusahaan Anda membutuhkan Software ERP adalah terlalu banyak aplikasi. Ada perusahaan yang menggunakan aplikasi khusus untuk HRD, aplikasi berbeda lagi untuk urusan keuangan dan aplikasi lainnya lagi untuk urusan inventaris gudang.

Memang aplikasi itu akan membantu setiap bidang, tapi akan lebih sulit untuk membuatnya terhubung jika masing-masing punya sistem yang berbeda. Hal itu tak akan lagi terjadi ketika perusahaan Anda menggunakan ERP Software yang bisa memenuhi kebutuhan untuk setiap bagian. Jadi bukan hanya memudahkan pekerjaan divisi, tapi juga menjamin semuanya terhubung dengan baik dalam satu sistem.

 

Data Tersinkron Antar Divisi 

Dengan terhubungnya setiap divisi melalui Software ERP yang sama, itu juga artinya data yang digunakan oleh setiap divisi adalah satu informasi yang sama. Tidak akan lagi terjadi konflik karena perbedaan data atau perhitungan antar divisi. Karena data dalam Software ERP yang mereka jadikan sebagai pijakan adalah data yang sama dengan yang dilihat oleh divisi lainnya.

Selain itu juga tak akan ada waktu terbuang karena divisi menunggu data dari bagian lainnya. Karena disaat suatu divisi memasukkan data terbaru ke System ERP, maka saat itu juga divisi lain sudah bisa mengakses datanya. Pekerjaan tentu saja bisa diselesaikan lebih cepat, karena data dalam sistem selalu update.

 

Meminimalisir Celah-celah Kerugian

Salah satu masalah yang sering terjadi karena penggunaan beberapa aplikasi dalam perusahaan adalah munculnya celah-celah penyalahgunaan. Seperti petugas penjualan yang memanfaatkan celah untuk mengambil uang, karena sistem yang terpisah dengan stok barang di gudang. Sedangkan di gudang sering kehilangan barang, karena sistem yang tidak terupdate otomatis.

Peluang masalah-masalah itu akan menjadi jauh lebih kecil ketika perusahaan Anda menggunakan sistem yang terintegrasi antar tiap bagian, termasuk antara stok gudang dengan data kasir penjualan. Karenanya itu juga jadi alasan mengapa perusahaan Anda membutuhkan ERP Software agar karyawan tak mudah melakukan kecurangan.

 

Pengelolaan Keamanan Terpusat 

Sudah sewajarnya jika Anda sebagai seorang pemilik bisnis merasa khawatir tentang keamanan data-data strategis perusahaan. Jika hal itu jatuh ke tangan yang salah, nasib perusahaan dipertaruhkan. Hingga secara alamiah biasanya manajemen akan mengatur sistem keamanan untuk menjaga data-data tersebut.

Ketika Anda menyimpan data strategis perusahaan di beberapa tempat yang berbeda, maka itu artinya diperlukan beberapa pos penjagaan yang berbeda pula. Seperti ketika Anda menggunakan beberapa aplikasi untuk menyimpan data perusahaan, maka idealnya usaha pengamanan dilakukan terhadap database dari masing-masing aplikasi tersebut.

Kerepotan itu tak akan ada lagi jika Anda menggunakan ERP karena database dari semua divisi perusahaan sudah terpusat pada satu titik. Jadi Anda pun hanya perlu mengatur sistem keamanan untuk titik tersebut, yang tentu saja akhirnya akan lebih mudah serta efisien dari segi biaya.

 

Jadi sekarang Anda sudah tahu, mengapa perusahaan Anda perlu menerapkan System ERP. Bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk dikelola, waktu yang diperlukan untuk aktivitas operasional akan lebih singkat dengan biaya yang lebih efisien. Hubungan antar divisi pun bisa dikembangkan karena konflik akibat kerancuan data secara otomatis teratasi. Investasi yang tepat untuk kantor Anda memiliki atmosfir yang lebih sehat dan produktif.

 

ERP Software Terbaik – RedERP

Nah sekarang anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan ERP Software, RedERP adalah solusi yang tepat bagi anda yang berencana untuk mulai menggunakan Software ERP pada bisnis anda.

RedERP menawarkan solusi yang mampu terintegerasi terhadap setiap lini bisnis anda, ERP Software ini dapat menangkap informasi penting disetiap sektor operasional sehingga segera bisa digunakan dengan tepat dan efektif,

 

Simak lebih lengkap mengenai Solusi yang ditawarkan Oleh RedERP melalui tautan ini https://www.lawencon.com/id/products/red-erp-solution/

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami