Table of Contents
Table of Contents

10 Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Bisnis

Dalam era digital saat ini, teknologi berperan penting dalam mempermudah berbagai aspek operasional termasuk pengelolaan keuangan. Salah satu solusi teknologi yang sangat bermanfaat adalah aplikasi manajemen keuangan untuk bisnis.

Pengelolaan keuangan yang efektif adalah kunci utama keberhasilan dalam sebuah bisnis. Bisnis yang mampu mengelola keuangan dengan baik memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang.

Artikel RedERP ini akan membahas tentang aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih aplikasi manajemen keuangan beserta rekomendasinya.

 

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memilih Aplikasi Manajemen Keuangan                                                                                                                

Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih aplikasi manajemen keuangan untuk bisnis. Pastikan bahwa Anda memilih aplikasi manajemen keuangan perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mempertimbangkannya secara bijak, Anda akan menemukan aplikasi manajemen keuangan yang tepat dan terbaik untuk bisnis Anda. Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai berikut:

 

1. Sesuai dengan Kondisi Akuntansi

Dalam konteks akuntansi, penting bagi suatu perusahaan untuk memahami serta mengidentifikasi urgensi dan kebutuhan khusus yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena setiap perusahaan memiliki karakteristik dan kepentingan yang unik satu sama lain.

Terutama jika perusahaan Anda yang telah mengalami perkembangan yang signifikan dan terlibat dalam berbagai transaksi harian yang melimpah.

 

2. Evaluasi Kapasitas Keuangan Perusahaan

Mengingat variasi biaya yang berbeda-beda untuk setiap solusi aplikasi keuangan, perusahaan perlu mengukur kemampuan finansialnya untuk menganggarkan dana yang diperlukan dalam penerapan sistem tersebut.

Dalam hal ini, perusahaan harus memiliki pemahaman yang jelas mengenai batasan anggaran yang dapat dialokasikan untuk mengadopsi sistem baru tersebut.

 

3. Memahami Tenaga Kerja Perusahaan

Penting bagi perusahaan untuk memiliki pemahaman yang baik mengenai potensi sumber daya manusia yang dimilikinya, terutama dalam divisi Akuntansi dan Keuangan.

Meskipun sebuah program memiliki kualitas tinggi, jika pengguna tidak melaksanakan tugas dengan benar atau mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan aplikasi, hal tersebut bisa berujung pada hasil yang tidak optimal.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha yang Dapat Diandalkan

 

10 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi manajemen keuangan usaha terbaik untuk bisnis.

 

1. RedERP

RedERP merupakan solusi utama yang dapat diandalkan dalam manajemen keuangan bisnis. Platform akuntansi RedERP merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang dilengkapi dengan berbagai fitur, mencakup otomatisasi pencatatan jurnal dan buku besar, perhitungan pajak yang efisien, akurat, dan cepat, serta manajemen penjualan pelanggan. 

Software akuntansi ini juga menawarkan kemampuan dalam mengelola anggaran, arus kas, dan aktivitas perbankan secara terintegrasi. Hal ini membuat Anda bisa dengan leluasa mengelola laporan keuangan serta melakukan perencanaan yang lebih matang terkait dengan perencanaan keuangan bisnis.

 

2. Kissflow Finance & Ops Cloud

Kissflow dirancang untuk membantu Anda mengembangkan sistem workflow untuk proses keuangan. Aplikasi ini membuat proses pesanan pembelian, faktur, penggantian biaya, dapat dilakukan dengan mudah tanpa pengkodean yang rumit.

Dengan adanya alur persetujuan standar dan proses yang otomatis, Anda dapat membuat otomatisasi proses keuangan menjadi lebih mudah.

Selain itu, Kissflow juga memiliki user interface visual yang user-friendly.

 

3. Zoho Finance Plus

Aplikasi manajemen keuangan ini menawarkan sistem terintegrasi untuk semua operasi back-office Anda, mulai dari akuntansi, faktur, inventaris, manajemen pengeluaran, dan kepatuhan pajak. Aplikasi ini memberikan Anda fleksibilitaas, terukur, dan aman untuk mengelola seluruh proses keuangan.

 

4. Xero

Xero adalah aplikasi akuntansi yang memungkinkn Anda untuk membuat faktur secara profesional, merekonsiliasi laporan bank dan kartu kredit. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membantu bisnis dengan pesanan pembelian, dan penjualan, manajemen kontrak, penggajian, dan manajemen inventaris.

 

5. Bonsai

Bonsai adalah platform manajemen bisnis yang dilengkapi dengan manajemen keuangan. Manajemen keuangan yang ditawarkan Bonsai meliputi pengelolaan keuangan seperti faktur, akuntansi, pajak, dan perbankan. Dilengkapi dengan dasbor yang intuitif dan mudah digunakan, pengelolaan keuangan Anda akan semakin efektif.

 

6. Workday

Ini adalah salah satu aplikasi bisnis yang sudah terkenal dengan salah satu yang paling banyak digunakan adalah manajemen keuangannya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa lebih fokus pada analisis dan perencanaan transaksi keuangan daripada memproses transaksi. Selain itu, Workday menyediakan fitur yang terus update sehingga membuat bisnis Anda dapat terus relevan.

 

7. Causal

Causal adalah tools spreadsheet sederhana, seperti Excel, tanpa kerumitan seperti Excel. Tim Anda dapat menggunakan tools ini untuk melakukan perhitungan keuangan yang kompleks seperti perencanaan skenario, prediksi data, dan pemodelan data. Selain itu, tools ini juga memungkinkan visualisasi data yang intuitif dan interaktif dalam teks, tabel, dan bagan.

 

8. FinancialForce

FinancialForce adalah aplikasi populer untuk manajemen, perencanaan, dan analisis keuangan bisnis. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberikan status bisnis yang komprehensif dan berpusat pada pelanggan. Selain itu, sebagai ERP FMS terpadu, ERP ini menghadirkan front-end dan back-end dalam satu ruang terpusat.

 

9. AccountsIQ

AccountsIQ adalah tools akuntansi berbasis cloud yang mengubah pemrosesan, pengumpulan, dan pelaporan data keuangan menjadi mudah dan tepat. Aplikasi manajemen keuangan ini punya tampilan yang sederhana namun canggih untuk penganggaran, mengotomatisasi konsolidasi, mengisi formulir PPN digital, mengaudit, dan mengelola arus kas.

 

10. QuickBooks

QuickBooks adalah aplikasi manajemen keuangan bisnis yang menyajikan fitur komprehensif untuk mendukung keperluan usaha Anda. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis laporan, mulai dari laporan profit dan rugi, laporan penjualan, neraca keuangan, laporan dana pembelian, dan lain sebagainya.

Anda juga diberi kesempatan untuk mengelompokkan setiap transaksi berdasarkan kategori tertentu. Dengan demikian, hal ini mempermudah Anda dalam menghitung margin keuntungan dan potensi kerugian.

Kemampuan untuk melampirkan foto dalam setiap catatan juga disediakan dalam aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan berbagai bukti transaksi secara visual. Anda hanya perlu mendokumentasikan struk belanja, nota, atau kwitansi, lalu simpan secara bersamaan dengan catatan pengeluaran yang relevan.

 

Kesimpulan

Pengelolaan keuangan yang baik adalah aspek krusial dalam kesuksesan bisnis. Untuk itu, adanya aplikasi manajemen keuangan akan memberikan solusi modern dan efisien untuk membantu bisnis mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik.

Salah satu aplikasi akuntansi yang paling direkomendasikan dan sudah banyak orang gunakan menjadi pilihan utama sebab banyak menyediakan berbagai fitur dengan layanan terbaik. 

Aplikasi manajemen keuangan seperti Software Akuntansi Online RedERP bisa menjadi perangkat yang sangat membantu perusahaan dalam manajemen keuangan perusahaan yang lebih optimal dengan sistem terintegrasi.

 

sistem aset rederp

Dengan Software Akuntansi RedERP, Anda dapat melakukan otomatisasi berbagai proses dalam pencatatan jurnal, buku besar, serta pengelolaan keuangan bisnis. Selain itu, dengan Software Akuntansi RedERP juga dapat diandalkan untuk keperluan perpajakan dan pembuatan laporan yang komprehensif.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi call center kami dan ajukan demo gratis sekarang juga, ya!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami