Mengenal Software ERP & Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Software ERP & Manfaatnya untuk Bisnis

Dunia bisnis bergerak serba cepat sehingga menimbulkan banyak ketidakpastian yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti persaingan bisnis yang ketat, kondisi perekonomian global, serta permintaan dan harapan pelanggan yang semakin tinggi.

Jika sebuah bisnis tidak mampu mengatasi perubahan dan beradaptasi dengan keadaan baru maka kemungkinan besar bisnis tersebut akan hancur dalam waktu yang cepat, nah disinilah peran Software ERP sangat dibutuhkan.

Sebelum membahas tentang Software ERP, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui pengertian ERP, bagaimana sejarah perkembangan ERP, dan apa saja manfaat ERP untuk bisnis Anda.

 

Apa Itu ERP?

Enterprise Resource Planning atau yang disingkat ERP adalah suatu sistem terpadu dalam manajemen bisnis yang dapat membantu pengelolaan bisnis secara terintegrasi.Software ERP mampu melakukan integrasi seluruh informasi yang berhubungan dengan fungsi-fungsi tersebut yang kemudian data-datanya akan dikumpulkan ke dalam satu pusat, dan akhirnya tersaji dengan tampilan yang lebih sederhana kepada usernya.

Hal ini terjadi karena sistem ERP menerapkan data terpusat, sehingga semua dari seluruh divisi bisa terpadu. Selain itu ERP juga memberikan data secara real-time yang berarti bisa melacak berbagai kebutuhan secara lebih mudah, terintegrasi, dan akurat tanpa melakukan laporan dan pengecekan secara manual.

 

Bagaimana Sejarah Perkembangan ERP?

Pada awalnya ERP adalah Manufacturing Resource Planning (MRP 11) di mana MRP 11 sendiri merupakan hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang sudah berkembang sebelumnya.

Tahapan Evolusi ERP :

  • Tahap I : Material Requirement Planning (MRP) yang merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material.
  • Tahap II : Cloose-Loop MRP yang merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyesuaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika dibutuhkan.
  • Tahap III : MRP-II adalah pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan.
  • Tahap IV : MRPII kemudian diperlias lagi menjadi Enterprise Resource Planning atau ERP yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok danlintas batas fungsi organisasi serta perusahaan yang dilakukan secara mudah.
  • Tahap V (Extended ERP) merupakan perkembangan dari ERP yang diluncurkan tahun 2000, serta lebih komplek dari ERP sebelumnya.

Sesudah itu sistem ini terus berkembang dengan penambahan fitur seperti accounting, sumber daya manusia dan sebagainya.

 

Lalu, Apa Saja Manfaat ERP Untuk Bisnis Anda?

Manfaat menggunakan sistem ERP untuk bisnis Anda, antara lain :

1. Mempermudah Pengendalian Proses Bisnis

Sistem dalam software ERP menyediakan berbagai data dari unit bisnis yang beraneka ragam secara sistematis, komprehensif, real time dan juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengaksesnya. Hal itu akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan serta pengendalian terhadap proses bisnis yang sedang dijalankan.

Sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas kepada pimpinan untuk dapat melakukan berbagai prediksi serta mengambil suatu keputusan yang benar dan akurat.

 

2. Menyederhanakan Alur Proses 

Sistem ERP bertujuan untuk menyederhanakan berbagai alur proses dalam setiap kegiatan bisnis, mulai dari perencanaan, produksi, inventaris, pembuatan laporan keuangan, laporan stok, sampai perhitungan gaji karyawan.

Sistem ERP juga memastikan alur kerja dapat berjalan secara halus dan komunikasi antar departemen menjadi semakin baik.

 

3. Menghemat Biaya

Dengan menerapkan sistem ERP berarti mengotomatisasikan sebagian besar alur proses sehingga biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih sedikit. Hasil olah data ERP akan menghasilkan laporan yang lengkap dan akurat, sehingga perusahaan mampu memprediksi kebutuhan inventaris, penghasilan, permintaan konsumen, dan lainnya.

 

4. Meningkatkan Efisiensi Karyawan

Sistem ERP dapat membantu bisnis menjadi lebih efisien waktu dan meningkatkan produktivitas dengan menghilangkan duplikasi dan entri manual. Sistem ini akan menghasilkan informasi akurat yang dibutuhkan langsung kepada karyawan, sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari informasi sendiri. Karyawan dapat lebih fokus dalam bekerja dan kualitas serta produktivitas kerja juga akan meningkat.

Dengan meningkatnya kemampuan bekerja dan kemudahan dalam memperoleh data akan meningkatkan kreativitas karyawan serta dapat memperbaiki pola kerja mereka.

 

5. Memaksimalkan Produktivitas

Dengan sistem ERP dapat mengurangi beban kerja karyawan, yang berarti karyawan dapat lebih produktif untuk melakukan pekerjaan lain. Hal ini akan berdampak bagi produktivitas perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengembangan bisnisnya.

 

6. Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen

Suatu bisnis dapat dikatakan berhasil apabila dapat melayani konsumennya dengan baik. Dengan sistem ERP, Anda bisa melihat informasi dan riwayat pelanggan supaya dapat memahami kebutuhan mereka. Hal ini menjadikan bisnis Anda lebih efisien dari berbagai sisi (produk dapat diterima pelanggan tepat waktu).

 

Baca Juga: 7 Langkah Tepat dalam Memilih Sistem ERP

 

7. Menjadikan Bisnis Anda Siap Menghadapi Masa Depan

Perusahaan akan berjalan dengan baik apabila kinerja seluruh stakeholder  berjalan secara terpadu antara satu dengan yang lainnya berdasarkan kebutuhan masing masing guna mencapai tujuan perusahaan.Penerapan sistem ERP akan membantu perusahaan yang sedang berkembang agar lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan berbagai kebutuhan di masa yang akan datang.

Dengan adanya ERP maka suatu perusahaan akan dapat lebih mudah dalam pengelolaan proses bisnis serta dapat lebih mudah dalam melakukan pengembangan bisnis yang sedang dijalankan. Manfaat yang ada dalam sistem ERP akan memudahkan bisnis Anda dalam pengambilan suatu keputusan yang bersifat strategis.

 

Software ERP RedERP & Modul yang Disediakan

RedERP adalah ERP Solution untuk membantu Perusahaan mengintegrasikan serta mengotomatisasikan setiap kegiatan operasional bisnis menjadi satu sistem terpadu agar terjadi peningkatan efektivitas dan produktivitas perusahaan.

RedERP menyediakan layanan software ERP yang handal dan aman untuk perusahaan  dengan berbagai latar belakang bisnis / industri, Mulai dari manufaktur, f&b, distributor, plantation, e-commerce, retail, services, dan lain-lain sehingga perusahaan bisa fokus terhadap hal-hal yang lebih penting untuk mengembangkan bisnis.

RedERP memiliki modul ERP yang sangat lengkap seperti Modul Pengadaan & Pengoperasian, Distribusi & Persedian, Akuntansi, Manajemen Aset, Manajemen Pelanggan & Penjualan, Manajemen Proyek. Selain itu kami siap untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Dengan dukungan dari anggota tim sudah sangat berpengalaman di bidang ERP, kami yakin dapat memberikan solusi terbaik bagi setiap konsumen kami untuk menciptakan sistem  yang lebih efektif  dan efisien.

Hubungi kami di sini,  untuk info lebih lanjut.

One thought on “Mengenal Software ERP & Manfaatnya untuk Bisnis”

    1. Artikelnya sangat membantu saya mengetahui apa itu ERP. Terimakasih banyak

    Add a Comment

    Your email address will not be published.

    ×

    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

    × How can I help you?