Table of Contents
Table of Contents

5 Pilihan Marketing Software Terbaik Untuk Bantu Perkembangan Bisnis

marketing software

Sudah jadi hal wajib perusahaan untuk terus mencari dan mengembangkan proses pemasaran mereka. Termasuk juga di dalamnya melibatkan teknologi yaitu dengan menggunakan marketing software.

Sesuai namanya, perangkat lunak ini digunakan untuk membantu bisnis dalam mengelola semua kegiatan marketing. Sehingga Anda bisa memastikan semuanya berjalan dengan benar.

Ada banyak software marketing yang tersedia dan siap Anda gunakan.

Namun, aplikasi apa yang bagus? Anda bisa menemukan jawabannya dalam ulasan RedERP berikut ini. Silakan menyimak!

 

Apa Itu Software Marketing

Software marketing adalah bentuk sistem informasi pemasaran yang digunakan untuk mengelola kegiatan pemasaran dalam suatu bisnis.

Ruang lingkup software marketing cukup luas, mulai dari pengelolaan strategi promosi, pengelolaan pelanggan, pengelolaan sales, hingga pengelolaan channel sales dan marketing.

Pada intinya, aplikasi pemasaran atau marketing digunakan untuk membantu eksekusi campaign, identifikasi target pasar, dan mengubah lead menjadi sales

Software marketing mengedepankan data dalam pengelolaannya. Software ini mampu menyimpan data dan menggunakannya dalam kegiatan pemasaran.

 

Manfaat Software Marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, marketing software bermanfaat untuk mengelola segala kegiatan pemasaran dalam bisnis, mulai dari campaign, sales, hingga konsumen.

Namun, manfaat menggunakan aplikasi pemasaran tak hanya itu saja. Ada pula manfaat lainnya yang bisa diterima bisnis jika menggunakan software marketing.

Berikut ini adalah manfaat penerapan aplikasi pemasaran dalam bisnis:

 

1. Memudahkan Pengelolaan Konsumen

Manfaat pertama adalah memudahkan pengelolaan konsumen. Melalui perangkat lunak ini, bisnis bisa menyimpan data-data konsumen dengan benar, baik konsumen yang masih berupa lead ataupun sudah menjadi pelanggan.

Data konsumen dibutuhkan untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Dengan demikian, bisnis Anda bisa mendapat kepercayaan sepenuhnya dari konsumen.

 

2. Memudahkan Pengelolaan Dokumen Pemasaran

Ada banyak dokumen yang digunakan dalam aktivitas pemasaran. Misalkan saja dokumen konsumen, pembelian, penjualan, konten, atau campaign.

Dokumen yang begitu banyak tersebut akan lebih mudah dikelola dengan software marketing. Tak hanya mampu menyimpan dokumen, aplikasi pemasaran juga mampu membuat laporan dan menganalisis dokumen-dokumen tersebut.

 

3. Mengotomatisasi Kegiatan Pemasaran

Banyaknya aktivitas pemasaran akan menyusahkan Anda dalam mengelola dan menjalankannya secara manual. Pelaksanaan marketing akan jauh lebih cepat dan mudah jika Anda menggunakan software marketing.

Dengan menggunakan aplikasi marketing, Anda dapat mengirim email ke konsumen dan mengunggah konten ke media sosial bisnis secara otomatis. Anda bisa menjadwalkan kegiatan tersebut dan menggunakan waktu yang ada untuk hal lain yang lebih produktif.

 

Baca Juga: Strategi Melakukan Branding untuk Bisnis

 

Rekomendasi Software Marketing

Untuk membantu Anda dalam memilih marketing software yang tepat, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari RedERP:

 

1. RedERP

RedERP merupakan software ERP  yang memiliki modul CRM atau Customer Relationship Management. Software CRM dari RedERP bisa mengelola informasi konsumen, memetakan persebaran konsumen potensial, mengelola beberapa saluran promosi sekaligus, dan membuat laporan penjualan.

Dapat dibilang bahwa RedERP adalah marketing software unggulan dengan fitur yang lengkap, memberikan bisnis Anda keleluasaan untuk mengelola konsumen, campaign, dan penjualan secara sekaligus. Melalui software ini, Anda dapat meningkatkan akuisisi dan retensi konsumen serta meningkatkan penjualan lewat pengelolaan promosi yang baik.

 

2. HootSuite

Supaya bisnis Anda terdengar di telinga banyak orang, bisnis Anda perlu memiliki media sosial. Anda bisa menentukan media sosial yang tepat dengan melihat target pasar yang dituju.

Setelah membuka akun media sosial, tentu saja Anda perlu mengisi akun tersebut dan membangun interaksi dengan konsumen. Pengelolaan konten ini tentu akan merepotkan apabila dilakukan secara manual, apalagi jika bisnis Anda memiliki lebih dari satu media sosial.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Hootsuite. Hootsuite merupakan aplikasi marketing yang bisa merencanakan, menjadwalkan, dan menyetujui konten untuk diunggah di media sosial. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengunggah konten ke media sosial dengan lebih mudah dan cepat.

 

3. Mailchimp

Anda juga bisa mengirim email kepada konsumen sebagai salah satu bentuk pemasaran. Dalam email tersebut, Anda bisa memberi tahu produk atau promosi terbaru yang sekiranya menarik bagi konsumen.

Namun, mengirim email satu per satu cukup merepotkan. Itulah sebabnya Anda membutuhkan aplikasi email marketing seperti Mailchimp. Mailchimp merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengirim email kepada banyak konsumen secara sekaligus.

 

4. ThriveHive

ThriveHive merupakan software marketing yang bisa membangun rencana pemasaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Melalui aplikasi ini, Anda tak hanya bisa mendapatkan konsultasi pemasaran, tetapi juga bisa mengoptimasi SEO atau search engine optimization.

 

5. Demandbase

Website merupakan saluran promosi yang bisa diterapkan oleh bisnis selain media sosial. Anda bisa mempublikasikan produk dan promosi lewat website ataupun menjadikan website sebagai sarana pembelian bagi konsumen.

Namun, untuk membuat website dikenal konsumen, Anda perlu menghadirkan traffic atau aliran pengunjung pada website tersebut. Caranya adalah menggunakan aplikasi Demandbase yang dapat mengidentifikasi traffic website dan memberikan konten yang personal dan relevan bagi konsumen ketika mereka mengakses website.

 

Software ERP
Software ERP

 

Itulah pembahasan mengenai 5 rekomendasi marketing software terbaik yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda. Sebagai rekomendasi terakhir dari kami, Anda bisa menggunakan software CRM RedERP untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola konsumen, campaign promosi, dan penjualan dalam waktu yang bersamaan.

Software ini telah berbasis cloud sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan keakuratan datanya. Karena itulah, segera ikuti demo aplikasinya sekarang!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami