Table of Contents
Table of Contents

Kiat Memilih Software Kasir untuk Perusahaan Anda

software kasir

Saat ini, penggunaan aplikasi atau software untuk menunjang keberhasilan bisnis sudah tidak diragukan lagi. Salah satu software yang paling penting untuk digunakan adalah software kasir.

Software ini sangat berguna bagi Anda yang melakukan penjualan barang atau jasa kepada pelanggan dengan sistem pencatatan yang cepat dan efektif. Produktivitas perusahaan pun akan semakin meningkat dengan menggunakan aplikasi ini.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui mengapa Anda perusahaan Anda harus menggunakan aplikasi kasir dan bagaimana cara memilih aplikasi kasir yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Berikut ulasannya.

 

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Software Kasir?

Aplikasi kasir atau yang biasa dikenal dengan software point of sale (POS) merupakan suatu perangkat lunak yang umumnya digunakan oleh kasir. Software ini memiliki fungsi dasar untuk mencatat penjualan serta pembayaran yang diterima dari konsumen secara digital.

Dengan menggunakan aplikasi untuk kasir, maka pekerjaan yang dilakukan pun akan semakin mudah dan cepat. Apalagi, jika perusahaan Anda bergerak di bidang bisnis ritel yang membutuhkan pencatatan penjualan hingga dapat mengontrol ketersediaan stok barang yang Anda miliki.

Berikut beberapa alasan yang dapat Anda manfaatkan jika perusahaan Anda menggunakan aplikasi kasir:

 

1. Dapat Mengontrol Ketersediaan Stok Barang

Mengetahui ketersediaan stok barang menjadi hal kunci agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Anda juga dapat mengetahui ketersediaan stok barang secara real-time karena software kasir umumnya telah terhubung dengan internet yang dapat menyimpan datanya dalam perangkat komputer atau cloud.

 

2. Mempermudah Mencetak Nota Penjualan

Tidak dapat dibayangkan jika bisnis Anda tidak menggunakan aplikasi kasir yang dapat mencetak bukti penjualan. Dengan menggunakan aplikasi kasir tentunya tidak hanya menguntungkan bagi pebisnis, melainkan juga bagi konsumen.

Mereka dapat mengetahui berapa jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk barang yang mereka beli. Bagi pebisnis, nota penjualan berguna sebagai bukti telah terjadi penjualan barang atau jasa yang telah dilakukan.

 

3. Mempermudah Penghitungan Laba Bulanan

Software point of sale (POS) sangat membantu bisnis Anda dalam menghitung jumlah laba bulanan yang Anda dapatkan. Fungsi inilah yang banyak menarik pebisnis untuk menggunakan software POS dalam perusahaan mereka.

Pegawai tidak lagi direpotkan dengan penghitungan laba dari awal hingga akhir bulan secara manual karena telah dicatat dengan baik oleh software tersebut.

 

4. Mempermudah Laporan Penjualan

Selain mempermudah mengetahui laba bulanan, software untuk kasir dirancang untuk mempermudah mengetahui total pembelian dan penjualan dalam periode tertentu. Hal inilah yang dapat mempermudah dalam melakukan pelaporan penjualan dalam setiap bulannya.

Laporan penjualan dapat dengan mudah dilakukan karena semua data-data yang telah dicatat disimpan dengan rapi dalam sistem yang telah terintegrasi ke dalam internet.

 

Baca Juga: 5 Kemampuan Utama Aplikasi Inventory untuk Kelola Stok Gudang 

 

Bagaimana Cara Memilih Software Kasir yang Tepat?

Setelah Anda mengetahui alasan perusahaan menggunakan software POS, saatnya Anda juga ketahui bagaimana cara memilih aplikasi kasir yang nantinya Anda gunakan. Hal ini karena banyak sekali pengembang yang memproduksi aplikasi untuk kasir yang saat ini tersedia.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih software untuk kasir yang tepat:

 

1. Lakukan Riset

Tentunya sebelum Anda memutuskan melakukan pembelian software, lakukanlah riset terhadap pengembang software tersebut. Apakah pengembang tersebut telah lama memproduksi aplikasi kasir dan telah banyak klien yang menggunakannya atau belum.

Hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan serta keamanannya yang terjamin. Anda juga pastinya akan tenang jika mendapatkan pengembang yang telah berpengalaman.

 

2. Memiliki Fitur yang dibutuhkan Perusahaan

Ketika Anda hendak memilih software POS yang tepat bagi perusahaan Anda maka pilihlah yang memiliki fitur yang Anda butuhkan. Apalagi, jika perusahaan Anda bergerak di bidang bisnis retail atau F&B yang membutuhkan segudang fitur pencatatan.

Dimulai dari pencatatan stok barang, transaksi masuk dan keluar, rekap data penjualan, dan lain-lain adalah fitur-fitur krusial yang harus Anda ketahui dalam memilih aplikasi kasir.

 

3. Memiliki Fitur Keamanan yang Terbaik

Fitur keamanan juga menjadi hal yang krusial dalam mempertimbangkan software kasir yang tepat. Pasalnya, software ini berhubungan dengan pencatatan transaksi yang berhubungan dengan data keuangan perusahaan dimana sangat rentan dengan data pencurian.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih software yang memiliki tingkat keamanan terbaik. Selain memberikan jaminan keamanan pada data, perusahaan Anda juga akan semakin tenang dalam menggunakannya.

 

Baca Juga: Mengapa Manajemen Logistik Penting dalam Perusahaan?

 

4. Mudah digunakan

Anda perlu memilih aplikasi kasir yang tentunya paling mudah untuk digunakan. Hal ini karena aplikasi sebenarnya dirancang untuk memudahkan serta mempercepat pekerjaan yang Anda lakukan.

Oleh sebab itu, Anda perlu memilih aplikasi yang memiliki tampilan yang menarik dan berorientasi kepada pengguna. Sehingga mudah digunakan dalam menunjang pekerjaan pegawai Anda.

 

5. Memiliki Layanan Support yang Baik

Umumnya, setiap penggunaan suatu aplikasi atau software ada kalanya memiliki masalah yang mendadak. Mungkin software mendadak tidak dapat dioperasikan, terdapat fitur tertentu yang tidak berjalan normal, dan lain-lain.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih pengembang software kasir yang memberikan layanan bantuan terbaik. Sehingga Anda dapat menghubunginya kapan pun Anda memiliki masalah terhadap software yang sedang digunakan.

Itu dia beberapa kiat yang dapat Anda terapkan ketika memilih software kasir untuk perusahaan Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih aplikasi kasir yang tepat!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami