Table of Contents
Table of Contents

Sistem Informasi Bisnis: Pengertian, Jenis, hingga Manfaatnya

sistem informasi bisnis

Saat ini, kompetisi bisnis semakin memanas. Untuk bisa bertahan dan menang di kompetisi tersebut, perusahaan perlu menggunakan sistem informasi bisnis.

Sistem informasi ini akan memudahkan perusahaan dalam memperoleh data-data terbaik terkait produksi, penjualan, ataupun konsumen. Data-data tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk menghasilkan produk yang bernilai tinggi dan bermanfaat bagi pelanggan.

Jika ingin menerapkan sistem ini, Anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Di bawah ini adalah ulasan RedERP tentang pengertian, manfaat, dan komponen dalam sistem informasi bisnis yang bisa Anda simak.

 

Pengertian Sistem Informasi Bisnis

Sistem informasi bisnis adalah penggunaan teknologi atau perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan menyediakan informasi bisnis. Perusahaan ini banyak memanfaatkan sistem ini agar perusahaan bisa mendapatkan data bisnis yang tepat untuk pengambilan keputusan strategis.

Pada dasarnya, sistem informasi ini harus memenuhi tiga aturan dasar, yaitu dukungan terhadap proses dan operasi bisnis, dukungan terhadap pengambilan keputusan, dan dukungan untuk meraih kesuksesan dalam persaingan bisnis.

 

Baca Juga: Apa Itu Sistem Informasi Manajemen dan Contohnya

 

Jenis Sistem Informasi Bisnis

Dalam suatu perusahaan, terdapat empat jenis sistem informasi bisnis yang biasa digunakan, yaitu sebagai berikut.

 

1. Sistem Sumber Daya Manusia

Jenis sistem informasi yang pertama adalah sistem sumber daya manusia. Sistem ini bertanggung jawab untuk merencanakan, membangun, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan di perusahaan. 

Sistem ini biasa digunakan oleh HR, itulah mengapa nama lain dari sistem SDM adalah Human Resources Information System (HRIS).

 

2. Sistem Manufaktur dan Produksi

Jika perusahaan melakukan produksi barang atau jasa, maka proses tersebut akan diatur oleh sistem manufaktur dan produksi. Sistem ini memang bertanggung jawab dalam memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Hal-hal yang diatur dalam sistem manufaktur dan produksi adalah perencanaan produksi, pengukuran bahan baku yang akan digunakan, penyimpanan bahan produksi, proses produksi, hingga pengecekan kualitas produksi.

 

3. Sistem Penjualan dan Pemasaran

Sistem penjualan dan pemasaran bertanggung jawab untuk mengelola semua data penjualan dan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, tugas yang dikerjakan oleh sistem ini adalah menyimpan data penjualan, data promosi, dan data pelanggan.

 

4. Sistem Keuangan dan Akuntansi

Aspek keuangan merupakan aspek vital dalam bisnis yang harus selalu diperhatikan. Oleh karena itu, sistem keuangan dan akuntansi digunakan untuk mengelola pencatatan keuangan perusahaan.

Sistem ini bisa mencatat transaksi penjualan, pembelian, investasi, pengadaan alat-alat perusahaan, hingga penggajian karyawan.

 

Komponen Sistem Informasi Bisnis

Berikut adalah beberapa komponen yang berperan penting dalam penerapan sistem informasi dalam bisnis.

 

1. Teknologi

Teknologi berperan penting dalam sistem informasi, termasuk jenis sistem informas ini. Misalnya adalah penggunaan jaringan komputer untuk memproses informasi bisnis pada software maupun hardware.

 

2. Aplikasi

Sistem ini dapat hadir dalam bentuk aplikasi. Contohnya adalah Aplikasi ERP RedERP yang bisa mengelola bisnis perusahaan agar lebih optimal.

 

3. Pengembangan

Komponen ini maksudnya adalah sistem informasi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan penggunaan teknologi demi memajukan perusahaan dan karyawan.

 

4. Manajemen

Keberdaan dari sistem ini bisa memudahkan manajemen perusahaan dalam berbisnis. Dari mulai merencanakan produksi, melakukan proses produksi, memasarkan hasil produksi, menjalin hubungan baik dengan vendor ataupun konsumen, hingga menjamin mutu.

 

Manfaat Sistem Informasi Bisnis

Sistem informasi ini memiliki peran penting dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Adanya penggunaan sistem ini akan memberi manfaat berikut bagi perusahaan.

 

1. Memudahkan Administrasi Bisnis

Seperti yang diketahui, perusahaan perlu mengatur dan mengelola banyak administrasi bisnis. Hal ini tentunya merepotkan jika perusahaan masih menggunakan cara manual seperti pencatatan data dalam kertas.

Sistem ini akan membantu kegiatan administratif dengan mengotomatisasinya. Dengan demikian, kerja perusahaan dapat lebih efektif dan efisien.

 

2. Meningkatkan Value di Tengah Persaingan Bisnis

Saat ini, persaingan bisnis di industri semakin ketat. Ini karena sudah semakin banyak kompetitor yang bermunculan.

Untuk bisa bertahan di tengah persaingan bisnis tersebut, sistem ini sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Sistem ini membuat kerja perusahaan lebih efektif dan strategis, sehingga perusahaan bisa lebih baik lagi di antara kompetitor.

 

3. Menyimpan Data Bisnis

Perusahaan membutuhkan teknologi untuk menyimpan informasi dan data bisnis dengan penting. Nantinya, perusahaan akan kembali meninjau data tersebut untuk membuat keputusan strategis dalam bisnis.

Itulah mengapa, perusahaan membutuhkan sistem informasi ini untuk bisa menyimpan data secara digital. Adanya sistem ini memudahkan perusahaan dalam menyimpan data, merevisi, dan melaporkan data tersebut.

 

4. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Salah satu fungsi sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memudahkan pengambilan keputusan. Ini karena sistem ini mampu menyederhanakan proses-proses dalam perusahaan, mulai dari produksi hingga penjualan.

 

5. Memberikan Inovasi dalam Produk dan Jasa

Lewat sistem informasi ini, Anda bisa memperoleh insight tentang penjualan dan konsumen. Berbekal data tersebut, Anda pun bisa memberikan produk yang lebih baik dengan inovasi, fungsi, dan manfaat yang sesuai untuk konsumen.

Gunakan RedERP Sebagai Sistem Informasi Bisnis Anda 

Software ERP
Software ERP

Penerapan sistem informasi bisnis dapat dilakukan dalam bentuk aplikasi, misalnya melalui Software ERP RedERP.

Software ERP RedERP merupakan aplikasi yang bisa mengatur seluruh proses bisnis di perusahaan, mulai dari pengadaan, produksi, penyimpanan, hingga penjualan. Tak hanya itu, software ini juga bisa mengelola keuangan dan aset perusahaan yang harus dijaga.

Fitur-fitur yang disediakan RedERP sangat fungsional untuk memudahkan aktivitas bisnis di berbagai jenis industri perusahaan. Apakah perusahaan Anda merupakan perusahaan manufaktur, retail, jasa, atau e-commerce, kami bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo bergabung bersama kami untuk wujudkan integrasi dan otomatisasi sistem operasional bisnis di perusahaan Anda. Jadwalkan demonya sekarang!

×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami