Akuntansi

Pengertian Aplikasi Akuntansi dan Keuntungan Menggunakannya

Dalam berbisnis, mengatur dan mengelola keuangan merupakan salah satu aspek krusial yang penting untuk selalu diperhatikan.

Keuangan amat sangat menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan. Sebab, hal ini akan berhubungan langsung dengan untung rugi yang dialami oleh perusahaan. Maka dari itu, pengelolaannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan aplikasi akuntansi. Aplikasi ini dinilai dapat mempermudah upaya pengelolaan dan pengaturan keuangan yang ada di perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Pada pembahasan kali ini, RedERP akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola keuangan bisnisnya. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

 

 

Apa Itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi adalah sebuah sistem yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk mengolah proses perhitungan yang berkaitan dengan akuntansi.

Mulai dari mengumpulkan data transaksi, hingga membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat melalui perangkat seperti komputer, tablet dan smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses akuntansi yang panjang dan rumit akan diubah menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan dioperasikan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Tujuan utama dari penggunaan aplikasi akuntansi yaitu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan, meliputi neraca (balance sheet), laba rugi (profit loss statement), cash flow, hingga laporan akhir.

 

Baca juga: Kelola Keuangan Lebih Sederhana dengan Accounting System

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi untuk Akuntansi

Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi untuk akuntansi tentunya dapat memberikan beragam manfaat atau keuntungan bagi perusahaan, diantaranya:

  • Memudahkan perusahaan dalam membuat dan mengolah laporan keuangan secara cepat dan praktis
  • Mengurangi potensi kesalahan dalam perhitungan akibat terjadinya human error.
  • Memudahkan staff dalam melakukan perubahan atau perbaikan akibat adanya kesalahan dalam melakukan penginputan data
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, dikarenakan proses akuntansi yang dilakukan secara otomatis
  • Penyajian data lebih akurat, sehingga memudahkan perusahaan dalam mengambil langkah atau strategi baru yang menguntungkan
  • Memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap pasar global

 

Itulah penjelasan mengenai beberapa keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya. Semoga bermanfaat, ya!

admin

Recent Posts

10 Software ERP Indonesia Terbaik Mudahkan Operasional Bisnis

Software ERP (Enterprise Resource Planning) memiliki peranan sangat penting bagi perusahaan di era modern ini,…

3 bulan ago

Afiliasi Adalah: Pengertian, Cara Kerja, hingga Contohnya

Afiliasi adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan untuk bekerjasama dengan individu untuk mempromosikan produk atau…

8 bulan ago

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Pasar persaingan sempurna adalah konsep ekonomi yang bisa diibaratkan sebagai "dunia ideal" dalam perdagangan. Di…

8 bulan ago

Physical Inventory System: Pengertian, Tujuan, Langkah Melakukannya

Pengelolaan physical inventory system adalah aspek krusial dalam menjaga kelancaran operasional suatu entitas, baik itu…

9 bulan ago

Mengenal Revolusi Industri dari Era 1.0 Hingga 5.0

Revolusi industri adalah periode transformasi mendasar dalam produksi, manufaktur, dan ekonomi yang dicirikan oleh pengenalan…

9 bulan ago

Mengenal Pivot dalam Bisnis dan Tips Melakukannya dengan Baik

Kegagalan dalam berbisnis tentunya membuat sebagian pemilik bisnis menjadi berusaha keras untuk menemukan cara mengembalikan…

9 bulan ago