Table of Contents
Table of Contents

Apa Sih Itu POS System dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Bisnis?

Apa Sih Itu POS System dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Bisnis?

Perkembangan sistem informasi saat ini terus berkembang ke arah yang lebih modern untuk memudahkan berbagai kebutuhan manusia. Salah satunya dalam bidang bisnis yang saat ini mengenal POS System.

Sistem informasi tersebut merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk membantu proses transaksi seperti yang terjadi pada bisnis ritel. Sederhananya, sistem POS merupakan versi modern dari mesin kasir yang konvensional.

Agar Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai POS system, dalam artikel ini akan membahas mulai dari pengertian hingga manfaatnya.

 

 

Mengenal Apa Itu POS System

Point of Sales atau POS system adalah sebuah sistem yang digunakan dalam bisnis untuk membantu proses transaksi yang sedang berlangsung. Dengan menggunakan sistem POS tersebut, maka proses transaksi yang dilakukan akan lebih cepat.

Pada dasarnya POS merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional. Perannya jauh lebih besar dengan tingkat efisiensi yang lebih baik.

Umumnya, mesin kasir konvensional dilengkapi dengan cash drawer untuk melakukan pengelolaan registrasi dalam menjual barang.

Saat ini, Point of Sales sendiri sudah banyak digunakan di berbagai jenis bidang usaha seperti restoran, kedai, barbershop, dan lainnya.

Perbedaan yang paling mencolok antara POS system dengan mesin kasir konvensional adalah sistem operasinya. Sistem POS dilengkapi dengan teknologi berbasis Android atau iOS.

Kemudian, sistem POS dihubungkan dengan printer bluetooth untuk memudahkan pencetakan struk saat proses transaksi.

 

Baca juga: Tips Bagaimana Memilih Software Kasir yang Tepat untuk Perusahaan Anda

 

Cara Kerja POS System dalam Bisnis

Untuk mempermudah proses transaksi dengan pelanggan, perusahaan tentunya memanfaatkan sistem POS untuk meningkatkan profitabilitasnya. Lalu bagaimana sistem kerja yang dilakukan oleh sistem POS?

 

1. Mempermudah Transaksi

Sistem POS memungkinkan pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan berbagai metode. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dari proses transaksi yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan satu atau dua cara umum.

Sistem ini umumnya telah terintegrasi dengan beragam bank di Indonesia. Perusahaan pun dapat mengetahui catatan keuangan mereka secara real-time melalui aplikasinya.

Tidak hanya itu, sistem POS memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti penggunaan kode voucher, diskon, perhitungan pajak, dan lain-lain.

 

Baca Juga: Tipe-tipe Retail POS System

 

2. Berbasis Cloud

Sistem Point of Sales saat ini umumnya telah berbasis cloud. Sebuah jaringan yang terintegrasi dengan internet yang memungkinkan Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Selama Anda terhubung dengan internet, maka Anda akan dapat mengetahui laporan keuangan perusahaan dengan real-time. Hal ini tentunya sangat mempermudah dan meningkatkan transparansi.

Beberapa aplikasi POS juga menyediakan fitur yang terintegrasi dengan sistem akuntansi. Sehingga berbagai jenis transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dapat terekam dengan baik.

 

3. Memerlukan Perangkat Keras

Sistem POS pada dasarnya hanya merupakan perangkat. Oleh karena itu, untuk mengoperasikannya membutuhkan perangkat keras seperti tablet, ponsel pintar, atau laptop.

POS juga dapat dihubungkan pada perangkat keras lainnya seperti printer, barcode scannercash drawer, dan lain-lain.

 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Sales Promotion: Pengertian, Tujuan, Hingga Cara Mengembangkannya

 

Manfaat Menggunakan POS System Untuk Bisnis

Adapun perusahaan yang menggunakan sistem POS memiliki berbagai manfaatnya seperti memudahkan proses transaksi dan mempercepat transaksi yang dilakukan. Manfaat menggunakan POS system, antara lain:

 

1. Memudahkan Proses Pemesanan

Terdapat beberapa restoran yang menggunakan ponsel pintar milik pelanggan untuk melakukan pemesanan. Hal itu juga termasuk ke dalam POS dimana bertujuan untuk memudahkan proses pemesanan.

Pelanggan tidak lagi perlu antre memanjang di depan kasir, melainkan hanya duduk dan memesan beragam makanan di mejanya sendiri. Kemudian, pelayan akan datang mengantarkan makanan dan minuman yang telah dipesan.

 

2. Memberikan Banyak Fleksibilitas

Salah satu fleksibilitas yang diberikan oleh sistem POS adalah proses pembayarannya yang memungkinkan dengan banyak metode. Pelanggan dapat membayar menggunakan uang tunai, debit, maupun kredit dengan mudah.

POS juga memberikan otomatisasi dalam perhitungan jumlah produk atau barang yang dipesan. Hal ini tentunya dapat mempercepat proses transaksi dan dapat menghindari adanya antrian yang berkepanjangan.

 

3. Mudah Untuk Mengakses Laporan Transaksi

Setiap transaksi yang berlangsung akan dicatat dan disimpan dengan sistem atau aplikasi POS ke dalam sistem cloud. Hal inilah yang memudahkan pihak keuangan untuk mengakses laporan transaksi yang terjadi dalam periode tertentu.

Akses yang diberikan pun dapat dilihat secara real-time sehingga dapat pula mengurangi risiko terjadinya manipulasi data yang dilakukan.

 

4. Mempermudah Melakukan Pengecekan Persediaan

Tidak hanya dapat mengelola transaksi yang sedang berlangsung, sistem POS juga dapat mencatat setiap barang yang masuk dan keluar. Sehingga pihak manajemen dapat dengan mudah mengetahui persediaan barang secara real-time.

Hal ini juga mengurangi terjadinya kesalahan akibat human error sehingga jumlah barang yang tersedia selalu diperbarui.

 

Baca Juga: Fungsi Manajemen Pembelian untuk Bisnis Restoran

 

5. Mampu Menyimpan Database Pelanggan

Di era modern seperti saat ini sangat penting bagi bisnis untuk menyimpan database pelanggan. Data tersebut dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai promosi di saat yang tepat.

Sehingga pelanggan dapat dengan mudah kembali lagi untuk membeli produk atau barang. Beberapa data yang dapat dimanfaatkan seperti nomor telepon dan email pelanggan. Hal inilah yang tercatat ke dalam sistem POS.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa harus memilih aplikasi POS system yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan perusahaan Anda. Gunakan software POS yang terjamin lengkap dan aman seperti Software ERP RedERP.

Dengan menggunakan aplikasi POS dari RedERP maka manajemen pembelian Anda akan semakin jauh lebih efektif. Setiap transaksi yang terjadi akan dipantau secara real-time dan mudah diakses.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi POS RedERP? Ajukan trial secara gratis dengan mengklik tautan berikut ini!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami