Table of Contents
Table of Contents

5 Rekomendasi Software Laporan Keuangan Perusahaan Terbaik

Hasilnya Akurat, Ini 5 Rekomendasi Software Laporan Keuangan Perusahaan Terbaik

Membuat laporan keuangan yang akurat menjadi masalah yang memusingkan bagi segelintir perusahaan.

Hal tersebut karena masih banyak perusahaan yang belum menggunakan software laporan keuangan perusahaan yang efektif.

Misalnya mereka masih menggunakan buku, kalkulator, dan peralatan yang konvensional untuk melakukan seluruh pencatatan transaksi yang ada.

Sehingga, hasilnya pun terkadang tidak akurat dan memboroskan waktu yang diperlukan.

Dalam artikel ini akan membahas 5 software laporan keuangan perusahaan yang direkomendasikan bagi Anda dalam membuat laporan keuangan.

Simak ulasannya berikut ini!

 

Perbandingan Penggunaan Software Laporan Keuangan dan Manual

Sebelum dikenal software laporan keuangan, seluruh perusahaan menggunakan sistem manual ketika membuat laporan keuangan.

Mereka membutuhkan berbagai peralatan penunjang seperti buku, alat tulis, kalkulator, dan lain-lain.

Tentunya hal tersebut sangat tidak praktis untuk dilakukan saat ini. Sementara itu, ada cara manual yang lebih sederhana lagi dengan memanfaatkan perangkat lunak seperti Microsoft Excel.

Meskipun demikian, cara perusahaan menginput dan mengolah datanya masih tergolong lama dan membutuhkan tenaga yang lumayan banyak.

Hal ini karena perusahaan harus membuat invoice mereka sendiri setiap kali melakukan transaksi.

Tidak hanya itu, perusahaan juga harus melakukan double entry dengan cara manual agar dapat dijadikan Buku Besar. Tentunya semua hal tersebut tidak praktis dan memboroskan banyak waktu yang dibutuhkan.

Sementara itu, pada era digital mulai dikenal software laporan keuangan perusahaan yang dapat memudahkan proses pencatatan hingga membuat laporan keuangan dengan akurat.

Secara perlahan banyak pengusaha mulai beralih menggunakan aplikasi laporan keuangan karena dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa data seperti transaksi keuangan yang terjadi dan software akan memproses beberapa hal seperti penjurnalan, membuat buku besar, dan lainnya.

Menggunakan software laporan keuangan perusahaan tentunya dapat meminimalisir risiko kesalahan yang mungkin terjadi akibat human error.

Sehingga perusahaan dapat lebih tenang dan terjadi ketika ingin melakukan pencatatan hingga membuat laporan keuangan.

 

Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Secara Menyeluruh

 

Rekomendasi Software Laporan Keuangan Perusahaan

Saat ini banyak tersedia software laporan keuangan yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan perusahaan. Namun, tidak semua software tersebut memiliki kualitas yang sama.

Melainkan ada beberapa software laporan keuangan terbaik seperti berikut ini:

 

1. RedERP

 

RedERP
RedERP

 

Pada dasarnya RedERP adalah platform Sistem ERP yang memiliki solusi terintegerasi untuk memaksimalkan operasional perusahaan. Salah satunya adalah proses operasional keuangan perusahaan.

Melalui modul akuntansi  yang dimiliki software rederp, anda dapat mengelola keuangan perusahaan jauh lebih baik. Anda dapat mempersingkat pengelolaan keuangan perusahaan mulai dari proses pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan lebih cepat.

Hasilnya pun sangat akurat sehingga perusahaan tidak dikhawatirkan lagi dengan potensi kesalahan yang ada.

Software akuntansi dalam sistem ERP dari RedERP menawarkan beberapa fitur di dalamnya seperti otomatisasi jurnal dan buku besar, manajemen penjualan, laporan dan analisa, perhitungan pajak, kelola arus kas, pengelolaan anggaran, dan masih banyak lagi.

 

2. QuickBooks

Merupakan software akuntansi yang juga memiliki fitur pembuatan laporan keuangan. QuickBooks menawarkan berbagai kemudahan yang dapat digunakan oleh perusahaan kelas kecil hingga menengah.

Anda dapat memantau performa bisnis secara real-time dengan melihat grafik laporan keuangan yang disajikan oleh software ini. Sehingga penggunanya diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat atas kebijakan perusahaannya.

 

3. Odoo

Odoo merupakan software manajemen bisnis yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh perusahaan. Ada banyak fitur dalam software ini seperti CRM, manufaktur, manajemen proyek, hingga akuntansi.

Anda dapat memanfaatkan software ini untuk mempercepat proses pencatatan transaksi hingga membuat laporan keuangan yang komprehensif.

Sehingga, Anda dapat memantau performa bisnis secara real-time dengan melihat berbagai indikator yang disajikannya.

Salah satu fitur unggulannya yaitu filter, zoom, dan anotasi yang memungkinkan penggunanya untuk membandingkan berbagai data dengan praktis. Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual jika menggunakan software Odoo.

 

4. FreshBooks

Software laporan keuangan perusahaan yang satu ini menjadi salah satu rekomendasi karena berbagai fitur yang dimilikinya. FreshBooks berasal dari Toronto, Kanada dan dikelola oleh 2ndSite Inc.

FreshBooks telah digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia mulai dari perusahaan kelas kecil, menengah, hingga besar.

Software ini disukai oleh para akuntan karena dapat memberikan informasi keuangan yang cepat dan akurat serta detail. Sehingga sangat memudahkan akuntan ketika melakukan audit perusahaan.

FreshBooks memberikan kemudahan penggunanya untuk mengakses seluruh laporan keuangan secara cepat dan real-time. Hal ini tentunya sangat diperlukan untuk menentukan langkah yang tepat ke depannya.

 

Baca juga: Sistem ERP Finance, Solusi Jitu Kontrol Keuangan Perusahaan

 

Kesimpulan

Software laporan keuangan perusahaan merupakan cara terbaik untuk melakukan pembuatan laporan keuangan. Hal ini berkaitan dengan cara manual yang tidak efisien dengan berbagai potensi human error yang terjadi.

Dengan menggunakan software laporan keuangan perusahaan yang modern, maka Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat dan maksimal sehingga dapat memantau perkembangan bisnis perusahaan lebih baik.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami