Table of Contents
Table of Contents

Strategi Efektif untuk Meningkatkan Profit Bisnis Perhiasan

Bisnis Perhiasan

Bisnis perhiasan memang suatu bisnis yang menjanjikan. Alasannya karena masyarakat masih antusias dan mengagumi perhiasan sebagai aksesoris maupun peluang investasi. Namun, para pelaku bisnis perhiasan perlu mewaspadai berbagai hal, seperti harganya yang terus bergejolak hingga inovasi-inovasi yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Dalam artikel RedERP berikut ini, kami telah merangkum informasi untuk Anda terkait berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh bisnis perhiasan emas hingga cara meningkatkan profit dengan software CRM. Mari kita simak artikelnya bersama-sama!

 

Kendala yang Dihadapi dalam Berbisnis Perhiasan

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang menggandrungi perhiasan, terutama emas. Logam mulia ini banyak digunakan masyarakat untuk disimpan sebagai instrumen investasi. Oleh sebab itu, bisnis perhiasan masih menjadi bisnis yang menjanjikan karena menawarkan profit yang tinggi. 

Meski begitu, bisnis perhiasan emas memiliki risiko tinggi karena harganya yang dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Misalnya, di tahun 2015, emas Antam di Indonesia dibanderol dengan harga berkisar antara Rp490.000 hingga Rp530.000 per gramnya. Pada dua tahun terakhir, harga emas naik secara signifikan dan mencapai Rp953.000 sehingga kenaikan 5 tahun terakhir mencapai rasio 50%. 

Investor pastinya melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang. Namun, para pelaku usaha bisnis perhiasan melihat hal ini sebagai mimpi buruk karena minat beli konsumen perhiasan menjadi turun akibat harganya yang naik dengan drastis. 

Akibatnya, penjualan bisnis perhiasan menurun. Tentu saja hal ini dapat diatasi apabila Anda dapat mengelola hubungan baik dengan pelanggan sehingga loyalitas mereka ikut tumbuh. Sebelum mengetahui cara mengelola hubungan dengan pelanggan, berikut adalah tantangan lain yang harus dihadapi oleh bisnis perhiasan.

 

Baca Juga: Customer Experience Bantu Optimalkan Bisnis Anda, Ini Tipsnya

 

1. Kondisi Global yang Tak Pasti

Banyak kondisi tidak pasti yang dapat memengaruhi bisnis perhiasan. Misalnya terjadi perang, krisis ekonomi, hingga resesi yang bisa menjadi pemicu penurunan maupun kenaikan harga perhiasan. 

Ketika keadaan ekonomi dan politik memburuk, harga perhiasan melonjak naik sehingga dapat menjadi penyelamat bagi masyarakat. Namun, ketika situasi mulai membaik, minat masyarakat terhadap perhiasan mulai berkurang sehingga harganya pun menurun. 

Penurunan minat terhadap perhiasan sebenarnya dapat dicegah apabila bisnis perhiasan mampu memberikan layanan terbaik, penawaran menarik, hingga berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

2. Ketatnya Persaingan Pasar

Kondisi tak menentu yang menyebabkan fluktuasi harga membuat banyak pelaku usaha bisnis perhiasan harus berinovasi agar dapat menarik minat pelanggan. Alhasil, angka penjualan jadi tak menentu karena persaingan menjadi semakin sengit. 

Banyak pelaku usaha berusaha mengatasinya dengan cara memberi diskon perhiasan atau membuat desain perhiasan unik untuk menarik perhatian pelanggan. Keputusan yang cermat tentu perlu diambil setelah pelaku usaha berhasil memetakan peluang dan minat pelanggan sehingga strategi yang dijalankan tepat sasaran. Oleh karena itu, penggunaan software CRM akan sangat menguntungkan.

 

3. Kurangnya Efektivitas dalam Strategi Pemasaran

Hal yang tak kalah penting untuk diwaspadai oleh pelaku bisnis perhiasan adalah strategi pemasaran yang tepat. Mengapa strategi pemasaran penting?

Perhiasan bukanlah barang yang akan dibeli oleh pelanggan dengan sembarangan karena perhiasan tergolong sebagai barang yang mewah. Oleh karena itu, pelanggan akan mencoba untuk melakukan riset sebelum membeli perhiasan. Di sinilah peran penting strategi pemasaran. 

Pelanggan akan memilih penawaran terbaik yang diberikan oleh para pelaku usaha bisnis perhiasan sehingga mereka perlu membuat terobosan agar pelanggan memutuskan untuk membeli perhiasan padanya. 

Keputusan-keputusan bisnis seperti ini tentu akan menjadi tepat sasaran apabila Anda dibantu oleh teknologi CRM yang tepat.

 

Baca Juga: Perlukah Melakukan Strategi Promosi Bagi Perusahaan dan Bagaimana Contohnya?

 

Tingkatkan Profit Bisnis Perhiasan Emas Anda Bersama Software RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Apabila Anda ingin menarik minat pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan baik untuk meningkatkan loyalitas serta menjaga tingkat penjualan, manfaatkanlah teknologi CRM yang tepat.

Teknologi CRM dapat membantu Anda dalam mengelola pelanggan, memetakan peluang dan minat pelanggan, serta membantu merancang strategi penjualan.

Kini, semua aktivitas tersebut telah hadir dalam satu Software ERP Indonesia dari RedERP, lho! RedERP adalah perangkat lunak ERP yang telah terintegrasi dengan seluruh proses operasional bisnis, termasuk CRM.

Dengan modul CRM dari RedERP, Anda dapat menikmati fitur-fitur, seperti:

  • Pemetaan persebaran konsumen potensial hingga peluang pemasaran
  • Merancang strategi penjualan dengan mudah
  • Otomatisasi laporan penjualan secara akurat dan real-time

 

Tentu saja, masih banyak fitur lainnya! Yuk, pakai RedERP dan rasakan sendiri kemudahan dalam mengelola bisnis Anda!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami