Table of Contents
Table of Contents

Retail Software: Pengertian, Manfaat dan Tips Memilihnya

retail software

Bisnis retail saat ini tengah diambang ketidakpastian. Efek pandemi yang masih membayangi membuat bisnis retail masih belum stabil.

Demi bisa bertahan di tengah ancaman situasi resesi, banyak pebisnis retail yang kini berorientasi pada perkembangan bisnis daripada fokus pada penjualan barang.

Tidak sedikit pengusaha yang berusaha untuk mengintegrasikan bisnis retailnya dengan berbagai pendekatan di era disrupsi teknologi demi mencapai keuntungan serta menjaga keberlangsungan bisnis.

Beruntung saat ini ada banyak kemudahan yang diberikan melalui teknologi untuk mengembangkan bisnis retail, yaitu dengan menggunakan software retail.

Kehadiran perangkat lunak ini memudahkan banyak proses bisnisnya, mulai dari penjualan dan pembelian barang hingga pengelolaan persediaan barang serta keuangan dari bisnis retail.

Apa sih manfaat yang bisa diperoleh dar software retail? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel RedERP ini.

 

 

Apa Itu Retail Software?

Retail software adalah sebuah software khusus yang dirancang sebagai alat penunjang aktivitas dari bisnis retail. Mulai dari mendapatkan barang, pengelolaan persediaan barang, mengelola pesanan konsumen hingga proses pengembalian barang.

Apalagi software retail ini dapat Anda gunakan melalui sistem dari komputer dan gadget lainnya untuk mengakses data secara real time

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak vendor yang menawarkan software otomatis untuk bisnis retail. Akan tetapi, hanya ada beberapa yang mampu menyediakan solusi all-in-one untuk bisnis retail.

 

Manfaat Retail Software yang Perlu Diketahui

manfaat retail software
Manfaat retail software

 

Kehadiran software retail tidak hanya diperuntukkan mengelola serta mengintegrasikan bisnis retail menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, ada sejumlah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Berikut ulasannya.

 

1. Meminimalisir Kesalahan atau Error

Bisnis retail bisa dikatakan sangat rentan dengan berbagai pelanggaran. Misalnya kesalahan menghitung stok barang sampai keterlambatan data persediaan yang masuk.

Adanya aplikasi retail, pelanggaran-pelanggaran yang mungkin terjadi bisa diminimalisir bahkan bisa dicegah oleh tim manajemen perusahaan.

 

2. Transaksi Lebih Cepat

Alur penjualan pada aplikasi bisnis retail sebagian besar dijalankan dengan sistem otomatis. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas administrasi, seperti mencatat pesanan pelanggan, menghitung tagihan, membuat laporan hutang-piutang, dan lain-lain. Proses otomatisasi tersebut membuat transaksi berjalan lebih cepat.

 

Baca Juga: Apa Kegunaan Software Laporan Keuangan untuk Bisnis?

 

3. Mudahkan Manajemen Inventaris

Melalui software retail, Anda dapat mengetahui dengan pasti jumlah persediaan barang dan riwayat pesanan ke pihak supplier secara real time tanpa perlu menghitungnya dengan cara manual.

Dengan begitu, Anda dapat memonitor dan menentukan kapan waktu yang baik untuk menjalankan restock barang atau produk dan menghitung harga dasarnya lebih akurat.

 

4. Bantu Ciptakan Kepuasan Pelanggan

Software yang diperuntukkan industri retail membantu bisnis Anda memberikan pelayanan yang cepat. Mulai dari pencatatan data penjualan dan pembelian, memproses pesanan pelanggan, hingga pembayaran dengan berbagai metode.

Seluruh proses itu dilakukan secara cepat dan otomatis, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama menyelesaikan proses transaksinya.

 

5. Bantu Sediakan Laporan dan Analisis

Laporan dan analisis bisnis merupakan hal yang penting untuk perusahaan miliki agar Anda bisa mengetahui secara jelas perkembangan bisnis Anda sudah sejauh mana.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, sistem manajemen ritel dapat menyediakan laporan dan analisis secara otomatis.

Selain itu, aplikasi untuk bisnis retail ini juga membantu Anda dalam mengatur aktivitas dan memonitor kinerja karyawan, melacak proses pembayaran hingga memproyeksi keuntungan yang akan didapatkan. 

Seluruh aktivitas tersebut dapat Anda lihat pada tampilan dashboard yang interaktif. Dengan begitu, Anda pun dapat menyusun strategi penjualan lebih baik lagi.

 

6. Bantu Membuat Keputusan Bisnis Berdasarkan Data

Kemampuan aplikasi retail yang dapat menyediakan laporan dan analisis data secara real time dan akurat, tentu akan berpengaruh pada pengambilan keputusan bisnis. Anda bisa membuat kebijakan serta strategi berdasarkan informasi dan data yang tepat.

 

7. Tingkatkan Penjualan

Selain membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Secara tidak langsung, melalui data-data yang dihasilkan dapat dijadikan bahan untuk menyusun strategi penjualan pemasaran yang lebih efektif sehingga bantu tingkatkan penjualan perusahaan.

 

Tips Memilih Retail Software yang Tepat

Tips Memilih Retail Software
Tips Memilih Software Retail

 

Menemukan software retail yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan cukup sulit dilakukan. Tentu ada berbagai riset dan pertimbangan yang harus dilalui agar dampaknya bisa signifikan ke perusahaan Anda.

Untuk membantu memudahkan Anda dalam pencarian aplikasi retail, berikut ini ada tips singkat dari RedERP.

 

1. Lakukan Riset Mengenai Keunggulan dan Harga

Hal pertama yang harus dilakukan yakni melakukan riset apa saja yang bisa diberikan retail software tersebut. Perhatikan tingkat kesulitan dalam memasukkan data dan penggunaannya.

Setelah Anda menemukan kelebihan dan kekurangan dari software tersebut, Anda perlu riset harga yang ditawarkan. Cari vendor yang memberi penawaran harga dengan anggaran yang Anda punya.

 

2. Ketahui Apa yang Jadi Kebutuhan Bisnis Anda

Mengetahui kebutuhan bisnis Anda secara menyeluruh sebelum memilih suatu software untuk diterapkan sangatlah penting. Anda bisa membuat rinciannya dengan melibatkan seluruh tim untuk mengetahui apa saja kebutuhan dari setiap divisi.

Selanjutnya mencari tahu fitur–fitur apa saja yang ada pada software untuk manajemen retail dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

3. Bagaimana Perawatannya

Setelah Anda menemukan software manajemen retail yang menurut Anda tepat, jangan lupakan bagaimana maintenance.

Bagian yang terbaik yaitu ada sejumlah vendor yang sudah menyediakan layanan perawatan untuk retail software yang disediakan, sehingga ini akan menghemat anggaran Anda.

 

Kesimpulan

Jadi, retail software merupakan perangkat yang dapat menunjang aktivitas proses bisnis retail. Di dalam software manajemen retail terdapat beberapa modul terintegrasi yang lazim digunakan, yaitu:

  • Point of Sale (POS)
  • Inventory Management
  • System Akuntansi
  • Purchasing Management
  • Software Supply Chain Management (SCM)
  • System Manajemen Gudang

 

Dengan kelengkapan modul-modul yang ada dalam retail software, maka proses bisnis bisa berjalan lebih lancar.

Software ERP
Software ERP

 

Keseluruhan modul tersebut bisa Anda temukan dalam Software ERP dari RedERP. Di dalam modul-modul tersebut bahkan didukung fitur-fitur yang sudah pasti membantu kebutuhan proses manajemen retail bisnis Anda.

Seperti halnya fitur Aplikasi Inventory yang memudahkan sistem inventaris agar manajemen gudang perusahaan Anda lebih efektif. Beberapa fitur penunjangnya seperti shipping and receipt, inventory movement, laporan dan analisis, warehouse and locator management, stock opname.

Lalu ada software POS RedERP yang akan membuat efektif sistem manajemen pembelian Anda. Sehingga setiap transaksi lebih mudah dipantau secara real time. Fitur-fitur di dalamnya, yaitu digital billing system, system integration, dan laporan & analisa.

RedERP juga punya software Akuntansi yang berfungsi mempersingkat pencatatan sampai pembuatan laporan keuangan bisnis lebih cepat, tepat, dan akurat.

Adapun fitur-fitur pendukungnya, yaitu: perhitungan pajak, multi-currency, automatisasi jurnal dan buku besar, kelola arus kas, manajemen & penjualan pelanggan, serta pengelolaan anggaran.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami