Table of Contents
Table of Contents

YoY Growth: Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitungnya

YoY Growth

Apakah Anda pernah mendengar atau familiar dengan istilah YOY growth? Ya, istilah ini memang banyak ditemukan dan digunakan pada dunia bisnis.

YOY sendiri merupakan singkatan dari Year-Over-Year, yang di mana merupakan sebuah metrik yang sering digunakan perusahaan untuk mengukur kesuksesan bisnis yang terjadi pada perusahaannya.

Seperti yang kita ketahui, melakukan pengukuran terhadap pertumbuhan bisnis merupakan hal yang esensial. Tanpa adanya pertumbuhan, maka operasional bisnis akan stuck, dan produk serta layanan akan mengalami penurunan kualitas.

Untuk mencegah hal tersebut, pada kesempatan kali ini, RedERP akan menjelaskan kepada Anda mengenai apa itu YOY dan cara menghitungnya yang baik dan benar. Mari simak pembahasan berikut!

 

 

Apa yang Dimaksud YOY (Year-Over-Year) Growth?

YOY growth adalah sebuah bentuk analisis keuangan yang memungkinkan pemilik bisnis untuk melakukan pelacakan dan evaluasi kinerja perusahaan pada periode waktu tertentu. 

Analisis ini biasanya digunakan dengan cara membandingkan tingkat pertumbuhan pendapatan dari tahun sebelumnya dengan yang terjadi saat ini.

Formula YOY growth dianggap sangat efektif dalam menampilkan metrik yang jelas untuk pertumbuhan perusahaan selama tahun fiskal.

Selain itu, YOY growth juga dapat digunakan untuk mengukur banyak aspek pertumbuhan perusahaan, seperti pendapatan, konversi, data penjualan rata-rata, dan lain sebagainya.

Metrik year-over-year dapat memungkinkan perusahaan untuk mengukur, apakah kinerja keuangan perusahaan sedang berada pada kondisi membaik, statis, atau bahkan memburuk.

 

Baca Juga: Faktor Bargaining Power dalam Bisnis, Apa Saja?

 

Manfaat YOY Growth

Berikut ini beberapa manfaat yang ditimbulkan, jika menggunakan metrik YOY growth untuk mengukur pertumbuhan bisnis Anda, di antaranya:

 

1. Mengetahui Area yang Perlu Peningkatan atau Perbaikan

Manfaat pertama dari penerapan YOY yaitu membantu perusahaan dalam memahami peningkatan yang bisnis perlukan, terutama pada bisnis yang telah beroperasi lebih dari satu tahun.

Data yang disajikan oleh YOY dapat membantu SDM dalam mengarahkan strategi bisnis yang lebih optimal. Selain itu, analisis YOY menyajikan data yang memungkinkan perusahaan untuk melihat hasil bisnis dan juga area mana saja yang dibutuhkan peningkatan atau perbaikan.

Sebagai contoh, salah satu departemen di perusahaan memiliki kinerja yang buruk dari tahun ke tahun, maka fokus perusahaan adalah melakukan perbaikan pada departemen tersebut.

 

2. Menampilkan Hasil yang Jelas dan Akurat

Dengan menggunakan analisis year-over-year, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai pertumbuhan pendapatan bulanan, terutama pada produk atau layanan yang sifatnya musiman.

Dengan melakukan perbandingan pada bulan yang sama di tahun yang berbeda, hal ini memungkinkan perusahaan untuk menarik perbandingan yang lebih akurat, meskipun terdapat sifat musiman.

Penggunaan YOY growth juga dapat menampilkan hasil jangka panjang yang lebih akurat, dibanding menggunakan metrik bulanan.

 

3. Menyederhanakan Pelacakan dan Perhitungan

Metode YOY growth mampu menyederhanakan pelacakan dan perhitungan data yang dimiliki oleh perusahaan.

YOY menawarkan penghitungan sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga hal ini membuatnya lebih ideal untuk bisnis kecil yang mencari metode analisis bisnis yang lebih simpel dan sederhana.

Tak hanya itu, hasil dari dari perhitungan YOY growth berupa persentase, yang artinya lebih memudahkan SDM dalam memahami dan menganalisisnya.

 

Baca Juga: Mau Bisnis Online Marketplace? Perhatikan hal ini

 

Cara Menghitung YOY Growth

Cara Menghitung YOY

 

Setelah Anda memahami manfaatnya, maka sekarang Anda juga perlu untuk memahami cara menghitung YOY growth yang benar. Simak penjelasan di bawah ini:

 

1. Tentukan Jangka Waktu yang Ingin Dihitung

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menghitung year-over-year growth adalah menentukan periode terbaik yang ingin dievaluasi dan dibandingkan.

Pilihlah jangka waktu yang sama pada tahun yang berbeda, seperti kuartal ketiga tahun 2021 dengan kuartal ketiga tahun 2022.

Perusahaan juga dapat melakukan perbandingan terhadap statistik bulanan tahun ini, dengan tahun sebelumnya,  guna menunjukkan pertumbuhan bisnis kepada calon investor.

 

2. Gunakan Data yang Telah Ditentukan Sebelumnya

Langkah selanjutnya adalah menggunakan data perusahaan pada periode yang telah ditentukan sebelumnya. Perusahaan dapat menemukan semua data yang dibutuhkan tersebut pada neraca bisnis perusahaan.

Jika tidak tersedia, maka perusahaan dapat melakukan perbandingan terhadap penghasilan bulanan atau triwulanan dari tahun fiskal masing-masing. 

Sebagai catatan, perusahaan harus membandingkan jangka waktu yang sama untuk setiap periodenya.

 

3. Gunakan Rumus YOY

Gunakan rumus YOY growth untuk melakukan perhitungan terhadap data-data yang dimiliki tersebut.

 

Rumus YOY:

 

YOY Growth = ((current period ー previous period) : previous period amount) X 100

 

Cara menghitungnya yaitu dengan mengurangi pendapatan tahun berjalan saat ini dengan pendapatan tahun sebelumnya. Setelah itu, hasil pengurangan akan dibagi dengan pendapatan tahun sebelumnya.

Lalu, hasil pembagian akan dikalikan dengan 100. Nantinya, hasil akan dinyatakan sebagai persentase dan menunjukkan pertumbuhan yang terjadi dari tahun ke tahun.

 

4. Lakukan Analisis dan Evaluasi Keuntungan

Langkah yang keempat sekaligus menjadi yang terakhir yaitu melakukan analisis dan evaluasi dari total keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Gunakan angka dari hasil perhitungan YOY untuk menunjukkan kepada investor bahwa bisnis perusahaan mengalami pertumbuhan dan berkinerja optimal. Data tersebut juga dapat digunakan untuk menginformasikan rencana perusahaan ke depannya.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Break Even Point

 

Tips Menggunakan YOY dengan dalam Analisis Bisnis

analisis yoy

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan YOY dengan benar dalam analisis bisnis:

 

1. Gunakan data yang lengkap dan terpercaya

Agar analisis YOY dapat memberikan informasi yang akurat, pastikan untuk menggunakan data yang lengkap dan terpercaya. Data yang tidak lengkap atau tidak terpercaya dapat menyebabkan kesalahan dalam analisis dan mengarah pada kesimpulan yang salah.

 

2. Pilih periode yang tepat

Pilih periode yang tepat untuk membandingkan kinerja bisnis atau produk. Periode yang dipilih harus memiliki jumlah hari atau minggu yang sama atau setidaknya tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini akan membantu dalam membandingkan kinerja secara akurat dan menghindari distorsi dalam analisis.

 

3. Fokus pada tren jangka panjang

Analisis YOY dapat memberikan gambaran tentang tren kinerja jangka panjang suatu bisnis atau produk. Oleh karena itu, sebaiknya fokus pada tren jangka panjang daripada hanya memperhatikan fluktuasi kinerja pada periode yang singkat.

 

4. Gunakan analisis tambahan

Gunakan analisis tambahan untuk memperkuat analisis YOY. Misalnya, analisis tren kinerja harian atau mingguan dapat membantu untuk melihat fluktuasi kinerja yang lebih detail dan mendeteksi penyebab perubahan kinerja pada periode tertentu.

 

5. Perhatikan faktor eksternal

Perhatikan faktor eksternal yang dapat memengaruhi kinerja bisnis atau produk, seperti musim atau perubahan dalam pasar. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi hasil analisis YOY dan perlu diperhitungkan dalam interpretasi hasil analisis.

Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, analisis YOY dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam mengidentifikasi tren kinerja bisnis atau produk pada periode yang berbeda dalam satu tahun dan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat.

 

Apa Pentingnya YOY Growth Bagi Bisnis Berskala Kecil?

Lantas apa pentingnya YOY growth bagi bisnis yang masih di dalam skala kecil? Berikut beberapa alasannya:

 

1. Mengevaluasi Hal yang Membutuhkan Pendanaan Lebih

Perhitungan YOY atau Year-Over-Year dapat digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap keberhasilan area bisnis yang Anda miliki.

Melalui hasil perhitungan tersebut, Anda dapat menentukan bagian mana yang membutuhkan perhatian dan pendanaan lebih, dan mana yang harus dikurangi atau diperbaiki.

Perhitungan ini memberikan pandangan objektif tentang kinerja secara keseluruhan, sehingga membantu Anda dalam menentukan keberhasilan produk yang dijual.

 

2. Membantu Mengetahui Efisiensi Bisnis

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan perhitungan YOY Growth untuk mengukur banyaknya produk yang terkirim sepanjang bulan pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. 

Apabila jumlah produk yang terkirim meningkat secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, maka hal ini menunjukkan bahwa efisiensi bisnis Anda mengalami peningkatan juga.

 

3. Membantu dalam Negosiasi Harga Produk

Perhitungan YOY Growth dapat membantu Anda dalam menentukan harga suatu produk yang Anda bayarkan tersebut termasuk sudah tepat atau tidak.

Sebagai contoh, Anda membeli Tepung dalam jumlah besar dari perusahaan lain, maka Anda dapat menggunakan perhitungan YOY growth untuk melakukan penilaian, apakah harga yang Anda bayarkan untuk membeli tepung tersebut, sudah sesuai atau tidak.

Metrik ini dapat membantu Anda dalam melakukan negosiasi harga dengan vendor, sehingga Anda dapat membayar jumlah yang berbeda untuk setiap pasokan massal yang Anda beli.

Sekarang Anda sudah memahami manfaat dan juga cara menghitung YOY growth yang baik dan benar. Maka dapat disimpulkan bahwa, YOY growth merupakan bentuk analisis keuangan yang memungkinkan Anda sebagai pelaku bisnis untuk melacak dan mengevaluasi kinerja perusahaan selama periode tertentu.

 

Software ERP
Software ERP

 

Meskipun sangat bermanfaat, bukan berarti Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya. Beberapa dari Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengambil data tahun sebelumnya.

Jika hal ini terjadi, maka perusahaan dapat mengalami kesulitan saat mengevaluasi keuangan perusahaan, yang berakibat pada perusahaan mengalami kerugian.

Maka dari itu, mudahkan evaluasi keuangan bisnis Anda dengan Software Akuntansi daru Sistem ERP RedERP. Melalui software satu ini, Anda dapat mempersingkat proses pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan secara cepat, tepat, dan akurat.

Selain itu, Sistem ERP dari RedERP juga dapat membuat pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih terukur dan termonitor dengan baik. Sehingga, dapat meminimalisir terjadi nya human error maupun fraud dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

 

Ajukan demonya sekarang juga, GRATIS!

 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami