Table of Contents
Table of Contents

Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, hingga Modelnya

sistem informasi pemasaran

Dewasa ini, sebagian besar pebisnis tentu sudah akrab dengan istilah sistem informasi pemasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu secara pasti tentang istilah yang satu ini?

Pada kesempatan kali ini, RedERP akan menjelaskan tentang sistem informasi pemasaran, dari mulai pengertian, fungsi, jenis, hingga modelnya. Simak artikel ini hingga selesai ya!

 

 

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran adalah salah satu sistem untuk menganalisa dan mengukur informasi pemasaran yang dihimpun secara terus menerus dari berbagai sumber perusahaan.

Di dalam sistem informasi pemasaran juga menyediakan data penjualan, aktivitas pemasaran, kegiatan riset pasar, promosi penjualan, serta hal lainnya yang berkaitan dengan marketing.

Penggunaan sistem informasi pemasaran sangat bermanfaat untuk memecahkan berbagai masalah terkait pemasaran yang ada di perusahaan serta membantu dalam proses pengambilan keputusan dalam lingkup marketing.

Intinya, sistem informasi pemasaran merupakan sebuah sistem yang di desain untuk bisa mengolah suatu informasi yang nantinya membantu kegiatan pemasaran serta aktivitas penjualan  di sebuah perusahaan.

Siklus yang ada dalam sistem informasi ini perlu terus dibangun agar nantinya membentuk pola yang dapat memudahkan pihak manajemen ketika mengevaluasi sistem yang ada di dalamnya.

 

Fungsi Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran memiliki beberapa fungsi yang sangat membantu kegiatan dan aktivitas marketing. Adapun beberapa fungsi penting dari sistem ini di antaranya:

  1. Memudahkan perusahaan mengontrol perkembangan bisnis.
  2. Membantu perusahaan melakukan sinkronisasi data.
  3. Memudahkan perusahaan dalam memproses setiap informasi yang dimilikinya.
  4. Meminimalisir adanya human error.
  5. Manajemen waktu menjadi lebih mudah.

Berbagai fungsi tersebut mengindikasikan bahwa sistem informasi pemasaran sangat membantu manajemen perusahaan alam melakukan rangkaian kegiatan pemasaran, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

 

Baca Juga: Pengertian dan Elemen dalam Business Model Canvas

 

Jenis Sistem Informasi Pemasaran

Philip Kotler pada tahun 1966 untuk pertama kalinya memperkenalkan istilah marketing nerve center atau pusat saraf pemasaran, yang menggambarkan satu unit baru dalam pemasaran.

Unit baru ini  memiliki fungsi untuk mengumpulkan dan mengolah informasi dalam strategi pemasaran, yang dalam hal ini ada tiga jenis sistem yaitu:

 

1. Marketing Intelligence

Jenis sistem informasi ini merupakan proses menganalisis informasi kegiatan di pasar, seperti memahami bagaimana pergerakan pasar, sikap dan perilaku pasar, serta mengakses perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis.

 

2. Internal Marketing Information

Seperti namanya, jenis sistem informasi pemasaran yang satu ini dilakukan dengan menganalisis data-data yang diambil dari internal perusahaan.

 

3. Marketing Communication

Terakhir, ada marketing communication atau komunikasi pemasaran. Ini merupakan proses komunikasi perusahaan pada pasar.

Contoh sederhananya yaitu membangun awareness produk dengan menggunakan iklan, sponsor, campaign, dan beberapa kegiatan promosi lainnya..

 

Model Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran memiliki beberapa model di dalamnya, berikut ini penjelasannya.

 

1. Subsistem Input Pemasaran

Model pertama yang digunakan dalam sistem informasi pemasaran yakni subsistem input pemasaran.

Subsistem ini dilakukan dengan menghimpun data terkait beberapa aspek operasi marketing, khususnya aspek yang berkaitan dengan konsumen maupun calon konsumen. Data sendiri didapatkan dari hasil survei.

 

2. Subsistem Output Pemasaran

Subsistem ini adalah perangkat lunak yang membantu memberikan informasi kepada manajer terkait produk perusahaan.

Perangkat lunak ini akan membantu manajer dalam menentukan produk apa yang akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

 

3. Subsistem Promosi

Ini merupakan seluruh perangkat lunak yang menampilkan data penjualan kepada manajer baik secara langsung dan tidak langsung.

 

4. Subsistem Tempat

Selanjutnya ada juga subsistem tempat yang merupakan perangkat lunak untuk menjelaskan berbagai hal tentang bagaimana produk disalurkan kepada konsumen.

 

5. Subsistem Harga

Ini merupakan perangkat lunak yang akan memberikan seluruh informasi harga produk kepada manajer.

Dalam hal mendukung keputusan, subsistem harga hampir sama dengan subsistem promosi.

Bila penentuan harga berdasarkan biaya, maka biaya ditentukan dengan biaya yang akan dikeluarkan lalu ditambahkan dengan mark-up yang diinginkan.

Lalu bila penentuan harga berdasarkan permintaan maka penetapan harga sesuai dengan nilai yang ditetapkan konsumen terhadap suatu produk. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Marketing Software Terbaik

 

Aplikasi CRM RedERP Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Bisnis Anda

Software ERP
Software ERP

 

Sistem informasi pemasaran merupakan serangkaian proses yang dilakukan dengan mencari data, yang selanjutnya diolah menjadi informasi penting dalam mengambil keputusan pemasaran.

Sistem ini akan membantu tim marketing menyusun aktivitas dan kegiatan pemasaran yang lebih tertarget sesuai dengan keadaan pasar.

Selain itu, sistem ini juga menyediakan data penting yang membantu manajerial perusahaan untuk melakukan pemantauan penjualan yang terjadi.

Penggunaan sistem ini juga dapat mendukung terbangunya customer relation secara berkelanjutan.

Seluruh kemampuan sistem informasi pemasaran ini sekarang bisa Anda dapatkan dalam Aplikasi CRM RedERP.

Aplikasi yang satu ini mampu mengakomodasi aktivitas pengelolaan penjualan, pemasaran, serta dukungan pelanggan menjadi lebih sederhana.

Software CRM RedERP memiliki fitur Customer and Opportunity Management yang membantu tim marketing dalam memetakan persebaran konsumen potensial serta peluang dalam pemasaran bisnis perusahaan berdasarkan niche tertentu, dan ini tentu berkaitan dengan sistem informasi pemasaran.

Selain itu ada juga fitur Reporting and Analysis, yang mana fitur ini bisa membuat laporan penjualan lengkap secara real time yang mencakup penjualan, kinerja tim sales, keuntungan dan kerugian, serta hal lainnya.

Ada juga berbagai fitur menarik lainnya yang bisa memudahkan Anda dalam mengakses sistem informasi pemasaran bisnis. Sebut saja Shipping Management, Sales Management, hingga Marketing Campaign-Promotion.

Sangat menarik bukan? Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami