Table of Contents
Table of Contents

Apa itu Sistem POS dan Perbedaannya dengan Mesin Kasir Konvensional

Sistem POS adalah salah satu sistem manajemen penjualan yang biasanya digunakan oleh bisnis retail, restoran, atau pemilik toko.

Sistem ini sendiri dapat mempermudah para pemilik toko dalam proses transaksi dan penjualan serta dalam mengelola pelanggan. 

Penggunaanya dapat memudahkan proses transaksi penjualan sampai laporan transaksi yang dapat dilaporkan secara akurat dengan sistem digital.

Sistem POS atau point of sales sendiri tidak hanya berfungsi untuk mencatat segala transaksi yang terjadi pada bisnis yang Anda jalani, melainkan juga bisa memberi pengaruh yang besar dalam segi penjualan di dunia pemasaran. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistem POS hingga manfaat sistem POS dalam dunia bisnis retail, simak penjelasan artikel RedERP berikut sampai tuntas ya!

 

Perbedaan Mesin Kasir dan Sistem POS

Selain sistem POS, biasanya para perusahaan juga menggunakan sistem kasir konvensional yang disebut juga dengan mesin kasir.

Walaupun sistem POS dan mesin kasir memiliki manfaat yang sama, namun keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Mesin Kasir

Mesin kasir adalah alat elektronik dengan cara kerja yang manual. Hingga saat ini, Anda masih bisa menemukannya di beberapa supermarket atau minimarket yang ada di Indonesia.

Dalam menggunakan mesin kasir, seorang karyawan harus memasukkan data transaksi satu persatu untuk setiap transaksi yang terjadi di mesin kasir. 

Ketika karyawan yang menjaga kasir menekan tombol total, maka laci akan terbuka dan bel akan berbunyi yang mempertandakan kepada seorang manajer bahwa ada transaksi yang sedang terjadi.

Sebelum tahun 1970, mesin kasir tidak bisa bekerja untuk mencetak tanda terima untuk seorang konsumen. Hingga pada tahun 1970, terdapat sistem kasir sederhana yang dapat mencetak tanda terima, pemindai barcode, laci uang tunai, hingga tombol NS (No Sale).

 

2. Sistem POS

Berbeda dengan mesin kasir, sistem POS merupakan sistem yang sudah terkomputerisasi dengan memanfaatkan kombinasi antara perangkat lunak dengan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain merekam penjualan yang terjadi.

Kehadiran sistem ini memberikan banyak kemudahan bagi para pengusaha dan perusahaan dalam proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur yang lengkap dan canggih.

POS sendiri sering digunakan pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang guna menunjang kegiatan usahanya. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan juga dapat melakukan pengontrolan terhadap inventaris yang dimilikinya secara cepat dan akurat hanya melalui sebuah sistem.

Dengan menggunakan sistem Point Of Sales, Anda juga dapat mengecek laporan mengenai utang piutang dalam waktu beberapa hari maupun beberapa bulan secara mudah.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja POS System?

 

Manfaat Sistem POS Dalam Bisnis Retail

Dengan menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi, tentu Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat pada bisnis yang Anda jalani. Manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Manajemen yang Baik

Dengan menggunakan sistem Point Of Sales pada bisnis yang Anda jalani, maka Anda akan membantu dalam meningkatkan proses manajemen. Dalam hal ini, Anda dapat memperdalam data untuk mengetahui mengenai produk apa saja yang terjual pada periode tertentu.

Hal tersebut tentu akan membantu Anda untuk mengetahui keuntungan yang didapatkan untuk setiap penjualan produk, untuk menjelajahi hubungan antara volume penjualan dan harga guna mencapai profitabilitas maksimum, serta untuk mengidentifikasi kapan waktu yang tepat untuk membeli kembali barang sudah habis dengan berapa banyak pesanan yang akan dilakukan.

 

2. Dapat Mengontrol Bisnis dari Mana Saja

Dengan sistem yang sudah berbasis cloud, maka Anda dapat melakukan pengontrolan bisnis dari mana saja secara mudah dan fleksibel. Anda juga dapat menyelesaikan beberapa hal mengenai bisnis yang Anda jalani dengan cepat dan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat menganalisis segala sesuatu tentang bisnis yang Anda jalani guna memanfaatkan peluang pertumbuhan.

 

3. Dapat Memberikan Laporan Penjualan Secara Akurat

Melalui sistem Point Of Sales, maka dapat memungkinkan untuk Anda dalam menghasilkan laporan penjualan secara akurat.

Laporan penjualan tersebut termasuk pada jumlah produk yang dijual, produk terlaris, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sistem POS, Anda juga dapat meminimalisir terjadinya human error.

 

Baca Juga: Beberapa Rekomendasi Aplikasi Point of Sales Terkini

 

Sistem POS RedERP Cocok Untuk Segala Bisnis

Software ERP
Software ERP

 

Sistem POS menjadi solusi untuk membuat proses transaksi bisnis berjalan lebih efektif dan efisien karena dapat mengotomatisasi dan mengkomputerisasi segala transaksi yang terjadi pada bisnis ritel.

Berbeda dengan mesin kasir yang masih manual dan mempunyai fitur yang terbatas dalam mengelola transaksi.

Ketika Anda ingin menggunakan sistem POS, pastikan bahwa perangkat tersebut bisa menjawab kebutuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus melihat kembali fitur-fitur yang ada di dalamnya, jangan sampai perangkat POS yang Anda gunakan tidak bisa menjawab kebutuhan bisnis Anda. 

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan Sistem POS dari Software ERP RedERP.

RedERP adalah sistem ERP yang memiliki banyak modul dan fitur untuk membuat sistem operasional bisnis menjadi lebih efektif. diantaranya adalah modul atau Sistem POS.

Melalui berbagai macam fitur yang tersedia di Software POS RedERP seperti digital billing system, system integration, serta laporan dan analisa dapat Anda lakukan secara lebih cepat, tepat, dan mudah. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat sistem manajemen pembelian bisnis yang Anda jalani menjadi lebih efektif. Setiap transaksi yang terjadi dalam penjualan dapat Anda pantau secara real time.

Selain itu, Anda juga dapat mempermudah pembuatan laporan transaksi penjualan dalam bisnis Anda secara cepat dan tepat. Dalam hal ini, tentu Anda dapat mencegah terjadinya fraud atau tipuan yang mungkin terjadi, serta dapat mencegah terjadinya human error.

Tertarik untuk menggunakan POS Software Indonesia RedERP? Segera gunakan sekarang juga!

 

Itulah informasi mengenai sistem POS yang perlu Anda ketahui, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami